Android/iOS

Fungsi Aplikasi Inventory untuk Bisnis Retail dan Rekomendasi Aplikasi Terbaiknya

Mengurus inventaris acap kali menjadi pekerjaan paling rumit bagi industri retail. Ini tidak mengherankan mengingat industri ini mengelola banyak sekali barang. Namun, sekarang pekerjaan mengurus stok dan inventaris tersebut dapat dilakukan lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi inventory.

Aplikasi yang memang dikhususkan untuk mengelola dan mengatur barang yang ada di gudang. Dengan bantuan teknologi ini, Anda bisa mendapatkan data yang valid mengenai keadaan barang di gudang dan tidak lagi perlu melakukan pekerjaan secara manual.

Untuk membantu Anda lebih mengenal fungsi aplikasi inventory bagi industri retail, mari simak artikel berikut ini. Kami juga sudah siapkan beberapa rekomendasi untuk Anda.

Fungsi Aplikasi Inventory untuk Industri Retail

Aplikasi inventory untuk industri retail memiliki beberapa fungsi penting yang membantu dalam mengelola persediaan barang dagangan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari aplikasi tersebut:

Pencatatan dan Pelacakan Persediaan

Aplikasi inventory memungkinkan Anda untuk mencatat dan melacak semua barang yang tersedia di toko atau gudang. Dengan ini, Anda dapat memantau jumlah barang yang tersedia, memperbarui stok secara real-time, dan menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.

Pembelian dan Pemesanan Barang

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat pesanan pembelian barang secara efisien. Anda dapat mengelola pemesanan, membuat daftar supplier, memantau status pengiriman, dan menghindari kekurangan stok dengan memperbarui persediaan tepat waktu.

Pemantauan Penjualan

Aplikasi inventory membantu Anda dalam memantau penjualan barang secara terperinci. Anda dapat melihat barang apa yang paling laku, memperoleh data penjualan harian, mingguan, atau bulanan, dan menganalisis tren penjualan. Informasi ini berguna untuk merencanakan pengadaan persediaan di masa depan.

Manajemen Lokasi dan Penyimpanan

Aplikasi ini membantu dalam mengatur lokasi penyimpanan barang dan mengelola transfer antar lokasi jika diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menemukan barang yang dibutuhkan dan mengoptimalkan ruang penyimpanan.

Pemantauan Kedaluwarsa dan Barang Rusak

Aplikasi inventory dapat memberikan peringatan tentang barang yang akan kedaluwarsa atau rusak. Dengan memantau tanggal kedaluwarsa atau kualitas barang, Anda dapat menghindari kerugian karena barang yang tidak bisa dijual atau harus dikembalikan kepada supplier.

Analisis dan Laporan

Aplikasi inventory dapat menghasilkan laporan terperinci tentang persediaan, penjualan, profitabilitas, dan performa bisnis secara keseluruhan. Informasi ini membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik, seperti rencana pemasaran, perencanaan anggaran, atau penyesuaian harga.

Dengan menggunakan aplikasi inventory, industri retail dapat mengelola persediaan secara lebih efisien, mengurangi kerugian akibat stok yang tidak terjual atau barang yang rusak, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Rekomendasi Aplikasi Inventory untuk Industri Retail

Ada beberapa aplikasi inventory yang populer dan dapat direkomendasikan untuk industri retail. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang terbaik:

1. Fishbowl Go

Rekomendasi aplikasi inventory pertama ini sangat cocok untuk industri retail berskala besar maupun kecil.

Ada banyak sekali fitur yang disediakan dalam aplikasi ini, mulai dari mencatat berbagai transaksi secara digital sekaligus, memindai dan membaca kode barang, mencetak daftar packing barang yang akan dikirim, sampai dengan fitur yang akan membantu Anda dalam melacak perpindahan barang dari satu gudang ke gudang lainnya.

Tidak sampai situ, terdapat juga fitur unggul lainnya, yaitu Cycle Count yang berfungsi untuk memperbarui jumlah barang secara berkala.

2. TradeGecko

TradeGecko adalah aplikasi inventory yang dirancang khusus untuk bisnis retail. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengelola persediaan, manajemen pesanan, pemenuhan pengiriman, pelacakan penjualan, dan integrasi dengan berbagai platform penjualan online.

3. NetSuite WMS

Ini adalah aplikasi inventory yang dilengkapi dengan pemindai barcode yang dapat digunakan di perangkat mobile.

Sebagai aplikasi inventory, NetSuite WMS menawarkan fitur yang lengkap mulai dari menerima, menyimpan, sampai dengan pengiriman barang.

Kode QR yang ada di aplikasi ini juga membuat transaksi dapat dilakukan lebih mudah karena mereka hanya perlu memindai saja.

Dengan segala keunggulannya, NetSuite WMS juga merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

4. Zoho Inventory

Zoho Inventory adalah aplikasi cloud-based yang menawarkan fitur manajemen persediaan yang lengkap. Aplikasi ini mencakup pemantauan persediaan real-time, manajemen pembelian dan penjualan, pelacakan pengiriman, integrasi dengan toko online, dan laporan analitik.

5. RedERP

Terakhir, ada rekomendasi dari RedERP. Aplikasi inventory RedERP adalah salah satu yang terbaik di kelasnya dengan berbagai fitur unggul yang ada. Dengan aplikasi inventory RedERP, Anda dapat mengatur dan mengelola inventaris dan gudang lebih mudah.

Anda dapat melacak barang yang masuk dan keluar, memonitoring perpindahan barang, sampai dengan mengatur gudang agar lebih efisien dan melakukan stock opname.

Terdapat juga fitur laporan dan analisis yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan audit.

Aplikasi inventory RedERP ini juga sudah berbasis cloud dan memiliki sistem terintegrasi.

Sebelum memilih aplikasi inventory, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda secara spesifik dan mencocokkannya dengan fitur-fitur yang disediakan oleh setiap aplikasi.

Selain itu, pastikan juga untuk menguji versi demo atau mempelajari lebih lanjut mengenai fitur dan harga yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi tersebut.

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button