cek garansi samsung
Android/iOS

Begini Cara Cek Garansi Samsung yang Mudah

Ketika Anda membeli sebuah barang elektronik, seperti smartphone Samsung, kata garansi tentunya tidak asing lagi bukan?

Bahkan garansi merupakan suatu hal yang dinilai sangat penting. Lalu apakah Anda tahu bagaimana cara yang digunakan untuk cek garansi Samsung ini?

Jika baru membeli produk Samsung, kemudian terjadi kerusakan yang bukan kesalahan Anda, dengan adanya garansi, perbaikan barang tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Berikut beberapa cara untuk mengecek garansi, khususnya pada ponsel Samsung.

Cara Cek Garansi Samsung

Samsung merupakan salah satu merk yang memiliki nilai purna jual sangat baik. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali yang menggunakan Samsung sebagai salah satu merk alat elektroniknya, termasuk smartphone.

Apalagi produk Samsung juga dilengkapi layanan garansi. Cara cek garansi Samsung sebenarnya dapat dikatakan cukup mudah, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Berikut penjelasan cara cek garansi smartphone Samsung yang bisa Anda terapkan.

  • Melalui Nomor IMEI

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengecek garansi smartphone Samsung adalah dengan melihat nomor IMEI nya terlebih dahulu.

Nomor tersebut dapat Anda lihat dengan membuka ikon telepon yang ada pada smartphone dan memasukkan kode *#06#, lalu tekan kirim/yes/ok.

Tunggu beberapa saat sampai pihak operator merespon permintaan Anda dan nomor IMEI muncul secara otomatis pada layar smartphone.

Selanjutnya Anda harus membuka sebuah situs untuk mengetahui berbagai informasi yang ada dalam IMEI tersebut mengenai smartphone secara lengkap.

Situs yang dimaksud adalah http://www.samsungwarrantycheck.com/ atau melalui http://www.imei.info/.

Perlu waktu beberapa menit untuk menganalisis permintaan Anda. Setelah itu, informasi smartphone Anda secara lengkap akan ditampilkan, termasuk batas waktu berlakunya garansi.

cara cek garansi samsung

  • Melalui Support Samsung

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek garansi Samsung adalah dengan menghubungi alamat support Samsung, yaitu https://www.samsung.com/id/support/warranty.

Website tersebut memiliki layanan live chat yang bisa dimanfaatkan untuk menanyakan tentang garansi smartphone Samsung milik Anda.

Namun Anda sebelumnya juga harus tau nomor IMEInya, karena Anda bisa menggunakan fitur tersebut dengan menyebutkan nomor IMEI terlebih dahulu.

  • Mendatangi Service Center

Selain kedua cara di atas, ada cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk cek garansi Samsung. Cara yang dimaksud adalah dengan mendatangi gerai service center terdekat.

Di gerai tersebut Anda bisa menanyakan status smartphone, apakah masih memiliki garansi atau tidak. Cara yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah.

Pengecekan dapat dibantu oleh pihak operator yang ada di gerai tersebut. Namun kendalanya adalah ketika di daerah tempat tinggal Anda tidak terdapat gerai service center Samsung, maka cara ini tidak bisa diterapkan.

  • Melalui Kartu Garansi

Ketika Anda membeli smartphone Samsung, pihak toko pasti akan melengkapinya dengan kartu garansi yang berada dalam box smartphone. Dari kartu tersebut, bisa Anda cek sampai kapan masa garansi berlaku.

Namun jika pada kartu tidak ditulis secara jelas keterangannya, Anda bisa mengecek tanggal berapa smartphone tersebut dibeli. Masa garansi biasanya berlaku hingga 1 atau 2 tahun setelah pembelian smartphone dilakukan.

  • Melalui Kode Rahasia

Cara mengecek garansi melalui kode rahasia terbilang lebih mudah dari cara yang lainnya, namun informasi yang akan didapatkan dari sini akan lebih sedikit.

Melalui kode rahasia ini Anda tidak perlu membuka browser, melainkan hanya klik ikon telepon yang ada di smartphone.

Ketik kode #12580369#, kemudian panggil kode rahasia tersebut. Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman baru pada layar smartphone.

Pada halaman tersebut terdapat beberapa kode yang berupa huruf dan angka. Pilih kode RF Cal yang merupakan waktu produksi smartphone.

Misalnya ketika kode tersebut diklik, kemudian muncul angka 20200217, maka bisa diartikan bahwa smartphone Anda diproduksi pada tanggal 17 Februari 2020.

Garansi biasanya berlaku selama 2 tahun setelah masa produksi, jadi Anda bisa mengira-ngira kapan garansi tersebut berakhir.

mengecek garansi samsung

  • Melalui Email

Selanjutnya cara yang bisa Anda coba untuk mengecek status garansi smartphone Samsung Anda adalah dengan mengirim email. Email milik Samsung bisa Anda akses melalui alamat https://contactus.samsung.com.

Isi semua kolom yang diminta dan jangan lupa mengisi permintaan apa yang Anda inginkan, lalu kirim. Tunggu beberapa saat dan pihak operator akan segera memproses permintaan Anda.

  • Melalui Customer Service

Ada banyak sekali pilihan cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek garansi, termasuk juga melalui panggilan telepon.

Anda bisa menghubungi customer service resmi melalui nomor 0800-112-7777 untuk meminta informasi tentang garansi smartphone Anda.

Ketentuan Garansi Smartphone Samsung

Kerusakan pada smartphone Samsung Anda bisa terjadi dikarenakan banyak faktor. Namun kerusakan yang terjadi tidak semuanya dapat ditanggung oleh garansi, meskipun itu bukan kesalahan Anda.

Dalam hal ini, ada beberapa ketentuan garansi Samsung yang perlu Anda ketahui. Garansi hanya berlaku sesuai wilayah tempat pembelian smartphone tersebut.

Misalnya di Indonesia, garansi hanya berlaku jika smartphone tersebut dijual langsung oleh PT. Samsung Electronics Indonesia. Jika Anda membelinya dari luar negeri, maka garansi tersebut tidak bisa didapatkan.

Garansi yang diberikan juga memiliki jangka waktu tertentu, dan jenis smartphone biasanya memiliki waktu garansi 12 bulan atau 1 tahun.

Jika waktu telah berakhir, maka garansi secara otomatis hangus dan Anda harus mengeluarkan biaya pribadi jika nantinya ponsel mengalami kerusakan.

Namun apabila masa garansi yang diberikan masih berlaku, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun ketika smartphone tersebut mengalami kerusakan, meskipun ada beberapa bagian yang perlu diganti.

Perbaikan tersebut bisa dilakukan di seluruh service center resmi dengan membawa serta kartu garansinya. Namun pastikan bahwa kerusakan yang terjadi memang ditanggung oleh garansi sesuai kebijakan yang berlaku.

cara mengecek garansi samsung

Hal-hal yang Menyebabkan Garansi Tidak Berlaku

Setelah Anda mengetahui ketentuan garansi Samsung, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan garansi tidak berlaku lagi. Dengan demikian Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Garansi resmi yang diberikan oleh Samsung bisa saja tidak berlaku lagi meskipun masa garansi masih ada, jika kartu garansi diisi secara tidak lengkap.

Smartphone Samsung juga tidak bisa mendapatkan hak garansi jika kerusakan yang dialami murni karena human error, misalnya terbentur, terkena air, terjatuh, atau tergores.

Selain itu, garansi akan hangus jika Anda melakukan perbaikan kepada orang lain yang bukan teknisi Samsung.

Jadi, Anda harus berhati-hati sekali. Jika mengalami kerusakan yang bukan kesalahan Anda dan masa garansi masih ada, sebaiknya langsung saja dibawa ke service center terdekat.

Jangan pernah Anda melakukan penggantian suku cadang ditempat lain, apalagi dengan yang tidak asli.

Jangan pernah pula untuk melakukan modifikasi software atau hardware jika masih ingin mendapatkan garansi resmi dari Samsung.

Meskipun sebenarnya cek garansi Samsung tidaklah sulit dan adanya garansi memudahkan Anda melakukan perbaikan, namun akan lebih baik jika smartphone Samsung Anda tetap dalam keadaan baik. Dengan demikian, Anda tidak perlu ribet mengurus garansinya.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *