aplikasi raport digital
Android/iOS

5 Aplikasi Raport Digital Terbaik dan Kelebihannya

Aplikasi Raport Digital – Mendapatkan nilai pada akhir semester adalah hak setiap siswa, di mana nilai tersebut dapat dilihat dalam bentuk buku. Sayangnya di masa pandemi Covid 19 ini sekolah masih memberlakukan sistem online.

Lalu bagaimana dengan buku rapor yang bisa dibagikan usai ujian akhir semester? Penggantinya adalah aplikasi raport digital yang kini banyak digunakan oleh beberapa jenis pendidikan di Indonesia.

Adanya aplikasi ini sangat membantu mengurangi kontak fisik, sehingga orang tua dan siswa tidak perlu mengambil buku raport di sekolah. Cukup menggunakan aplikasi raport sesuai yang digunakan masing-masing sekolah saja.

Rekomendasi Aplikasi Raport Digital Terbaik

Tidak sembarangan aplikasi bisa diunduh, Anda para orang tua atau siswa harus tahu aplikasi apa yang digunakan di sekolah. Dengan begitu Anda bisa langsung tahu berapa nilai akhir semester hanya dengan mengunduh dan login melalui aplikasi tersebut. s

Berikut ini beberapa aplikasi raport digital terbaik (ARD) yang banyak digunakan di berbagai sekolahan dan kelebihannya, diantaranya:

1. Aplikasi Raport Digital dari KEMENAG

Buah hasil upaya dari Kementerian Agama dalam menciptakan sebuah aplikasi yang bisa diakses oleh semua pihak yang berkepentingan dalam pendidikan Madrasah. Bentuk dari aplikasi ini adalah situs Sirkuma yang bisa diakses asalkan tersambung dengan internet.

Jika ingin mengakses situs ini secara offline harus diakses di sekolahan dengan server pusat dari Kemenag. Sedangkan untuk akses secara online bisa dilakukan di mana saja dengan mengunjungi situs tersebut.

aplikasi raport digital terbaik

2. Aplikasi Raport Digital Madrasah Ibtidaiyah

Pendidikan yang setara dengan SD yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini berada di bawah Kemenag dan mengeluarkan aplikasi khusus ARD MI. Kelebihan aplikasi ini juga bisa diakses secara offline.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini para siswa harus mengunduhnya terlebih dahulu sesuai dengan tingkatan kelas. Kemudian harus mendaftarkan diri dengan menggunakan username serta password.

Setelah masuk ke dalam situsnya maka akan langsung terlihat panduan mudah untuk melihat nilai raport pribadi siswa. Bagi siswa pada tingkatan ini sebaiknya dibantu oleh orang tua untuk mengaksesnya agar lebih mudah.

3. Aplikasi Raport Digital Raudhatul Athfal

Sebuah aplikasi yang diciptakan untuk anak PAUD yang sudah ada sejak tahun 2019 lalu yang menggunakan sistem XAMPP. Disingkat juga sebagai ADIRA, kelebihan aplikasi ini mudah diakses dalam os apa saja.

Tak haya online, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline. Ada dua cara untuk mengakses aplikasi raport digital ini pertama adalah menghubungkan langsung ke situs Kemenag. Dengan begitu Anda bisa mengaksesnya secara offline.

Namun jika ingin mengaksesnya secara online maka bisa seperti biasa tinggal masuk melalui aplikasi yang sudah diunduh.

4. Aplikasi Raport Digital Madrasah Aliyah

Untuk tingkatan yang setara dengan SMA atau Madrasah Aliyah, Kemenag menciptakan aplikas ini. Untuk menggunakannya pun perlu masuk ke validasi terlebih dahulu atau link ARD. Tentu saja fitur yang dihadirkan berbeda untuk tingkatan MI atau RA di atas.

Kelebihan aplikasi raport digital ini tak hanya digunakan untuk menginformasikan mengenai nilai rapor saja namun juga nilai harian siswa. Bahkan untuk menginformasikan nilai yang ada di luar mata pelajaran formal.

Proses validasinya akan dikirim melalui email saat registrasi dan memasukan username serta password. Maka siswa akan masuk langsung ke akun mereka dan melihat daftar nilai di berbagai bidang.

5. Aplikasi Raport Digital Madrasah Tsanawiyah

Aplikasi yang digunakan untuk pendidikan setingkat SMP atau MTs. Aplikasi ini sama seperti ARD lainnya dan bisa diakses secara online dengan mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Bisa juga diakses secara offline melalui situs utama Kemenag.

Fitur yang diberikan hampir sama dengan MA dan disesuaikan dengan mata pelajaran pokok serta di luar mata pelajaran tersebut. Kelebihan aplikasi ini tak hanya nilai akhir semester saja tetapi juga banyak penilaian lain di dalamnya.

rekomendasi aplikasi raport digital

Karena saat ini semua basicnya adalah online, maka peran serta orang tua sangat besar. Anda perlu tahu aplikasi-aplikasi semacam ini untuk tahu perkembangan pendidikan anak. Baik dari usia PAUD sampai SMA, nilai akan terus disampaikan melalui aplikasi dan tanpa buku.

Mengetahui cara mengoperasikan aplikasi ini menjadi penting dan Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Selalu cek nilai siswa melalui aplikasi ini.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.