Cara Menghilangkan Malware di Android Biar Ponsel Lancar Jaya

Cara Menghilangkan Malware di Android – Jika dulu malware terkenal menyerang komputer atau PC, kini tak hanya itu. Malware bisa berkembang dan merusak data pada ponsel. Maklum, sekarang sudah jamannya smartphone. 

Si ponsel pintar yang fungsinya mirip dengan laptop ini juga rentan terkena serangan virus atau malware.

Bagi kamu yang seringkali menyimpan data pending di hp android harus terus waspada. Karena masuknya malware bukan sekedar merusak tetapi juga bisa mencuri data di ponsel kamu. 

Kamu perlu tahu bagaimana cara menghilangkan malware di android sebagai langkah protektif. Sehingga ponsel kamu bisa dengan aman digunakan. Caranya sebenarnya tidak sulit dan bisa kamu lakukan sekarang juga. 

android smartphone

Tanda-Tanda Android Kamu Terkena Malware

Kapan sih smartphone kamu bisa terkena malware? Bisa kapan saja, apalagi jika kamu paling sering browsing, suka klik link broadcast dari WA atau SMS. Sebenarnya sangat berbahaya sembarangan mengunduh atau hanya membuka sebuah link. 

Kamu tidak tahu apakah link tersebut aman atau justru membawa malware. Efek buruk yang diberikan pada smartphone tentu berbagai macam. Ketika ponsel kamu menunjukkan beberapa tanda berikut ini, tandanya malware sudah masuk ke dalam ponsel. 

1. Performa ponsel yang melambat

Tanda pertama yang akan dirasakan adalah performa ponsel yang melambat. Kamu mungkin termasuk orang yang rutin dan tidak bisa lepas memanfaatkan fitur-fitur pada ponsel. 

Jika malware sudah masuk, semua aktivitas tersebut akan terasa sangat lama daripada biasanya. Padahal mungkin saja kamu baru saja membeli smartphone. Masak sih ponsel baru sudah lemot ketika digunakan? 

battery

2. Boros baterai

Walaupun saat ini sudah begitu banyak fitur power saving yang diberikan oleh pabrikan smartphone, tapi jika malware sudah menjangkit maka baterai akan tetap boros. Padahal mungkin kamu menggunakannya untuk aktivitas biasa, tetapi karena malware baterai cepat habis.

3. Data internet cepat habis

Bagi kamu yang sering menggunakan kuota internet, malware bukan hanya menghabiskan baterai tetapi juga paket data internet. Jika kamu biasanya menghabiskan paket data seharga 100 ribu sebulan, kini bisa habis dalam waktu dua minggu. Malware adalah biang keladi yang mencuri paket data kamu selama ini. 

4. Memutuskan jaringan tiba-tiba

Baca Juga  6 Cara Mengetahui WA Disadap dan Ciri Cirinya

Hal yang paling terasa adalah ketika malware memutuskan jaringan ketika kamu sedang telepon. Jika tidak terputus, bisa saja panggilan terasa seperti terputus-putus atau tidak jernih suaranya. Padahal sinyal mungkin saja bagus dan baterai kamu masih penuh. 

Malware juga bisa masuk ketika kamu menggunakan jaringan internet di tempat umum. Oleh karena itu, ketika kamu hendak menyambungkan ponsel ke wifi public selalu baca ulang syarat dan ketentuannya dan jangan main tekan menu OK. 

menghilangkan malware

Cara Menghilangkan Malware di Android dengan Ampuh 

Setiap smartphone android sebenarnya kini sudah dibekali dengan antivirus bawaan yang cukup untuk mengatasi malware. Namun seringkali masih saja ada malware membandel yang tak bisa dihilangkan dengan antivirus bawaan saja.

Jika begitu kasusnya maka kamu harus tahu cara menghilangkan malware di android yang lainnya. Sebaiknya jangan terlalu bergantung dengan anti virus bawaan karena saat ini malware terus berkembang untuk merusak. 

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan malware, yaitu dengan atau tanpa aplikasi. Kamu bisa mencoba cara pertama yang lebih mudah dan cukup ampuh secara manual tanpa aplikasi. 

smartphone

Langkah-Langkah Menghilangkan Malware Android dengan Safe Mode

Cara yang pertama adalah kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun untuk menghilangkan malware. Semua android dilengkapi dengan sistem safe mode yang bisa digunakan untuk menghilangkan malware selama ponsel dalam keadaan aman. 

Tujuannya agar tidak ada malware yang masuk pada saat kamu melakukan pengaturan. Cara mudah yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke mode aman

Langkah pertama adalah ponsel harus masuk ke safe mode. Caranya tekan lama pada tombol power di android. Kemudian akan muncul pilihan menu seperti power off, restart dan safe mode. Pilih safe mode dan klik OK. 

Tapi ada juga beberapa kasus dimana menu Safe Mode tidak muncul. Artinya malware sudah merusak sistem dan kamu harus melakukan hard reset. Caranya, lepas baterai atau tekan tombol power selama sepuluh detik. 

Ponsel akan masuk ke proses booting dan kamu bisa tekan tombol power serta volume bersamaan. Sehingga ponsel otomatis akan masuk ke mode aman. 

menghapus malware di android

2. Menghapus aplikasi mencurigakan

Baca Juga  Pilihan Aplikasi Scanner Terbaik di Hp yang Mudah Digunakan

Ketika masuk ke safe mode, ponsel dapat digunakan seperti biasanya hanya saja lebih aman. Untuk itu kamu harus mencari tahu asal malware melalui pengecekan aplikasi mencurigakan yang sudah terinstal. 

Caranya, masuk ke menu Pengaturan kemudian Aplikasi dan terakhir Download. Di sana akan muncul berbagai macam aplikasi yang sudah disematkan dalam ponsel. Pilih aplikasi mencurigakan, kemudian klik pada ikon aplikasi dan pilih menu uninstall. 

Apabila proses uninstall gagal bahkan ditolak maka kamu harus masuk ke Pengaturan > Keamanan > Administrator Perangkat. Maka akan muncul kembali daftar aplikasi, cari aplikasi mencurigakan yang tadi tidak bisa dihapus. 

Setelah ketemu, klik tanda administrator yang berada di sampingnya menjadi non aktif. Setelah itu baru restart smartphone kamu agar bisa kembali berjalan normal. 

Cara Menghapus Malware di Android dengan Aplikasi

Selain menggunakan cara manual seperti di atas, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi gratis yang bisa diunduh. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan anti virus di laptop atau PC. 

Fungsinya adalah scanning smartphone kemudian menghilangkan semua malware yang menginfeksi. Ada beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan malware di smartphone sebagai berikut :

AVG antivirus

1. AVG Antivirus

Kamu pasti sudah sering mendengar antivirus AVG, untungnya aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Kamu tak perlu membayar langganan setiap bulannya, ditambah lagi fitur-fitur yang tersedia sudah cukup mumpuni. 

Cara menghapus malware dengan AVG antivirus adalah :

  • Instal aplikasi AVG antivirus dari play store. 
  • Jalankan aplikasi dan klik scan. 
  • Jika sudah selesai dan muncul malware, klik resolv untuk mengatasinya. 

AVG antivirus mampu mendeteksi dan menghapus malware yang sudah ada dalam ponsel atau yang berusaha masuk. Proses pemindaian akan dilakukan secara menyeluruh dari file hingga aplikasi. 

Avira antivirus

2. Avira Antivirus

Sama seperti AVG, Avira juga merupakan aplikasi yang sangat tepat untuk melindungi smartphone dan menghapus malware. Bedanya aplikasi ini ada yang berbayar dan gratis, untuk fitur gratis yang diberikan tentu terbatas. 

Untuk mencoba fitur gratisnya, berikut ini langkah yang bisa diikuti :

  • Instal aplikasi Avira antivirus di play store. 
  • Pilih scanner sesuai kebutuhan, untuk alasan keamanan, privacy atau performa ponsel. 

Kelebihan dari avira antivirus adalah mampu memberitahukan pemilik ponsel ketika terdapat malware dan spyware menyerang.

Disamping itu, jika terdapat file hilang akan dibantu untuk mencarikannya kembali. Biasanya file ditemukan di folder lainnya. 

Avast antivirus

3. Avast Antivirus

Baca Juga  Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pemindaian otomatis ketika pemilik ponsel sedang menggunakan internet adalah keunggulan yang diberikan. Selain itu apapun malware yang menyerang hingga trojan sekalipun akan diatasi oleh antivirus ini. Cara menggunakannya adalah :

  • Instal aplikasi dari play store.
  • Pilih Avast Security basic untuk mencoba secara gratis. 
  • Klik scan untuk menjalankan antivirus. 

Avast antivirus juga bisa membantu kamu melakukan pelacakan ketika hp hilang dicuri. Avast akan merekam suara pencuri ketika mereka mengganti sim card. Jadi antivirus ini tak hanya aman dari malware tetapi juga pencurian. 

Clean Master

4. Clean Master

Aplikasi yang satu ini sangat populer dan telah diunduh 24 juta kali. Clean master juga cukup baik dalam mencegah hingga melindungi ponsel agar bisa lancar kembali performanya. Cara menghapus malware di android dengan clean master pun cukup mudah yaitu :

  • Instal aplikasi clean master di play store. 
  • Untuk memulai pilih menu antivirus dan klik scan untuk melakukan pemindaian secara keseluruhan. 

Selain antivirus, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghemat daya baterai, mendinginkan CPU, hingga pembersih sampah. 

360 Security

5. 360 Security

Aplikasi ini memiliki tiga fungsi sekaligus yaitu antivirus, meningkatkan performa ponsel dan membersihkan sampah. Proses scanning yang dilakukan cukup mudah melalui tahapan berikut ini. 

  • Instal aplikasi 360 Security melalui Play Store. 
  • Buka aplikasi dan pilih menu antivirus untuk menghilangkan malware. 
  • Klik scan dan pemindaian akan berlangsung dan muncul hasil. 
  • Klik repair all jika muncul malware yang terdeteksi. 

Supaya ponsel kamu memiliki performa terbaik, maka lakukan scanning secara rutin. Setidaknya jadwalkan setiap satu bulan atau satu minggu sekali tergantung tingkat seringnya Anda menggunakannya.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *