16 Urutan Versi Android dan Keunggulannya

Urutan Versi Android  – Sebagai pengguna Android apakah Anda tidak penasaran apa saja versi android yang pernah dirilis? Jika Anda belum tahu, tenang saja dalam pembahasan kali ini akan diulas mengenai urutan versi android secara lengkap.

16 Urutan Versi Android

16 Urutan Versi Android

1. Android versi alpha dan Beta

Urutan versi android percobaan pertama, yang diuji coba pada tahun 2017. Pada tingkat android ini kode yang digunakan di dalamnya menggunakan nama-nama robot dalam kisah fiksi. Diantaranya yaitu Android Astroboy untuk versi alpha dan Android Bender untuk versi beta.

Android versi ini untuk pertama kalinya di inisiasi oleh seorang manajer proyek Ryan Gibson. Berkat Ryan Gibson, nama pertama yang digunakan untuk Android versi 1.5 yaitu cupcake yang resmi diluncurkan pada April 2009.

2. Android Versi Cupcake 1.5

Android versi cupcake 1.5 menempati urutan versi android pertama yang dirilis. Meski begitu, apabila dikategorikan dalam API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) android versi cupcake 1.5 tergolong dalam API ke-3.

Android versi cupcake 1.5 dibuat menggunakan kernel Linux 2.6.7 serta telah mendukung pemasangan aplikasi pihak ketiga melalui Playstore. Versi ini juga telah dilengkapi dengan default yang cukup canggih.

Bahkan, Android versi cupcake 1.5 ini sudah dilengkapi dengan kemampuan default untuk mengambil gambar dan video serta mengunggahnya di internet. Keunggulan lainnya yaitu mempunyai transisi layar animasi dan pilihan untuk rotasi layar secara otomatis.

3. Android Versi Donut 1.6 (Doughnut)

Android Versi Donut 1.6 (Doughnut) menempati urutan versi android kedua yang dikeluarkan setelah android versi cupcake 1.5. Android Doughnut atau Donut dirilis pertama kali pada September 2009.

Karena diluncurkan dalam waktu yang sangat cepat, android versi ini tidak memiliki banyak tambahan fitur pada OS. Android Versi Donut 1.6 (Doughnut). Versi ini hanya memiliki tambahan 3 fitur yaitu kamera, pencarian, dan dukungan resolusi layar WVGA

Meski begitu android versi donut 1.6 ini telah menggunakan pencarian via suara dan dukungan multi-lingual. Bagaimana apa Anda pernah memakai android keluaran yang satu ini?

Baca Juga  Drakor Masuk, Ini 15 Aplikasi Nonton Drama Korea

4. Android Versi Eclair 2.0.

Ketika mendengar nama android versi ini pasti Anda akan langsung berpikiran bahwa namanya mirip dengan kue sus bukan? Yup, benar sekali. Android ini memang dibuat menggunakan salah satu jenis kue sus dari Perancis.

Android Versi Eclair 2.0 pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2009 tepat satu bulan setelah diluncurkannya android versi donut 1.6. inilah yang membuat Android versi donut 1.6 dirilis terlalu cepat.

Pada dasarnya, versi eclair ini merupakan versi yang dikeluarkan untuk menyempurnakan versi sebelumnya yaitu android versi cupcake 1.5. penyempurnaan yang dibuat dapat dilihat pada Penyempurnaan fitur animasi layar dan kamera yang ada pada versi terbaru.

Berawal dari Android Versi Eclair 2.0 ini pula, kemampuan perangkat keras mulai terus mengalami peningkatan dan pengoptimalan. Dari tingkat Android ini, Android pun mulai berfokus pada energi perangkat dan penghematan daya.

5. Android Versi Froyo 2.2

Android Versi Froyo 2.2 atau yang populer disebut froyo memiliki singkatan frozen yoghurt. Versi ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 tepatnya di bulan Mei. Sebelum diluncurkan, versi ini telah menjalani proses pengembangan yang panjang.

Karena dikembangkan dengan lebih matang, Android Versi Froyo 2.2 mempunyai peningkatan fitur yang yang lebih baik dari versi sebelumnya. Peningkatan tersebut mulai dari kinerja, kecepatan, serta penggunaan memori.

Selain itu, android froyo ini juga telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang mendukung angka dan karakter unik. Menariknya lagi, versi Froyo 2.2 juga mempunyai fitur USB Tethering dan Hotspot Wifi.

Adanya fitur USB Tethering dan Hotspot WiFi maka semakin mempermudah pengguna untuk melakukan koneksi ke internet. Pada saat itu, android versi froyo 2.2 ini memang telah banyak mempunyai fitur unggulan.

6. Android Versi Gingerbread 2.3

Urutan versi android Gingerbread 2.3 memiliki masa pengembangan selama enam bulan sebelum diluncurkan ke pasar industri. Waktu enam bulan ini nyatanya tidaklah sia-sia, karena sejak awal peluncuran, Gingerbread 2.3 menjadi favorit semua orang.

Android Versi Gingerbread 2.3 pertama kali dirilis pada bulan Desember 2010. Salah satu faktor yang membuat versi ini banyak disenangi adalah faktor kestabilan dan kecepatannya, serta penghematan daya yang semakin bagus.

Meskipun unggul dalam kecepatan, kestabilan dan penghematan daya, dalam hal fitur gingerbread tidak memiliki banyak tambahan maupun perubahan dengan versi sebelumnya. Meski begitu, tetap ada peningkatan pada beberapa fiturnya.

Peningkatan tersebut antara lain pada bagian kamera, keyboard virtual, tampilan layar, dan sistem audio. Fitur lain yang paling fenomenal pada versi ini yaitu ketika gingerbread telah mendukung penggunaan selfie menggunakan kamera depan.

7. Android Versi Honeycomb 3.0

Android Versi Honeycomb

Honeycomb 3.0 adalah urutan versi android selanjutnya. Sebelum membahas lebih dalam tentang versi ini, nama yang digunakan sangatlah lucu bukan?

Nama versi ini memang honeycomb diambil dari lebah madu. Android Honeycomb 3.0 sendiri menjadi versi penyempurnaan android generasi pertama yang telah dioptimalkan.

Honeycomb 3.0 menjadi perangkat yang secara khusus untuk perangkat tablet. Karena keunggulan inilah versi ini sudah sangat dinantikan saat perilisannya pada bulan Februari 2011.

Versi ini memiliki pengoptimalan pada banyak fitur seperti penambahan kompatibilitas dengan keyboard eksternal dan joystick. Selain itu, android ini juga dilengkapi dengan dukungan terhadap penggunaan multicore processor.

Selanjutnya, penambahan kompatibilitas dengan keyboard eksternal dan joystick, serta penggunaan multicore processor membuat peningkatan kinerja dan akselerasinya terhadap hardware semakin optimal.

8. Android Versi Ice Cream Sandwich 4.0

Urutan versi android kali ini diluncurkan setelah membutuhkan waktu 8 bulan lamanya untuk peningkatan. Setelah berhasil dirilis pada tahun 2011, Android Versi Ice Cream Sandwich 4.0 langsung berhasil menarik hati para pengguna android.

Android Versi Ice Cream Sandwich 4.0 banyak mengalami peningkatan pada tampilan. Tampilan versi ice cream sandwich sangat smooth dengan sentuhan yang responsif.

Karena menariknya fitur tampilan ini, para pengguna sudah sangat senang hanya dengan menggeser bagian layarnya saja. Tampilan yang halus ini paling terlihat pada bagian Kamera, editor gambar, dan warna layar.

Di tingkat android versi ice cream sandwich 4.0 juga mulai menambahkan fitur pendeteksi wajah sebagai pembuka kunci layar. Dengan begitu, fitur pada aplikasi ini jadi lebih canggih.

Baca Juga  Cara Share Lokasi Menggunakan Android Dengan Mudah

9. Android Versi Jelly Bean 4.1

Urutan versi android Versi Jelly Bean 4.1 diluncurkan dengan pengoptimalan pada kinerja perangkat setalah versi sebelumnya yang mengoptimalisasi tampilan android ICS. Versi ini pertama kali dirilis pada bulan Juni 2012.

Karena difokuskan pada pengoptimalan kinerja perangkat, maka versi ini tidak memiliki banyak perubahan pada tampilan. Namun, pastinya tetap ada efek peningkatan kinerja, khususnya pada sistem, keamanan, dan koneksi bluetooth yang semakin terasa.

Menariknya lagi, Android Versi Jelly Bean 4.1 telah dilengkapi dengan fitur emoji built-in sehingga sejak diluncurkannya versi ini aplikasi pengirim pesan semakin digandrungi masyarakat.

10. Android Versi Kitkat 4.4

Kitkat 4.4 menempati urutan android selanjutnya dan merupakan versi yang hampir sama dengan Honeycomb 3.0. Kesamaan yaitu sama-sama mengakomodasi tablet dan smartphone dengan layar besar.

Karena mengakomodasi fitur pada tablet, maka android versi Kitkat 4.4 juga mengalami banyak perubahan di segala macam lini. Perubahan yang terdapat pada fitur ini mulai dari keamanan, hingga kemampuan aplikasi seperti auto focus camera.

Selain itu, android versi Kitkat 4.4 juga telah memiliki kemampuan merekam layar secara built-in. Semua keunggulan dari android versi ini tidak terlepas dari masa percobaannya yang membutuhkan waktu lebih dari satu tahun.

Salah satu fitur populer pada android versi ini yang masih digunakan sampai sekarang salah satunya adalah fitur Ok Google. Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu hal ini sebelumnya?

Secara resmi, android Kitkat 4.4 resmi diluncurkan pada Oktober 2013. Meski memiliki keunggulan dalam banyak lini, nyatanya android versi Kitkat 4.4 kurang bisa memuaskan penggunanya.

11. Android Versi Lollipop 5.0

Menempati urutan versi android yang kesepuluh, Lollipop 5.0 menjadi pembuktian bahwa android dapat diintegrasikan dengan sempurna. Android ini bisa digunakan di semua perangkat dengan tingkat resolusi layar yang berbeda-beda.

Dirilis pada bulan juni 2014, Android Lollipop 5.0 memiliki tampilan user interface yang telah diperbaiki. User interface pada versi ini telah diperbaiki total dan mengalami peningkatan responsivitas yang signifikan.

Android lollipop juga menjadi pertanda bahwa kedepannya generasi android lainnya akan terus mengalami perubahan dan peningkatan. Peningkatan yang dimaksud khususnya dalam hal kecepatan dan responsibilitas.

12. Android Versi Marshmallow 6.0

Android Versi Marshmallow

Urutan versi android selanjutnya ditempati oleh Android Versi Marshmallow 6.0. Karena telah memiliki kestabilan di perangkat. Setelah android versi ini keluar, pengembang tidak lagi terburu-buru dalam mengupdate penampilan atau fiturnya.

Bahkan, versi android perantara 5 sampai 6 tidak dirilis ke pasar industri. Android Versi Marshmallow 6.0 bahkan dirilis baru pada bulan Oktober 2015. Karena diluncurkan dalam waktu yang lama android, versi ini memiliki banyak keunggulan.

Keunggulan tersebut diantaranya adalah peningkatan keamanan, kinerja, hingga kemampuan konektivitas perangkat yang luar biasa. Semua keunggulan tersebut dibuat untuk peningkatan pengalaman pengguna secara optimal dan menyeluruh.

Android versi marshmallow juga telah dilengkapi dengan fitur memory manager yang memudahkan pengguna untuk melihat pemakaian memori secara berkala.

Android marshmallow juga mempunyai kontrol volume yang telah dibedakan antara volume untuk media dan volume untuk alarm. Yang paling canggih dari versi ini yaitu telah digunakannya autentikasi sidik jari.

13. Android Versi Nougat 7

Urutan versi android selanjutnya Nougat 7 untuk pertama kalinya dirilis pada Agustus 2016. Pada versi ini, android telah banyak memberikan penambahan dan optimalisasi pada fitur. Pada versi Nougat 7 ini telah ada 50 fitur yang ditambahkan.

50 fitur ini diantaranya meliputi konektivitas, kompatibilitas, keamanan kinerja, kecepatan, tampilan, dan lain sebagainya. Yang jelas, versi yang menempati tingkat android ini mendapatkan ulasan yang positif dari pengguna.

Android versi nougat 7 juga telah memiliki kemampuan multitasking yang memudahkan pengguna dalam melakukan splitting aplikasi. Kemampuan splitting membuat versi ini menjadi lebih efisien untuk digunakan.

14. Android Versi Oreo 8

Mengusung konsep makanan oreo, android ini dirilis pada Agustus 2017. Pada perilisannya, Android Oreo 8 telah menggunakan treble project. Treble project adalah kemampuan android untuk otomatis mengupdate saat tersambung internet.

Android versi ini juga telah memiliki peningkatan pada daya baterai. Selain itu, Android Oreo 8 mampu digunakan dengan optimal pada ponsel dengan kapasitas RAM dibawah 1GB.

Android Oreo juga telah dilengkapi dengan kemampuan multitasking sebagaimana sebelumnya. Disini, pengguna bisa menonton film dan membuka browser sekaligus. Pengguna juga bisa mengurutkan notifikasi berdasarkan keinginannya.

Android Oreo ini mempunyai fitur untuk menampilkan notifikasi di bagian layar atas. Dibanding versi sebelumnya, versi oreo yang menempati urutan android ini sudah pasti lebih disukai oleh pengguna. Mungkin diantara Anda ada yang pernah memiliki hp android versi ini?

Baca Juga  Mau Dapat Pacar? Coba Instal 15 Aplikasi Cari Jodoh

15. Android Versi Pie 9

Android Versi Pie 9

Android Pie 9 merupakan urutan android selanjutnya setelah versi oreo. Versi ini tepat dirilis pada bulan Agustus 2018, tepat satu tahun setelah perilisan android versi oreo 8 .

Sebagai generasi android kesembilan, Pie 9 tidak mempunyai banyak perbedaan dengan android Oreo 8. Android Pie 9 lebih banyak mengalami peningkatan pada tampilan antarmuka.

Versi ini juga mendapatkan peningkatan pada tampilan ataupun fitur yang berkaitan dengan penggunaan di layar. Versi ini juga dilengkapi dengan kemampuan digital well being.

Digital well being adalah kemampuan untuk durasi penggunaan ponsel serta aplikasi apa saja yang sering digunakan. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan ponsel dengan bijak.

16. Android 10

Sebagai generasi terbaru di Urutan versi android ke sepuluh, Android 10 diberi nama dengan kode Q. Namun, tahukah Anda jika pada awalnya generasi android setelah pie akan diberi nama Queen Tart atau Queen Cake?

Sayangnya, pada saat perilisan versi ini, pihak android memutuskan untuk berhenti menggunakan nama makanan manis sebagai nama versi android. Pada bulan Agustus 2019, secara resmi, versi kesepuluh ini dirilis dengan nama Android Versi 10.

Karena sudah dianggap memiliki fitur dan tampilan yang sempurna, maka pada versi ini tidak lagi fokus pada masalah energi atau penghematan daya.

Kelebihan Android Versi 10 juga terletak pada bagian perubahan bentuk logo. Jika sebelumnya logo android selalu ditampilkan dengan bentuk robot lengkap dengan kali dan tangan, versi ini hanya menampilkan kepala robot saja beserta antena.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.