aplikasi pemotong video pc
Teknologi

Banyak Pilihan, Yuk Cek 13 Aplikasi Pemotong Video PC Ringan

Dewasa ini banyak sekali orang yang bekerja sebagai konten kreator. Salah satu jenis konten yang dibuat di internet dan memiliki banyak sekali peminat adalah video.

Semakin banyak pula jenis aplikasi pemotong video pc yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah video lebih menarik untuk disimak. 

Namun sayangnya, dari sekian banyak jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memotong sebuah video melalui komputer PC, ada beberapa diantaranya yang memiliki layanan yang kurang berkualitas dan cenderung mengecewakan.

Untuk itulah Kami menghimpun informasi tentang rekomendasi aplikasi terbaik untuk mengedit dan memotong konten video buatan Anda dengan layanan yang memuaskan. 

13 Aplikasi Potong Video untuk Windows

Bagi seorang konten kreator, aplikasi pemotong video pc ringan memiliki peranan penting untuk membantu mereka membuat konten buatan menjadi lebih bagus dan menarik.

Anda bisa memilih jenis aplikasi yang memiliki kapasitas ringan, ada banyak fitur yang bermanfaat serta bisa digunakan dengan gratis. 

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi untuk memotong video yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan komputer PC. 

 1.  Virtualdub

Menjadi salah satu software gratis unggulan yang disarankan untuk digunakan oleh pengguna OS Windows pemula.

Karena meski aplikasi pemotong video pc ini ringan ukurannya, fitur yang tersemat di dalamnya sangat memuaskan untuk dipakai. 

Anda bisa menggunakannya dengan mudah meski Anda adalah seorang pemula karena  aplikasi ini memiliki user interface yang simpel dan mudah untuk dipelajari. 

 2.  VideoPad

VideoPad adalah sebuah aplikasi edit video yang sangat mudah untuk digunakan.

Banyak konten kreator yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan mereka karena fitur menarik yang cukup intuitif tersemat di dalam aplikasi. 

Aplikasi ini menyajikan fitur dengan kegunaan transisi dan efek khusus yang dijamin bisa membuat konten video buatan Anda menjadi lebih bagus kualitasnya. 

Diantara fitur menarik yang ada di dalamnya adalah seperti efek tayangan visual, penambahan teks video, berbagai efek transisi, edit video 3 dimensi dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 13 Aplikasi Edit Foto Menjadi Video dan Kelebihannya

 3.  Windows Movie Maker

Sesuai dengan namanya, Anda juga pasti sudah bisa menebak bahwa aplikasi ini memang hanya khusus untuk dipakai pengguna Windows saja.

Hasil edit video yang keren, bagus dan penuh kreasi tinggi menjadikan aplikasi ini pun sangat direkomendasikan untuk Anda konten kreator pengguna Windows. 

Salah satu hal yang menarik untuk penggunaan aplikasi ini adalah user interface yang dimiliki cukup simpel dan ringkas. Tak heran jika aplikasi ini banyak diincar oleh para konten kreator pemula di bidang ini. 

 4.  Wondershare Filmora

 

aplikasi filmora

Image: filmora.wondershare.com

Sebuah aplikasi pemotong video pc ringan dan mudah untuk digunakan. Untuk Anda para pengguna Windows, aplikasi ini disarankan namun terbatas hanya untuk Windows 7, 8 dan 10 saja. 

Wondershare Filmora ini bisa menjadi salah satu aplikasi edit video andalan Anda untuk menciptakan konten video sekelas profesional.

Meski begitu, aplikasi ini cukup bagus untuk dipakai oleh pemula atau kalangan profesional sekalipun. 

Adapun beberapa fitur yang ada di dalamnya adalah seperti fitur efek 300 yang banyak dipakai konten kreator.

Ada juga fitur filter, overlay, transisi, mosaik, motion effects dan face off yang menjadi alat khusus untuk membuat video buatan Anda jauh lebih ciamik. 

 5.  Corel Video Studio

Pastinya Anda sudah tak asing dengan nama aplikasi ini bukan? Ya Corel dikenal sebagai software unggulan untuk edit gambar atau video.

Namun vendor ini ternyata juga memiliki aplikasi pemotong video pc yang digunakan khusus untuk komputer PC. 

Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang ringan dan mudah untuk dipelajari. Sehingga banyak yang merekomendasikannya untuk dipakai oleh kalangan pemula maupun profesional sekalipun. 

Sekilas terlihat tampilan aplikasi ini cukup sederhana. Namun setelah Anda membukanya dan mulai menggunakan, ada banyak sekali fitur canggih yang dimilikinya.

Diantaranya adalah Creativity option, efek, freeze frame, screen capture, score filter dan lain sebagainya. 

 6.  AceMovi Video Editor

Aplikasi edit video ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi edit video namun terkendala spesifikasi komputer yang rendah.

Karena ketentuan untuk bisa mengunduh aplikasi ini di komputer PC Anda adalah memiliki spesifikasi dengan processor 1 Ghz, layar monitor 1024×768 piksel dan RAM 512 MB saja. 

Aplikasi ini memiliki jenis fitur yang terbilang lengkap dan canggih, namun untuk bisa menggunakan layanan aplikasi ini secara lengkap Anda harus berlangganan terlebih dahulu dengan membayar sejumlah dana tertentu.

Anda juga bisa mencoba versi trial nya untuk mengetahui pengalaman menggunakan aplikasi ini. 

Fitur canggih yang ada di dalam aplikasi AceMovi Video Editor diantaranya adalah menambahkan efek, transisi, memotong video, menambahkan teks atau suara lagu, merekam layar hingga membagikan konten video langsung ke berbagai media sosial yang ada. 

7. Avidemux

Avidemux termasuk ke dalam deretan aplikasi untuk edit video di komputer PC yang bisa dengan mudah digunakan sekaligus secara cuma-cuma.

Namun meski aplikasi ini terlihat simpel dan memberikan layanannya secara gratis, fitur yang ada di dalamnya cukup mumpuni dan sayang jika Anda lewatkan. 

Pihak pengembang Avidemux sendiri memang mendesain aplikasi pemotong video pc ini agar memiliki fitur edit video yang canggih dan lengkap sekaligus mudah untuk digunakan berbagai kalangan pengguna.

Karena itulah aplikasi ini juga direkomendasikan untuk Anda para pemula maupun profesional dalam bidang konten kreator. 

Jenis fitur yang ada di dalam aplikasi ini diantaranya adalah untuk memotong video, menyisipkan filter serta melakukan pengkodean dalam pembuatan video untuk konten Anda. 

 8.  Adobe Premiere Pro

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi edit video handal yang memiliki kapasitas ringan sekaligus mudah untuk digunakan oleh siapapun penggunanya.

Aplikasi yang juga gratis selama masa awal  penggunaannya ini pun menyediakan aneka jenis fitur canggih dan terbaru untuk mendukung pembuatan video kelas profesional. 

Aplikasi Adobe Premiere Pro yang terbaru bahkan sudah dilengkapi dengan dukungan video 4k, fitur color grading dan Lumetri color.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Adobe Media Encoder sekaligus bisa menyediakan layanan untuk preset dan pengeditan video untuk tujuan green screen. 

Para pengguna aplikasi ini juga bisa dengan mudah bergabung dengan pengguna aplikasi lainnya dengan cara menggunakan fitur penyimpanan file ke komputasi awan. 

 9.  AVS Video Editor

Aplikasi yang satu ini juga disarankan untuk pengguna aplikasi edit video di komputer PC dengan spesifikasi rendah.

Aplikasi ini cukup mudah dan simpel untuk digunakan sehingga bisa dipakai oleh berbagai kalangan. 

Dalam aplikasi, ada satu fitur unggulan aplikasi yaitu fitur video cache. Yaitu sebuah fitur yang memberikan layanan pada penggunanya untuk melakukan edit video dengan resolusi full HD yang pastinya akan lebih memanjakan mata Anda. 

Aplikasi yang memiliki kecepatan edit video yang tinggi ini juga memiliki kemampuan untuk memotong, memberikan teks, menyisipkan audio, memisahkan video dan lain sebagainya dengan tujuan untuk membuat video lebih bagus serta menarik untuk dilihat pengguna internet. 

10. Pinnacle studio

aplikasi pinnaclesys

Image: pinnaclesys.com/en/

Aplikasi pinnacle studio ini menjadi salah satu aplikasi yang unggul dalam hal pengeditan video karena interface nya yang mudah sehingga banyak dipilih oleh para videografer pemula.

Diantara fitur andalan yang ada di dalamnya seperti menghapus adegan yang tak diinginkan, menyisipkan audio atau teks, transisi 2 dimensi atau membuat tayangan slide foto pun bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pemotong video pc ini. 

Aplikasi yang bisa dipakai dengan gratis ini bisa Anda gunakan dengan mudah karena tampilan antar mukanya yang cukup mudah untuk dipelajari. 

Untuk bisa menggunakannya, di awal menginstal Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai pengguna.

Kemudian jika ingin mendapatkan versi terbaru dan fitur secara penuh maka harus membayar biaya tersendiri. 

Aplikasi ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin belajar dasar editing video tanpa melalui penerapan fitur atau aplikasi yang terbilang sulit untuk dilakukan. 

11. Sony Vegas pro

Aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Sony ini memang memiliki banyak fitur canggih dan cukup lengkap untuk kebutuhan editing video.

Beberapa ahli video menyarankan aplikasi ini hanya dipakai oleh para profesional saja mengingat fitur yang ada di dalamnya harus digunakan dengan keahlian khusus. 

Untuk bisa menggunakan layanan aplikasi ini, Anda terlebih dahulu harus membeli lisensinya sehingga mendapatkan izin untuk menggunakan fiturnya secara lengkap.

Diantara jenis fitur andal di dalam aplikasi ini adalah fitur animasi yang bekerja secara otomatis. 

12. Lightworks

Jika Anda baru saja memulai kegiatan membuat konten video dan bingung harus memilih aplikasi mana yang bagus untuk kebutuhan Anda, maka aplikasi lightworks sangat disarankan untuk Anda.

Aplikasi ini memiliki kapasitas yang ringan namun dengan fitur yang kaya akan fungsi lebih untuk editing video. 

Fitur yang ada di dalam aplikasi ini diantaranya adalah fitur preview, timeline, effect, media dan lain sebagainya bagus untuk menjadi fasilitas terbaik dalam mengedit video yang menjadi konten Anda. 

13. CyberLink PowerDirector

Kemudian jenis aplikasi yang terakhir yang bagus untuk kebutuhan editing video milik Anda adalah CyberLink PowerDirector.

Aplikasi ini sangat disarankan untuk dipakai oleh Anda yang bahkan belum pernah melakukan editing video apapun. 

Anda bisa menggunakannya dengan mudah sekaligus mengoperasikannya di komputer PC tanpa perlu melalui tahapan yang cukup membingungkan untuk seorang pemula. 

Kapasitasnya yang cukup ringan menjadikan Anda pun bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir aplikasi mengalami lag di tengah proses editing. 

Tips Efektif Menjadi Editor Video yang Bagus

Tips Efektif Menjadi Editor Video yang Bagus dengan Aplikasi Pemotong Video PC Ringan 

Kemampuan editing video bukanlah jenis kemampuan yang bisa didapatkan secara instan.

Banyak sekali para editor yang harus berjuang keras untuk memiliki keahlian khusus dalam hal editing sehingga bisa membuat sebuah video yang bagus dan menarik. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang editor video yang bagus dan berkualitas dengan aplikasi pemotong video pc.  

a. Buatlah sebuah cerita

Dalam video pastinya ada konsep cerita yang ingin Anda ungkapkan pada para penonton video.

Maka buatlah sebuah cerita dengan faktor pendukung berupa gambar atau adegan yang mendukung pengembangan cerita yang sedang Anda buat tersebut. 

b. Gunakan gambar atau adegan yang sesuai cerita

Sering kali pada editor terlalu banyak menggunakan gambar yang sayangnya tak memiliki kaitan dengan cerita yang diangkatnya.

Meski dengan alasan sebagai hiasan atau pemanis video, sebaiknya buang gambar yang sekiranya tak memiliki kaitan dengan konsep cerita dalam video tersebut. 

Baca Juga: 5 Editor Video Online Teratas Pada Tahun 2021

c. Pahami bahasa visual 

Dalam kegiatan editing video, bahasa visual penting untuk dipelajari dan dikuasai dengan benar. Dengan bahasa visual maka Anda akan bisa mengedit dan membuat sebuah video yang baik serta profesional. 

d. Selalu belajar dari berbagai sumber

Ada banyak sekali sumber yang bisa dijadikan referensi untuk belajar mengedit video.

Anda harus bisa belajar dari mana saja, siapa saja dan kapan saja untuk memperkaya pengetahuan serta pengalaman Anda dalam hal editing video. 

e. Terus berlatih editing

Kemudian tips yang terakhir adalah untuk mengupayakan terus berlatih editing video. 

Meski mungkin Sahabat Tedas.id merasa sudah mampu atau ahli di bidang tersebut, bukan menjadi alasan untuk berhenti berlatih mengedit video dengan aplikasi pemotong video pc sehingga menjadi lebih baik lagi. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *