6 Aplikasi Tukar Tambah HP Terbaru

Apakah Anda merasa bosan dengan smartphone yang dimiliki saat ini dan ingin memiliki handphone yang lebih baik? Jika iya, maka tukar tambah adalah solusi yang tepat.

Keunggulan tukar tambah adalah lebih simpel karena Anda hanya perlu menambah sejumlah uang untuk menukarkan ke handphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi tanpa harus repot menjual terlebih dahulu.

Prosesnya pun kini mudah karena sudah ada banyak aplikasi tukar tambah HP yang bisa digunakan.

Namun tukar tambah tidak boleh sembarangan, karena nilai smartphone Anda sebelumnya bisa di bawah pasaran jika terdapat beberapa kekurangan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan tukar tambah, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Sebelum Tukar Tambah Handphone

1. Membersihkan layar dan body

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kondisi fisik benar-benar masih bagus. Ini akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual handphone Anda.

Apabila ada bagian yang kotor atau rusak, hal itu akan membuat nilai handphone Anda anjlok dan membuat Anda harus menambah uang ekstra untuk tukar tambah.

Untuk berjaga-jaga apabila suatu saat Anda ingin melakukan tukar tambah, gunakan soft case untuk melindungi handphone dari kotoran dan baret.

aplikasi tukar tambah handphone

2. Menghapus data

Selanjutnya jangan lupa untuk menghapus seluruh data di handphone Anda sebelum melakukan tukar tambah, agar tidak ada kasus penyalahgunaan data.

Backup seluruh data ke PC atau laptop kemudian lakukan factory reset agar semuanya kembali seperti baru tanpa ada sisa-sisa data. Jangan lupa juga untuk mengambil kartu SIM dan microSD.

3. Menyiapkan kelengkapan

Handphone dengan status batangan dan fullset memiliki rentang harga yang cukup jauh. Kebanyakan orang ragu membeli handphone batangan karena ada kemungkinan bahwa barang tersebut adalah hasil curian.

Untuk itu sebelum melakukan tukar tambah, pastikan semua kelengkapan handphone tersedia seperti box HP, kartu garansi, buku manual, charger, dan headset.

Apabila kelengkapan tersebut sudah telanjur hilang atau rusak, Anda masih bisa sedikit mengakalinya. Cobalah untuk mencari kelengkapan ori yang hilang tersebut.

Saat ini tidak sedikit yang hanya menjual box atau buku manual khusus untuk handphone tertentu. Manfaatkan ini untuk sedikit menambah nilai jual handphone Anda.

Aplikasi untuk Tukar Tambah Handphone

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan proses tukar tambah HP dengan mudah dan praktis.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi aplikasi tukar tambah HP yang bisa Anda coba sebagai berikut:

1. Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi marketplace yang satu ini? Selain merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia juga bisa digunakan untuk melakukan tukar tambah handphone dengan mudah.

Prosesnya cukup simpel karena Anda hanya perlu mencari barang yang mempunyai label “bisa tukar tambah”. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti proses berikutnya seperti pengecekan barang dan verifikasi identitas.

Karena jumlah pengguna Tokopedia di Indonesia sudah sangat besar, Anda bisa memiliki banyak pilihan produk sesuai dengan keinginan.

Menariknya, tidak hanya memiliki fitur tukar tambah HP saja, Tokopedia juga menawarkan tukar tambah untuk produk-produk lainnya.

2. Laku6

Aplikasi untuk tukar tambah handphone berikutnya adalah Laku6. Apabila Anda sedang mencari handphone dengan harga miring, aplikasi ini wajib untuk dicoba.

Laku6 memfasilitasi proses tukar tambah handphone dengan cara yang simpel dan praktis. Sebelumnya, Anda perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi Laku6.

Setelah menginstal dan membuka aplikasi tersebut, Anda akan diminta mengisi formulir mengenai handphone yang ingin digunakan untuk tukar tambah.

Setelah itu Anda bisa memilih sejumlah handphone dari deretan yang sudah terdaftar di Laku6, termasuk dari beberapa brand besar seperti Apple dan Samsung.

Seluruh handphone yang dijual di Laku6 telah melalui pengecekan yang ketat dan komprehensif. Jadi Anda tidak perlu khawatir mendapatkan handphone dengan kondisi yang tidak baik.

Bahkan, Laku6 menawarkan garansi selama 90 hari. Sayangnya, karena fitur pengecekan yang komprehensif tersebut, fitur tukar tambah hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang berlokasi di Jakarta saja.

3. Tutamera

Walaupun sudah banyak fasilitas yang menawarkan kemudahan untuk melakukan tukar tambah handphone secara online, nyatanya masih ada juga yang memilih untuk melakukannya secara offline di lokasi fisik seperti Erafone.

Namun kini Erafone secara resmi sudah memiliki aplikasi untuk melakukan tukar tambah secara online, yakni Tutamera yang merupakan kependekan dari Tukar tambah Erafone.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menentukan harga jual yang paling pantas untuk handphone yang hendak ditukar tambah.

Kemudahan ini akan membantu Anda dalam memperkirakan berapa banyak uang tambahan yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan handphone tertentu.

Namun untuk melakukan tukar tambah harus berada di lokasi Erafone terdekat.

blibli

4. BliBli

Tidak ingin tertinggal dari kompetitornya, BliBli pun mulai menawarkan fitur untuk melakukan tukar tambah handphone. Bahkan, pengguna bisa melakukan tukar tambah dengan sistem COD atau Cash on Delivery.

Prosesnya mirip dengan Tokopedia, yakni mencari produk handphone yang memiliki label “tukar tambah” dan mengikuti instruksi pengecekan barang.

Setelah selesai mengenai proses administrasi, para pengguna hanya perlu menunggu kedatangan kurir BliBli yang akan melakukan verifikasi kondisi handphone Anda secara langsung.

Karena kemudahan inilah saat ini banyak yang tertarik untuk menggunakan BliBli dalam melakukan tukar tambah handphone. Anda pun bisa mulai mencoba untuk mendapatkan handphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

ss.com trade-in

5. SS.com Trade-In

Dari sekian banyak smartphone, tidak bisa dipungkiri bahwa Samsung cukup berada di atas angin. Hal tersebut tidak lepas dari kualitas yang diberikan pada setiap produknya.

Sayangnya, kualitas tersebut berbanding lurus dengan harga. Oleh karena itu, Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli smartphone keluaran Samsung.

Untuk sedikit meringankan beban budget tersebut, Samsung memiliki penawaran yang cukup menarik, yakni dengan menyediakan layanan khusus tukar tambah produk Samsung yang bernama SS.com Trade-In.

Dengan layanan ini Anda tidak perlu mengunjungi gerai Samsung, karena mereka akan mengirim kurir untuk mengambil handphone Anda jika tidak memiliki masalah.

6. Mii Trade-In

Aplikasi tukar tambah yang terakhir adalah Mii Trade-In. Jika aplikasi sebelumnya adalah khusus untuk produk Samsung, aplikasi ini adalah khusus untuk smartphone keluaran Xiaomi.

Seperti kita ketahui, angka penjualan Xiaomi terus meningkat karena mereka terus melakukan inovasi dalam hal spesifikasi smartphone.

Meski cenderung terjangkau, ada pula produk Xiaomi yang dibanderol dengan harga lumayan tinggi.

Untuk itu, Xiaomi memberikan layanan tukar tambah handphone online khusus untuk produk Xiaomi untuk sedikit meringankan beban budget tersebut dengan aplikasi Mii Trade-In.

Hampir mirip dengan aplikasi Tutamera, aplikasi Mii Trade-In hanya bisa digunakan untuk menentukan harga handphone Xiaomi Anda.

Untuk proses tukar tambah harus dilakukan di Mi Store terdekat. Jadi sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan di sekitar Anda terdapat Mi Store terlebih dahulu.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan tukar tambah secara online. Anda bisa mencobanya satu per satu untuk menemukan aplikasi mana yang paling cocok untuk Anda karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *