cara menggunakan headset bluetooth
Android/iOS

Ini Dia Panduan Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Saat ini, ternyata masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan headset Bluetooth.

Pasalnya kebanyakan orang masih menggunakan headset berkabel dan enggan beralih karena kurang paham cara menggunakannya. Padahal menggunakan headset Bluetooth tidak terlalu sulit.

Jika Anda bisa menggunakan headset Bluetooth, mendengarkan lagu akan terasa lebih nyaman. Anda bisa lebih fokus mendengarkan musik tanpa gangguan kabel dan tentunya ini akan lebih nyaman.

Untuk yang masih awam terkait penggunaan headset Bluetooth, simak uraian yang ada  di bawah ini.

Aktifkan Terlebih Dahulu Headset Bluetooth Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan headset Bluetooth terlebih dahulu. Caranya dengan menekan lebih lama tombol daya.

Untuk mengaktifkan headset memang memerlukan waktu yang lebih lama dan jika sudah aktif akan muncul lampu LED berkelap kelip.

Tetapi ada beberapa headset yang tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa diaktifkan. Beberapa headset Bluetooth ada yang memiliki tombol ON atau power sehingga memudahkan pengguna.

Jika headset milik Anda ada tombol ON atau power, silahkan tekan.

Headset Bluetooth Harus Dalam Mode Pairing

Jika Anda belum berhasil mengaktifkan headset Bluetooth dengan menggunakan cara pertama, cobalah untuk mengaturnya menjadi mode pairing.

Caranya tidak jauh berbeda dari sebelumnya, yakni tekan selama beberapa detik tombol power atau ON sampai muncul lampu LED yang menyala.

Biasanya lampu LED menyala yang menandakan bahwa headset Bluetooth sudah aktif dan akan mengeluarkan warna biru, merah, atau keduanya, jadi Anda harus memperhatikan hal tersebut.

Warna lampu LED yang muncul jelas tidak sama, tergantung dari jenis headsetnya.

cara memakai headset bluetooth

Mengaktifkan Bluetooth di Ponsel Anda

Setelah Anda berhasil menyalakan headset Bluetooth, berikutnya adalah aktifkan bluetooth yang terdapat di ponsel. Caranya adalah Anda bisa menggulir layar ponsel ke bawah dan cari menu Bluetooth.

Tekan menu tersebut sampai muncul lambang Bluetooth di layar bagian atas.

Cara kedua adalah dengan menuju menu setting atau pengaturan. Setelah itu, carilah menu Bluetooth.

Aktifkan Bluetooth dengan cara memilih tombol ON dan tunggu sampai muncul lambang BT di layar ponsel bagian atas. Jika sudah muncul, maka Anda bisa beralih ke tahap yang selanjutnya.

Dalam hal ini, jika Anda ingin mencoba menghubungkan headset dengan laptop, pastikan bahwa terdapat Bluetooth di PC tersebut.

Perlu diketahui pula bahwa tidak semua jenis laptop menyediakan fitur Bluetooth, jadi Anda harus mengeceknya terlebih dahulu.

Jika ada, silahkan nyalakan Bluetooth dengan tombol pintasan. Selain itu, Anda tentu juga bisa mengaktifkannya melalui fitur pengaturan yang tersedia.

Jika tombol Bluetooth di laptop sudah menyala, ini biasanya ditandai dengan munculnya lambang BT di sebelah kanan layar.

Tetapi, jika laptop Anda tidak menyediakan fitur Bluetooth, Anda bisa menggunakan ponsel saja.

Melakukan Pemindaian Perangkat Bluetooth

Cara memakai headset Bluetooth yang berikutnya adalah melakukan pemindaian perangkat. Cara yang satu ini tidak menghabiskan waktu lama, hanya beberapa detik saja.

Langkah pertama yang harus dilakukan cukup menunggu sampai nama headset Bluetooth Anda muncul di tampilan layar ponsel.

Cara yang satu ini sama dengan ketika Anda ingin memindai perangkat Bluetooth ke ponsel lainnya saat melakukan transfer file.

Anda tinggal menunggu apakah headset Bluetooth sudah benar-benar menyala atau belum. Jika nama bluetoothnya muncul, berarti Anda telah menyalakannya dengan benar.

Akan tetapi, jika nama bluetoothnya tidak muncul juga di layar setelah beberapa saat, mungkin ada tahapan yang belum Anda selesaikan dengan benar.

Anda bisa melakukannya sekali lagi untuk memastikan bahwa headset sudah dinyalakan dengan benar dan bisa digunakan.

Cara lain yang bisa Anda praktekkan adalah mencoba untuk mematikan Bluetooth di ponsel lalu nyalakan lagi. Cobalah untuk melakukan pemindaian ulang setelah itu.

Jika masih tidak bisa, matikan Bluetooth keduanya, baik pada headset maupun ponsel. Setelah itu, cobalah untuk menyalakannya kembali sesuai dengan urutan di atas.

Menghubungkan Bluetooth di Headset Dengan Perangkat di Ponsel Anda

Cara menggunakan headset Bluetooth yang berikutnya adalah dengan menghubungkannya ke perangkat. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode tertentu.

Kode yang diminta biasanya terdapat di buku manual headset Anda, jadi cobalah untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Kode yang diminta biasanya tidak sama, tergantung jenis headset yang Anda gunakan. Jika tidak ada, kemungkinan besar kode yang diminta adalah 0000.

Cobalah untuk memasukkan kode tersebut di kotak yang telah tersedia, lalu klik OK untuk meneruskan proses ke tahap selanjutnya.

Tetapi sebelum memasukkan kode yang diminta, pastikan bahwa Anda telah menekan tombol connect yang tertera di layar.

Setelah itu, Anda bisa memasukkan kode yang diminta pada kolom di layar ponsel. Jika kode yang Anda masukkan sudah benar, maka headset Bluetooth akan segera terhubung ke perangkat.

Ingatlah kode yang diminta, dan jika perlu, catatlah PIN tersebut. Ini untuk mengantisipasi jika Anda kehilangan buku manual dan tidak bisa memasukkan kode headset.

Oleh sebab itu, catatlah kode agar Anda bisa menggunakannya lagi untuk perangkat lain.

Headset dan Perangkat Pernah Terhubung Sebelumnya

Cara pakai headset Bluetooth akan lebih mudah jika sebelumnya Anda sudah pernah menghubungkannya ke perangkat.

Jika Anda sudah pernah menghubungkannya dan ingin menggunakannya lagi, maka cukup menyalakan Bluetooth dari headset dan perangkat ponsel, lalu keduanya akan tersambung otomatis.

Jika kedua perangkat bisa saling terhubung secara otomatis, berarti tidak ada masalah dalam proses penyambungan jaringan keduanya.

Untuk tandanya sama, yakni jika headset ON, maka lampu LED akan menyala berulang kali dan lambang Bluetooth tertera di bagian atas layar ponsel.

Selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah pertama sampai keempat agar headset bisa digunakan untuk mendengarkan lagu.

Pastikan bahwa Anda sudah mengikuti tahapannya secara benar dan berurutan. Jika Anda kurang yakin, coba ulangi kembali dari tahap pertama sampai keempat.

Jika Anda berhasil mengaturnya, artinya tidak ada masalah selama proses menghubungkan dan headset pun kini sudah siap untuk digunakan sesuai fungsi yang dibutuhkan.

headset bluetooth

Headset Siap Anda Gunakan

Tentunya jika sudah melengkapi berbagai macam tahapan di atas dan tidak ada kendala, maka headset sudah siap digunakan.

Kini langkah terakhir adalah cobalah untuk mendengarkan lagu. Anda bisa memutar lagu apa saja dan dengarkan bagaimana kualitas suara dari headset tersebut.

Dalam hal ini, perlu diketahui juga bahwa headset ini cukup multifungsi. Selain bisa dipakai untuk mendengarkan musik, kebanyakan headset Bluetooth juga dapat dipakai ketika Anda menerima telepon.

Ketika Anda mendapatkan telepon dari seseorang, tekan tombol answer dan Anda bisa langsung berbicara. Headset selanjutnya akan mengirimkan sinyal ke penelpon sehingga terhubung dengan Anda.

Cara menggunakan headset Bluetooth di atas cukup mudah bukan? Headset Bluetooth ini walaupun merknya berbeda, cara menggunakannya tetap sama, bahkan kodenya pun tidak berbeda.

Namun tetap saja, jika Anda mendapatkan buku panduan, baca dengan teliti agar tidak salah menggunakan headset.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *