cara melihat kode kelas di google classroom
Teknologi

Cara Melihat Kode Kelas di Google Classroom Melalui Laptop 

Google Classroom menjadi aplikasi yang saat ini begitu banyak digunakan.Semenjak diberlakukannya sekolah dari rumah, aplikasi ini selalu dipilih untuk melakukan kelas online. Sebagai siswa, tahukah kamu cara melihat kode kelas di Google classroom? 

Walaupun aplikasi kini banyak dianjurkan untuk digunakan tapi masih saja banyak yang belum tahu cara menggunakan Google Classroom. Salah satunya adalah untuk melihat kode kelas. Padahal kode ini sangat penting supaya kamu bisa bergabung di kelas yang tepat. 

Jadi apakah kamu sudah tahu caranya? Jika belum ikuti cara melihat kode classroom yang lengkap di sini. 

Cara Mudah Melihat Kode Kelas di Google Classroom dengan Laptop 

Sebenarnya kamu bisa melihat kode ini melalui perangkat apapun dari pc, laptop hingga smartphone asalkan terhubung dengan jaringan internet. Semua caranya sama karena tampilannya Google Classroom tidak jauh berbeda. 

Kamu hanya perlu tahu di mana letak menu tersembunyi yang digunakan untuk melihat kode kelas tersebut. Hal ini sangat penting bagi kamu yang mengikuti pendidikan akademik maupun kursus. 

Berikut ini cara melihat kode kelas di Google classroom yang bisa kamu ikuti dengan mudah. 

  • Nyalakan laptop dan pastikan sudah terhubung dengan internet. Jika sudah kamu bisa mengakses Google Classroom melalui web browser Chrome atau yang lainnya. 
  • Kamu tinggal masuk saja ke situs Google Classroom dan pilih menu Go To Classroom. 
  • Pada halaman selanjutnya kamu diharuskan untuk mengakses akun kamu menggunakan Gmail. Tinggal pilih akun Google atau ketik username dan password. 
  • Jika sudah masuk kamu akan melihat daftar kelas yang diikuti. Kemudian pilih salah satu kelas yang kamu belum tahu kodenya. 
  • Maka kode kelas akan langsung muncul. Informasi yang akan terlihat adalah nama kelas kemudian kodenya.  
  • Untuk bisa melihat dengan jelas kamu hanya perlu klik menu Fullscreen untuk melihat kode dengan lebih jelas agar tidak salah. 

Sangat mudah bukan cara melihat kode kelas di Google classroom melalui laptop. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan masuk ke salah satu kelas untuk mengetahui kodenya. 

cara melihat kode classroom

Cara Melihat Kode Classroom dengan Menggunakan HP 

Jika kamu tidak sempat untuk membuka laptop, maka cara lainnya adalah dengan memanfaatkan ponsel. Nah, kamu yang menggunakan android maupun iphone tetap bisa membuka kodenya dengan lebih mudah. 

Syaratnya adalah kamu perlu mengunduh aplikasi Google Classroom agar tidak mengakses melalui web browser dan lebih mudah. Aplikasinya tersedia di Playstore dan App Store dan bisa diunduh dengan gratis. 

Usai mengunduh aplikasinya, kamu bisa mengikuti cara melihat kode kelas di Google classroom berikut ini. 

  • Masuk ke aplikasi Google Classroom. Kemudian masuk ke akun milikmu menggunakan Gmail. 
  • Setelah itu carilah kelas yang ingin diketahui kodenya. Kamu bisa langsung tab. 
  • Kemudian pada bagian pojok kanan atas ada ikon gear yang merupakan pengaturan dan bisa kamu klik. 
  • Setelah itu kamu akan masuk ke pengaturan. Gulir hingga bagian bawah dan melihat menu general, kamu bisa klik menu tersebut sampai muncul Class Code. 
  • Setelah itu klik class code dan kamu bisa langsung melihat kodenya. 

Fitur yang Tersedia di Google Classroom

Aplikasi Google Classroom memudahkan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Hal ini cukup efektif untuk menggantikan murid dan guru tatap muka secara langsung. Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi ini sebagai berikut:

Menjadwalkan tugas

Supaya semua pekerjaan lebih mudah, Google Classroom memberikan fitur untuk penjadwalan tugas. Bagi para guru fitur ini memudahkan pekerjaan seperti mempublikasi tugas dan nilai sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan. 

Memberikan materi tambahan

Semua guru juga bisa memberikan materi tambahan dari berbagai sumber hanya dengan memberikan deskripsi, judul dan tautan. 

Melakukan diskusi grup

Supaya kelas lebih interaktif, maka Google Classroom juga menyediakan fitur untuk diskusi. Cukup dengan memberikan pertanyaan dalam kelas sehingga semua siswa bisa mulai berdiskusi. 

Mengatur kalender

Supaya pekerjaan jadi lebih lancar, Google classroom juga menyediakan fitur untuk membuat kalender yang berbeda. Sehingga jadwal kelas yang banyak tidak saling berbenturan. 

Kini Sahabat Tedas.id tak perlu kesulitan lagi mencari kode Google classroom dan mengetahui fitur apa yang tersedia. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *