password manager
Android/iOS

Suka Lupa Sandi HP? Password Manager Bisa Membantumu

Artikel terakhir diperbaharui 10-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Password adalah salah satu cara yang digunakan dalam teknologi untuk mengamankan sesuatu. Ada banyak yang perlu diamankan menggunakan password seperti email, aplikasi chat, hingga password untuk akun sosial media.

Fungsi dari password adalah membuat akun pribadi atau file penting menjadi lebih aman. Orang lain yang tidak bertanggung jawab pun akan kesulitan untuk mengakses demi tujuan yang buruk.

Biasanya password tidak disarankan memakai tanggal lahir atau kumpulan angka yang mudah untuk dihafalkan. Perlu pembuatan password kombinasi angka dan huruf supaya akun menjadi lebih aman.

Sayangnya karena terlalu banyak password, kita seringkali lupa yang digunakan apa saja. Apalagi jika kamu menggunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun.

Solusi buat kamu yang sering lupa adalah menggunakan password manager. Aplikasi yang satu ini sudah banyak digunakan untuk mengingat semua password yang sudah dibuat dan untuk apa saja.

Yuk cek seberapa pentingkah aplikasi ini untuk digunakan.

Mengenal Password Manager dan Cara Kerjanya

Semakin canggih teknologi dibuat untuk pengolahan data, maka keamanan pun juga dibuat. Karena banyak file penting yang mungkin harus dirahasiakan dan sifatnya pribadi.

Sayangnya peretasan atau pembobolan oleh hacker juga terus terjadi bahkan berkembang cukup pesat.

Pencurian identitas, contohnya saja salah satu akun media sosial kamu yang sudah memiliki banyak followers tentu saja menjadi tindakan kriminal.

Apalagi ternyata akun yang kamu miliki digunakan untuk melakukan kejahatan seperti penipuan. Nama baik yang sudah dibangun selama ini tentu saja akan terancam.

Disinilah Password Manager sangat dibutuhkan, bukan sekedar untuk mengingat password yang sudah kamu buat tetapi juga menyimpannya supaya aman.

Password Manager adalah sebuah aplikasi yang aman dan semua password yang kamu gunakan untuk akun tertentu akan dienkripsi dan disimpan.

password manager untuk pc

Semua kumpulan password tersebut akan disimpan dengan aman menggunakan kata sandi utama.

Apabila kamu menggunakan kata sandi yang berbeda-beda untuk akun email, akun sosmed, bahkan untuk blog semuanya bisa disimpan dalam aplikasi ini.

Apalagi jika kamu sering mengubah-ubah password supaya akun lebih aman. Lalu bagaimana cara kerja dari Password Manager untuk bisa menyimpan semua password dari akun yang kamu miliki?

Aplikasi ini bukan berarti kamu harus memasukan password secara manual ke dalamnya.

Kemudian setelah selesai, ketika lupa kamu bisa membuka brankas password yang terdapat di dalam aplikasi. Berbeda dengan anggapan tersebut, aplikasi ini justru akan bekerja secara otomatis.

Ketika selesai menginstal aplikasi, kamu bisa mengaturnya agar terintegrasi dengan semua akun yang menggunakan password.

Sehingga ketika kamu hendak membuka akun dan lupa password, maka aplikasi ini akan langsung mengisi username dan password sehingga kamu bisa login.

Jadi fungsinya bukan hanya untuk menyimpan tetapi juga pengelolaan. Semua dilakukan secara otomatis sehingga kamu tidak perlu buka tutup aplikasi hanya untuk tahu username dan password pada akun yang hendak dibuka.

password manager untuk laptop terbaik

Apa Pentingnya Menggunakan Password Manager?

Selain fungsi utamanya untuk menyimpan beragam jenis password, banyak alasan mengapa kamu harus menggunakan aplikasi ini. Apalagi jika dilihat dari apa saja manfaat yang diberikannya.

Masalah keamanan tentu menjadi hal yang utama, karena kamu tentu tidak ingin orang lain tahu sandi masuk ke akun sosmed bahkan internet banking.

Oleh karena itu, beberapa alasan inilah yang membuat kamu harus segera menggunakan password manager.

1. Tidak perlu lagi menghafalkan semua password

Alasan yang pertama dan sudah sangat terbukti bermanfaat adalah soal menghafalkan kata sandi. Ada begitu banyak kombinasi huruf dan angka yang harus kamu hafalkan.

Belum lagi jika setiap bulannya kamu rutin mengganti kata sandi supaya lebih aman. Jika dihafalkan secara manual, berapa banyak sandi yang harus kamu hafalkan setiap bulannya? Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot lagi untuk mengingatnya.

2. Mencegah penggunaan password yang sama berulang kali

Apakah kamu sering melakukan penukaran password dengan akun-akun yang dimiliki? Hindari hal tersebut karena apa yang kamu lakukan memicu kebocoran password yang mudah dimengerti polanya.

Hal itu akan memberi peluang besar bagi orang lain untuk mempergunakannya. Melalui aplikasi kata sandi ini, kamu akan terhindar dari penggunaan password secara berulang. Tidak ada pola yang bisa diamati dan akun yang kamu miliki pun akan aman.

3. Menciptakan password lebih aman

Selain mencegah penggunaan password yang berulang, aplikasi ini juga membantu untuk menciptakan password. Karena sering membuat password, pasti kamu akan sering kebingungan kata sandi baru apalagi yang harus digunakan.

Ciri password yang bagus adalah kompleks serta panjang sehingga tidak mudah untuk diretas. Memang tidak mudah membuat password, namun dengan aplikasi ini membuat password yang lebih aman tidaklah sulit.

4. Menambahkan autentikasi dengan perangkat lain

Aplikasi ini juga memiliki fitur autentikasi yang dihubungkan dengan perangkat lainnya. Misalnya saja jika ada seseorang yang login ke akun Facebook atau email melalui perangkat lainnya, maka akan muncul notifikasi ke ponsel kamu.

Dengan begitu si pemilik akun akan tetap memiliki kontrol terhadap semua akunnya. Jika terdapat login yang mencurigakan, mereka bisa langsung mengetahuinya. Akun pun akan jadi lebih aman.

Dilihat dari semua alasan ini, menggunakan aplikasi kata sandi ini tentu menjadi kewajiban bagi kamu yang sangat aktif menggunakan banyak akun. Memanfaatkan aplikasi ini akan memperkecil risiko peretasan terhadap akun penting yang kamu miliki.

Bahkan jika kamu bekerja di perusahaan dan bertanggung jawab terhadap rahasia tertentu dan harus menggunakan akun, maka aplikasi ini akan sangat membantu. Penyedia aplikasi pun berusaha secara maksimal untuk menciptakan layanan di mana penggunanya bisa merasa aman.

Macam-Macam Aplikasi Password Manager Terbaik

Ada banyak Password Manager yang bisa digunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Tentunya fitur yang diberikan antara gratis dan berbayar berbeda. Kamu tinggal pilih mana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Tapi jangan sampai salah pilih juga, karena aplikasi ini ada berbagai macam. Kamu bisa memilih beberapa rekomendasi software Password Manager terbaik berikut ini:

1. Dashlane

Salah satu software yang sangat sederhana namun fitur yang ditawarkan sangat canggih. Dashlane memiliki kelebihan dalam hal memberikan password kepada kontak darurat.

Jadi dalam keadaan darurat, kata sandi akan langsung dikirimkan ke kontak darurat yang sudah didaftarkan.

Untuk mengetahui bagaimana kualitas penyimpanan kata sandi, Dashline memiliki penggunaan secara gratis sampai 50 kata sandi.

Tapi jika kamu ingin menyimpan lebih dari itu, harus mengupgrade ke versi Premium dengan harga 3.33 Dollar Amerika per bulannya.

2. LastPass

Biasanya aplikasi LastPass ini digunakan untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang dalam mengingat password. Yup, aplikasi ini gratis sehingga lebih sering digunakan, apalagi penyimpanannya tanpa batasan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini juga di banyak perangkat. Fitur yang dihadirkan antara lain menciptakan kata sandi utama yang aman. Kata sandi juga bisa diimpor ke formulir yang lebih detail dan bisa disimpan.

3. Keeper

Mungkin banyak di antara kamu yang sudah menggunakan aplikasi Keeper ini. Ada bermacam fitur yang ditawarkan, mulai dari mengisi formulir secara otomatis, memiliki autentikasi, serta berbagi dengan aman.

Yang unik dari aplikasi ini adalah banyak paket yang bisa dipilih sesuai dengan latar belakang kebutuhan. Misalnya untuk perusahaan, bisnis sendiri, keluarga, pribadi hingga mahasiswa. Tinggal pilih mana paket yang tepat untuk kamu.

4. Avast Password

Produk Avast bukan hanya anti virus saja, tetapi juga Password Manager. Kemampuannya sudah terbukti dari aplikasi anti virusnya, sedangkan untuk kata sandi fiturnya juga sangat lengkap.

Ada fitur ekspor dan impor kata sandi, memiliki password generator, hingga menyimpan password dengan otomatis. Yang kamu lakukan hanyalah menginstal aplikasi secara gratis.

password manager android terbaik

5. Avira Password

Sama seperti Avast, produk dari Avira yang juga berkecimpung dalam software anti virus juga menciptakan aplikasi untuk kata sandi. Soal keamanan, Avira sudah sangat terkenal, jadi kamu bisa mempercayakan keamanan password dalam aplikasi ini.

Kelebihan yang didapatkan dari aplikasi Avira Password ini adalah ruang simpan yang cukup luas dan fleksibel untuk digunakan. Semua kata sandi akan disimpan dengan aman dan hanya bisa diketahui oleh penggunanya.

6. Enpass

Layanan penyimpanan kata sandi gratis yang bisa digunakan untuk menyimpan 20 data. Bahkan masih dalam versi gratis saja kamu bisa melakukan sinkronisasi dengan beberapa perangkat. Ada banyak kategori khusus yang akan didapatkan dari aplikasi ini.

7. 1Password

Berbeda dengan aplikasi lainnya, 1Password percaya bahwa produk yang mereka buat sangat aman. Oleh karena itu aplikasi ini tidak gratis dan hanya menyediakan trial 30 hari gratis dengan fitur yang terbatas.

Ada banyak paket yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Biaya layanannya di mulai dari 2,99 Dolar Amerika hingga 3,99 Dollar per bulannya.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *