Cara Menambahkan Panggilan Darurat Xiaomi dan Settingannya

Panggilan Darurat Xiaomi – Setiap ponsel pastinya memiliki fitur panggilan darurat. Guna panggilan darurat sendiri adalah untuk mengatasi kejadian atau hal genting yang terjadi.

Panggilan darurat atau emergency call sangat penting untuk ditambahkan di ponsel pribadi. Karena nomor yang ada di panggilan darurat akan bisa ditelepon walaupun ponsel dalam keadaan terkunci.

Selain layanan panggilan 911 dan 112 sebagai panggilan darurat, anda juga bisa melakukan setting nomor penting yang bisa dihubungi dengan metode mudah seperti menekan tombol tertentu.

Anda bisa setting panggilan darurat dengan menggunakan nomor orang tua, pasangan, sahabat, saudara, atau nomor yang anda butuhkan lainnya.

Panggilan Darurat Xiaomi

Smartphone dengan brand Xiaomi memang memiliki beberapa sistem yang berbeda untuk mengatur panggilan darurat.

Maka dari itu, bagi anda pengguna smartphone Xiaomi harus mengetahui cara menambahkan panggilan darurat Xiaomi.

Untuk panggilan darurat Xiaomi, anda akan mengaktifkan fitur gps sehingga anda akan membagikan lokasi terakhir anda dan mengirimkan sms serta melakukan panggilan otomatis.

Untuk itu anda harus selalu memastikan bahwa smartphone Xiaomi anda selalu memiliki pulsa atau paket sms gratis.

Cara Setting Panggilan Darurat Xiaomi Tipe Baru

Ada beberapa tahap untuk mengaktifkan dan setting panggilan darurat Xiaomi. Pastikan terlebih dahulu smartphone Xiaomi anda sudah support SOS darurat.

Simak berikut dibawah ini adalah langkah-langkah mengaktifkan panggilan darurat Xiaomi :

1. Aktifkan Fitur SOS Darurat

Untuk mengaktifkan panggilan darurat Xiaomi yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur SOS Darurat. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur SOS darurat di smartphone Xiaomi:

  • Kunjungi aplikasi Pengaturan atau Setting
  • Klik pilihan Sandi & Keamanan
  • Lalu klik menu SOS
  • Setelah itu aktifkan SOS Darurat
  • SOS Darurat telah berhasil diaktifkan

2. Tambahkan Nomor Panggilan Darurat Xiaomi

Langkah selanjutnya setelah mengaktifkan SOS Darurat adalah menambahkan kontak panggilan darurat.

Sebenarnya fitur SOS sudah ada sejak dulu dan sudah dimiliki oleh handphone jadul. Namun, pada fitur SOS dulu hanya bisa menghubungi nomor yang sudah diatur oleh handphone.

Berbeda dengan sekarang. Anda bisa memilih dan memasang kontak penting untuk daftar panggilan darurat atau emergency call di smartphone anda.

Langkah-langkah menambahkan kontak panggilan darurat Xiaomi adalah sebagai berikut:

  • Aktifkan terlebih dahulu SOS Darurat seperti langkah di atas
  • Lalu pilih dan klik tab menu Kontak Darurat
  • Setelah itu klik ikon tambahkan kontak darurat
  • Pilih 3 nomor yang akan dijadikan panggilan darurat Xiaomi

Cara Melakukan Panggilan Darurat Xiaomi

Cara Melakukan Panggilan Darurat Xiaomi

Setelah anda mengaktifkan SOS Darurat dan telah menambahkan kontak panggilan darurat Xiaomi, maka anda sudah bisa melakukan panggilan darurat ke kontak yang sudah diatur.

Lalu bagaimana cara menggunakan panggilan darurat ini? Cara untuk menggunakan panggilan darurat Xiaomi sangatlah mudah.

Anda tinggal tekan tombol power sebanyak 5 kali maka SOS Darurat akan diaktifkan. Mengaktifkan SOS Darurat juga mengaktifkan fitur GPS yang nantinya berguna untuk mengirim pesan singkat SMS.

Ketika sinyal SOS Darurat aktif, nomor yang terdaftar pada panggilan darurat Xiaomi akan mendapatkan SMS terkait perkiraan posisi anda dan menjelaskan secara singkat bahwa anda membutuhkan pertolongan.

Info lokasi terkait lokasi anda pun akan diperbaharui secara berkala selama fitur SOS Darurat aktif.

Cara Mematikan Panggilan Darurat Xiaomi

Jika anda ingin mematikan fitur panggilan darurat Xiaomi dan tidak tahu langkah-langkah untuk menon-aktifkannya, ini dia cara mematikan panggilan darurat Xiaomi dengan mudah.

  • Masuk ke Pengaturan atau Setting
  • Pilih Sandi dan Keamanan
  • Lalu matikan fitur SOS Darurat

Anda bisa mematikan sinyal GPS anda karena mengaktifkan fitur GPS cukup cepat menghabiskan baterai smartphone Xiaomi anda. Mudah bukan?

Cara Setting Panggilan Darurat Xiaomi Tipe Android One

Untuk mengaktifkan panggilan darurat Xiaomi dengan sistem operasi Android One seperti Xiaomi MI A1, Xiaomi MI A2, Xiaomi MI A3, dan Xiaomi MI A2 Lite yang sudah tidak diproduksi di tahun 2020 ke atas, ini dia cara mengatur panggilan darurat Xiaomi dengan 2 metode berikut dibawah ini adalah info lengkapnya.

1. Dengan Pesan di Lockscreen

Cara mengaktifkan panggilan darurat Xiaomi dengan metode pesan di lockscreen ini akan menampilkan pesan singkat sesuai keinginan pengguna.

Anda bisa mengisi pesan singkat tersebut dengan kontak panggilan darurat atau solusi pengobatan tertentu ketika pengguna ponsel memiliki kondisi kesehatan tertentu.

  • Buka menu Setelan atau Setting
  • Klik Keamanan dan Lokasi
  • Pilih Pengaturan Layar Kunci
  • Klik Pesan Layar Kunci
  • Ketik pesan yang akan anda tampilkan di lockscreen

2. Dengan Nomor Darurat Di Papan Panggilan

Metode ini akan menampilkan nomor yang bisa dihubungi dalam situasi darurat. Dengan cara ini anda bisa memilih nomor darurat dari kontak anda. Ini dia langkah-langkahnya.

  • Buka menu Setelan atau Setting
  • Pilih opsi Pengguna dan Akun
  • Klik Informasi Darurat
  • Lalu pilih Tambahkan Kontak
  • Setelah itu pilih kontak atau nomor yang akan anda jadikan panggilan darurat Xiaomi

Anda bisa menambahkan informasi terkait kesehatan anda seperti nama, catatan medis, golongan darah, dan catatan alergi.

Cara Setting Panggilan Darurat Xiaomi

Cara Setting Panggilan Darurat Xiaomi Tipe Lawas

Bagi pengguna Xiaomi tipe Redmi 4a, Redmi 4x, Redmi 5a, Redmi Note 3s, Redmi Note 4, Redmi Note 4x, Redmi Note 5a, dan Xiaomi keluaran di bawah Redmi Note 8.

Ponsel Xiaomi dengan versi MIUI 11 dengan sistem operasi di bawah Android 9 dan Android 10, ini dia langkah mengatur panggilan darurat Xiaomi.

  • Buka Pengaturan atau menu Setting
  • Pilih opsi “Kunci Layar & Sandi”
  • Pilih “Setelan Lanjutan”
  • Klik “Info Pemilik di Layar Kunci”
  • Lalu aktifkan Tampil Info Pemilik di Layar Kunci
  • Isi Informasi nomor darurat yang bisa dihubungi saat situasi darurat

Pada tipe smartphone Xiaomi di atas mungkin tidak bisa menambahkan panggilan darurat Xiaomi. Anda hanya bisa menampilkan pesan singkat.

Kelemahannya adalah anda tidak bisa menampilkan banyak karakter karena pesan hanya bisa diisi sedikit tetapi cukup untuk mengisi nomor atau kontak darurat.

Itulah informasi penjelasan mengenai cara membuat panggilan darurat Xiaomi atau SOS Darurat dari berbagai tipe.

Pentingnya untuk mengaktifkan SOS Darurat dan mencantumkan kontak panggilan darurat akan membantu anda pada saat keadaan genting.

Orang yang menemukan ponsel anda dapat langsung meminta bantuan kepada keluarga atau kontak penting yang anda cantumkan.

Apalagi dengan tingkat ketergantungan masyarakat Indonesia pada ponsel tergolong cukup tinggi. Sehingga anda juga harus menggunakan smartphone anda dengan maksimal.

Selain itu, anda bisa menyimpan nomor panggilan darurat seperti nomor polisi, ambulans, pemadam kebakaran, badan SAR dan kontak darurat lainnya untuk mempermudah anda dalam menghubungi kontak yang tepat dalam situasi genting.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi para pengguna smartphone Xiaomi yang belum mengetahui cara mengatur panggilan darurat Xiaomi.

Selamat mencoba. Apabila informasi ini cukup penting, jangan lupa untuk dishare kepada kerabat atau sanak saudara yang juga membutuhkan informasi ini.

Fina Fauziyah

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.