WPS: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Ketika kita menggunakan beberapa perangkat MiFI tentu saja kita tidak asing lagi dengan tombol atau fungsi dari WPS tersebut.

Namun pertanyaanya adalah apa itu WPS dan apa fungsi dari WPS tersebut? WPS sendiri adalah suatu sistem keamanan yang terdapat pada jaringan wifi.

WPS adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Setup. Dan fungsi dari WPS adalah untuk bisa menghubungkan router dengan perangkat yang akan menerima jaringan wifi seperti laptop atau smartphone agar bisa terhubung ke jaringan wifi lebih cepat, mudah dan lebih aman pastinya.

Namun sayangnya tidak semua perangkat modern saat ini sudah dapat menggunakan WPS karena WPS ini sendiri hanya bisa digunakan untuk perangkat yang sudah memiliki dukungan sistem keamanan WPA2 dan juga WPA Personal.

Jadi perlu anda ketahui jika perangkat router yang masih memakai sistem keamanan WEP tidak akan bisa menggunakan sistem keamanan WPS.

Apa Itu WPS

Kelebihan dari perangkat yang sudah mendukung WPS adalah terhadap kemudahan proses koneksi atau saat menghubungkan perangkat ke jaringan Wifi.

Untuk kita yang memiliki jaringan wifi di kantor, rumah, kafe atua kampus tentu saja kita harus memberikan password terhadap jaringan Wifi tersebut agar tidak sembarangan orang bisa mengakses wifi kita tersebut.

Namun dengan adanya sistem keamanan WPS, kita bisa terhubung ke jaringan Wifi yang kita miliki tanpa perlu memasukkan password.

Tanpa memasukan password saja kita sudah bisa terhubung ke jaringan wifi, sehingga proses menghubungkan atau menyambungkan perangkat ke jaringan Wifi ini akan sangat mudah dilakukan.

Apa Itu WPS? WPS Adalah Wifi Protected Setup

Apa itu WPS? Wps sendiri adalah kependekan dari Wifi Protected Setup yang merupakan suatu sistem keamanan yang terdapat pada jaringan Wifi yang berguna agar bisa menghubungkan perangkat seperti smartphone atau laptop ke jaringan Wifi.

Selain memberikan jaminan kemudahan dan keamanan proses koneksi, adanya sistem WPS ini proses menghubungkan perangkat ke router juga bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan tanpa perlu menggunakan password kita sudah bisa terhubung ke jaringan Wifi.

Jadi, jika kita ingin terhubung ke jaringan Wifi yang diproteksi dengan password biasanya tentu saja kita harus tahu apa password yang digunakan untuk memproteksi Wifi tersebut.

Dengan adanya koneksi WPS ini kita perlu lagi harus mengetahui password dari jaringan Wifi tersebut karena hanya perlu melakukan scanning terhadap jaringan WIfi yang ada di perangkat smartphone kita, kemudian kita menekan tombol WPS yang ada di router saja.

Cara Kerja WPS

Bagaimana Cara Kerja WPS?

Setelah kita sama-sama mengetahui tentang apa itu WPS, selanjutnya kita akan belajar terkait bagaimana cara kerja dari WPS ini.

Seperti yang diketahui bahwa cara kerja dari WPS ini diketahui melalui dua pendekatan dimana yang pertama adalah dengan menggunakan push button atau menekan tombol WPS yang tersedia di router.

Sebelum kita melakukannya, kita terlebih dahulu perlu memastikan jika perangkat yang akan dihubungkan ke jaringan Wifi sudah memiliki dan bisa mendukung adanya fitur WPS ini.

Untuk bisa mengetahui apakah perangkat yang akan kita hubungkan sudah bisa mendukung WPS adalah dengan cara menyalakan fitur WIfi kemudian kita harus masuk ke bagian pengaturan Wifi. Kemudian kita aktifkan tombol tekan WPS, kemudian dengan melanjutkan menekan tombol QSS di router atau modem.

Jika sudah maka kedua perangkat akan terhubung dan saling mendeteksi baik dari perangkat smartphone dan juga perangkat router.

Proses pendekatan yang kedua adalah melalui personal identification number atau melalui entry PIN.

PIN ini biasanya akan kita butuhkan untuk menjamin otoritas dan juga keaslian dari perangkat yang akan kita hubungkan ke jaringan wifi agar bisa mencegah masuknya perangkat lain yang tidak kita inginkan.

Kemudian PIN ini akan dilakukan enkripsi data dan juga otentikasi perangkat.

Untuk melakukan cara kedua ini kita perlu masuk ke menu pengaturan WIfi, selanjutnya kita aktifkan entri pin dari WPS. Kemudian kita akan memasukan PIN yang tampil di menu QSS yang terdapat di router yang kita gunakan.

Setiap perangkat nantinya yang terdeteksi nantinya akan meminta pengguna untuk memastikan bahwa PIN yang dimaksudkan benar agar dapat terhubung ke jaringan Wifi tadi.

Kelemahan dan Keunggulan Dari WPS

Kelemahan dan Keunggulan Dari WPS

Walaupun tergolong sebagai salah satu sistem keamanan jaringan WIFI yang terbaru namun nyatanya WPS juga memiliki beberapa keunggulan dan juga kelemahan loh.

Keunggulan dari WPS ini adalah kita bisa membuat sambungan atau koneksi perangkat ke Router Wifi menjadi lebih mudah, lebih cepat untuk dilakukan.

WPS di beberapa router ini sudah mendukung dengan sistem operasi yang lama hingga yang terbaru misalnya seperti windows vista, windows xp, windows 7 hingga windows 10.

Sementara di perangkat android kita sudah bisa menggunakan fitur WPS ini mulai dari android ICS 4.0 sampai android yang terbaru.

Selain memiliki keunggulan, WPS juga memiliki beberapa kelemahan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa kelemahan dari jaringan WPS.

* Jaringan Wifi yang menggunakan sistem keamanan WPS mempunyai keamanan yang sangat rentan untuk dibobol oleh hacker. Hal ini karena berbagi koneksi internet dengan jaringan WIfi yang mengaktifkan fitur WPS ini sakna sangat rentan pembobolan password atau jaringan Wifi.

* Memerlukan settingan keamanan tambahan yang sangat ribet. Settingan tambahan ini perlu dilakukan karena keamanan dari jaringan WPS ini sangat rentan dibobol dan juga sudah ada banyak sekali aplikasi pembobol jaringan wifi yang menggunakan WPS yang bisa didapatkan secara mudah dan gratis.

Manfaat Menggunakan WPS

Selanjutnya kita akan mengetahui apa saja manfaat menggunakan WPS terhadap jaringan wifi yang kita miliki.

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat menggunakan sistem keamanan WPS.

* Lebih Cepat untuk menghubungkan ke perangkat smartphone karena kita tidak perlu lagi melakukan setting atau pengaturan terlebih dahulu terhadap Wifinya. Cukup dengan mengaktifkan WPS di modem dan juga smartphone, kemudian kita lakukan saja scan dan otomatis akan saling terhubung.

* Lebih aman karena melalui proses scanning jaringan, maka di beberapa kondisi Wifi akan terhubung lebih aman.

* Lebih Mudah karena menggunakan WPS ini sangat simple. Cukup dengan 10 detik saja untuk bisa terhubung ke jaringan Wifi.

Solusi Jika WPS Tidak Berfungsi

Solusi Jika WPS Tidak Berfungsi

Dalam menggunakan WPS terkadang tidak bisa berjalan dengan lancar, ada juga beberapa kendala seperti WPS yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum itu anda harus tahu beberapa penyebab dari WPS yang tidak berfungsi atau bisa saling terhubung.

Modem Yang Bermasalah

Penyebab WPS tidak bisa saling terhubung antara perangkat smartphone dengan router, kemungkinan besar dan yang paling sering terjadi adalah modem atau router yang bermasalah.

[irp posts=”9101″ name=”Rekomendasi, 5 Emulator Android Ringan dan Cara Aksesnya”]

Hp Yang Bermasalah

Penyebab WPS tidak dapat saling terhubung antara perangkat router dengan smartphone berikutnya adalah kemungkinan besar karena perangkat smartphone yang bermasalah.

Beberapa kemungkinan besar diatas bisa menyebabkan proses scanning akan gagal dalam menggunakan sistem jaringan WPS. Untuk solusi yang bisa kita coba adalah seperti yang saya tuliskan dibawah ini.

Reset Modem

Solusi yang pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan reset modem. Cara ini bisa kita lakukan melalui setelan modem, kemudian anda pilih Reset This Device. Hal ini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah firmware dari modem yang bermasalah.

Restore Modem Ke Default

Jika langkah di atas masih belum bisa mengatasi masalah proses scanning yang gagal anda bisa mengatur atau mengembalikan pengaturan modem ke pengaturan bawaan.

Restart Hp

Solusi terakhir jika ternyata proses scanning masih gagal anda bisa melakukan restart hp. Jika masih belum bisa anda bisa melakukan reset pengaturan

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.