Cara Melihat Password Wifi di Komputer OS Windows 10 

Artikel terakhir diperbaharui 27-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Penasaran bagaimana cara melihat password wifi di komputer? Mungkin saja kamu lupa password wifi di rumah sendiri sehingga tak bisa menggunakan jaringan. Memang hal yang mengesalkan ketika kamu tiba-tiba lupa akan passwordnya. 

Biasanya password wifi harus dibuat dengan kode unik gabungan angka dan huruf. Tujuannya untuk menghindari pencurian jaringan oleh orang jahat. Kamu tentu akan rugi karena harus membayar tiap bulannya tapi internet jadi lemot. 

Nah jika kamu lupa akan password wifi bukan masalah. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui berapa password yang terlupakan. 

Cara Melihat Password Wifi di Laptop dan PC

Sebenarnya untuk mengetahui password wifi tidak terbatas pada komputer saja, kamu bahkan bisa mencari tahu di hp android. Hanya saja syaratnya adalah sebelumnya perangkat harus sudah pernah menggunakan jaringan tersebut. 

Sehingga kamu bisa dengan mudah melacak nama password dari wifi tersebut. Tapi jika ternyata password sebelumnya sudah diganti, tentu akan sulit untuk melakukannya. Selain itu cara melihat password wifi di komputer tidak bisa kamu gunakan untuk membobol wifi orang lain. 

Supaya nggak penasaran lagi, kamu bisa mengikuti beberapa langkahnya berikut ini. Cara berikut ini bisa kamu praktekkan pada komputer Windows 10. 

  • Masuk ke Settings

Langkah pertama adalah masuk ke Settings. Caranya ada berbagai macam. Kamu bisa klik pada bagian pojok kanan bawah desktop. Di sana akan muncul beberapa menu dan kamu tinggal pilih All Settings.
cara melihat password wifi di laptop

Cara kedua adalah dengan mengakses lewat Start dan pilih ikon roda bergerigi untuk masuk ke halaman Settings. Cukup sekali klik saja maka kamu akan diarahkan pada halaman tersebut. 

  • Masuk ke Network dan Internet

Cara melihat password wifi di pc selanjutnya adalah pada halaman settings kamu bisa pilih menu Network & Internet. Pada halaman ini nantinya kamu bisa mengatur apa saja yang berkaitan dengan jaringan internet. Baik itu menggunakan kabel atau tanpa kabel.

Kemudian pada halaman selanjutnya pilih menu Status yang ada di bagian kolom sebelah kiri paling atas. Baru setelah itu pilih menu Network and Sharing Center yang ada di kolom sebelah kanan.

  • Memilih Koneksi Wifi

Pada halaman selanjutnya kamu akan melihat jaringan internet yang sedang digunakan. Kamu hanya perlu pilih nama jaringan yang sedang tersambung tersebut. 

  • Pilih Wireless Properties

Pada halaman baru selanjutnya kamu akan melihat lebih detail mengenai koneksi yang sedang digunakan. Kamu hanya perlu klik menu Wireless Properties yang terdapat pada bagian tengah.

  • Pilih Menu Security

Untuk bisa tahu berapa passwordnya kamu hanya perlu pilih menu Security pada halaman selanjutnya. Baru setelah itu klik menu Show Characters untuk memperlihatkan passwordnya. 

Cukup mudah dan cepat bukan cara melihat password wifi di komputer hanya saja kamu perlu terhubung terlebih dahulu ke internet. 

cara melihat password wifi di komputer win 10

Cara Melihat Password Wifi di PC dengan Fitur CMD

Jika cara tersebut masih membingungkan untuk dilakukan, kamu bisa mengikuti cara lainnya yaitu dengan memanfaatkan CMD di komputer. Langkah ini akan memberikan perintah untuk memperlihatkan berapa password wifi dari internet yang tersambung. 

Jika mendengar CMD kamu pasti merasa langkah yang dilakukan cukup rumit dan sangat teknis. Tapi sebenarnya prosesnya lebih singkat daripada yang kamu bayangkan. Berikut ini langkah-langkah mudahnya. 

  • Masuk ke CMD di PC

Langkah pertama adalah untuk masuk ke fitur CMD di komputer. Kamu bisa masuk ke desktop kemudian klik pada search. ketik CMD dan akan keluar hasilnya.
Cara Melihat Password Wifi di PC dengan Fitur CMD

Kamu tinggal pilih menu Open untuk membuka fitur CMD dan akan terlihat halaman baru CMD berwarna hitam. Ada juga cara lain yaitu dengan klik Windows +R pada keyboard dan pilih OK. 

  • Memberikan Perintah

Selanjutnya adalah kamu harus memberikan perintah pada halaman CMD tersebut. Perintah yang harus ditulis adalah netsh wlan show profiles dan tekan Enter pada keyboard sehingga muncul hasilnya.

  • Mencari Koneksi Wifi

Saatnya untuk mencari manakah koneksi wifi yang ingin kamu lihat passwordnya. Di sana akan terlihat beberapa koneksi wifi yang sudah pernah digunakan pada laptop atau pc kamu. Nah kamu tinggal mencari saja mana nama wifi yang digunakan.

Setelah itu kamu bisa ketik perintah selanjutnya yaitu netsh wlan show profiles kemudian nama Wifi key=clear dan tekan enter.

Hanya dengan tiga langkah ini kamu bisa langsung melihat password wifi yang tadi telah dicari. Kini tinggal menyambungkannya saja ke laptop kamu sekarang. 

Khusus cara melihat password wifi di komputer ini posisi tidak harus tersambung dengan internet seperti cara yang pertama. Prosesnya juga lebih mudah asalkan kamu tahu manakah jaringan wifi yang ingin disambungkan. 

Tak lupa juga perintah yang harus diketikkan pada CMD harus benar. Jika tidak maka password yang dicari tak akan muncul. Selamat Mencoba Sahabat Tedas.id

 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.