cara mengubah username shopee
Android/iOS

Cara Mengubah Username Shopee Dengan Mudah

Siapa yang tidak mengenai Shopee yang menjadi platform E-commerce terlengkap dan juga menjadi satu terutama di Indonesia.

Hampir setiap orang telah menggunakan Shopee sebagai tempat mereka berbelanja online mulai dari keperluan sehari hari atau bahkan kebutuhan yang menunjang kehidupan bergaya para  pengguna.

Cara mengubah username Shopee ini bisa kita gunakan jika ternyata username yang kita miliki sekarang tidak sesuai dengan username yang kita inginkan.

Apalagi username ini sama halnya seperti nama toko yang sangat penting untuk kita perhatikan karena berkaitan dengan nama dari brand kita.

Misalnya saja anda berperan sebagai pembeli, kemudian anda ingin membeli barang dengan pilihan 2 toko.

Yang pertama toko dengan username huruf saja, dan yang kedua adalah toko dengan nama gabungan huruf dan angka. Tentu saja anda akan lebih percaya dengan toko yang memiliki username huruf saja kan?

Kita akan lebih percaya dengan username huruf saja sebab biasanya username atau nama toko yang menggunakan kombinasi huruf dan angka ini digunakan untuk menggunakan username yang telah digunakan oleh orang lain.

Ditambah lagi dengan ulasan dan juga penilaian kurang jelas dari toko yang menggunakan kombinasi gabungan huruf dan angka tersebut.

cara mengubah username shopee dengan mudah

Perbedaan Username dan Nama Akun Di Shopee

Tentu saja anda-anda disini masih ada yang kebingungan terkait perbedaan dari username dan juga nama akun pada Shopee. Banyak juga yang mengatakan jika username dan nama akun ini sama padahal sebenarnya keduanya sangat berbeda.

Dimana nama akun adalah nama yang akan muncul di profil akun Shopee pengguna saat kita ingin membeli barang di Shopee dan juga menjadi identitas dari pengiriman barang nantinya yang anda beli tersebut.

Sementara untuk username adalah nama yang digunakan untuk masuk atau login ke akun Shopee yang anda miliki. Pengguna tidak dapat menggunakan username yang baru untuk login.

Baca Juga: Praktis! Ini Cara Beli Pulsa Pakai Shopee Paylater

Syarat Mengubah Username Shopee

Sebelum kita membahas tentang bagaimana langkah-langkah cara mengubah username Shopee, tentu saja kita harus mengetahui dulu syarat dari pengubahan nama di Shopee ini.

Hal ini sebab banyak orang yang mengalami masalah tidak dapat mengubah username shopee mereka. Hal ini tentu saja juga berlaku untuk anda yang ingin menjadi penjual atau ingin menjadi pembeli.

Banyak orang-orang yang mengeluh tidak bisa mengubah username shopee, sebab mungkin mereka tidak mengetahui apa saja sih syarat untuk bisa mengubah username Shopee.

Untuk itu sebagai informasi tambahan, berikut adalah beberapa syarat mengubah username shopee.

  • Username Shopee setidaknya terdiri dari 5 sampai 30 karakter.
  • Username shopee hanya bisa diubah 1 bulan maksimal 1 kali saja. Jadi kita harus menunggu waktu 1 bulan lagi untuk kembali melakukan pergantian username Shopee.
  • Menggunakan Username atau nama toko yang tidak melanggar kebijakan Shopee.
  • Username Shopee yang baru akan ditinjau terlebih dahulu oleh Shopee maksimal 2×24 jam.

Tentu saja untuk cara ubah username Shopee ini sangat mudah dan bisa kita lakukan langsung di aplikasi Shopee tersebut. Jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu username yang akan kita ubah apakah sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak.

Cara Mengubah Username Shopee

Namun beberapa pengguna seringkali mengalami kesulitan untuk menjalankan aplikasi ini. Terlebih lagi pada saat pengguna ingin mengganti username yang telah digunakan.

Username ini akan menjadi id pengguna dan berguna untuk login pada saat akan masuk ke akun Shopee pengguna. Berikut ini adalah cara mengubah Username Shopee.

Buka Aplikasi Shopee

Pastikan anda sudah menginstall aplikasi Shopee dan telah melakukan login pada akun anda. Aplikasi Shopee dapat di instal pada smartphone anda melalui play store atau app store.

Pilih Menu Saya

Setelah membuka Shopee anda akan berada pada beranda Shopee lalu klik pojok kanan bawah pada beranda Shopee anda.
cara ubah username shopee

Klik Pengaturan Akun dan Profil saya

Selanjutnya anda bisa klik pada pojok kanan atas yang memiliki ikon seperti roda atau anda bisa scroll kebawah. Setelah itu klik profil saya yang berada di atas.

cara ubah username shopee dengan mudah

Pilih Profil Saya

Berikutnya cara ubah username Shopee adalah dengan memilih menu ubah profil saya. Di dalam halaman profil saya ini nantinya anda bisa mengubah berbagai macam data dari profil kalian seperti username, nama dan juga alamat rumah yang kalian gunakan.

 

Ubah Username

Setelah itu penggunaan akan masuk pada tab akun saya dan akan menemukan beberapa menu. Namun sayangnya pihak Shopee tidak menyediakan fitur untuk mengubah username para pengguna. Namun beberapa menu ini seperti password, nomor tersebut, e-mail, tanggal lahir dan beberapa lainnya bisa diubah.

Cara Mengubah Username Shopee Yang Tidak Bisa Diubah

Cara Mengubah Username Shopee Yang Tidak Bisa Diubah

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa terkadang kita tidak bisa mengubah username di Shopee karena beberapa hal salah satunya adalah kita sudah melebihi batas maksimal merubah username di Shopee yaitu 1 bulan maksimal 1 kali. Oleh sebab itu apakah kita bisa mengubah username di Shopee kita lagi?

Sebenarnya ada cara mengubah username di Shopee untuk akun yang sudah menemui batas maksimal kesempatan untuk mengubah username di Shopee.

Namun tentu saja caranya sedikit lama dan juga ribet sebab kita harus menghubungi customer service dari Shopee tersebut, ini adalah cara mengubah username shopee yang tidak bisa dirubah:

  • Pertama anda buka dulu aplikasi Shopee yang sudah terinstall di smartphone kalian.
  • Selanjutnya anda pilih saja pada ikon orang atau menu “Saya”.
  • Scroll sampai ke bawah, selanjutnya anda pilih Chat dengan Shopee.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke obrolan dengan tim dari Shopee.
  • Anda akan diminta untuk memasukan tipe akun, masukkan saja akun anda apakah sebagai penjual atau pembeli.
  • Berikutnya anda pilih pengaturan dan perubahan data akun.
  • Dengan begitu anda nantinya akan dihubungkan dengan salah satu dari tim Customer Service Shopee.
  • Selanjutnya anda katakan saja bahwa anda ingin mengubah username Shopee dan juga berikan alasan yang logis.
  • Nantinya pihak dari tim Shopee akan meminta data diri anda dan juga akan memberikan konfirmasi maksimal 2 x 24 jam.

Namun tentu saja untuk cara mengubah username Shopee lewat customer service ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun walaupun begitu, kita tidak perlu menghapus akun dan membuat akun baru lagi untuk mengubah username Shopee.

Saya sarankan agar anda mengganti nama akun shopee dengan 1 kali saja maksimal, karena bisa-bisa nantinya permohonan berikutnya tidak akan dilayani oleh tim dari Shopee.

Bagaimana  Kriteria Username Shopee yang Bagus

Bagaimana  Kriteria Username Shopee yang Bagus?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa username di Shopee ini akan menggambarkan brand atau produk kita di Shopee tersebut. Oleh sebab itu tentu saja kita harus bisa membuat username di Shopee dengan bagus dan berkualitas.

Untuk anda yang kebingungan dan mungkin tidak tahu apa saja sih kriteria username Shopee yang bagus. Berikut adalah beberapa kriteria dan cara membuat username di Shopee yang bagus.

Tidak Mengandung Angka

Kriteria dari username di Shopee yang bagus adalah username yang tidak mengandung angka. Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa username yang mengandung angka ini bisa membuat kepercayaan calon konsumen terhadap kita menjadi menurun.

Oleh sebab itu usahakan agar tidak membuat username di Shopee dengan mengandung angka. Cukup huruf saja lebih bagus.

Menggambarkan Produk Yang Kita Jual

Untuk anda yang menjual produk tertentu dan hanya 1 produk saja, lebih baik anda buat username yang menggambarkan produk anda.

Misalnya anda menjual produk kecantikan, anda bisa membuat username “Beauty Women”. Sementara untuk anda yang tidak menjual 1 jenis produk, anda bisa membuat username dengan menggunakan nama anda.

Nah itulah artikel tentang bagaimana cara mengubah username Shopee dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id. 

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *