9 Aplikasi Edit Foto Jadi Lukisan dan Sketsa Terbaik

Aplikasi Edit Foto Jadi Lukisan – Aplikasi edit foto adalah aplikasi yang bisa membantu untuk memberi efek maupun perbaikan tertentu pada foto Anda.

Disini, ada beragam jenis aplikasi edit foto dan salah satunya adalah aplikasi edit foto jadi sketsa. Sketsa sendiri adalah tahapan awal sebelum melukis, dalam bentuk coretan pensil.

Nah, jenis aplikasi ini bisa membantu mengubah foto Anda menjadi seperti sketsa supaya terlihat lebih indah dan estetik.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Jadi Lukisan dan Sketsa Terbaik

Selain aplikasi untuk mengubah foto menjadi sketsa, ada pula aplikasi edit foto jadi lukisan. Anda tertarik mencobanya? Berikut daftar aplikasi yang bisa Anda gunakan beserta ulasannya.

Sketsa Pensil

Aplikasi sketsa pensil merupakan aplikasi edit foto yang akan membantu Anda mengubah foto Anda menjadi sketsa. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

Aplikasi ini akan sangat membantu, karena Anda tidak perlu repot-repot melakukan editing. Ada beberapa fitur yang disediakan dalam aplikasi sendiri, seperti filter untuk sketsa berwarna atau filter untuk sketsa hitam putih. 

Kelebihan lain aplikasi ini adalah tools yang disediakan tidak terlalu banyak. Hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih fokus pada editing, serta tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu untuk mempelajari penggunaan aplikasi.

Sketch Kamera

Aplikasi besutan Pixellab ini, pertama kali dirilis pada juli 2020. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di playstore. Aplikasi sketch camera ukurannya tidak terlalu besar, sekitar 11 mb saja. Sketch kamera ini bisa membantu Anda mengubah foto menjadi sketsa dengan beberapa efek artistik.

Tidak hanya mengubah foto menjadi sketsa, aplikasi sketch kamera bisa membantu mengubah foto Anda menjadi kartun, gambar dari cat air, manga style, serta beberapa efek lainnya. Kelebihan aplikasi ini adalah, Anda bisa menggunakan filter tersebut untuk memfoto objek secara langsung.

Aplikasi ini bisa juga digunakan untuk kamera belakang. Jadi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto serta untuk tambahan filter foto di kamera. Anda tertarik mencobanya? Segera download saja!

Prisma Photo Editor

Aplikasi edit foto jadi sketsa yang selanjutnya adalah Prisma Photo Editor. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang populer untuk edit foto, dan memiliki banyak art style yang bisa membantu membuat foto Anda terlihat lebih menarik lagi.

Penggunaan aplikasi ini akan mudah untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan editing foto, namun cukup sulit dan membingungkan bagi Anda yang pemula. Penyebabnya, tidak ada panduan atau tutorial cara penggunaannya.

Prisma Photo Editor bisa membuat foto Anda menjadi sketsa pensil serta style kartun lainnya. Anda bisa memperolehnya secara gratis di google play, namun untuk bisa membuka semua style Anda harus menjadi pelanggan premium aplikasi ini.

aplikasi edit foto jadi lukisan terbaik

Cartoon CoolArt

Cartoon CoolArt bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang ingin mengedit foto menjadi foto sketsa yang kekinian. Aplikasi yang dirilis pada Juni 2012 ini berukuran 20 mb dan sudah didownload lebih dari 50 juta pengguna.

Aplikasi Cartoon CoolArt bisa mengubah foto Anda menjadi gambar sketsa, baik sketsa berwarna ataupun hitam putih. Ada tiga fitur yang akan Anda temukan di aplikasi ini yaitu Sketch, Doodle, serta Hatch.

Fitur sketch merupakan fitur yang bisa membuat foto Anda menjadi sketsa dengan hasil yang bagus serta bagian tepi yang halus. Fitur ini cocok digunakan untuk foto yang objeknya manusia. Sedangkan foto doodle cocok digunakan untuk gambar alam, dan hatch bisa digunakan di semua jenis foto.

Sketch Photo Maker

Aplikasi besutan Droid 8 Studio ini, sesuai dengan namanya, adalah aplikasi yang akan membantu Anda untuk mengedit foto menjadi sketsa. Tidak hanya itu, sketch photo maker juga merupakan aplikasi edit foto jadi lukisan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur. Filter tersebut mulai dari style artistic, style sketsa dari pensil baik yang hitam putih maupun berwarna, paint atau lukisan, serta filter-filter lainnya yang bisa Anda coba pada foto.

Hasil edit foto Anda juga bisa langsung di share ke berbagai platform media sosial, misalnya seperti instagram, facebook, WA, dan media sosial lainnya. 

Aplikasi ini pun sangat mudah digunakan, termasuk bagi Anda yang masih pemula. Anda hanya perlu memilih foto yang ingin di edit, kemudian memilih filter yang ingin digunakan, dan proses pun selesai. Tidak banyak pula tools yang terlalu rumit dalam aplikasi ini

ArtStudio

Aplikasi kali ini merupakan aplikasi edit foto yang terdapat pada iphone. Aplikasi edit foto jadi lukisan ini  memiliki ratusan filter yang bisa Anda gunakan untuk mengubah foto Anda menjadi lebih menarik. ArtStudio juga memiliki ratusan brush yang bisa Anda atur ukuran serta modelnya.

Tidak hanya mengedit, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggambar. Tentu ini sangat cocok untuk Anda yang memang memiliki hobi menggambar. Fitur yang lebih lengkap akan mempermudah Anda mengubah foto menjadi sketsa atau lukisan.

Fuzel

Fuzel adalah aplikasi edit foto jadi lukisan dan sketsa yang tersedia di iphone dan tidak kalah dengan dua aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang bisa Anda gunakan. Diantaranya adalah pembuatan kolase, label, stiker, dan filter lainnya.

Efek sketsa juga tersedia dalam salah satu fitur aplikasi ini. Anda bisa mengubah foto menjadi sketsa dengan mudah disini, melalui fitur tersebut. Anda juga membuat animasi dari foto karena fitur tersebut sudah tersedia di Librarynya.

Fotosketcher

Fotosketcher adalah aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan di PC. Aplikasi ini cukup populer digunakan di windows 10. Ada banyak fitur yang tersedia di aplikasi fotosketcher, yaitu sketsa warna pensil, dan bisa digunakan untuk mengubah foto menjadi sketsa lukisan.

Aplikasi edit foto jadi lukisan dan sketsa ini hasil editingnya bisa Anda simpan dalam beberapa format. Format yang disediakan diantaranya seperti BMP, JPG, atau bisa juga format PNG.

aplikasi edit foto jadi sketsa terbaik

XNSKetch

Aplikasi edit yang terakhir akan dibahas adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan di PC. Aplikasi ini bisa mengubah foto Anda menjadi sketsa dengan cepat serta mudah. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki puluhan efek filter yang tersedia dan bisa Anda coba.

XNSKetch merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh XnView dan berukuran 3,6 mb. Aplikasi ini pertama kali rilis april 2014. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat foto menjadi komik. 

Kelebihan lain aplikasi ini selain penggunaannya yang mudah. Jadi, meski belum pernah mencobanya, Anda tidak perlu kesulitan harus mempelajari toolsnya terlebih dahulu. Sedangkan efek yang tersedia dalam aplikasi ini hampir mirip dengan sketsa tangan.

Aplikasi-aplikasi tersebut adalah daftar aplikasi edit foto jadi lukisan dan sketsa yang bisa Anda coba.

Sahabat Tedas.id bisa menggunakannya di Android, IOS, ataupun PC, sesuai spesifikasi aplikasinya. Dengan berbagai fitur yang disediakan, silahkan berkreasi dan dapatkan hasil editing terbaik Anda.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.