layanan google play terhenti
Android/iOS

Layanan Google Play Terhenti? Tak Perlu Bingung, Ikuti Langkah Ini

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Google Play adalah salah satu layanan milik Google yang menyimpan ribuan aplikasi untuk diunduh. Mulai dari aplikasi yang gratis hingga berbayar.

Kamu bisa mengunduh game hingga menggunakan aplikasi map atau lainnya yang cukup memudahkan kegiatan sehari-hari. Tapi pernahkan kamu mengalami masalah ketika menggunakan Google Play?

Ketika kamu sedang searching aplikasi, tiba-tiba muncul tulisan Google Play has stopped. Pastinya sangat menyebalkan. Bagaimanakah langkah untuk mengatasi layanan Google Play terhenti? Supaya tidak kesal lagi, kamu bisa mengikuti langkah perbaikannya di sini.

Cara Mengatasi Google Play Terhenti Tiba-Tiba

Jangan panik ketika layanan Google Play tiba-tiba berhenti. Karena bukan berarti smartphone kamu mengalami kerusakan. Layanan yang terhenti ini mungkin disebabkan oleh smartphone yang usianya sudah terlalu lama.

Masalah ini juga bisa muncul karena RAM dari hp yang kamu miliki sudah terlalu penuh. Oleh karena itu cara paling mudah adalah mengurangi aplikasi yang digunakan.

Tapi jika hal itu tidak mungkin dilakukan, ada beberapa cara untuk mengatasi layanan Google Play berikut ini:

1. Melakukan restart

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan restart. Mengapa?

Tujuannya adalah untuk mengembalikan ponsel ke dalam posisi normal. Kembalinya smartphone dalam kondisi normal bisa memulihkan Google Play.

Cukup tekan tombol untuk mematikan ponsel kemudian pilih menu restart. Jangan anggap sepele soal restart ini, karena langkah ini sangat berguna. Bukan hanya mengembalikan Google Play agar bisa normal,  tetapi juga hp yang lemot.

2. Mereset hp

Apakah dengan cara melakukan restart Google Play masih belum berfungsi? Jika iya, kamu bisa melanjutkan dengan langkah mereset hp. Dengan begitu semua data yang tersimpan di hp akan hilang beserta aplikasi yang sebelumnya diunduh.

Apabila selesai mereset hp, maka hp akan kembali pada kondisi awal yaitu menggunakan setelan pabrik. Jadi akan lebih baik jika kamu melakukan backup data sebelum melakukan reset.

Apabila kamu tidak bisa melakukan reset sendiri bisa langsung membawanya ke costumer service. Layanan reset ini biasanya gratis jadi kamu tidak perlu keluar uang. Tapi jangan lupa untuk tetap melakukan backup data terlebih dahulu sebelumnya.

mengapa google play terhenti

3. Menghapus penyimpanan

RAM adalah bagian yang paling cepat penuh karena kamu menjalankan begitu banyak aplikasi. Supaya RAM menjadi lebih ringan, kamu harus menghapus cache dan juga memori dari aplikasi.

Biasanya setelah penyimpanan dihapus maka hp dapat beroperasi dengan ringan dan Google Play bisa kembali digunakan. Kamu sebaiknya melakukan penghapusan secara keseluruhan, jangan hanya memilih beberapa aplikasi saja.

Untuk bisa menghapus pada hp android, kamu bisa mengikuti langkah dengan masuk ke Pengaturan kemudian ketuk menu Aplikasi Management dan cari menu aplikasi Layanan Google Play.

Setelah masuk ke Google Play Service kamu bisa ketuk menu hapus data. Dengan begitu semua cache dan memori aplikasi akan terhapus. Apabila proses ini sudah selesai, kamu bisa menjalankan aplikasi Google Play kembali.

4. Menghapus Update

Teknologi yang digunakan ponsel sangat mempengaruhi kemampuannya untuk selalu menggunakan aplikasi yang up to date. Karena teknologi dari ponsel terlalu lama biasanya tidak bisa menggunakan aplikasi Google Play yang terbaru.

Oleh karena itu lebih baik kamu menghapus sistem updatenya. Ketika penghapusan ini dilakukan, biasanya aplikasi akan kembali pada pengaturan awal. Oleh karena itu langkah penghapusan update sebaiknya segera dilakukan.

  • Cara untuk menghapusnya adalah dengan masuk ke Pengaturan pada ponsel. Kemudian masuk pada menu Aplikasi dan cari menu Google Play.

kenapa google play terhenti

  • Setelah masuk cari menu titik tiga atau dua di bagian pojok kanan atas. Maka akan muncul menu Uninstall updates dan ketuk.

google play mengapa terhenti

  • Maka akan muncul pop up menu dan pilih menu Ok.

google play kenapa terhenti

Untuk menyempurnakan pengaturan kamu perlu melakukan restart pada hp. Setelah itu aplikasi Google Play akan kembali seperti aplikasi awal, jadi kamu tidak perlu menginstall aplikasi ulang.

5. Menghapus Preferensi

Walaupun disebut dengan menghapus, namun langkah ini tidak akan menghapus file apapun yang tersimpan di ponsel. Langkah ini sangat tepat untuk mengatasi layanan Google terhenti, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cara menghentikannya adalah dengan masuk pada pengaturan ponsel. Setelah itu ketuk menu management aplikasi.
  • Setelah masuk ke dalam daftar aplikasi, ketuk titik dua yang ada di bagian pojok kanan atas. Maka akan muncul beberapa menu.
  • Ketuk menu reset preferensi aplikasi.
  • Kemudian akan muncul menu pop up dan klik reset untuk menyelesaikan proses reset.

Selesai melakukan pengaturan ini, Google Play juga akan kembali pada pengaturan awal. Biasanya langkah ini bisa langsung efektif untuk mengembalikan Google Play yang sudah terhenti.

6. Menerapkan Flash

Banyak yang mengira bahwa melakukan reset pabrik dengan flash adalah langkah yang sama. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Bedanya adalah pada sistem flashing, firmware yang digunakan bisa sesuai keinginan. Berbeda dengan reset pabrik yang firmwarenya sama.

Selain itu keunggulan melakukan flash adalah bisa digunakan juga untuk menghapus virus. Namun untuk melakukan flashing juga tidak bisa sembarangan.

Sebaiknya kamu menggunakan firmware yang terbaru dan bisa diunduh di situs sesuai dengan merk hp. Selesai melakukan flashing sudah pasti bahwa Google Play akan kembali bisa digunakan.

7. Memanfaatkan aplikasi cleaner

Sedia payung sebelum hujan.  Bagi kamu yang saat ini belum mengalami masalah layanan Google Play terhenti, tidak ada salahnya untuk menginstal aplikasi cleaner sebelumnya. Menggunakan aplikasi ini ada begitu banyak manfaatnya.

Aplikasi cleaner bisa digunakan untuk menghapus cache yang terdapat pada ponsel termasuk dari Google Play. Jadi kamu tidak perlu repot masuk ke pengaturan dan menginstall Google Play atau menghentikan updatenya.

Beberapa aplikasi cleaner yang direkomendasikan untuk digunakan antara lain adalah CCleaner, Nox Cleaner, dan banyak lagi. Aplikasi cleaner ini gratis jadi kamu tidak perlu berlangganan untuk menggunakan fitur-fiturnya.

cc cleaner

8. Reset akun Google

Ada hubungan yang cukup besar antara akun Google dengan Google Play, karena semuanya terintegrasi. Jika kamu mereset akun Google, maka akan memulihkan kinerja dari Google Play.

Dengan begitu semua aplikasi yang berhubungan dengan Google seperti Gmail, Google Photo dan yang lainnya akan mengalami reset otomatis.

Cara mengatur reset sendiri adalah dengan masuk ke bagian pengaturan akun pada ponsel. Setelah masuk pilih menu remove atau hapus akun Google yang kamu miliki.

Selesai dari langkah mereset maka kamu bisa menggunakan aplikasi Google Play kembali. Langkah ini juga sama fungsinya yaitu mengembalikan aplikasi pada pengaturan awal. Hanya saja yang dikembalikan adalah hampir semua aplikasi yang terintegrasi pada Google.

9. Melakukan Force Stop

Langkah kesembilan ini berbeda dengan cara mematikan hardware ponsel secara paksa. Ketika semua cara sudah digunakan tetapi tidak berfungsi, maka cara mengatasi Google Play terhenti adalah dengan memanfaatkan fitur Force Stop.

  • Cara untuk menggunakan Force Stop pertama adalah dengan masuk ke pengaturan ponsel.

google play force stop

  • Pilih menu management application kemudian pilih menu Google Play.

google play mendadak terhenti

  • Setelah masuk ke menu Google Play klik menu Force Stop.

layanan google play mendadak terhenti

Maka layanan akan langsung dihentikan secara paksa dan aplikasi yang error akan keluar secara paksa. Cara ini juga bisa kamu lakukan ketika aplikasi lainnya juga mengalami kesulitan untuk dibuka.

Tak perlu lagi bingung ketika layanan Google Play mulai eror, karena dengan kesembilan cara di atas semuanya dapat diatasi.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *