Pilihan Aplikasi Scanner Terbaik di Hp yang Mudah Digunakan

Kecanggihan teknologi saat ini sangat memudahkan setiap orang untuk mengakses dan melakukan apapun dengan begitu mudah. Salah satunya seperti adanya produk aplikasi scanner hp yang dapat diunduh dan banyak digunakan dengan mudah bagi sebagian banyak orang.

Manfaat dari aplikasi scanner android tersebut adalah dapat menyimpan berkas dokumen penting dalam bentuk digital. Jadi, jika sewaktu-waktu dokumen aslinya rusak atau hilang akan tetap aman. Berikut beberapa aplikasi scanner terbaik yang dapat dipasang di smartphone sebagai rekomendasi bagi Anda.

Adobe Scan

Adobe sebagai pencipta format PDF mengeluarkan aplikasi pemindai dokumen dalam bentuk file PDF yang berkualitas. Teknologi yang digunakan dalam scanning adalah teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang otomatis mendeteksi teks dan hasilnya dapat diseleksi, disalin, serta dianotasi.

Aplikasi scanner yang satu ini sangat menguntungkan karena fiturnya lengkap dan gratis. Selain itu, pemindai dokumen ini bisa memindai dalam jumlah yang tidak terbatas. Hasil scannya sendiri bisa diakses lewat perangkat apa saja, karena terintegrasi dengan platform Adobe Document Cloud.

Ini benar-benar merupakan aplikasi gratis dengan kinerja yang bagus karena sudah dibantu artificial intelligence (AI) Adobe Sensei. Program tersebut akan memungkinkan proses boundary detection, perspective correction, auto crop, dan fitur auto clean.

aplikasi scan

Office Lens

Office Lens adalah aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk memindai dokumen melalui android. Selain itu, di aplikasi ini Anda juga ditawari fitur lain untuk sketsa, kartu nama, kwitansi, papan tulis, dan pilihan lainnya, sehingga Anda bisa melakukan scanning pada beberapa dokumen penting tersebut.

Gambar yang dipindai bisa disimpan dalam bentuk PDF, word, bahkan powerpoint. File PDF hasil Office Lens akan mendeteksi dokumen dari proses mengekstrak informasi teks dari gambar yang diambil. Setelah itu, file bisa disimpan dengan aman di ponsel Anda. 

Hasil scan dapat di export ke dalam aplikasi Microsoft lain seperti one drive, one note, dan sejenisnya. Keunggulan aplikasi ini yakni dapat memindai dokumen berbahasa Inggris, Spanyol, Jerman, dan China.

Easy Scanner

Selanjutnya ada aplikasi Easy Scanner yang telah banyak digunakan pengguna android. Easy Scanner menjadi salah satu aplikasi scanner terbaik yang ada. Penggunaannya cukup dengan memfoto objek saja. Fitur dalam Easy Scanner juga sangat mudah digunakan dan tidak ada watermark atau gratis. 

Aplikasi ini dapat memindai dokumen ke dalam bentuk jpg dan pdf dengan hasil cukup baik. Namun kekurangannya adalah aplikasi ini sering hang jika terlalu banyak dokumen yang di scan.

aplikasi scan android

Simple Scan

Sesuai namanya, aplikasi Simple Scan ini sangat sederhana dalam penggunaannya. Meski visualnya cukup sederhana, namun fitur yang disediakan banyak. Simple scan hanya mampu menyimpan file dokumen dalam format JPG dan PDF.

Di dalamnya sendiri terdapat fitur pemilihan mode pemrosesan gambar. Aplikasi scanner android ini menyediakan versi gratis yang memiliki fitur sudah cukup lengkap dan versi pro seharga Rp 73.000.

Ukuran file yang dapat Anda scan melalui aplikasi ini antara lain adalah A4, Legal, dan Letter. Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi Simple Scan, Anda dapat menggabungkan banyak file PDF menjadi satu secara lebih mudah.

Scan Pro App

Aplikasi ini bisa dibilang sebagai perangkat scan yang berfitur komplit. Hasil pemindaiannya sendiri dalam format JPG dan PDF. Disini, Anda bisa secara langsung mengedit tulisan pada file hasil pemindaian. Scan Pro App juga dilengkapi fitur QR Codes dan Fax.

scanner

CamScanner

Aplikasi scanner hp satu ini adalah yang paling populer digunakan oleh pengguna smartphone. Gambar yang dihasilkan aplikasi ini tajam dan jelas. Selain itu, format penyimpanannya juga variatif, yakni dalam bentuk PDF, JPEG, dan JPG. 

Untuk menggunakannya, Anda perlu mendownload software aplikasinya terlebih dahulu lewat playstore di gadget dan menginstalnya sehingga langsung dapat digunakan. CamScanner juga menyediakan fitur jenis template kartu nama, kartu ucapan, serta QR Barcode.

Camera Scanner

Ini adalah salah satu rekomendasi terbaik yang juga bisa Anda jadikan andalan. Dengan aplikasi Camera Scanner Anda bisa langsung mengedit dokumen setelah scan berhasil. Kelebihan lainnya yaitu terdapat fitur cropping untuk memotong hasil scan dengan menggunakan crop tool

Hasil foto dari scanner ini sendiri tergantung pada kualitas kamera handphone ketika mengambil foto. Jadi, pastikan kamera yang Anda gunakan disini menggunakan format High Quality (HD).

scan doc

TurboScan

Turboscan mengklaim dapat melakukan proses scanning dengan begitu cepat, sehingga tidak perlu loading terlalu lama. Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat mengedit hasil pemindaian. Hasil pemindaiannya sendiri bisa berupa format PDF dan gambar yakni JPEG atau PNG).

Disini juga terdapat fitur “Email to Myself” dimana fitur ini akan memudahkan penyimpanan hasil proses scan ke dalam email pengguna. Biasanya penyimpanannya sendiri langsung mengarah ke google drive atau dropbox. 

Tiny Scanner

Cara kerja aplikasi yang satu ini hanya dengan memotret objek saja. Tiny Scanner terdiri dari versi gratis dan versi pro. 

Tiny Scanner mampu melakukan pemindaian dokumen dan mengkonversikannya langsung dalam bentuk PDF. Bentuk lain dari hasil pindai dokumen dapat dikonversikan ke bentuk gambar.

Fitur dalam Tiny Scanner akan memanjakan pengguna dengan kelebihannya dalam mengubah hasil scan menjadi berbagai warna maupun mode hitam putih saja. Selain itu, ada fitur passcode untuk mengamankan akun dan dokumen Anda. 

Untuk versi lain dari aplikasi ini sendiri merupakan versi premium yang berbayar. Berbeda dengan versi gratis, jika menggunakan Tiny Scanner Pro ini, tidak akan banyak iklan yang muncul dan mengganggu aktivitas Anda. Yang lebih menarik lagi, Anda tidak akan dibatasi dalam penggunaannya. 

aplikasi scanner

ScanBot

Aplikasi scanner hp ini dapat dipasang pada gadget android dan iOS. ScanBot mampu mengoptimalkan warna objek dokumen yang di scan, lalu langsung mengeditnya di dalam aplikasi tersebut. 

Jika harus menandatangani suatu dokumen dan Anda tidak membawa alat tulis, maka fitur aplikasi ini sangat berguna. Di samping itu, ScanBot memiliki kelebihan lain, yaitu dapat langsung menyimpan file hasil pemindaian objek dokumen ke dalam google drive, dropbox, iCloud, serta penyimpanan lainnya.

Text Fairy

Bagi Anda yang merupakan pekerja atau mahasiswa yang ingin mudah dalam membaca materi atau bahan ajar, aplikasi Text Fairy ini dapat menjadi rekomendasi.

Sedikit berbeda dengan yang lain, Text Fairy merupakan aplikasi scanner yang difungsikan untuk memindai objek dokumen atau gambar dalam format tertulis. Penggunaannya hanya bisa dilakukan pada gadget android saja.

Aplikasi ini dapat mendeteksi lebih dari 50 bahasa teks, yang kemudian melalui proses scan dan berubah menjadi teks. Selanjutnya, hasilnya akan disimpan dalam format PDF.

scanning

Photo Scan

Aplikasi scanner android lainnya adalah aplikasi keluaran Google Photos yaitu Photo Scan. Aplikasi yang dirancang Google LLC ini memiliki ukuran sekitar 28 MB. Aplikasi ini lebih digunakan secara spesifik pada objek gambar. 

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan aplikasi scan lainnya, yaitu untuk mengambil gambar atau dokumen dan mengubahnya menjadi file. 

Clear Scanner

Aplikasi Clear Scanner adalah aplikasi rancangan Indy Mobile App yang berukuran 18 MB dan telah di download lebih dari 1 juta pengguna. Untuk menggunakannya, Anda hanya tinggal mengunduhnya di Google Play. 

Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan scanner lainnya yaitu untuk melakukan scan atau memindai gambar maupun dokumen, lalu diubah ke file JPG atau PDF.

Tentunya, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur. Fitur di dalamnya diantaranya adalah dapat mengatur ukuran file pemindaian berupa PDF tersebut menjadi ukuran A4, legal, letter, dan sebagainya. 

phone scanner

Fast Scanner

Aplikasi scan selanjutnya adalah Fast Scanner: Free PDF Scan. Ini adalah aplikasi rancangan dari Cool Mobile Solution yang berukuran 14 MB dan telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna android.

Kelebihan dari fitur fast scanner yang pertama adalah semua jenis dokumen bisa dipindai dan bisa diekspor ke bentuk file PDF. Selain itu, kelebihan lainnya adalah Anda bisa langsung mengeditnya secara langsung disana, dan dapat mencetaknya lagi apabila diperlukan.

Genius Scan

Aplikasi scanner android ini juga tidak kalah populer karena fiturnya yang bermacam-macam. Fitur pendukung utama aplikasi ini yaitu pemindaian objek, konversi, dan pembagian. Hasil pemindaiannya sendiri berupa format PDF.

Tahap dalam pemindaian dokumen dengan Genius Scan antara lain melalui teknologi Smart Page Detection, Perspective Correction, dan Image Post Processing. Fungsi Smart Page Detection adalah mampu mendeteksi langsung objek yang akan di scan. 

Perspective Correction berguna untuk mengatur sudut pandang serta kemiringan gambar yang akan diambil. Kemudian, Image Post Processing berguna untuk memproses hasil pemindaian ke format yang diinginkan.

Setelah melakukan scan dokumen, hasilnya dapat diubah warnanya sesuai keinginan. Fitur cropping di dalamnya juga dapat digunakan untuk memotong gambar sesuai perspektif yang diinginkan.

print scan doc

Evernote

Evernote merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk membuat atau mencatat jenis tulisan apapun dan menyimpannya dengan aman di smartphone

Menariknya,  di dalam aplikasi ini terdapat fitur scan yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk memindai dokumen dari bentuk hard copy secara cepat dan mudah.

Hasil pemindaian dokumen disini cukup berkualitas. Hal ini karena kinerjanya dibantu fitur scan dari Evernote yang mampu merubah dan mengoptimalkan warna objek dokumen.

Dokumen berbentuk hard copy yang telah dipindai dengan aplikasi dapat disimpan dalam format JPG dan PDF Pilihan lokasi penyimpanannya sendiri bisa dipilih sesuai keinginan Anda.

Noteblock PDF Scanner

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi untuk memindai dokumen yang cukup efektif. Selain bisa melakukan scan pada dokumen, aplikasi ini juga mampu memindai objek gambar, catatan, bahkan sketsa. 

Hasil pemindaiannya dapat disimpan dalam bentuk file format JPEG, PDF, maupun disimpan pada penyimpanan perangkat.  Disini juga terdapat fitur crop yang berfungsi untuk memotong gambar dengan perspektif dan ketepatan yang solid. 

Selain itu, ada juga fitur aplikasi yang bisa menghapus bayangan pada hasil scan yang membuatnya menjadi tidak jelas. Aplikasi ini juga dapat mengatur kemiringan objek, hingga mengatur kecerahan hasil dokumen yang discan.

Beberapa daftar diatas adalah aplikasi scanner terbaik dengan spesifikasi, kelebihan, dan fungsinya masing-masing. Dibuatnya software aplikasi scanner ini tentu akan memudahkan Anda memindai dokumen secara cepat lewat gadget. Jadi, selamat mencobanya.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *