cara mematikan firewall windows 10
Teknologi

Cara Mematikan Firewall Windows 10 dan Menyalakan Kembali

Cara Mematikan Firewall Windows 10 –  Windows 10 kini menjadi versi yang paling banyak digunakan menggantikan versi sebelumnya. Kelebihan yang dihadirkan tentu saja lebih banyak dan tetap mempertahankan fitur lamanya. 

Ada satu fitur yang selalu ada disediakan oleh Windows yaitu Firewall. Fitur ini bekerja sebagai pengaman ketika komputer atau laptop sedang terhubung ke internet. 

Jadi jika terdapat malware atau situs yang dianggap berpotensi membawa malware maka firewall akan bekerja. Tapi dalam keadaan tertentu kamu perlu mematikannya agar bisa leluasa mengakses situs-situs yang diperlukan. 

Bagaimana cara mematikan firewall ini pada Windows 10? Lalu bagaimana cara untuk menyalakannya kembali? Ikuti caranya di sini. 

2 Macam Cara Mematikan Firewall Windows 10

Dalam keadaan tertentu seperti kamu ingin mengunduh software dari sebuah situs, biasanya firewall akan memblokir situs tersebut. Kamu tidak bisa mengunduh software karena firewall masih aktif. 

Inilah cara kerja dari firewall yang akan mengamankan laptop milikmu. Tapi bukan berarti fitur ini tidak bisa dimatikan. Ada dua macam cara mematikan firewall windows 10 yang bisa kamu lakukan. 

Cara Pertama Mematikan Firewall Windows 10

Pada cara pertama adalah dengan masuk ke firewall.cpl. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan yang bisa kamu ikuti. 

  • Nyalakan laptop kamu kemudian tekan pada keyboard Windows + R. Maka akan muncul pop up. Pada tabel yang muncul, kamu bisa mengisi firewall.cpl kemudian tekan OK. Selain menggunakan Windows + R, kamu juga bisa masuk melalui Control Panel.


  • Setelah itu pilih menu Turn Windows Defender Firewall on or off pada kolom bagian kiri.

  • Baru setelahnya klik menu Turn off Windows Defender Firewall (not recommended). Dan pada bagian bawahnya pilih juga menu yang sama. Baru setelahnya tekan tombol OK.

Hanya dengan ketiga langkah ini maka firewall pada Windows 10 kamu akan mati dan tidak berfungsi. Kamu bisa langsung mengunduh software yang diinginkan. 

Cara Kedua Mematikan Firewall Windows 10

Pada cara kedua ini, cara mematikan firewall windows 10 sedikit lebih banyak tetapi juga bisa dipilih. Berikut ini langkah-langkahnya. 

  • Masuk kembali ke Windows Defender Firewall sama seperti cara yang pertama.
  • Kali ini kamu bisa klik Advanced settings yang ada di kolom kiri.

  • Setelah itu akan muncul menu di bagian kanan dan pilihlah Properties.

  • Pada bagian Domain Profile, pilih off di menu Firewall State dan tekan Apply.
  • Kemudian pindah ke Private Profile dan pilih menu Firewall State dan pilih off.
    tutorial cara mematikan firewall windows 10
  • Terakhir pada menu Public Profile kamu juga bisa pilih Off.

Cukup dengan mengubah semua pengaturan menjadi off, maka Firewall pada Windows 10 milik kamu sudah off. Kamu bisa browsing apapun hingga mengunduh dengan lebih leluasa. Jangan lupa untuk mengembalikan kembali settingan ke awal. 

Cara Menyalakan Kembali Firewall Windows 10

Bagaimana cara untuk mengembalikan kembali agar firewall aktif? Caranya sangat mudah, yaitu ikuti kembali langkah dari awal dan kembalikan pengaturan menjadi on. Itu jika kamu menggunakan cara mematikan yang kedua. 

Ingat kembali apa saja yang harus dikembalikan ke pengaturan on, yaitu Public Profile, Private Profile,  dan Domain Profile. Pastikan semua pengaturan menjadi on, jika masih ada salah satu pengaturan off, maka firewall tidak akan bekerja dengan sempurna. 

Sedangkan mengaktifkan kembali paling mudah adalah jika mengikuti cara mematikan yang pertama. Kamu hanya perlu memilih menu Turn on Windows Firewall. Setelah itu pilih OK untuk menyimpan perubahan pengaturan. 

Semua cara ini sangat mudah untuk diikuti, karena kamu hanya perlu masuk ke pengaturan Windows Defender Firewall. Di sana ada banyak pilihan menu yang bisa di klik untuk menyalakan dan mematikan firewall. 

Pastikan sebelum kamu mematikan komputer atau laptop firewall sudah aktif kembali. Jika lupa maka risiko pc bermasalah nanti akan semakin besar. Seperti virus akan mudah masuk ketika kamu sedang berselancar di internet. 

Supaya laptop kamu lebih aman lagi, tambahkan antivirus sehingga keamanan jadi lebih terjamin. Jika kamu ingin mengunduh software bajakan, sebaiknya matikan juga antivirus yang sedang kamu gunakan, jika tidak software tidak akan bisa diunduh. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *