Daftar Emulator iOS Paling Recommended Untuk PC Anda

Emulator iOS adalah perangkat lunak yang bisa membantu Anda merasakan fungsionalitas perangkat berbasis iOS secara langsung di PC Windows Anda. Nah saat ini tentunya ada banyak daftar emulator iOS yang beredar. Simak ulasannya di bawah ini.

Air iPhone Emulator

Jenis pertama yang sangat direkomendasikan untuk PC Anda adalah Air iPhone Emulator. Anda bisa mendapatkan emulator jenis ini jika berlangganan premium. Air iPhone menggunakan Adobe Air Framework sehingga emulatornya bisa bekerja dengan sangat baik.

Ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin membuat GUI dari aplikasi dengan sistem iOS. Emulator ini memiliki sifat pengembangan, jadi jika Anda ingin menginstal aplikasi baru, bisa lewat emulator Air iPhone ini. Anda juga bisa melakukan pengujian terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Jangan khawatir dalam proses installnya karena proses instalasi emulator yang satu ini cukup mudah. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Mengenai fitur di dalam emulator memang masih ada kekurangan, namun selebihnya sangat direkomendasikan untuk PC Anda.

Appetize.io

Appetize.io adalah jenis emulator iOS lain yang sangat cocok digunakan di PC Anda. Selain namanya yang unik, emulator ini juga memiliki ciri khas dan itulah pembedanya dari jenis lain. Jika emulator sebelumnya menggunakan bantuan Adobe Air Framework, untuk Appetize.io ini memakai Cloud.

Memang jika menggunakan Cloud akan ada sedikit kesulitan dalam mengunduh aplikasi ke PC Anda. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa emulator ini lebih baik dibanding jenis lainnya. Bahkan, tidak ada pengembang yang lebih baik selain Appetize.

Selain memiliki fitur canggih, Appetize.io juga menyediakan versi uji coba yang tentunya gratis. Anda bisa mencobanya selama kurang lebih 100 menit tiap bulan.

Jika Anda ingin langsung berlangganan, dibutuhkan biaya sebesar $0,05. Cara kerjanya sendiri memang sedikit berbeda dengan jenis yang lainnya.Anda bisa mengunggah aplikasi ini di akun appetize.io untuk menggunakannya

Sayangnya, tidak ada fitur di emulator ini untuk install aplikasi. Oleh sebab itulah, Anda perlu mengunggahnya dulu baru aplikasi tersebut bisa Anda gunakan.

daftar emulator iOS

Smartface

Sama seperti namanya, emulator jenis ini akan memudahkan Anda untuk men debug, mengunduh dan menjalankan aplikasi dari App store. Jangan khawatir soal biaya berlangganan, karena pihak pengembang emulator ini menyediakan fitur gratis selamanya.

Cara kerja emulator ini juga sangat mudah dibanding yang lain. Pertama Anda cukup menginstall perangkat lunak di bagian host melalui App Store.

Baca Juga  Aplikasi Desain Baju dan Kaos Terbaik di Android

Kemudian buatlah sambungan ke PC Anda, dan jangan lupa untuk mengunduh iTune di komputer. Setelah aplikasi berhasil diinstall, Anda juga dapat melakukan debug dan menguji kode tersebut dengan mudah.

Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi Smartface ini. Diantaranya seperti perubahan kode dan breakpoints. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk melakukan uji perubahan kode secara realtime. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan software lainnya dari iOS dan iPad.

Ternyata Smartface tidak hanya digunakan untuk pengguna iOS saja, yang memakai ponsel dengan sistem android juga bisa menggunakan emulator ini. Smartface disini akan sangat membantu Anda untuk memasukkan hardware ke PC.

Adobe AIR

Emulator iOS lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengembangan atau uji coba terhadap suatu aplikasi adalah Adobe Air Framework. Jika PC Anda menggunakan Windows 10, maka sangat direkomendasikan agar memakai emulator Adobe Air saja karena lebih tepat dan tidak sulit diaplikasikan.

Jika Anda ingin membuat sebuah GUI iOS, Adobe Air adalah solusi yang paling tepat. Meskipun masih ada emulator jenis lain yang lebih baik dari Adobe Air, namun ada kelebihan yang dimilikinya.

Anda bisa menjalankan berbagai macam aplikasi layaknya sedang mengoperasikan sistem iOS disini. Padahal sebenarnya Anda tidak melakukan instalasi aplikasi ke dalam sistem iOS.

Jadi, singkatnya, Adobe Air akan membantu Anda untuk menghilangkan rasa penasaran seperti apakah sistem iOS itu tanpa harus masuk ke dalamnya. Adobe AIR memang aplikasi yang cukup unik dengan fitur di dalamnya.

daftar emulator

MobiOne Studio

MobiOne Studio adalah salah satu jenis emulator lain yang bisa Anda gunakan untuk PC. Ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin tahu bagaimana sistem iOS beroperasi meskipun PC menggunakan Windows.

Ternyata tidak hanya sampai disitu, masih ada kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah Anda bisa mengembangkan aplikasi iOS dengan sangat mudah walaupun tidak masuk ke dalam sistem operasi tersebut.

Karena kelebihannya ini, sudah jutaan orang yang menggunakan MobiOne Studio. Emulator ini telah menjadi kepercayaan banyak pengguna.

Terdapat juga fitur yang menjadi favorit pengguna bernama UI. Jika Anda ingin melakukan personalisasi fitur ini maka bisa dengan mudah sebab penggunaannya juga tidak terlalu rumit. Ketika Anda membuka fitur UI, akan ditampilkan banyak sekali pilihan template yang bisa digunakan.

Template tersebut juga bisa digunakan dalam bentuk landscape maupun potret. Namun sangat disayangkan karena ternyata emulator ini sudah dihentikan untuk beroperasi. Kini ada beberapa web yang masih menyediakannya, akan tetapi Anda harus waspada karena bisa mendatangkan virus.

Baca Juga  Platform dan Aplikasi Presentasi Terbaik Yang Harus Anda Coba

iPhone Simulator

iPhone Simulator adalah emulator iOS lain yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Terdapat kelebihan simulator ini dibanding jenis lainnya seperti jumlah fitur yang disediakan lebih banyak dan mudah digunakan. Fitur interface yang disediakan untuk pengguna juga telah dirancang dengan bagus dan rapi.

Tidak sulit menggunakan emulator ini karena memiliki banyak fitur pendukung di dalamnya. Selain itu ada beberapa aplikasi yang bisa dengan mudah mengikuti bentuk emulator ini, dimana di antaranya adalah kalkulator, notepad, jam, safari, dan sebagainya.

Anda juga bisa melakukan pengembangan aplikasi dengan sistem operasi iOS lewat emulator ini. Namun kekurangannya adalah Anda tidak bisa melakukan debugging aplikasi lewat iPhone Simulator. Memang tidak ada fitur pendukung debugging yang disediakan oleh pihak pengembang emulator ini.

iPadian

iPadian iOS Emulator Untuk Windows 10

Ini adalah kabar baik bagi yang menggunakan sistem operasi Windows 10 di PC dan ingin melakukan pengembangan aplikasi dari iOS. Jenis Windows yang bisa menggunakan emulator iOS ini adalah XP dan di atasnya. Jika Anda masuk ke dalam emulator, maka di layar akan muncul tampilan seperti iPad.

Ada yang mengatakan bahwa iPadian sebenarnya bukan emulator namun simulator dari iOS. Kendati demikian, Anda masih bisa menggunakannya dengan mudah. Seperti emulator jenis Adobe Air, iPadian  akan memudahkan Anda menjalankan sistem iOS di lingkungan Windows.

Kelemahan iPadian OS adalah tidak bisa melakukan emulasi layaknya Touch Function. Jadi, meskipun bisa menjalankan sistem iOS di dalam Windows, pengalaman untuk menyentuh layaknya iPad tidak bisa didapatkan. Ketika menggeseknya juga akan terasa tidak terlalu lancar.

Namun tidak usah khawatir karena emulator jenis ini sangat cocok bagi Anda yang sedang berhemat. Anda bisa mendapatkannya dengan gratis. iPadian juga menyediakan fitur App Store layaknya sistemiIOS. Namun sangat disayangkan masih ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka disini.

Ripple

Beralih ke emulator iOS jenis lain, yakni Ripple. Langsung dikelola oleh Google Chrome, Ripple bisa Anda gunakan untuk melakukan debugging secara mudah.

Anda juga tidak akan mengalami kendala yang rumit jika akan memasang aplikasi ini. Hal ini karena ada beberapa fitur khusus di Ripple bagi developer.

Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah testing otomatis, debugging, JS, dan HTML DOM Inspection. Kelebihan lainnya adalah ketika menjalankan Ripple, Anda tidak perlu melakukan restart PC. Selain itu Anda juga bisa menjalankan device dan aplikasi dengan ukuran yang berbeda.

Karena keunggulannya, sangat disayangkan bagi Anda yang ingin menggunakan Rippe karena harus menjadi pelanggan premium terlebih dahulu. Untuk platform yang digunakan disini pun sangat banyak, dan diantaranya seperti PhoneGap dan Webworks, ekstensi Web dan sebagainya.

Baca Juga  4 Cara Menghapus Cache Di iPhone Agar Tidak Lemot

daftar emulator iPhone

iOS Simulator XCode

iOS Simulator XCode asli buatan pihak Apple dan termasuk ke dalam salah satu jenis emulator canggih. Emulator ini memiliki beberapa aplikasi simulator seperti WatchOS, iMessage, tvOs dan sejenisnya. Jika Anda menggunakan emulator yang satu ini, maka muncul tampilan berbeda di beberapa fitur perangkat.

Fitur yang akan menampilkan tampilan berbeda di antaranya adalah scrolling, rotasi perangkat, tap dan sebagainya. Bagi pengguna Mac, Anda bisa langsung bisa mengoperasikan aplikasi dari emulator ini. Jika Anda menggunakan safari, maka lebih mudah lagi untuk melakukan uji aplikasi.

Kabar baiknya bagi Anda pengguna Mac yang ingin memakai emulator ini adalah telah disediakan versi gratisnya. Anda bisa mengunduh dan menggunakannya kapan saja.

TestFlight

Sama seperti jenis emulator sebelumnya, TestFlight juga memberikan kemudahan bagi para penggunananya. Langsung di bawah pengelolaan pihak Apple, TestFlight sangat sering digunakan bagi para developer aplikasi yang ingin melakukan coding lewat Xamarin.

Pihak Apple juga menyediakan metode lain bagi para developer aplikasi. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan langsung didukung oleh beberapa platform seperti iMessage, WatchOS dan iOS serta tvOS. Namun, masih ada beberapa kekurangan ketika menggunakan TestFlight.

Kekurangannya adalah Anda akan merasakan kesulitan ketika melakukan instalasi karena memang prosesnya cukup rumit. Selain itu Anda harus membuat profile distribusi terlebih dahulu lewat App Store. Sedangkan kelebihannya adalah Anda bisa menggunakannya dalam versi gratis.

TestFlight

Electric Mobile Studio

Jenis emulator iOS lainnya adalah Electric Mobile Studio yang bisa Anda gunakan dalam versi trial dan berbayar. Sebelum memutuskan untuk berlangganan, ada baiknya untuk mencoba fitur gratis ini selama 7 hari. Anda bisa menggunakan emulator ini jika ingin mengoperasikan sistem iOS di PC Windows.

Terdapat fitur yang paling menguntungkan bagi developer bernama full emulasi dalam emulator ini. Jadi developer dapat menggunakan fitur yang satu ini untuk melakukan emulasi layaknya iPhone, iPad dan aplikasi responsive lainnya. Pengguna Windows juga dapat mengoperasikan iOS dengan visual studios.

Remoted iOS Simulator untuk Windows

Emulator terakhir yang bisa Anda gunakan adalah remoted iOS. Anda bisa mendapatkannya dengan versi gratis dan berbayar jika ingin menggunakan fitur yang lainnya. Ini sangat cocok bagi developer yang ingin melakukan uji coba aplikasi iOS di Windows yang karena dilengkapi dengan tools dari Xamarin.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *