dropbox
Android/iOS

Dropbox: Fitur, Paket Harga dan Manfaatnya

Dropbox adalah sebuah layanan untuk menyimpan file secara online. Artinya, Anda bisa mengcopy file tersebut ke cloud, sehingga dapat diakses lebih mudah

Dropbox adalah tempat untuk menyimpan file secara online, jadi Anda bisa mengaksesnya kapanpun. Fitur ini sangat mudah untuk digunakan serta gratis dan pengoperasian hampir sama dengan windows file explorer.

Kapasitas ruang yang akan Anda dapatkan dari dropbox versi gratis cukup besar. Namun jika Anda membutuhkan ruang yang lebih luas serta banyak fitur lagi bisa menggunakan versi berbayar atau akun bulanan Dropbox. 

Apa Itu Dropbox?

Dropbox adalah sebuah layanan untuk menyimpan file secara online. Artinya Anda bisa mengcopy file tersebut ke cloud, sehingga dapat diakses dimanapun serta kapanpun. Tidak hanya itu Anda juga bisa mengakses file ini melalui perangkat berbeda.

Dropbox paket pribadi tidak akan menyalin seluruh file, jadi Anda harus memilihnya sendiri. Macam-macam data yang bisa Anda simpan di Dropbox contohnya video, gambar, aplikasi, dokumen, serta program. File yang ditransfer tersebut nantinya akan disimpan di cloud dan otomatis di backup.

Dropbox mempunyai dua versi, yaitu gratis atau berbayar yang keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Sistem penyimpanan file ini pada tahun 2011 juga membuat versi Dropbox For Team yang bisa digunakan dalam kelompok bisnis atau grup dengan kapasitas lebih besar.

Kelompok-kelompok ini adalah grup yang memerlukan layanan seperti tagihan terpusat, administrasi, dan kepentingan lain secara lebih detail serta kompleks.. Dropbox For Team ini tersedia dalam versi berbayar yang bisa Anda unduh dari web resminya secara langsung.

Fitur-Fitur Dropbox

Dropbox mempunyai fitur-fitur yang cukup lengkap untuk menyimpan berbagai file. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Dropbox sebagai berikut.

  • Penyimpanan awan

Penyimpanan awan merupakan penyimpan yang dilakukan oleh pihak ketiga dan berada di lokasi berbeda. Penyimpanan ini bisa melindungi data Anda dengan aman pada basis jarak jauh. Keunggulannya adalah Anda bisa mengaksesnya dimanapun tidak perlu lagi menyimpan di hard drive.

Kelebihan lainnya dari penyimpanan awan adalah Anda tidak harus mempunyai perangkat secara fisik. Jadi Anda bisa mengurangi resiko data hilang dan tidak bisa digantikan. Keunggulan lainnya adalah lebih mudah untuk dibagikan serta biaya lebih murah.

Penyimpanan awan ini bisa diakses melalui ponsel dengan menggunakan aplikasi Dropbox. Syaratnya Anda hanya harus terhubung ke jaringan internet. Anda juga bisa mengakses file Dropbox menggunakan Mac, windows, linux, aplikasi, atau web dropbox.com

  • Berbagi File

Melalui Dropbox file bisa dibagikan dengan lebih mudah serta cepat Anda hanya membutuhkan salinan tautan. Anda juga bisa mengirim file-file besar tanpa perlu mengkhawatirkan mengenai batas ukuran, sebab dropbox dapat membagikan data dengan ukuran 2GB atau lebih.

Anda dapat membagikan file berbentuk folder maupun zip dan bisa dishare kepada orang yang tidak mempunyai akun dropbox sekalipun. Keunggulan lain dari dropbox adalah jika Anda melakukan pembaruan file, maka data di penerima akan disinkronkan otomatis.

Dropbox juga sangat memudahkan tim untuk melakukan pengaturan serta penambahan file di lokasi pusat.

Fitur yang Tersedia Dalam Berbagai File

dropbox adalah

Letak semua file bisa diketahui dengan mudah dan data baru yang membutuhkan tindakan lebih lanjut juga dapat segera dideteksi. Fitur yang tersedia dalam berbagai file antara lain.

  • Folder Bersama

Folder bersama merupakan ruang kerja yang bisa digunakan oleh semua ruang dalam tim secara terkoordinasi. Caranya adalah dengan mengupload berbagi file, konten, membuat deskripsi mengenai folder, serta memberi daftar tugas.

Pengubahan yang Anda lakukan pada folder akan disinkronkan secara otomatis dengan anggota tim yang lain. Jadi kolaborasi yang dilakukan dengan dropbox bisa dilakukan secara lebih mudah, cepat, dan real-time.

  • Grup

Fitur ini merupakan sarana pembuatan grup untuk tim, jadi Anda bisa membagikan materi maupun file secara lebih mudah. Anda bisa membuat daftar anggota atau mengundang grup tersebut pada sebuah folder bersama.

  • Kelola Izin Folder

Fitur ini membuat Anda bisa mengatur izin pembagian folder serta memberikan izin untuk mengedit atau hanya untuk melihat file tersebut. Jadi Anda bisa membagikan folder dengan lebih aman tanpa takut akan diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Opsi Serta Control Untuk Berbagi

Membagikan file maupun folder dengan orang lain bisa berisiko pada keamanan data yang Anda miliki. Jika menggunakan Dropbox untuk membagikan file akan jauh lebih aman, sebab Anda hanya menggunakan tautan untuk berbagi.

Anda bisa mengatur apakah penerima file bisa mengakses atau hanya melihat. Selain itu untuk meningkatkan keamanan Anda bisa membuat kata sandi guna melindungi tautan, menonaktifkan pengunduhan, serta menentukan tanggal kadaluarsa.

  • Izin Terpisah Untuk Folder

Fitur ini sangat memudahkan Anda dalam berbagi file. Anda bisa membagiKan sebuah subfolder tanpa perlu mengakses folder induk. Penerima file hanya bisa mengakses sub folder saja dan tidak bisa membuka folder utama tanpa izin.

Fitur-Fitur Alat Produktivitas Dropbox 

Alat produktivitas yang terdapat dalam dropbox adalah bisa membuat integrasi serat kolaborasi di tempat kerja menjadi lebih mudah. Fitur-fitur yang terdapat dalam alat produktivitas sebagai berikut.

  • Dropbox Paper

Apa itu dropbox paper? Dropbox paper merupakan fitur yang bisa membuat Anda melakukan pengeditan dokumen secara kolaboratif dalam satu tim. Jadi Anda bisa memberikan komentar, menuliskan tugas, mengedit atribusi, serta melihat revisi.

  • Permintaan File

Fitur ini berguna untuk membuat kolaborator serta anggota tim lebih mudah dalam melakukan pengiriman file. Jadi file dari manapun bisa dikumpulkan dalam satu folder dan Anda dapat membatasi aksesnya hanya dengan memberi izin melihat.

  • Integrasi

Anda bisa melakukan integrasi pada dropbox dengan berbagai aplikasi. Contohnya seperti aplikasi daftar tugas, misalnya Zapier, Trello, dan Salesforce. Anda juga bisa mengintegrasikan dropbox dengan berbagai alat komunikasi seperti Gmail, Slack, maupun Outlook.

Paket Harga Dropbox

Dropbox memiliki fitur yang bisa diakses secara gratis serta berbayar.  Fitur yang bisa diakses secara gratis ruang penyimpanannya sebesar 2GB. Paket ini adalah basic yang bisa Anda gunakan jika tidak membutuhkan penyimpanan besar.

Sedangkan pada fitur yang berbayar tersedia dua macam pilihan, yaitu dropbox individual dan team. Berikut ini penjelasan masing-masing paket harga dropbox, diantaranya:

  1. Paket Individual

Paket individual adalah penyimpanan dari dropbox yang bisa digunakan oleh individu. Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan hingga 2 TB dengan biaya 9,99 Dollar perbulan. Ada juga paket individu yang lain, yaitu Dropbox professional.

Paket jenis ini akan memberikan Anda ruang penyimpanan hingga 3 TB dengan biaya 16,59 Dollar setiap bulannya. Paket ini cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan dengan ukuran lebih luas.

  1. Paket Bisnis

Paket bisnis merupakan Dropbox untuk Anda yang mempunyai perusahaan, sehingga membutuhkan penyimpanan file dengan ukuran besar. Hal ini karena dropbox akan dibuka secara terus menerus, serta karyawan yang dimiliki cukup banyak. Paket ini tersedia dalam tiga pilihan.

Pilihan pertama, yaitu standard dimana Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan 5 TB dengan harga 12.50 dollar setiap bulannya. Paket yang kedua adalah advance dengan biaya 20 dollar dan enterprise. 

Paket advance besar ruang penyimpanannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk paket enterprise sendiri harganya serta total ruang penyimpanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat Dropbox

Dropbox merupakan media penyimpanan dengan menggunakan sistem cloud serta sinkronisasi yang bisa dilakukan dalam berbagai perangkat. Dropbox mempunyai berbagai manfaat, antara lain.

Bisa Menyimpan Serta Mengamankan File

Dropbox pada dasarnya mempunyai banyak fitur serta layanan yang disediakan. Hal yang sering digunakan dalam dropbox adalah untuk mengamankan serta mencadangkan data penggunanya. 

Penyimpanan ini memiliki keamanan yang mumpuni, sebab Anda membutuhkan username dan password untuk membukanya. Selain itu, penggunaan dropbox bisa membantu Anda menghindari kehilangan file yang disimpan di perangkat keras.

Bisa Mengakses Data Dimanapun

Metode penyimpanan awan yang bisa diakses secara online membuat Anda bisa mengakses file di dropbox kapanpun dan dimanapun.

Penggunaan hard disk, flashdisk maupun pen drive sudah tidak terlalu relevan, sebab resiko hilang dan rusak cukup tinggi.

Anda juga bisa mengakses file ini di ponsel Anda dengan menggunakan koneksi internet. Jadi akan terasa lebih praktis, ringkas, serta efisien, karena Anda bisa menyimpan atau menata file tersebut kapanpun.

Berbagi File dan Video

Aplikasi dropbox akan membuat anda lebih mudah dalam membagikan file yang berukuran besar seperti video.

Anda bisa melakukan pengiriman file dengan mudah hanya melalui tautan serta dapat mengatur pemberian akses kepada penerima, jadi keamanan data tetap terjamin.

Bisa Melakukan Back Up Data

Fitur ini adalah salah satu menu yang menjadi favorit banyak pengguna dropbox, yaitu back up.

Anda bisa memback up file manapun yang Anda inginkan dan dapat menyusun file tersebut berdasarkan kebutuhan Anda. File yang akan di back up ini bisa berupa video, dokumen, atau foto.

Mempunyai Jaminan Keamanan yang Baik

Akses file dan folder pada dropbox bisa dilakukan dengan menggunakan username serta password. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadi pembobolan maupun hilangnya data.

Dropbox juga memiliki program khusus yang bisa menghindari penyebaran malware, sehingga file Anda lebih aman.

Mencadangkan Foto di Ponsel

Fitur ini tentunya akan memudahkan banyak orang yang memiliki hobi fotografi atau mempunyai file foto dengan jumlah cukup banyak. Melalui aplikasi dropbox Anda tidak perlu lagi khawatir jika file foto di ponsel Anda rusak maupun hilang.

Dropbox mempunyai layanan yang akan mencadangkan foto di ponsel Anda secara otomatis. Bahkan file-file tersebut akan disusun berdasarkan tanggal, sehingga Anda bisa mengakses foto ini melalui perangkat lain.

Memungkinkan Mengerjakan Tugas Bersama

Manfaat dari aplikasi dropbox yang lain adalah bisa membuat kerja tim menjadi lebih mudah. Anda bisa membuat folder untuk diakses oleh anggota tim. Semua anggota tim bisa mengakses, mengedit serta melakukan perubahan pada file di folder tersebut.

Perubahan yang dilakukan disimpan dan disinkronkan secara otomatis dan semua orang akan mendapatkan perubahan tersebut. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menggunakan email untuk berkirim file.

Keunggulan Dropbox

apa itu Dropbox

Aplikasi yang menawarkan penyimpanan cloud secara online sudah sangat banyak. Namun dropbox mempunyai fitur yang relatif lebih banyak dan besar, selain itu akses untuk aplikasi tersebut jauh lebih mudah.

Penggunaan aplikasi dropbox tidak menentukan sistem operasi dan bervariasi. Bisa diakses oleh pengguna ponsel maupun desktop.  Dropbox bisa digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Pada perangkat mobile, dropbox bisa diakses melalui iPhone, Android, Windows Phone 7, WebOS, Blackberry, maupun iPad. Ruang penyimpanan yang diberikan oleh dropbox pada versi gratisnya juga lumayan besar, yaitu 2 GB.

Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan hingga 8 GB jika berhasil mengajak orang lain menggunakan aplikasi ini. Dengan kata lain Anda harus merekrut pengguna baru yang belum pernah memanfaatkan aplikasi ini.

Cara Kerja Dropbox

Dropbox adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membagikan file tanpa mengharuskan penerima mempunyai akun.

Cara berbagi menggunakan drop box cukup mudah, Anda bisa berbagi menggunakan aplikasi mobile maupun dropbox yang ada di desktop.

  • Menggunakan Aplikasi Mobile Dropbox

Untuk membagikan file menggunakan dropbox melalui aplikasi mobil, caranya yang pertama Anda mencari file. Setelah itu klik pilihan untuk membagikan, pada iPhone atau iPad ikon berada di bawah file, sedangkan untuk Android bisanya di samping file.

Selanjutnya klik bagikan, kemudian Anda bisa mengetik alamat email atau share melalui aplikasi yang lain. Setelah itu klik bagikan dan penerima akan mendapatkan tautan untuk mengakses file atau folder tersebut.

  • Menggunakan Dropbox di Desktop

Apabila Anda ingin membagikan file dengan menggunakan aplikasi ini di komputer, langkah pertama adalah buka folder dropbox di desktop Anda. Setelah itu klik kanan di file yang akan Anda bagikan dan tekan share.

Anda bisa mengetikkan alamat email atau grup sesuai dengan tujuan untuk berbagi file tersebut, lalu klik pada pilihan bagikan. Orang atau grup yang Anda tuju akan mendapatkan tautan untuk mengakses file tersebut.

Untuk menjamin keamanan dalam berbagi file, sebelum membagikan tautan Anda bisa mengatur izin akses terlebih dahulu. Anda juga bisa mengatur password untuk tautan bersama atau masa kadaluarsa untuk akses file. Berbagi file menggunakan dropbox ini cukup aman untuk menghindari pihak luar.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *