Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Dengan Gambar

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat dipisahkan untuk manusia.

Hal ini karena smartphone bisa membantu segala urusan yang kita butuhkan, misalnya seperti urusan pekerjaan dan juga urusan komunikasi semuanya bisa dilakukan dengan mudah dari smartphone saja.

Smartphone juga merupakan salah satu benda yang menyimpan berbagai macam file privasi kita.

Misalnya saja seperti dokumen-dokumen privasi yang jangan sampai orang lain tahu. Terutama seperti chat whatsapp kita dengan kekasih atau orang lain.

Jangan sampai orang lain tahu dan bisa membuka aplikasi whatsapp kita tersebut. Karena jika sampai orang lain bisa membuka aplikasi whatsapp kita, bisa-bisa mereka juga tahu isi pesan atau percakapan yang kita lakukan di whatsapp tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android

Langkah paling mudah untuk mencegah orang lain selain kita bisa membuka aplikasi whatsapp yang kita miliki adalah dengan mengunci aplikasi whatsapp kita.

Namun untuk anda yang merasa kurang cukup jika hanya mengunci aplikasi whatsapp, lebih baik anda sembunyikan saja aplikasi whatsapp tersebut dari smartphone anda.

Lalu bagaimana sih cara menyembunyikan aplikasi di android? Sebenarnya ada beberapa smartphone android yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi secara bawaan. Namun masalahnya bagaimana jika smartphone kita tidak memiliki fitur bawaan ini?

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Dengan Calculator Vault

cara menyembunyikan aplikasi di hp
Image: play.google.com

Kalkulator adalah salah satu aplikasi tambahan yang biasanya sudah terinstall di smartphone android kita.

Aplikasi kalkulator di smartphone android biasanya digunakan untuk berhitung matematika. Namun ternyata selain bisa digunakan untuk berhitung, kalkulator juga memiliki fungsi lainnya.

Fungsi lainnya dari kalkulator tersebut adalah digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone kita.

Jadi untuk anda yang ingin mengetahui cara menyembunyikan aplikasi android, gunakan saja kalkulator khusus ini untuk melakukannya.

Aplikasi yang akan kita gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di android adalah kalkulator vault. Dimana aplikasi ini bisa kita gunakan untuk melakukan operasi perhitungan matematika.

Sama seperti fungsinya yaitu kalkulator dan juga bisa kita gunakan untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin kita amankan agar tidak ada orang lain yang bisa membuka selain kita.

Tentu saja anda sudah penasaran kan tentang bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di android dengan menggunakan kalkulator vault?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi di android dengan menggunakan kalkulator vault.

  • Pertama anda buka dulu playstore, kemudian anda cari “kalkulator vault” di kolom pencarian yang sudah tersedia di playstore tersebut.
  • Setelah itu anda install aplikasi kalkulator vault tersebut.
  • Jika sudah selesai terinstall, anda buka aplikasi kalkulator vault.
  • Saat pertama kali membuka aplikasi ini, anda akan diminta untuk memasukan password. Nah karena disini kalkulator, maka anda hanya bisa memasukan password berupa kombinasi angka yang tidak ditentukan terserah anda. Silahkan anda masukkan saja kombinasi pin password yang akan anda gunakan untuk aplikasi ini.

  • Setelah itu, anda tutup dulu aplikasi tersebut. Kemudian anda buka ulang kalkulator vault. Saat dibuka, tampilannya akan sama seperti aplikasi kalkulator lainnya. Anda hanya perlu menginput pin password yang sudah anda atur tadi.
  • Setelah itu, anda klik pada ikon “+” di tengah bawah aplikasi untuk menambahkan aplikasi apa yang akan anda sembunyikan dari beranda smartphone anda. Misalnya anda ingin menyembunyikan aplikasi Whatsapp, maka anda pilih saja aplikasi whatsapp.
  • Selesai, sekarang aplikasi Whatsapp anda sudah tersembunyi.

Nah bagaimana mudah kan cara menyembunyikan aplikasi android dengan menggunakan kalkulator vault ini.

Kelebihan dari menggunakan aplikasi kalkulator vault ini adalah tidak ada yang menyangka bahwa anda menyembunyikan aplikasi whatsapp dengan menggunakan kalkulator.

Mungkin orang-orang akan menyangka jika aplikasi kalkulator tersebut adalah kalkulator sederhana.

Jadi aplikasi yang akan anda sembunyikan tersebut tetap aman dan tidak akan ada orang lain yang bisa membuka aplikasi tersebut.

Cara Menyembunyikan File Rahasia Di Android

cara menyembunyikan aplikasi dengan mudah
Image: play.google.com

 

Terkadang tidak hanya aplikasi saja yang ingin kita sembunyikan. Namun ada juga file-file dokumen rahasia yang ingin kita sembunyikan agar tidak ada orang yang bisa mengetahui atau membuka file-file dokumen tersebut.

Lalu apakah kita bisa menyembunyikan file dokumen rahasia tersebut?

Tentu saja bisa, kita masih sama akan menggunakan aplikasi kalkulator yang bernama smart hide kalkulator yang akan kita gunakan untuk membantu kita dalam menyembunyikan file rahasia agar tidak ada orang lain yang mengetahui atau bahkan membuka file rahasia tersebut.

  • Pertama anda buka dulu playstore, kemudian anda cari “Smart hide calkulator” di kolom pencarian yang sudah tersedia.

  • Setelah itu anda buka aplikasi smart hide kalkulator tersebut.
  • Saat pertama kali membuka aplikasi ini, sama seperti aplikasi sebelumnya. Kita akan diminta untuk memasukan atau membuat password pin baru. Namun karena ini adalah aplikasi kalkulator, jadi kita hanya bisa memasukkan atau menginput pin password berupa angka saja.

  • Anda masukkan saja dan buat pin password baru yang mudah untuk anda ingat namun susah untuk ditebak oleh orang lain sehingga tidak ada yang bisa mengetahui password tersebut selain diri anda.
  • Jika sudah selesai menginput password, anda klik tanda “=”
  • Nah setelah mengisi dan membuat password baru, selanjutnya anda akan kembali diminta untuk membuat password recovery jika sewaktu-waktu ternyata anda lupa dengan password anda tersebut. Agar lebih cepat anda langsung skip saja bagian ini.

  • Berikutnya, setelah anda berhasil mengatur dan memasukan password baru tersebut anda akan diminta sekali lagi untuk menginput password yang sudah anda buat tersebut. Masukkan saja password yang sudah anda buat tadi dengan benar, jika sudah anda tekan “=” untuk membuka fitur aplikasi ini.
  • Setelah terbuka akan ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan untuk mengatur file yang akan anda sembunyikan tersebut. Yang pertama anda bisa menyembunyikan file, yang kedua anda juga bisa melakukan freeze terhadap aplikasi. Namun untuk bisa melakukan freeze ini smartphone anda harus dalam kondisi root terlebih dahulu.
  • Untuk menyembunyikan file, anda pilih hide files saja.

  • Selanjutnya anda pilih file atau folder mana yang akan anda sembunyikan tersebut. Setelah itu anda klik OK untuk menyembunyikan file tadi.

  • Terakhir anda hanya perlu melakukan konfirmasi terhadap langkah yang anda lakukan tersebut. Apakah anda benar-benar ingin menyembunyikan file tadi atau tidak.

Nah bagaimana? Mudah juga kan cara menyembunyikan aplikasi android dan juga file-file dokumen penting kita agar tidak bisa digunakan dan dibuka oleh orang lain tersebut?

Bagaimana Cara Membuka Aplikasi dan File yang Sudah Disembunyikan?

Terakhir sebagai informasi tambahan, setelah anda mengetahui bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di android dan juga menyembunyikan file penting di android.

Bagaimana cara membuka aplikasi dan juga file yang sudah kita sembunyikan tersebut?

Sebenarnya untuk bisa membuka aplikasi yang sudah kita sembunyikan caranya cukup mudah dan sangat simple.

Anda hanya perlu membuka aplikasi kalkulator yang anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi atau file dokumen penting kita tersebut.

Masukkan password atau pin yang anda buat untuk mengunci aplikasi yang anda sembunyikan tersebut. Pastikan anda memasukan password dengan benar, setelah itu anda klik tanda “=” untuk membuka aplikasi tersebut.

Nah disini anda hanya tinggal membuka aplikasi atau file dokumen yang sudah anda sembunyikan tersebut.

Jika anda ingin menghapus atau mengembalikan aplikasi agar tidak tersembunyi, anda hanya tinggal menekan ikon aplikasi secara lama, kemudian anda klik hapus aplikasi.

Nah selesai sudah artikel kali ini mengenai bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di android dengan mudah dan cepat.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin mengamankan aplikasi atau file dokumen anda dari tangan-tangan jahil. 

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *