4 Cara Menghapus Cache Di iPhone Agar Tidak Lemot

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

iPhone adalah salah satu smartphone paling fenomenal di dunia.

Bagaimana tidak, banderol harga dari iPhone ini sendiri terkadang tidak masuk akal karena terlampau mahal jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone lainnya.

iPhone juga merupakan salah satu produk smartphone buatan dari Apple yang sangat terkenal menjadi salah satu produk smartphone terlaris dan paling banyak dicari di dunia.

Bahkan iPhone juga memiliki basis penggemar yang sangat loyal dengan iPhone yang akan membeli seri iPhone terbaru setiap seri iPhone terbaru tersebut rilis.

Namun sayangnya untuk sebagian orang, iPhone mempunyai beberapa kelemahan yang membuatnya tidak nyaman menggunakan produk iPhone.

Kelemahan tersebut mulai dari kesulitan untuk melakukan transfer file dari komputer ke iPhone dan sebaliknya.

Kelemahan dari iPhone lainnya adalah karena banyaknya data cache dari aplikasi yang sering menumpuk sehingga menjadikan kapasitas dari penyimpanan internal iPhone banyak digunakan.

Hal ini tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan terutama terkait bagaimana cara menghapus cache di iPhone. Nah mungkin anda juga menjadi salah satu orang yang kebingungan dan tidak tahu bagaimana cara menghapus cache di iPhone.

Cara Menghapus Cache di iPhone Dengan Mudah

Pengguna iPhone tentu saja sering dipusingkan dengan masalah penuhnya memori internal. Apalagi untuk anda yang memiliki iPhone dengan kapasitas internal kecil, tentu saja anda akan kebingungan karena iPhone sendiri tidak menyediakan slot memori eksternal.

Berbeda dengan smartphone android yang rata-rata sudah menyediakan slot untuk memori eksternal sehingga tidak akan kebingungan masalah penyimpanan yang penuh.

Baca Juga: Review iPhone11

Lalu apa solusinya? Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Apakah kita harus menghapus data-data yang penting? Tentu saja anda tidak perlu melakukan itu karena cukup dengan menghapus data aplikasi saja di iPhone sudah bisa membantu melegakan kapasitas memori internal iPhone milik kita.

Untuk anda yang sudah penasaran tentang bagaimana cara menghapus cache di iPhone, berikut dibawah ini sudah saya sajikan secara lengkap bagaimana cara menghapus cache di iPhone agar penyimpanan lega.

1. Cara Menghapus Cache Safari Di iPhone

Langkah awal untuk bisa melegakan internal iPhone anda tentu saja dengan menghapus data atau cache dari safari terlebih dahulu. Namun yang perlu anda ingat adalah apabila anda menghapus cache di Safari, maka secara otomatis semua akun yang terdapat di iPhone akan secara otomatis logout. Jadi anda harus login ulang lagi untuk menggunakan akun anda di Safari.

Jadi pastikan juga bahwa anda ingat semua password dari akun anda di iPhone ya. Karena nanti anda harus login ulang di akun-akun anda tersebut. Berikut adalah cara membersihkan cache iPhone di Safari.

  1. Pertama anda buka dulu kunci dari iPhone anda.
  2. Kemudian anda buka menu pengaturan atau setting di iPhone.
  3. Selanjutnya anda scroll kebawah hingga tiba di bagian dari grup ke lima dan terdapat aplikasi Safari pada pilihan pengaturan tersebut.
  4. Nah disitu akan ada Accounts & Password di bagian atas dari menu tersebut. Setelah ketemu anda klik saja langsung pada Safari.
  5. Berikutnya anda scroll ke bawah lagi dan kemudian anda pilih Clear History And Website Data. Saat anda sudah menekan pilihan tersebut, maka secara otomatis iPhone akan menghapus cache di Safari.
  6. Terakhir anda bisa langsung memilih Clear History And Data.

Selesai, sekarang semua cache atau data di Safari sudah terhapus. Kemudian memori dan juga kapasitas penyimpanan internal pada perangkat iOS anda juga akan kembali longgar lagi.

2. Cara Menghapus Data Aplikasi

cek garansi iphone

Selain menghapus cache di Safari. Cara membersihkan cache di iPhone juga bisa kita lakukan dengan cara menghapus data aplikasi dari iPhone kita tersebut. Untuk cara yang satu ini tentu saja tidak ribet, mudah dan tentu saja bisa melonggarkan kapasitas dari ruang penyimpanan perangkat iPhone kita.

Untuk anda yang sudah penasaran, berikut dibawah ini adalah langkah-langkah cara menghapus data aplikasi iPhone.

  1. Pertama anda buka dulu Settings, kemudian pilih General, selanjutnya anda pilih iPhone Storages. Untuk pengguna iPad sebenarnya sama saja, yang berbeda hanya di akhir yaitu anda pilih iPad Storages.
  2. Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi apa saja yang terinstall di iPhone. Ada juga informasi detail dari setiap aplikasi yang terinstall mulai dari informasi tanggal kapan terakhir aplikasi dibuka hingga informasi terkait kapasitas penyimpanan yang dipakai oleh aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya anda tentukan terlebih dahulu ingin menghapus aplikasi mana. Jika sudah anda klik aplikasi tersebut, jika ternyata kapasitas penyimpanan yang digunakan melebihi 500 MB. Maka lebih baik anda hapus saja aplikasinya kemudian install ulang.
  4. Jika anda sudah yakin, terakhir anda hanya perlu menekan Delete App. Secara otomatis aplikasinya akan langsung terhapus dari iPhone anda dan yang terpenting penyimpanan akan kembali lega.

3. Restart iPhone

Cara menghapus cache di iPhone yang terakhir adalah dengan cara melakukan restart terhadap perangkat iPhone kita tersebut. Cara ini terbukti benar-benar bisa efektif untuk melegakan penyimpanan internal di iPhone yang sedang kita pakai.

Baca Juga: Cara Cek Garansi iPhone

Kita juga bisa menerapkan cara ini untuk iPad. Menurut informasi yang didapat dari Macworld, dengan kita melakukan restart terhadap perangkat iOS merupakan cara yang sangat efektif untuk menghapus dan membersihkan sebagian memori yang ada pada perangkat iOS tersebut.

Nah untuk anda yang sedang mengalami masalah penyimpanan iPhone yang penuh. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama anda harus menekan lama tombol power atau sleep / wake yang biasanya terdapat pada bagian samping dari iPhone. Kemudian tunggu beberapa detik hingga muncul pilihan slide to power off.
  2. Selanjutnya anda langsung saja swipe atau geser tombol power off tersebut yang sudah muncul
  3. Setelah menggeser tunggu beberapa saat sampai perangkat iPhone anda benar-benar sudah mati. Jika sudah mati, anda bisa lagi menekan tombol power atau sleep/wake untuk menghidupkan ulang perangkat iPhone anda. Mudah kan?

Nah itulah bagaimana cara menghapus cache di iPhone dengan mudah supaya perangkat iPhone kita tidak lemot. Dengan melakukan beberapa cara diatas kita bisa membuat perangkat iPhone yang kita miliki menjadi lebih segar dan tidak lemot lagi.

Tips dari saya adalah lebih baik pilihlah perangkat iPhone dengan kapasitas minimal 32 Gb agar anda tidak sering-sering melakukan penghapusan terhadap cache di iPhone ini. 

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *