6 Cara Mengetahui WA Disadap dan Ciri Cirinya

Cara Mengetahui WA Disadap – Saat ini sudah tidak terhitung lagi jumlahnya aplikasi Android maupun iOS yang bisa Kita manfaatkan sebagai alat komunikasi chatting yang menggunakan data seluler, mulai dari Viber, Wechat, Line, KakaoTalk, hingga WhatsApp.

Dan masing-masing aplikasi chatting yang telah disebutkan diatas tadi memiliki berbagai macam kekurangan maupun kelebihannya masing-masing, akan tetapi yang akan Kita bahas kali ini adalah mengenai aplikasi WhatsApp anak perusahaan Facebook atau jika disingkat adalah WA.

WhatsApp Masih Menjadi Aplikasi Chat Primadona

wa masih menjadi primadona
WhatsApp saat ini masih menjadi aplikasi chatting primadona yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, bahkan Portal diskon Cuponation Indonesia yang saya kutip dari laman Teknologibisnis merilis hasil riset sejumlah aplikasi chatting yang popular di Indonesia.

Hasilnya adalah berdasarkan studi yang dilakukan Statista pada kuartal 3 tahun 2018 tahun lalu, menunjukkan bahwa aplikasi Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang paling popular di Indonesia dibandingkan dengan aplikasi chatting yang lain.

Berikut adalah adalah 5 daftar aplikasi chatting yang paling populer di Negara Indonesia diantaranya:

1. Aplikasi Whatsapp 83% pengguna.

2. Aplikasi Line 59% pengguna.

3. Aplikasi Facebook Messenger 47% pengguna.

4. Aplikasi BBM 38% pengguna.

5. Aplikasi WeChat 28% pengguna.

Ciri Ciri WA Disadap

ciri ciri wa disadap
Apakah kalian pernah mendapati pesan WA kalian tiba-tiba ada yang membuka atau membacanya, padahal kalian belum membuka pesan WA tersebut? Jika ya maka dikhawatirkan WA kalian terlah disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Ada banyak hal mengapa para penyadap menyadap WA Kamu dan salah satu yang paling sering mereka ambil adalah data-data penting atau data pribadi yang terdapat pada WA Kamu atau peyadap hanya usil atau bisa saja mereka memanfaatkan hal-hal lain yang belum Kita ketahui.

Memang terdengar sangat mengerikan apalagi hal tersebut dilakukan secara sembunyi-sembunyi tanpa Kita ketahui, bagaimana jika mereka meminta sejumlah uang untuk ditrasfer kepada orang-orang terdekat Kita? Rasanya hal ini termasuk kedalam kejahatan cybercrime.

Mengapa WA Bisa Disadap?

kenapa wa bisa disadap
Perlu Kamu ketahui bahwa sekuat apapun pertahanan ataupun fitur-fitur pengaman aplikasi pasti terdapat celah-celah yang bisa diterobos dan dimanfaatkan oleh peyusup atau hacker.

Dan aplikasi WA sebenarnya sudah dibekali dengan fitur canggih yang end-to end dan fitur enkripsi yang membuat aplikasi WhatsApp aman dari penyusupan hacker.

Fitur end-to end merupakan sebuah enkripsi dimana pesan tersebut akan diacak ketika pesan dikirim oleh pengguna dan pesan tersebut dapat di deskripsi hanya oleh WA penerima pesan .

Baca Juga  Waspada, Ini 4 Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasi

Sehingga hacker tidak dapat membaca pesan tersebut yang mereka sadap ketika pesan masih berada di jaringan internet dan akan mempersulit hacker untuk membaca pesan yang mereka sadap.

Namun, seperti yang telah dijelkaskan diatas bahwa walaupun fitur-fitur keamanan tersebut sangat canggih akan tetapi selalu ada saja cara hacker untuk menembus hal tersebut dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan spyware.

Perlu Kamu ketahui bahwa spyware adalah sebuah software yang memiliki tugas untuk memata-matai segala macam bentuk aktifitas yang telah mereka targetkan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Bahkan Facebook sendiri menyatakan tidak banyak aplikasi WA pengguna yang disusupi oleh spyware asal Israel yang dikutip dari laman CnbcIndonesia, akan tetapi pihak WA sangat menghimbau bagi para pengguna untuk selalu mengupdate aplikasi WA yang digunakan ke versi yang paling terbaru.

6 Cara Mengetahui WA Kita disadap


Seperti yang telah dijelakan diatas tadi bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh hacker untuk menyadap WA Kita, mulai dari menggunakan spyware, dll dan ada baiknya Kamu mengetahui informasi mengenai cara kita tahu WA disadap orang lain, diantaranya:

1. Chattingan Baru Tiba-Tiba Terbuka dan Terbaca

Mungkin akan terasa janggal, jika HP Kamu sedang didalam kantong akan tetapi tiba-tiba chatingan baru tiba-tiba terbuka dan sudah terbaca jika Kamu mengalami hal ini bisa jadi WA Kamu telah disadap orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Aplikasi WA Aktif di Perangkat Lain

wa aktif diperngkat lain
Jika Kamu sudah merasa dan yakin Kamu telah keluar dari aplikasi Whatsapp web akan tetapi masih adanya aplikasi WA yang aktif di perangkat lain yang bukan milik Kamu, maka Kamu harus mewaspadai hal tersebut bisa jadi itu ulah tangan hacker.

Namun, jangan khawatir terlebih dahulu karena Kamu bisa mengecek hal tersebut dengan cara mudah yaitu:

– Langkah pertama coba vuka aplikasi WA Kamu di HP, kemudian klik ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas.

– Langkah selanjutnya adalah coba pilih WhatsApp Web.

– Jika misalkan aplikasi WA Kamu aktif di perangkat lain maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengklik WhatsApp web dan klik kluar dari semua perangkat, maka otomatis perangkat Kamu akan keluar dari aplikasi WhatsApp web yang berada diluar sana.

Baca Juga  Review Teranyar Spesifikasi Samsung Note 10 Pro

3. WhatsApp Web Tiba-tiba Aktif

ciri wa disadap hacker

Jika Kamu tidak merasa sedang membuka WhatsApp Web akan tetapi ada notifikasi atau pemberitahuan pada HP Kamu WhatsApp web tiba-tiba aktif akan tetapi Kamu tidak sedang membukanya maka Kamu perlu mewaspadai hal tersebut karena biasa jadi WA Kamu sedang disadap.

Ternyata hal ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya cara yang dilakukan oelh hacker untuk mereras WA orang lain dengan menggunakan WhatsApp web.

Entah bagaimana caranya karena seharusnya ketika Kita akan menggunakan WhatsApp web maka hal pertama yang harus Kita lakukan adalah dengan menscane barcode dengan menggunakan HP Kita.

Sehingga mulai detik ini Kamu patut curiga jika tiba-tiba muncul pemberitahuan WhatsApp Web aktif padahal Kamu tidak sedang menggunakan WhatsApp Web diperangkat laptop maupun PC Kamu.

4. Aplikasi WA Keluar Sendiri

Cara selanjutnya adalah aplikasi WA log out sendiri atau keluar sendiri dan Kamu perlu log in lagi untuk bisa masuk ke aplikasi WA Kamu, namun Kamu merasa kesulitan karena tidak bisa log in.

Pada normalnya kondisi ini Kita lakukan ketika ingin log in, hal tersebut dilakukan ketika Kita hendak mengganti HP ke HP yang baru, namun jika hal tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa Kamu melakukannya Kamu patut mencurigai hal tersebut.

Karena pada umumnya aplikasi WA tidak mendukung mode pengaktifan 1 nomor WA yang bisa digunakan untuk 2 perangkat HP.

Hal ini bisa terjadi karena akun WA Kamu sedang dibuka di HP atau perangkat lainnya, sehingga WA Kamu otomatis akan keluar sendiri dan menyebabkan Kamu tidak bisa log in kembali pada nomer WA Kamu, sangat disayangkan bukan?

5. Pengunaan Baterai yang Lebih Boros

Jika misalkan Kamu sedang tidak menggunakan HP Kamu dan dalam standby mode maka baterai Kamu akan jauh lebih hemat dibadingkan dengan menggunakannya.

Namun lain halnya jika tiba-tiba konsumsi baterai Kamu lebih boros dari biasanya dan bisa jadi hal tersebut kemungkinan bisa saja diakibatkan karena WA Kamu sedang disadap atau karena hal lainnya.

Baca Juga  Mau Ganti HP? Ini Review Iphone 11 Harga dan Spesifikasinya

Dan untuk mengatasi hal tersebut coba Kamu matikan dulu data seluler Kamu. Hal ini bertujuan agar mengehtikan pergerakan aplikasi spyware atau aplikasi mata-mata yang telah dijelakan diatas tadi

6. Paket Data Lebih Boros

Apabila Kamu merasa Kamu tidak sering menonton video streaming maupun video youtube atau mendownload file-file lainnya, akan tetapi paket data lebih boros dan lebih cepat habis, maka Kamu perlu mewaspadai hal tersebut.

Karena WA yang disadap oleh hacker walaupun tidak dalam gengaman Kamu, asalkan paket data masih hidup hacker dapat mengambil berbagai file penting dan hal ini pastinya memanfaatkan paket data Kamu untuk mengirim file-file penting tersebut.

Solusinya adalah dengan mengistal aplikasi yang dapat melcak pengunaan paket data Kamu dan jika Kamu menemukan penggunaan paket data yang mencurigakan bisa jadi itu adalah aplikasi spyware yang telah disusupi oleh hacker ke HP Kamu.

Tips Mencegah WA Disadap

mencegah wa disadapTernyata ada banyak tips yang bisa Kamu lakuakan untuk mencegah WA disadap oleh tangan-tangan jahil dan berikut di bawah ini adalah beberapa tipsnya diantaranya:

– Jangan Meminjamkan HP ke Orang yang Tidak Dikenal

Karena mereka akan sangat mudah untuk membajak akun WA Kamu dan menyambungkannya ke perangkat WhatsApp Web dan mencuri berbagai informasi penting didalamnnya.

Jika perlu Kamu proteksi dengan menggunakan password aplikasi WA Kamu hal tersebut bertujuan agar mencegah WA Kamu dibajak oleh tangan-tangan jahil.

– Jangan Koneksikan Wi-Fi Tanpa Password

Ada baiknya jangan menggunakan wi-fi tanpa password atau mengkoneksikan Wi-fi di public atau ditempat umum, karena jariangan internet bersama sangat rentan terhadap serangan para hacker.

– Jangan Download dan Instal Aplikasi Tidak Resmi

Tips selanjutnya adalah jangan sesekali Kamu download dan istal aplikasi tidak resmi yang tidak ada di App Store maupun di Google Play Store karena mungkin saja aplikasi tersebut telah disusupi oleh spyware.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

– Instal Aplikasi Antivirus

Tips terakhir adalah dengan menginstal aplikasi antivirus yang terbaik, karena dengan adanya aplikasi antivirus dapat mencegah Kamu dari berbagai macam virus yang bisa saja menjadi spyware yang bisa menyadap WA Kamu.

Sekian pembahasan mengenai cara mengetahui apakah WhatsApp disadap hingga berbagai macam tips untuk mencegahnya dan semoga saja setelah membaca artikel ini WA Kamu jadi aman dari para tangan-tangan jahil duluar sana.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *