Cara Share Lokasi Menggunakan Android Dengan Mudah

Cara Share Lokasi – Aplikasi Maps di ponsel Android Anda hanya berfungsi ketika koneksi internet aktif. Jika koneksi internet Anda tidak aktif, maka Anda tidak bisa menggunakan maps di Android.

Akan tetapi Anda dapat menyimpan sepotong peta untuk dilihat secara offline. Dengan begitu, ketika Anda tahu handphone akan berada diluar jangkauan sinyal, maka Anda masih bisa menggunakan aplikasi Peta untuk share lokasi, meskipun dengan cara yang agak terbatas.

Cara Share Lokasi Dengan Mudah

cara share lokasi dengan mudahSimpan tips tips ini untuk menshare lokasi perjalanan Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini:

• Temukan bagian peta yang ingin Anda simpan secara offline. kemudian perbesar. Pan Kotak di area untuk menyimpan di layar. Itu bisa sebesar atau sekecil yang Anda butuhkan dan Jelas, peta yang lebih kecil menempati lebih sedikit penyimpanan dalam memori.

• Ketuk ikon Menu Samping dan pilih Tempat Anda dari navigasi.

• Peta offline tercantum di bagian bawah layar Your Places.

• Ketuk tombol Lihat Semua dan Kelola.

• Tombol ini tidak muncul ketika Anda belum memiliki peta luring, jadi lanjutkan ke Langkah selanjutnya.

• Ketuk tombol Simpan Peta Offline Baru.

Karena Anda sudah menemukan lokasi Anda di Langkah pertama, Anda hanya perlu:

• Ketuk tombol Simpan.

• Ketikkan judul misalkan nama jalannya untuk peta dan ketuk tombol Simpan.

• Peta sekarang muncul di daftar peta offline di layar Your Places.

Perbandingan Alat

Pertama, tentang bagaimana berbagai produk berbagi lokasi untuk bekerja. Apple dan Facebook menawarkan alat berbagi lokasi untuk meletakkan pin pada peta untuk membagikan lokasi Anda saat ini, atau untuk membiarkan orang lain mengikuti lokasi Anda secara real time saat Anda bergerak.

Baca Juga  3 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Tanpa Ribet

Google baru-baru ini menambahkan pelacakan lokasi waktu nyata di Google Maps. Dan Snapchat bulan lalu merilis peta interaktif yang memungkinkan orang untuk berbagi lokasi mereka dengan teman tanpa batas.

Bagaimana Cara Share Lokasi Menggunakan Android?

cara share lokasi di android
Fitur berbagi lokasi Apple terintegrasi ke dalam beberapa aplikasi: Apple Maps, Messages, dan Find My Friends.

Untuk berbagi lokasi Anda,ternyata sistem berbasi Android juga bisa melakukan hal tersebut, caranya buka pesan teks, ketuk ikon informasi dan ketuk Kirim

1. Lokasi Saya Saat Ini.

Untuk membagikan lokasi Anda, ketuk Bagikan Lokasiku dan pilih untuk membagikan pembaruan ke lokasi Anda secara langsung selama satu jam, hingga akhir hari atau tanpa batas.

Dari sana, teman Anda dapat mengikuti lokasi Anda di peta melalui aplikasi Apple Maps atau Find My Friends.

2. Pilihan Editor

Alat berbagi lokasi Google dibangun ke dalam Google Maps. Di peta, ketuk titik biru yang menunjukkan di mana Anda berada dan ketuk Bagikan lokasi Anda.

Dari sana, Anda dapat memilih untuk membagikan lokasi Anda untuk durasi yang ditentukan, seperti satu jam, atau hingga Anda mematikan fitur.

Berbagi lokasi Facebook disematkan ke aplikasi Messenger-nya. Dalam sebuah pesan, ketuk tombol +, pilih Lokasi dan sematkan untuk membagikan lokasi Anda saat ini atau siaran lokasi langsung Anda hingga satu jam.

Baca Juga  Sikat Virus, Dengan 7 Anti Virus Terbaik Untuk Android Ini

Terakhir, pada Snapchat, dengan kamera terbuka Anda dapat mencubit layar untuk membuka peta. Dari sana, Anda dapat berbagi lokasi dengan semua teman atau teman tertentu. Lokasi Anda diwakili di peta sebagai sosok kartun yang disebut Bitmoji.

Ketahuilah bahwa meskipun Anda belum mengaktifkan berbagi lokasi di Snapchat, beberapa orang mungkin bisa mendapatkan petunjuk tentang keberadaan Anda jika Anda menggunakan Cerita Kami, fitur untuk menerbitkan gambar atau video publik

Kapan Waktu yang Baik untuk Share Lokasi?

tips share lokasi
Fitur pelacakan lokasi telah memicu kontroversi selama dekade terakhir. Pusat Informasi Privasi Elektronik, nirlaba, mengatakan teknologi pelacakan lokasi memungkinkan lembaga penegak hukum untuk memantau pergerakan orang atau pengiklan untuk menghubungkan aktivitas online orang dengan identitas asli mereka.

Dengan kata lain, digunakan secara sembarangan, pelacakan lokasi dapat merusak privasi Anda. Tetapi jika digunakan dengan pertimbangan, itu bisa menjadi alat komunikasi yang kuat dan efisien.

Setelah menguji alat berbagi lokasi selama dua minggu, berikut adalah saran saya untuk waktu terbaik untuk menggunakannya.

• Ketika Anda membuat rencana untuk bertemu teman di tempat seperti bioskop, biasakan untuk berbagi lokasi Anda melalui Apple iMessage, Google Maps atau Facebook Messenger untuk menyiarkan lokasi Anda untuk waktu yang singkat, seperti satu jam.

Baca Juga  6 Cara Mengetahui WA Disadap dan Ciri Cirinya

Dengan cara ini Anda dapat melewatkan mengatakan hal-hal seperti “Saya sedang dalam perjalanan” atau “Saya berlari beberapa menit di belakang” karena orang hanya dapat mengikuti Anda di peta.

• Pertimbangkan untuk menggunakan Find My Friends, Facebook Messenger atau Google Maps dari Apple untuk berbagi lokasi Anda sesekali dengan pasangan Anda. Berbagi lokasi dapat berguna untuk mempertimbangkan waktu dan ruang pasangan Anda.

Sebagai contoh, saya cenderung mengirim sms pasangan saya ketika saya melihatnya di kantor atau mengemudi di jalan bebas hambatan, tetapi saya lebih cenderung mengirim pesan teks ketika saya melihatnya di toko kelontong memintanya untuk mengambil sesuatu.

Dan Kapan Tidak Menggunakannya

Berikut adalah beberapa situasi di mana penyiaran lokasi Anda mungkin tidak diinginkan.

• Jangan membagikan lokasi Anda saat bertemu di ruang tertutup seperti toko-toko tertentu di mal. Sebagian besar aplikasi pemetaan belum dirancang untuk ruang dalam ruangan dan oleh karena itu tidak akurat untuk berbagi lokasi.

• Demikian juga, jangan repot-repot berbagi lokasi Anda dengan tempat wisata alam. Sebagian besar taman nasional, misalnya, berada di daerah terpencil tanpa adanya koneksi internet, jadi mengaktifkan share lokasi dalam situasi ini akan menghabiskan masa pakai baterai.

Sekianlah pembahasan mengenai cara share lokasi Android dan semoga saja tips simpel ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Tedas.id.

Ainul Hakiki

Ainul Hakiki

Tinggal di kota Jember, menulis adalah alat untuk mengingat ilmu dan bacaan. Melalui tulisan kita bisa hidup abadi karena nama kita yang terpatri pada tulisan-tulisan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *