Android/iOS

Ada Banyak Opsi, Begini Cara Hapus Akun Tantan 

Setelah tidak lagi menggunakannya, user Tantan biasanya akan menghapus akun untuk berbagai alasan seperti menghindari penyalahgunaan dan lain-lain. Untuk cara hapus akun Tantan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Penjelasan lebih lengkap akan dibahas pada kali ini.

Apakah Akun Tantan Bisa Dihapus?

Beberapa pengguna mungkin cukup khawatir apabila akun tidak bisa dihapus. Pasalnya, untuk kasus tertentu penghapusan akun memang harus dilakukan, terutama guna menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti penyalahgunaan pihak tidak bertanggung jawab.

Kabar baiknya, akun Tantan bisa dihapus baik itu sementara maupun permanen. Penghapusan sementara biasanya dilakukan jika tidak ingin menggunakan platform tersebut sementara waktu tanpa menghapus teman yang dimiliki.

Cara Menghapus Akun di Aplikasi Tantan

Aplikasi tantan

Berikut ini adalah cara menghapus akun Tantan melalui aplikasi. Silahkan perhatikan langkah demi langkah dengan saksama agar tidak ada kesalahan yang terjadi.

  • Buka aplikasi Tantan
  • Pastikan sudah login ke akun yang dimiliki
  • Buka menu Profil di kanan atas
  • Akan muncul halaman profil
  • Klik menu Setting atau Pengaturan
  • Scroll layar ke bawah
  • Pilih menu Account and Security
  • Klik menu Delete Your Account
  • Akan muncul kolom alasan penghapusan akun
  • Pilih sesuai alasan yang dikehendaki
  • Apabila tidak ada yang sesuai, klik opsi Other
  • Isi formulir dengan jelas dan detail
  • Klik tombol Yes untuk konfirmasi penghapusan akun
  • Tunggu sampai pihak Tantan menghapus akun

Setelah melakukan langkah di atas, maka penghapusan akun akan selesai. Sebagai catatan, penghapusan tersebut bersifat permanen. Artinya, pengguna akan kehilangan seluruh data yang tersimpan di akun tersebut dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Oleh karena itu, sebelum menghapus dengan cara tersebut, silakan pertimbangkan matang-matang terlebih dahulu agar tidak menyesal nantinya. Ketika akun terhapus, maka pengguna lain tidak akan bisa menemukan akun tersebut, baik lewat fitur swipe maupun discovery.

Meski begitu, proses menghapus permanen tidak berlangsung secara instan. Pihak Tantan setidaknya membutuhkan waktu sekitar 15 hari kerja untuk membuat akun benar-benar terhapus. Setelah kurun waktu tersebut, maka akun akan hilang sepenuhnya.

Cara Menghapus Akun Lewat Email

Cara Menghapus Akun Lewat Email

Selain melalui aplikasi, pengguna juga bisa menghapus akun dengan menggunakan email. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah demi langkah yang harus dilakukan.

  • Membuka Email

Langkah pertama adalah silakan login ke email terlebih dahulu. Pastikan gunakan email yang dipakai untuk mendaftar akun Tantan. Jika tidak, maka proses bisa terhambat dan mungkin pengajuan penghapusan akun tidak akan diterima.

  • Mengatur Alamat Pengiriman

Setelah itu, buka menu penulisan email baru dan isikan tujuan ke alamat support@tantan.com. Kemudian, di bagian subjek isikan dengan REQUEST TO DELETE MY ACCOUNT. Subjek ini bertujuan agar memudahkan pihak Tantan dalam memfilter pesan yang masuk.

  • Menuliskan Surat Permohonan

Di bagian badan email, tuliskan secara jelas dan detail permintaan untuk menghapus akun. Selain itu, sampaikan juga alasan kenapa akun harus dihapus, seperti faktor keamanan, penyalahgunaan, tindak kejahatan, dan lain-lain.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyebutkan beberapa informasi akun tersebut seperti email terdaftar, username, dan nomor handphone. Seperti halnya metode sebelumnya, permohonan lewat email juga membutuhkan waktu cukup lama hingga permintaan benar-benar diproses.

Cara Menghapus Akun Sementara

Penghapusan akun sementara bisa dilakukan apabila sewaktu-waktu ingin menggunakan platform ini kembali. Jadi, data-data yang terdapat di akun Tantan seperti histori chat atau pertemanan tidak akan dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya.

    • Buka aplikasi Tantan
    • Login ke akun yang dimiliki
    • Pilih menu Me
    • Klik menu Settings
    • Klik tombol Sign Out
    • Keluar dari aplikasi Tantan
  • Uninstall aplikasi tersebut

Tujuan melakukan uninstall di sini adalah guna menghindari masuk kembali ke aplikasi. Apabila ingin menggunakannya lagi, maka pengguna cukup mengunduh kembali aplikasi tersebut dan login ke akun yang ada. Sementara itu, seluruh data masih tersimpan di akun tersebut.

Akan tetapi, berbeda dengan sebelumnya, cara ini tidak akan menghapus akun dari peredaran. Artinya, pengguna lain mungkin masih bisa menemukan akun tersebut lewat swipe atau discovery. Dari ketiga cara di atas, silakan pertimbangkan metode mana yang akan dipilih sesuai kebutuhan.

Apakah Akun Dihapus Bisa Dikembalikan?

Terkadang setelah melakukan penghapusan akun timbul rasa penyesalan dan ingin kembali menggunakannya aplikasi Tantan. Terkait dengan masalah ini, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diketahui terutama tentang kebijakan dari pihak Tantan.

  • Login Sebelum 15 Hari

Di bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa proses penghapusan akun memakan waktu sekitar 15 hari kerja dan tidak melakukan login. Jadi, selama waktu tersebut sebenarnya pengguna masih memiliki kesempatan untuk membatalkan penghapusan akun.

Silakan login ke akun tersebut menggunakan username dan kata sandi sebelumnya. Ketika login dilakukan, maka penghapusan akan dibatalkan dan bisa digunakan seperti biasanya. Untuk selanjutnya, pengguna bisa memutuskan apakah ingin tetap menggunakan atau menghapusnya kembali.

  • Membatalkan Lewat Email

Selanjutnya, pembatalan melalui email dapat dilakukan apabila penghapusan menggunakan metode pengiriman email. Pengguna bisa mengirimkan balasan atau reply pesan yang telah dikirimkan sebelumnya terkait penghapusan akun.

Ketika pihak Tantan menerima pesan tersebut, maka proses penghapusan akun akan dibatalkan. Akan tetapi, sekali lagi hal ini hanya bisa dilakukan setidaknya sebelum 14 hari setelah pengajuan dilakukan. Selain itu, proses ini juga harus sering dipantau karena pihak Tantan bisa melakukan perubahan tiba-tiba.

Jadi, dari penjelasan kali ini bisa disimpulkan bahwa pengguna bisa menggunakan beberapa cara hapus akun Tantan, baik itu lewat aplikasi maupun email. Namun, karena penghapusan bersifat permanen, sebaiknya pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukannya.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button