cara menghemat baterai iphone
Android/iOS

6 Cara Menghemat Baterai Iphone dan Penyebabnya

Jika dulu terkenal dengan nama handphone kini istilahnya berubah menjadi smartphone. Sebuah ponsel pintar bukan sekedar berfungsi sebagai alat komunikasi saja.

Smartphone memiliki kelebihan mencari informasi, mendengarkan musik hingga menonton film. Salah satu merk smartphone yang terkenal dan banyak disukai karena ketangguhannya adalah Iphone.

Smartphone keluaran Apple ini terus bersaing dengan Android dan selalu mengeluarkan versi terbarunya dengan kecanggihan berbeda-beda. Namun walaupun canggih ada satu kelemahan yang sering terjadi adalah berkurangnya daya dalam baterai dengan cepat.

Adakah cara menghemat baterai iphone yang bisa kamu lakukan? Tentu saja ada. Namun sebelum itu kamu juga harus tahu apa penyebab baterai bisa cepat habis.

5 Penyebab Kenapa Baterai Iphone Cepat Habis?

kenapa baterai iphone cepat habis

Banyak kemampuan, itulah yang membedakan smartphone dengan hp biasa. Terlalu banyak kemampuan ini juga sebaiknya diimbangi dengan daya yang dimiliki. Tidak jarang orang yang membawa daya tambahan terpisah berupa power bank.

Tapi para pengguna iphone, kamu pasti tidak asing lagi dengan kecepatan lowbat. Lalu kenapa baterai iphone cepat habis?

Penting bagi kamu untuk tahu penyebabnya supaya penggunaan kedepannya lebih tepat dan cara mengatasinya dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa alasan kenapa baterai iphone kamu cepat habis, diantaranya:

1. Terus nge-charge walaupun baterai sudah penuh 100%

Sebuah kesalahan yang dilakukan tanpa disadari yaitu membiarkan charger terus menempel pada iphone walaupun baterai sudah penuh hingga 100%. Alasannya karena kamu nge-charge hp pada saat tidur.

Jika hal ini terus-terusan dilakukan maka akan membuat smartphone kamu rusak dalam jangka panjang. Kerusakan utama akan langsung terjadi pada baterai dan bisa menjalar ke hardware lainnya.

2. Penggunaan aplikasi yang berlebihan

Aplikasi juga jadi sumber daya pada iphone cepat habis. Biasanya aplikasi game adalah yang paling sering diinstal apalagi dimainkan terus menerus tanpa henti. Ada juga plikasi yang terus berjalan seperti email atau web browser yang menyajikan berita padahal kamu tidak menggunakan ponsel.

Ketika pemberitahuan baru masuk ditambah iphone dalam mode getar akan menghaboskan baterai dalam waktu cepat.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache di iphone

3. Penggunaan iphone sampai mati

Lupa membawa charger kemudian menggunakan iphone terus menerus hingga mati tapi tidak langsung di charge adalah sebuah kesalahan. Ketika baterai dibiarkan terlalu lama kosong maka akan mengganggu sistem penyimpanannya. Apalagi jika hal ini berlangsung terus menerus.

Akibatnya ketika daya baru disimpan maka tidak akan bertahan lama bahkan cenderung cepat habis. Jika kamu bermasalah dengan hal ini cara satu-satunya adalah mengganti baterai yang baru.

4. Usia baterai yang sudah lama

Setiap baterai memiliki usia, sama halnya dengan alat elektronik yang lainnya. Ketika baterai iphone kamu sudah hampir habis masanya, sebaiknya gantilah dengan yang baru. Karena ciri-ciri kerusakan yang pertama kali muncul adalah penyimpanan tidak terlalu lama.

Bahkan bisa saja ketika rusak baterai justru tidak bisa digunakan untuk menyimpan daya sama sekali.

5. Iphone terkena panas atau dingin

Udara dingin yang ekstrim atau panas bisa jadi penyebab kerusakan pada baterai iphone. Smartphone yang merupakan alat elektronik adalah benda yang pertama kali akan rusak. Jadi pastikan jika kamu akan bepergian ke daerah dengan suhu terlalu panas atau dingin simpan dengan baik iphone mu.

Cara Mudah untuk Mengatasi Iphone yang Cepat Habis Daya

cara menghemat baterai iphone dengan mudah

Image: apps.apple.com

Baterai iphone tidak murah harganya, jadi kamu sebaiknya melakukan perawatan elektronik ini dengan baik. Mulai dari cara penggunaannya hingga bagaimana pengisian baterai dilakukan. Hindari menggunakan kepala charger palsu dan pastikan untuk menggunakan yang asli.

Ada beberapa cara menghemat baterai iphone yang bisa kamu dilakukan dan jadikan kebiasaan sehari-hari. Sehingga selain daya lebih awet, iphone kamu juga selalu dalam kondisi yang baik. Berikut ini beberapa cara yang bisa diikuti.

1. Tak perlu menggunakan tema atau wallpaper hidup

Ada begitu banyak tema atau wallpaper yang unik dan menarik. Biasanya kaum wanita yang banyak menyukai gambar bergerak dan menjadikannya wallpaper. Bukan hanya menarik, tapi efek negatif yang dihadirkan adalah membuat baterai boros.

Jika kamu ingin menghemat baterai sebaiknya cara menghemat baterai iphone yang pertama untuk tidak perlu memilih wallpaper yang bisa bergerak. Pilih tema atau wallpaper statis yang tidak akan menghabiskan baterai iphone.

2. Mematikan pembaruan aplikasi otomatis

Setiap aplikasi selalu memiliki pembaharuan dari developernya. Tapi kamu sebagai pemilik iphone bisa mengatur apakah aplikasi diperbaharui otomatis atau tidak.

Jika pembaharuan dilakukan otomatis, maka ketika iphone tersambung dengan WiFi maka pembaharuan akan langsung dilakukan.

Tapi jika tidak dan mengaturnya secara manual, kamu bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembaharuan sehingga cara menghemat baterai iphone ini bisa Kamu coba.

Karena jika pembaharuan dilakukan pada saat baterai low bisa menguras banyak daya dan membuat smartphone cepat habis.

Baca Juga: Cara Cek Garansi iPhone

3. Memilih aplikasi yang boros baterai

Bagi para pengguna iOS 8 dan seri di atasnya lebih beruntung karena ponsel dilengkapi dengan fitur untuk memperlihatkan penggunaan baterai dari masing-masing aplikasi. Melalui fitur ini pengguna smartphone bisa mengecek manakah aplikasi yang paling boros baterai selama 24 jam terakhir.

Untuk masuk ke fitur ini cukup klik setting atau pengaturan kemudian pilih menu Baterai. Maka akan langsung muncul catatan pada bagian bawah dari masing-masing aplikasi. Catatannya adalah aplikasi mana yang paling boros baterai.

Dari sana kamu juga akan mendapatkan saran untuk memperbaiki masalah daya tersebut.

4. Memblokir konten safari

Cara menghemat baterai iphone yang selanjutnya adalah dengan memblokir konten otomatis yang muncul dari safari. Bukan hanya itu saja, Safari juga akan mengirimkan begitu banyak iklan yang tentu saja mengkonsumsi daya baterai berlebihan.

Kamui pastinya tidak membutuhkan informasi dari iklan terus menerus, oleh karena itu melakukan pemblokiran adalah langkah paling tepat. Cara memblokirnya membutuhkan bantuan aplikasi pihak lain.

Caranya masuk ke App Store dan instal aplikasi pemblokir iklan. Kamu tinggal menginstal aplikasi dan menggunakannya. Contoh aplikasinya adalah Norton Ad Blocker.

5. Tak perlu menggunakan saran dari aplikasi Siri

Bagi pengguna iOS 8 ke atas, aplikasi Siri yang menyarankan lokasi terdekat sangat menghabiskan banyak daya. Karena aplikasi ini akan terus melakukan pelacakan kemanapun kamu pergi.

Kamu hanya perlu menonaktifkan fitur ini supaya daya tidak cepat habis. Caranya adalah dengan geser dari atas ke bawah layar untuk masuk ke Pusat Pemberitahuan. Kemudian geser dari kanan ke kiri untuk dilihat tampilan hari ini. ketik Edit pada bagian bawah dan klik Saran Aplikasi lalu hapus.

6. Tak perlu mengaktifkan unggahan otomatis ke iCloud

Adanya iCloud memudahkan sebagai media penyimpanan online yang mempercepat orang membagikan file. Tapi kelemahannya ketika digunakan di smartphone adalah menguras banyak daya.

Ketika galery foto otomatis dihubungkan ke iCloud untuk melakukan penyimpanan otomatis maka daya akan terkuras banyak. Untuk itu matikan fungsi otomatisnya karena kamu bisa memasukan foto ke iCloud secara manual.

Semua cara menghemat baterai iphone ini termasuk mudah dan perlu dijadikan kebiasaan. Sehingga Sahabat Tedas.id tak perlu kebingungan ketika tidak mendapatkan listrik tapi baterai iphone tetap awet.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.