Sangat Mudah, Ini 3 Cara Install XAPK Step by Step

Cara Install XAPK – Smartphone Android merupakan telepon genggam dengan teknologi canggih yang selalu menemani kita kapanpun dan dimanapun. Fungsinya yang bermacam-macam membuat kita tak bisa melepaskan smartphone saat berpergian. Salah satu fungsi smartphone yang paling populer adalah sebagai penghibur dikala rasa bosan menyerang.

Hiburan yang paling menyenangkan dari smartphone adalah game. Ada begitu banyak jenis pernainan online yang bisa di download dan dimainkan di smartphone. Ukuran file-nya pun bermacam-macam, dari ukuran yang kecil 2-3 mb sampai ukuran yang besar 4-5 gb, semuanya tergantung jenis game tersebut.

File yang berukuran besar biasanya akan sulit di download. Untuk mendownload file berukuran besar, kamu harus mendownload file Apk dan data Obb-nya secara terpisah. Tentunya itu akan sangat merepotkan. Tapi tenang saja, sekarang telah tersedia format file XAPK.

Mungkin beberapa dari kita masih ada yang masih bingung dan asing dengan XAPK. Untuk itu mari simak penjelasan tentang apa itu XAPK dan bagaimana cara menginstalnya dibawah ini!

Apa Itu XAPK?

apa itu xapk

Sebelum memasuki langkah mengenai bagaimana cara menginstal XAPK, tentunya kamu harus mengetahui apa itu XAPK.

XAPK adalah sebuah format baru yang dibuat untuk aplikasi Android. Format ini merupakan gabungan antara file APK dan OBB-nya. Jadi kamu tidak perlu bersusah payah mendownload APK dan OBB secara terpisah karena di file ini data obb sudah tertanam secara otomatis.

Baca Juga  Gamers Masuk, Ini 7 Fitur Terbaru dari Game FIFA 20

Tentu saja ini bertujuan untuk membuat segalanya menjadi lebih praktis dan mudah agar para pengguna smartphone tidak perlu repot-repot mendownload keduanya secara terpisah. Lantas, Bagaimana Cara Menginstal XAPK?

3 Cara Install XAPK di Smartphone Android-mu

cara install xapk dengan mudah1. Langkah 1 – Download XAPK installer

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload dan cara install XAPK installer. XAPK installer merupakan satu-satunya aplikasi yang mendukung file XAPK agar bisa diinstall ke smartphone andalanmu.

Dengan menggunakan XAPK installer maka kamu tidak perlu bersusah payah untuk melakukan copy dan paste folder obb melainkan hanya perlu satu kali klik untuk membiarkan installer ini menginstal file Apk dan Obb kita dalam format file XAPK. XAPK installer ini kemudian bisa kamu download di Apkpure atau jalantikus.com.

Baca Juga  Gak Perlu Koneksi Internet, Ini 6 Games Salon Kecantikan

2. Langkah 2 – Cari File XAPK

Cara install XAPK selanjutnya adalah pergi ke “File Manager” yang ada di smartphone-mu. Lalu cari file XAPK yang ingin kamu instal. Biasanya file XAPK tersebut berada di folder“Download”.

Pergilah ke folder download dan cari file XAPK. Ketika kamu meng-klik file XAPK yang ingin kamu downloa, maka akan mucul kotak pemberitahuan atau pop-up. Saat pop-up tersebut muncul, klik “Install”.

3. Langkah 3 – Instal File & Selesai

Jika kamu sudah menekan tombol instal, maka langkah selanjutnya adalah menunggu proses “Installing OBB Files” hingga selesai.

Saat proses menginstal sudah selesai, lakukanlah proses cara install XAPK atau APK seperti yang biasa kalian lakukan. Setelah semuanya sudah diproses, maka proses menginstal XAPK selesai dilakukan. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua proses berjalan mulus seperti yang diinginkan.

aplikasi xapk
3 Masalah yang di Hadapi saat Proses Install XAPK dan Cara Mengatasinya

Tak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada beberapa hal yang mungkin saja terjadi saat proses penginstalan berlangsung.Berikut masalah yang mungkin saja terjadi ketika berlangsungnya proses instalasi.

1. Error

Kesalahan saat menginstal XAPK kadang memang tak dapat dihindari. Salah satunya adalah error. Error sering kali disebabkan oleh pengaturan ponsel yang belum diubah. Jika ingin menginstal aplikasi di luar Google Play Store, maka kamu harus mengubah pengaturan perizinan yang ada di smartphone-mu.

Untuk mengubahnya maka kamu bisa pergi ke pengaturan dan ubah perizinannya menjadi “Diizinkan”.

2. File XAPK Rusak

Jika kamu sudah mengubah pengaturan tetapi masih menemukan masalah, kemungkinan yang terjadi adalah file XAPK yang kamu unduh mengalami kerusakan.
Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa mendownload file XAPK baru yang masih valid dan tidak rusak.

3. Memori Penuh

Ketika kamu masih mengalami masalah walaupun sudah mengubah pengaturan dan sudah memastikan file XAPK yang kamu download tidak rusak, hal yang kemungkinan besar terjadi adalah memori ponselmu tidak cukup untuk melanjutkan pengunduhan atau Insufficient Space.

Insufficient space atau memori penuh merupakan kondisi yang paling sering dihadapi saat menjalani proses penginstalan. Namun ini bisa teratasi dengan mudah jika kamu membersihkan sampah atau cache yang ada di ponselmu.

Selain menghapus sampah atau cache ponselmu, kamu juga dapat menghapus beberapa aplikasi yang mungkin jarang kamu pakai atau gunakan agar proses penginstalan bisa kembali dilanjutkan.

Perlu diingat bahwa masih ada kemungkinan-kemungkinan masalah lain yang tidak tercantum diatas. Jika hal tersebut terjadi maka yang perlu kamu lakukan adalah mencari solusinya melalui google atau YouTube. Selamat mencoba ya gengs!

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *