Android/iOS

Belum Tahu Apa Itu Aplikasi Tantan? Ini Penjelasannya

Tantan merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer beberapa tahun belakangan. Bagaimana tidak, para pengguna bisa berkenalan dengan banyak orang secara online. Lalu, sebenarnya apa itu aplikasi Tantan dan bagaimana cara penggunaannya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Aplikasi Tantan

Aplikasi Tantan adalah platform yang memfasilitasi penggunanya untuk kencan online. Pengguna hanya perlu menggeser gambar profil ke kiri atau kanan untuk mencari pasang di aplikasi yang berasal dari Tiongkok ini. 

Apabila kedua pengguna saling menyukai, maka nantinya mereka dapat memulai obrolan serta saling mengenal satu sama lain. Profil yang akan ditampilkan antara lain foto, username, pekerjaan, usia, pendidikan, serta deskripsi diri secara singkat.

Ada algoritma khusus yang digunakan di platform ini. Sebagai contoh, pengguna bisa mencari teman kencan yang memenuhi beberapa faktor seperti minat, preferensi, dan juga lokasi. Dengan begitu, daftar orang tidak bersifat terlalu acak.

Fitur-Fitur Aplikasi Tantan

Fitur-Fitur Aplikasi Tantan

Bagi pengguna baru, akan lebih baik apabila mempelajari terlebih dahulu apa saja fitur yang dimiliki oleh aplikasi Tantan. Dengan begitu, penggunaannya akan jauh lebih maksimal. Berikut ini adalah daftar fitur yang bisa dinikmati.

  • Fitur Swipe

Swipe merupakan fitur utama di platform ini. Pasalnya, cara utama penggunaannya adalah dengan melakukan swipe layar hingga menemukan orang yang benar-benar tepat. Apabila tidak tertarik pengguna bisa swipe ke arah kiri, sedangkan swipe kanan untuk melanjutkan ke percakapan.

  • Fitur Discover

Bisa dikatakan bahwa fitur swipe hanya akan memberikan daftar orang-orang secara acak tergantung kinerja algoritma. Selain dengan cara tersebut, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur discover untuk menemukan profil pengguna lain yang belum pernah dilihat dari swipe.

  • Fitur Moments

Fitur moments memiliki cara kerja hampir sama dengan status WhatsApp atau story Instagram. Lewat fitur ini, pengguna bisa membagikan cerita singkat berupa foto terkait kehidupan mereka. Dengan begitu, masing-masing dapat saling mengenal lebih jauh.

  • Fitur Match

Ketika dua pengguna yang bertemu saling menyukai satu sama lain, maka keduanya bisa segera memulai obrolan lebih lanjut. Dari sinilah biasanya para pengguna berhasil mendapatkan teman kencan yang terbaik dan merasa cocok.

Cara Menggunakan Aplikasi Tantan

Cara Menggunakan Aplikasi Tantan

Untuk menggunakan aplikasi Tantan sebenarnya tidak terlalu sulit. Silakan perhatikan beberapa langkah berikut ini, mulai dari mengunduh aplikasi hingga mulai mengobrol dengan pengguna lain.

  • Buka Play Store atau App Store
  • Cari aplikasi Tantan lewat kolom pencarian
  • Download dan instal aplikasi tersebut
  • Buka aplikasi Tantan
  • Lakukan registrasi akun dengan mengikuti instruksi yang diberikan
  • Buat profil pengguna seperti nama, usia, foto profil, dan lain-lain
  • Tentukan preferensi pencarian seperti jenis kelamin, usia, dan lokasi
  • Swiping untuk menemukan orang yang tepat
  • Swipe kiri atau kanan untuk mencari orang lainnya
  • Mulai mengobrol apabila saling menyukai

Secara garis besar, cara main Tantan adalah seperti di atas. Biasanya jika kedua pengguna saling menyukai dan ingin melanjutkan percakapan, mereka akan beralih ke platform lain atau bahkan tidak jarang juga yang mengajak untuk bertemu langsung.

Cara Chat di Tantan

Setelah merasa cocok satu sama lain, pengguna bisa mulai chatting lewat platform tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memulai percakapan.

  • Buka aplikasi Tantan
  • Pastikan sudah menemukan pasangan yang tepat
  • Tap tombol Menu Chat di kanan atas
  • Klik tombol Obrolan
  • Pilih teman yang akan diajak chatting
  • Pesan bisa berupa teks, audio, video, dan emoji

Tips Mencari Pasangan di Aplikasi Tantan

Tips Mencari Pasangan di Aplikasi Tantan

Seperti penjelasan di bagian sebelumnya, tujuan utama platform ini adalah membantu penggunanya untuk mendapatkan teman kencan. Akan tetapi, agar lebih mudah dalam mendapatkan pasangan terbaik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yakni sebagai berikut.

  • Membuat Profil Menarik

Di aplikasi Tantan cari jodoh, pengaturan profil benar-benar harus diperhatikan. Pasalnya, sesama pengguna biasanya hanya akan melihat sekilas dari akun tersebut sebelum nantinya memutuskan untuk lanjut mengobrol atau tidak.

Dengan profil yang menarik, maka kemungkinan untuk mendapatkan pasangan akan jauh lebih mudah. Cobalah untuk membuat deskripsi diri yang singkat namun bisa menggambarkan kepribadian secara total. Cara seperti ini akan membuat orang lain lebih mudah tertarik.

  • Selalu Terbuka

Seiring banyaknya pengguna aplikasi Tantan, maka akan ada banyak pilihan yang muncul ketika di fase swipe. Untuk mendapatkan hasil lebih baik, jangan terlalu membatasi kriteria seperti hobi atau minat serupa. Hal tersebut akan menyulitkan dalam menemukan pasangan.

Di fase awal, akan lebih baik untuk selalu terbuka dengan karakter target pasangan. Dengan begitu, saat menggunakan platform ini pengguna tidak perlu membuang waktu terlalu lama guna mendapatkan pasangan sesuai keinginan.

  • Memanfaatkan Fitur Discover

Tantan menyediakan fitur discover yang berfungsi memudahkan pengguna menemukan pasangan di area tertentu. Bisa jadi orang tersebut belum pernah muncul saat di fase swipe. Jadi, silakan manfaatkan fitur tersebut sebaik mungkin guna mendapatkan jangkauan lebih luas.

  • Selalu Bersikap Sopan

Ketika berinteraksi dengan pengguna lain, usahakan untuk selalu menjaga sikap sopan santun dan saling menghormati. Hindari menggunakan bahasa atau komentar kasar dan tidak pantas. Meskipun Tantan merupakan platform online, namun tetap saja ada manusia di belakangnya.

Terlalu sering mengucapkan kata-kata kasar tentu akan merusak kesan dari pengguna lain. Bahkan, bukan tidak mungkin jika hal tersebut terus terjadi, pengguna yang merasa terganggu akan mengirim laporan ke pihak Tantan sehingga akun diblokir sementara atau permanen.

  • Menjadi Diri Sendiri

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pengguna Tantan adalah berusaha menjadi orang sempurna. Padahal, sikap seperti itu justru akan berdampak buruk terhadap diri sendiri. Selain kehilangan identitas, memalsukan karakter juga berpotensi meninggalkan kesan tidak baik pada pasangan.

Setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk tetap berusaha menjadi diri sendiri bagaimanapun kondisinya. Kejujuran seperti ini dapat membuat pasangan lebih nyaman dan kemungkinan akan menerima apa adanya.

Cara Aman Menggunakan Aplikasi Tantan

Cara Aman Menggunakan Aplikasi Tantan

Tidak bisa dipungkiri bahwa platform seperti ini cukup rawan terjadi hal-hal kurang menyenangkan seperti pemalsuan identitas, perundungan, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut agar lebih aman.

Pertama, pastikan pengguna yang membuat tertarik merupakan orang nyata. Artinya, pengguna tersebut sedang tidak menyamar sebagai orang lain atau tokoh fiktif untuk kepentingan pribadi. Selanjutnya, jangan terlalu mudah percaya terkait informasi yang tercantum.

Ketiga, selalu waspada apabila hendak mengirimkan foto ketika sedang chatting dengan pengguna lain. Pasalnya, tidak sedikit kasus yang kejadian ketika pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan foto tersebut untuk tindak kejahatan.

Terakhir, jangan terlalu mudah memberikan informasi terkait privasi sebelum benar-benar mengenal orang tersebut. Di awal percakapan, sebaiknya gunakan topik-topik yang bersifat umum. Hindari menyebarkan nomor handphone, rekening, dan sebagainya karena sangat berisiko terhadap keamanan.

Jadi, itulah tadi penjelasan lengkap tentang apa itu aplikasi Tantan, cara penggunaan, hingga tips agar terhindar dari tindak kejahatan. Dapat disimpulkan bahwa platform ini cukup baik untuk mencari pasangan atau sekadar teman mengobrol online.

Oya bagi Sahabat Tedas.id yang saat ini sedang kesulitan ingin login ke aplikasi Tantan tanpa aplikasi maka tutorial selengkapnya bisa kamu baca di sini ya & semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah/

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button