Begini Daftar Cara Mengunci Aplikasi di iPhone yang Mudah

Keamanan aplikasi yang ada dalam smartphone harus diperhatikan agar data pribadi tetap aman. Cara untuk mengamankan aplikasi bagi pengguna iPhone cukup beragam dan mudah dilakukan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengunci aplikasi di iPhone agar tidak mudah diakses orang lain.

Pengamanan ini sangatlah penting dilakukan, apalagi untuk aplikasi-aplikasi penting. Hal ini supaya orang yang membuka smartphone Anda tidak mengetahui adanya aplikasi tersebut. Berikut adalah cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di iPhone tersebut.

Touch ID

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi adalah dengan memanfaatkan fitur Touch ID. Fitur ini tersedia untuk iPhone dengan tipe yang tergolong baru, yaitu iOS 11. Namun, tipe iOS lain juga bisa menggunakanan fitur ini jika sudah melakukan upgrade.

Fitur Touch ID bisa diakses secara gratis karena sudah disediakan oleh iPhone. Cara untuk mengaktifkan fitur Touch ID ini juga tidak terlalu rumit. Berikut adalah tahapan yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur Touch ID guna mengunci aplikasi pada iPhone.

  • Masuk Menu Setting

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan menu Touch ID adalah membuka fitur pengaturan pada iPhone. Sebisa mungkin pahami setiap menu yang ada pada fitur pengaturan agar bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk mengunci aplikasi.

  • Pilih Menu Touch ID & Password

Menu yang harus dipilih setelah masuk ke dalam fitur setting adalah touch & password. Masukkan password apabila sebelumnya sudah pernah membuatnya agar bisa melanjutkan. Kemudian pilih opsi aktifkan Touch ID pada aplikasi yang ingin dikunci.

  • Aktifkan Passcode Dan Touch ID

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah Kembali ke fitur utama setting dan masuk ke dalam menu passcode dan Touch ID. Aktifkan touch ID agar pengunci aplikasi dengan menggunakan sistem fingerprint bisa bekerja.

iphone

iProtect

iProtect merupakan software tambahan yang bisa diinstal di iPhone sebagai pengunci aplikasi agar tetap aman. Software ini bisa didapatkan secara gratis dan mudah di App Store pada iPhone Anda. Berikut adalah cara mengunci aplikasi di iPhone dengan bantuan software iProtect.

  • Install Software iProtect
Baca Juga  Cara Menghilangkan Malware di Android Biar Ponsel Lancar Jaya

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah menginstall iProtect pada iPhone milik Anda. iProtect ini bisa diinstal di segala jenis iOS, jadi tidak perlu khawatir akan susah mendapatkannya. Pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil, sehingga proses install tidak terhambat.

  • Buat Kunci Untuk Aplikasi

Langkah berikutnya adalah  buka software iProtect dan mulai buat kunci untuk berbagai aplikasi yang ingin diamankan. Kunci aplikasi yang dibuat ini bisa berupa dua jenis, yaitu password dan fingerprint. Apabila memutuskan membuat password, maka tentukan kombinasi huruf dan angka yang baik.

  • Simpan Kunci Yang Sudah Dibuat

Jangan lupa untuk menyimpan kunci yang sudah dibuat agar bisa diterapkan dalam aplikasi. Selanjutnya, pilih aplikasi mana saja yang akan diamankan menggunakan password atau fingerprint pada iProtect tersebut.

Fitur Restrictions

Jenis fitur berikutnya yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi pada iPhone adalah restrictions. Fitur ini tersedia secara gratis dan merupakaan bawaan di iPhone tipe 6s. Lalu, bagaimana cara mengunci aplikasi menggunakan fitur restrictions ini? Berikut adalah ulasannya.

  • Buka Menu Setting

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur restrictions adalah membuka menu setting. Pahami fungsi dari setiap pilihan fitur yang ada di menu setting iPhone s6 ini agar bisa memanfaatkannya dengan baik untuk kenyamanan dalam menggunakan smartphone.

  • Pilih Menu General

Tahapan berikutnya adalah pilih menu general yang ada pada setting untuk bisa melanjutkan langkah selanjutnya guna mengaktifkan restrictions. Menu general ini juga bisa digunakan untuk pengaturan umum lainnya pada iPhone 6S.

  • Aktifkan fitur Restrisctions

Langkah terakhir dalam mengaktifkan fitur ini adalah memilih fitur Enable Restrictions. Selanjutnya, masukkan passcode agar restrictions bisa aktif dan mengamankan aplikasi di iPhone 6s Anda. Upayakan membuat passcode yang susah ditebak orang lain, sehingga iPhone Anda bisa tetap aman.

aplikasi iphone

Disable Lauch Pro

Cara mengunci aplikasi di iPhone yang berikutnya adalah dengan menggunakan software tambahan yang disebut Disable Launch Pro. Aplikasi ini disediakan khusus untuk bisa melindungi aplikasi pada iPhone agar bisa tetap aman.

Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda tinggal install saja dan aplikasi bisa langsung diaktifkan. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk mengamankan aplikasi pada iPhone dengan menggunakan bantuan Disable Lauch Pro tersebut.

  • Pilih Menu Setting Pada Iphone
Baca Juga  Aplikasi Video Call Random Terbaik 2020

Buka menu setting yang merupakan fitur bawaan pada iPhone milik Anda. Namun, sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa Disable Launch Pro sudah terinstall pada iPhone. Saat aplikasi sudah berhasil diinstal, secara otomatis Anda bisa langsung masuk ke menu setting.

  • Klik Disable Launch Pro Yang Ada Pada Setting

Tahap berikutnya adalah klik pada pilihan menu Disable Launch Pro yang sudah tersedia di setting. Cari pilihan Activation Method, lalu klik pada menu tersebut. Fitur yang satu ini ini berguna untuk mengaktifkan kunci pengaman dalam aplikasi.

  • Pastikan Pengunci Aplikasi Disable Launch Pro Sudah Aktif

Terakhir, pastikan fitur pengunci dalam aplikasi yang satu ini sudah aktif dan bisa dijalankan. Cara mengetahuinya adalah memastikan bahwa pada semua aplikasi sudah muncul tulisan icon are disable.

AppLocker

Pilihan berikutnya untuk mengamankan aplikasi yang ada pada iPhone adalah dengan memanfaatkan AppLocker. AppLocker ini merupakan software tambahan untuk diinstal di Iphone sebagai cara menyembunyikan aplikasi di iPhone dan mengamankannya.

Kelebihan dari AppLocker daripada software pengamanan aplikasi yang lainnya adalah dapat digunakan untuk mengunci layout home screen, foto, dan folder. Berikut adalah tahapan yang bisa dilakukan untuk mengunci aplikasi di iPhone menggunakan AppLocker.

  • Pilih Menu Setting Pada AppLocker

Pastikan bahwa software AppLocker sudah diinstall pada iPhone sebelum mengaktifkannya. Apabila sudah terinstall, buka pilihan menu setting yang ada pada software AppLocker tersebut.

App Locker

  • Atur Password Yang Akan Diterapkan

Tahap selanjutnya adalah membuat password yang akan diterapkan pada aplikasi AppLocker ini. Password ini bisa menggunakan angka, huruf, atau kombinasi antara keduanya. Pastikan bahwa password tersebut susah untuk ditebak oleh orang lain.

create pin AppLocker

  • Pilih Aplikasi Yang Akan Dikunci

Langkah terakhir setelah menyimpan password baru adalah memilih aplikasi di iPhone yang akan dikunci. Pastikan bahwa file penting seperti foto, folder, maupun aplikasi privasi sudah dipilih, sehingga bisa dikunci menggunakan password yang sudah dibuat di AppLocker.

pilih aplikasi

Guide Access

Apabila ingin memastikan bahwa aplikasi yang ada di iPhone dapat terkunci dengan aman sepenuhnya adalah dengan menggunakan bantuan Guide Access. Fungsi dari fitur Guide Acces ini adalah untuk mengamankan aplikasi jika sewaktu-waktu ditinggal saat dalam keadaan terbuka.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Pada Aplikasi

Guide Access merupakan cara menyembunyikan aplikasi di iPhone dan menguncinya dengan aman. Fitur ini sangat tepat untuk ponsel yang sering diakses oleh anak-anak. Berikut adalah ulasan terkait cara yang harus dilakukan untuk mengaktifkan guide access tersebut.

  • Membuka Menu General

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membuka menu Setting pada iPhone milik Anda. Selanjutnya, pilih menu general untuk  menemukan berbagai macam fitur pengaturan umum. Pilih menu Accessibility yang selanjutnya akan mengarahkan ke pengaturan Guide Accesss.

  • Mengaktifkan Guide Access

Langkah berikutnya adalah mulai aktifkan Guide Access yang ada pada menu Accessibility tersebut. Cara untuk mengaktifkannya cukup mudah, yaitu dengan menekan dan menggeser tools Guide Access hingga pada posisi ON.

  • Mengatur Password Untuk Aplikasi

Jangan lupa untuk mengatur password yang akan ditetapkan pada aplikasi setelah mengaktifkan Guide Access. Buatlah password yang mudah diingat, namun susah untuk ditebak oleh orang lain. Password yang sudah dibuat dan disimpan nantinya akan langsung aktif mengunci aplikasi.

Mengunci Aplikasi WhatsApp di Iphone

Para pengguna WhatsApp sering merasa bingung bagaimana menguncinya dengan aman. Cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna iPhone untuk mengunci aplikasi WhatsApp sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah cara mengunci WhatsApp di iPhone.

  • Buka Menu Setting Pada WhatsApp Messenger

Cara mengunci WhatsApp di iPhone cukup mudah, yaitu dengan langsung memanfaatkan menu Setting pada aplikasi tersebut. Setelah membuka menu setting, pilih fitur Account untuk melanjutkan proses penguncian aplikasi.

setting WhatsApp

  • Pilih Menu Two Step Verification

Tahap selanjutnya adalah memilih menu Two Step Verification yang ada pada fitur account. Klik hingga Two Step Verification berubah menjadi Enable atau diizinkan untuk berjalan.

menu Two Step Verification

  • Buatlah PIN

Langkah berikutnya adalah buat pin keamanan yang terdiri dari 6 digit angka untuk mengunci aplikasi WhatssApp di Iphone. Lalu klik next dan masukkan kembali pin yang sudah dibuat sebagai tanda konfirmasi.

pin Two Step Verification

Selanjutnya, Anda akan diperintahkan untuk memasukkan email guna melakukan verifikasi reset password jika sewaktu-waktu mengalami lupa PIN. Apabila tahapan ini sudah selesai dilakukan, tutup aplikasi WhatsAppp, lalu buka kembali untuk memastikan bahwa PIN pengunci sudah aktif.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *