Termux PC: Fungsi, Kelebihan dan Cara Menggunakannya 

Termux PC – Mendengar istilah termux kamu pasti akan merasa asing, tapi termux bukan aplikasi game atau media sosial. Termux sering digunakan oleh para developer untuk mengetes sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan. 

Penjelasan mengenai termux, cara instal dan menggunakannya dengan lengkap bisa kamu simak langsung di sini. 

Apa Itu Termux PC

Dibuat oleh Fredrik Fornwall dan rilis, termux menjadi aplikasi yang rilis tahun 2015 pada tanggal 3 Juni di Play Store. Hingga saat ini aplikasinya telah diunduh oleh puluhan juta orang yang semuanya pengguna android. 

Termux pc sendiri merupakan sebuah terminal emulator dan environment Linux yang basisnya Linux Debian. Gampangannya, terminal emulator sejenis Command Prompt atau CMD yang terdapat pada Windows atau Linux. 

Apakah Fungsi Termux?

Fungsi dari terminal emulator adalah untuk menampilkan, memasukkan dan mencetak data. Keunggulan dari aplikasi ini tak hanya bisa digunakan pada pc tetapi juga smartphone Android. 

Proses pengunduhan dan pemasangan termux juga tidak ribet. Anda tak perlu rooting ponsel namun bisa langsung memasangnya. Termux mendukung ponsel yang menggunakan sistem 32 bit atau 64 bit. 

Sesuai dengan fungsi dari terminal emulator dan mirip dengan CMD, ada beberapa fungsi dari termux yang bisa dijelaskan sebagai berikut ini.  

  • Tanpa proses rooting aplikasi ini bisa menjalankan bahasa pemrograman contohnya Ruby, Perl atau Python. 
  • Bisa digunakan untuk meretas jaringan internet serta mempercepat jaringannya. 
  • Menggunakan SSH Client. 
  • Aplikasi teks editornya berbasis terminal. 
  • Internet yang diakses menggunakan Lynx berbasis terminal. 
  • Bisa juga digunakan untuk eject flashdisk dari smartphone yang tadinya menyambung pada OTG. 

Ada begitu banyak manfaat dari termux pc sehingga aplikasi ini terus dikembangkan dan banyak digunakan oleh developer. 

Kelebihan Termux
cara menggunakan termux

Sebagian besar aplikasi yang terdapat di Play Store menggunakan aplikasi Linux. Termux memang berbeda dari Linux jika dilihat dari keseluruhannya. Tapi Termux sendiri merupakan bagian dari Linux tetapi berdiri sendiri. 

Ada beberapa alasan kebanyakan developer menggunakan termux yaitu sebagai berikut ini:

  • Aplikasi yang konsisten

Demi menciptakan antarmuka yang memudahkan pengguna, developer membutuhkan upaya yang besar. Aplikasi termux sama dengan versi Linux, mulai dari keyboard bahkan cara instalnya. 

  • Aplikasi yang ringan

Aplikasi linux bisa digunakan untuk membuat kode android yang tipis menjadi berat. Contohnya SSH android ukuran 2 MB serta 12 MB. Berbeda dengan termux yang di mana kode android sangat ringan yaitu 396 KB saja. 

  • Tak banyak perawatan

Kelebihan lain dari termux adalah pembaharuan standar yang dilakukan tidak terlalu banyak. Semua bisa dibuat otomatis sama dengan versi desktop nya. 

  • Aplikasi yang gratis

Termux juga merupakan aplikasi gratis dan open source. Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya yang mengenakan tarif di Play Store. 

Cara Menggunakan Termux

Termux pc proses unduhannya berbeda dengan ketika di instal di hp android. Termux di ponsel bisa langsung diunduh melalui Play Store secara gratis. Hanya saja saat menjalankannya di ponsel perlu mendapat izin pengguna. 

Ponsel android yang menggunakan termux pun setidaknya adalah OS 5.0 atau android lollipop. Sedangkan untuk termux pc, cara instalnya adalah menggunakan emulator android atau bisa juga dengan MinGW-w64. 

Walaupun cara instalnya berbeda, namun untuk menggunakan termux prosesnya sama. Cara menggunakan termux pada pc atau android adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi 

Selesai menginstal kamu bisa langsung membuka aplikasi termux pc. Tunggu sampai ada perintah Report issues at https: //termux.com/issues muncul. 

  • Membuka terminal kedua

Apabila ingin membuka terminal kedua maka pilih menu new session pada saat menggeser sisi kiri atas ke kanan dengan mouse atau jari. 

Mulai dari sini kamu sudah bisa menggunakan termux. Tinggal kenali perintah-perintah dasar apa saja yang biasanya digunakan. 

Perintah Dasar pada Termux

Supaya lebih mudah menggunakan termux, ada beberapa perintah paling dasar yang bisa digunakan. Berikut ini daftar dan penjelasannya:

Is

Perintah ‘’is’’ pada terminal artinya adalah file di dalam sistem yang sudah terdaftar. 

cd 

Jika kamu mengetik perintah ‘’cd’’ maka terminal akan kembali pada posisi semula sebelum dibuka.

cd ‘folder name’’ 

Merupakan perintah yang digunakan untuk masuk ke folder penyimpanan. Kamu akan masuk ke folder yang memiliki relevansi tinggi. 

cat ‘filename’

Kode ini digunakan untuk menampilkan atau membuat file yang relevan sehingga tampil pada terminal.

chmod 777 ‘nama file’

Ada dua jenis dua klasifikasi aplikasi yang bisa dijalankan oleh termux yaitu berwarna hijau dan putih. Warna hijau artinya aplikasi yang sedang berjalan sedangkan warna putih belum siap dijalankan. 

Jika ingin membuat aplikasi berwarna putih maka bisa menggunakan kode tersebut sehingga file bisa dieksekusi. 

Package yang Perlu Ditambahkan pada Termux

Jika ingin memberikan akses menambah, menghapus atau dilihat dan update program maka ada package yang perlu ditambahkan pada termux. Supaya kamu nggak bingung package mana yang harus ditambahkan, 5 pilihan berikut ini bisa dipertimbangkan. 

Aria2C

Merupakan package yang fungsinya meletakkan file untuk didownload pada tempat yang diinginkan. 

Unrar

Package ini berfungsi untuk menyelesaikan masalah untuk unrar file yang terdapat dalam media penyimpanan. 

Neovim

Sebuah package yang fungsinya sebagai file editor dan memiliki kelebihan simpel serat mudah untuk digunakan. 

Tree

Package ini berfungsi untuk menunjukkan di mana letak file yang terselip pada folder tersembunyi. 

AG

Merupakan package yang fungsinya untuk mencari file dalam bentuk frasa. 

Termux adalah aplikasi multifungsi yang sangat membantu para developer mengembangkan aplikasi. Bahkan beberapa ada juga yang menggunakannya untuk hacking web. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.