10 Aplikasi Sidik Jari Android Terbaik dan Keuntungannya

Teknologi fingerprint atau sidik jari memang tidak bisa dipungkiri begitu membantu berbagai aktivitas manusia. Fitur ini dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti mesin absensi hingga penguncian pada ponsel.

Fingerprint menjadi fitur keamanan yang cukup canggih sehingga banyak ponsel android yang dilengkapi dengan pengaman ini. Tapi bukan hanya itu, ada juga aplikasi sidik jari khusus untuk mengunci setiap aplikasi penting yang kamu miliki.

Jadi bukan hanya pengunci bawaan dari smartphone saja, tapi menggunakan aplikasi bisa melipat gandakan keamanan dari setiap aplikasi yang kamu miliki. Misalnya saja aplikasi e-banking, gojek, dan masih banyak lagi.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Sidik Jari
Image: play.google.com

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Sidik Jari

Cara kerja dari pengaman sidik jari dengan memanfaatkan sensor scanning yang bisa digunakan untuk mengenali sidik jari seseorang. Tujuannya adalah untuk memverifikasi identitas dari pengguna.

Data seseorang terlebih dahulu akan direkam dalam bentuk sidik jari. Kemudian data yang sudah disimpan ini nantinya akan jadi acuan ketika orang tersebut akan menggunakan ponsel. Aplikasi akan mencocokan status dari pengguna yang tadi sudah disimpan.

Jika sesuai maka orang tersebut bisa langsung menggunakan aplikasi yang tersedia. Cara ini tergolong aman karena sidik jari setiap orang berbeda. Jadi yang bisa mengakses adalah pemilik ponsel tersebut saja. Adapun keuntungan yang didapatkan pengguna dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

1. Pengamanan berlapis

Ketika sebuah ponsel sudah dilengkapi dengan fitur sidik jari maka privasi untuk masuk ke ponsel lebih terjaga. Namun dengan aplikasi sidik jari, Anda akan memberikan perlindungan keamanan tambahan dari setiap aplikasi penting di dalamnya. Dengan kata lain terdapat pengamanan berlapis.

2. Tersedia password untuk berjaga-jaga

Bagaimana ketika sensor fingerprint pada ponsel rusak? Kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi fingerprint juga menyediakan password. Jadi ketika kamu tidak bisa mengakses ponsel dengan fingerprint, tinggal memasukan password yang telah dipasang.

3. Mematikan notifikasi dan alarm dengan mudah

Tak perlu memasukan password atau membuka ponsel dengan layar terkunci. Kamu bisa menekan fitur fingerprint untuk mematikan alarm atau notifikasi yang sering mengganggu. Praktisknya aplikasi fingerprint ini sangatmembantu dalam pengoperasian android.

4. Data lebih aman dan karena keamanan yang tinggi

Semua data yang disimpan dalam ponsel akan menjadi lebih aman dibandingkan hanya menggunakan password angka. kemungkinan untuk dihack pun sangat rendah. Sistem sudah terjaga dan akses juga lebih mudah.

Macam-Macam Aplikasi Sidik Jari untuk Hp Android

Apa saja aplikasi fingerprint yang tersedia? Apakah aplikasi ini berbayar? Semua tersedia gratis, yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih aplikasi di Google Play dan mengunduhnya. Tak ada biaya yang diterapkan jika ingin menggunakan aplikasi ini.

Beberapa jenis aplikasi sidik jari yang bisa jadi pilihan kamu agar tidak bingung mencari mana yang terbaik ada di sini.

1. Fingerprint Password

Sebuah aplikasi yang memiliki tampilan indah dengan dua jenis fitur lock tersedia. Yang pertama adalah penguncian menggunakan sidik jari dan kedua adalah penguncian menggunakan password.

Pada aplikasi ini tersedia berbagai jenis bahasa karena cukup terkenal bukan hanya di Indonesia. Jika kamu ingin mencari aplikasi yang bisa mengamankan ponsel dengan mudah,Fingerprint Password adalah pilihannya.

2. AppLock

Sudah diunduh oleh lebih dari 600 ribu orang dan bisa digunakan untuk mengunci berbagai jenis aplikasi menggunakan sidik jari serta password. Kamu hanya perlu mengunduh dan memilih aplikasi untuk bisa dikunci dengan aplikasi ini.

Kemudian masukan data sidik jari kamu dan tentukan password yang ingin digunakan. Pasanglah aplikasi ini untuk mengunci akun media sosial atau marketplace yang kamu miliki. Sehingga semua data aman dan uang yang tersimpan di dalam aplikasi pun tidak mudah dibobol.

aplikasi sidik jari android terbaik
Image: play.google.com

3. Fingerprint Gesture

Merupakan aplikasi bawaan dari Samsung, tapi kini kamu yang tidak memiliki hp Samsung tetap bisa menggunakannya. Aplikasi ini bisa digunakan pada hp Android 5.0 ke atas dan banyak sekali fitur yang bisa digunakan.

Ada banyak pilihan penggunaan fingerprint seperti satu tap dan dua tap sidik jari yang akan mengubah mode hp menjadi sleep atau membuka sebuah aplikasi. Kamu bisa mengunduhnya gratis sekarang juga.

4. Real Home Button Fingerprint

Apakah kamu belum punya hp dengan fitur sidik jari? Jangan khawatir kamu tetap bisa menggunakannya melalui aplikasi sidik jari ini. Asalkan hp kamu touchscreen, aplikasi ini akan membantu kamu memiliki fitur pengaman fingerprint.

Setelah mengunduh aplikasi ini dan menjalankannya, kamu bisa menggunakan fitu buka kunci pada layar handphone. Begitulah aplikasi diciptakan untuk menjadi solusi hp lama yang belum memiliki pengaman sidik jari.

5. ICE Unlock

Bisa dibilang aplikasi ini cukup unik karena perekaman sidik jari yang dilakukan cukup berbeda. Gratis untuk diunduh aplikasi ini memungkinkan kamu bisa mengunci beberapa aplikasi pending di android hanya dengan sidik jari saja. Tak ada password atau mengunci pola yang disediakan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu harus meletakkan jari terlebih dahulu pada kamera belakang. Kemudian tekan photo untuk mengambil gambar dan masukan ke dalam aplikasi. Data fingerprint akan tersimpan dan untuk selanjutnya kamu bisa menggunakan sidik jari tersebut untuk masuk ke android.

aplikasi sidik jari terbaik
Image: play.google.com

6. Fingerprint Lockscreen

Aplikasi sidik jari ini memanfaatkan layar untuk bisa membuka sebuah aplikasi yang dikunci. Jadi tidak menggunakan fitur sidik jari yang sudah disediakan oleh pabrikan ponsel. Untuk bisa menggunakannya kamu harus memasukan data sidik jari terlebih dahulu ke dalam aplikasi.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki tampilan wallpaper sidik jari yang sangat menarik. Kamu bisa juga memasukan pin jika tak ingin menggunakan fitur sidik jari. Tersedia dalam 60 bahasa, aplikasi begitu banyak disukai di seluruh dunia.

7. Fingerprint Blood Pressure

Jika beberapa aplikasi sidik jari di atas fungsinya adalah untuk mengunci aplikasi agar aman, beda lagi dengan yang satu ini. Kamu bisa mengetahui tekanan darah hanya menggunakan sidik jari pada aplikasi ini.

Kamu bisa langsung mengetahui berapa tekanan darah dari aplikasi ini. Cukup unduh kemudian buka dan tempelkan sidik jari pada area yang telah disediakan. Ketuk sekali dan laporan data tekanan darah akan muncul.

8. Fingerprint Quick Action

Sesuai dengan nama aplikasinya, fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah sistem buka kunci hanya dengan tap atau swipe aja. Berbagai macam aplikasi penting bisa dikunci menggunakan sistem pengunci yang telah disediakan.

Tambahan fitur lainnya yang juga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan adalah Go Back dan Go Home serta Sleep. Pengoperasian android jadi lebih mudah ketika kamu menggunakannya. Manfaatkan fitur cepat yang tersedia di aplikasi ini.

9. Fingerprints Swipe

Jika mendengar nama aplikasi ini, kamu mungkin berpikiran bahwa cara menggunakannya adalah dengan swipe. Justri fitur buka kunci yang disediakan sangat beragam, mulai dari tap dan swipe, password hingga pola.

Fitur yang disediakan sangat simpel membuatnya banyak disukai. Aplikasi ini gratis dan cukup ringan untuk diunduh dan sudah banyak diunduh di Play Store.

10. Real Fingerprint

Aplikasi sidik jari yang bukan hanya memiliki kemampuan pengunci yang sangat aman. Tapi pada aplikasi ini kamu jadi bisa tahu apakah ada seseorang yang berusaha membuka aplikasi dan hp android milikmu. Kamu tinggal pilih mau menggunakan sistem pengunci password, fingerprint atau pola.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi fingerprint? Kini kamu tak perlu bingung lagi untuk memilih manakah aplikasi terbaik untuk digunakan. Jangan lupa untuk tetap mengamankan ponsel kamu dengan aplikasi ini karena semuanya gratis.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *