Platform dan Aplikasi Presentasi Terbaik Yang Harus Anda Coba

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Untuk kita yang berstatus sebagai pelajar atau seorang pekerja, kita kadang memiliki tugas atau pekerjaan yang memiliki hubungan dengan presentasi.

Untuk pelajar mungkin membutuhkan aplikasi presentasi untuk mempresentasikan tugas yang sudah dibuat.

Sementara itu, untuk pekerja tentu saja juga membutuhkan aplikasi presentasi untuk mempresentasikan project atau hasil pekerjaan kepada atasan.

Memberikan bahan presentasi adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk penyaji presentasi. Karena dengan menggunakan bahan presentasi, kita jadi bisa memvisualisasikan topik atau pembahasan yang akan kita sampaikan kepada audiens yang hadir.

Untuk bisa menyajikan bahan presentasi kebanyakan orang mungkin menggunakan aplikasi dari Microsoft Office, yaitu PowerPoint yang memang terkenal sebagai salah satu perangkat lunak yang sangat diandalkan untuk membuat dan menyajikan presentasi yang menarik.

Platform dan Aplikasi Presentasi Terbaik Selain PowerPoint

Di dalam bahan presentasi kita bisa memasukan berbagai jenis media yang bisa membantu membuat presentasi kita bisa menarik dan juga berjalan baik.

Kita bisa memasukkan gambar, musik, grafik, video dan juga animasi serta berbagai macam media lainnya yang bisa kita masukkan ke dalam slide bahan presentasi kita tersebut.

Namun selain isi dari presentasi, kita juga harus memperhatikan desain dan juga tampilan dari bahan presentasi yang kita buat agar bisa menarik dan juga para audiens bisa langsung terfokus pada kita.

Untuk itu diperlukan aplikasi presentasi yang mumpuni juga.

Berikut di bawah ini adalah informasi terkait aplikasi presentasi terbaik yang bisa kita gunakan selain PowerPoint.

1. Haiku Deck

Aplikasi presentasi pertama yang wajib anda coba adalah Haiku Deck. Di mana aplikasi ini bisa membantu kita untuk membuat media presentasi yang sangat menarik.

Hal ini karena kita bisa membuat atau mengubah slide presentasi yang sudah kita buat sebelumnya menjadi lebih menarik dan juga lebih powerful pastinya.

Dengan adanya bantuan dari aplikasi ini, tentu kita bisa menghemat waktu untuk menyajikan berbagai macam slide presentasi. Karena aplikasi ini sangat mudah untuk kita gunakan, jadi bisa lebih menghemat waktu kita dalam membuat isi atau bahan presentasi.

Yang keren pada aplikasi Haiku Deck ini adalah kita juga bisa memilih background gambar sesuai dengan apa yang kita ingin jadikan background. Kita juga bisa menyiapkan kalimat-kalimat atau kata yang menarik.

2. Canva

Untuk anda yang sudah lama bergelut di dunia desain tentu saja sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, karena Canva adalah salah satu aplikasi desain yang begitu populer.

Hal ini karena aplikasi Canva bisa kita gunakan untuk membuat poster, membuat flyer, bahkan kita juga bisa membuat slide presentasi yang begitu menarik.

Terlebih lagi dengan semua fitur yang tersedia, kita juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah. Untuk bisa membuat suatu slide presentasi, kita hanya perlu membuka Canva dan kemudian klik menu presentasi.

Pada tampilan presentasi ini kita bisa dengan bebas memilih template dari bahan presentasi yang telah disediakan oleh Canva. Terdapat juga berbagai jenis slide presentasi dengan desain menarik yang bisa kita gunakan secara gratis.

aplikasi presentasi selain powerpoint

3. Focusky

Untuk anda yang sedang mencari aplikasi presentasi di PC atau komputer, maka Focusky bisa menjadi solusi dari permasalahan anda tersebut. Focusky sendiri merupakan aplikasi presentasi yang bisa berjalan di sistem operasi komputer 32 atau 64 bit.

Jadi tenang saja, untuk anda yang memiliki komputer dengan sistem operasi 32 atau 64 bit, anda masih bisa menggunakan aplikasi presentasi Focusky ini.

Dengan aplikasi ini, kita bisa menyisipkan animasi, bagan, transisi dan juga gambar yang menarik. Kita juga bisa menambahkan rekaman narasi, menambahkan video dan sebagainya agar bisa membuat presentasi menjadi semakin menarik.

platform aplikasi presentasi

4. Academic Presenter

Selanjutnya ada aplikasi presentasi bernama Academic Presenter. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur menarik seperti bisa menginput semua jenis format file berupa audio dan juga video, kita juga bisa memasukkan file PDF di dalam slide presentasi yang kita buat.

Untuk anda yang ingin membuat desain interface yang menarik, anda bisa menggunakan aplikasi presentasi ini. Yang keren adalah kita juga bisa mengekspor bahan presentasi yang kita buat tersebut untuk diubah dan diekspor menjadi file PDF.

platform aplikasi presentasi terbaik

5. Slidedog

Slidedog adalah salah satu aplikasi presentasi terbaik yang bisa kita andalkan untuk membuat bahan presentasi dengan tampilan yang sangat menarik. Bahkan hasil dari bahan presentasi yang kita buat dengan aplikasi ini terkesan seperti hasil bahan presentasi buatan dari orang profesional.

Slidedog adalah aplikasi presentasi gratis yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Namun walaupun tergolong sebagai aplikasi gratis, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik di dalamnya.

Misalnya bisa menggabungkan beberapa file menjadi satu, bisa mendesain file presentasi yang sangat menarik dan sebagainya.

aplikasi presentasi LibreOffice

6. LibreOffice

Bisa dibilang LibreOffice adalah saingan berat dari Microsoft Office. Hal ini karena LibreOffice memiliki berbagai macam aplikasi standar untuk kebutuhan kantor sama seperti yang dimiliki oleh Microsoft Office.

Aplikasi LibreOffice ini juga bisa kita gunakan di berbagai platform loh. Kita juga bisa membuat file presentasi dari aplikasi LibreOffice ini. Untuk jenis aplikasi presentasi, aplikasi dari LibreOffice ini memiliki tampilan yang sama seperti Microsoft Power Point 2003.

Sehingga untuk anda yang terbiasa menggunakan Power Point, anda akan mudah beradaptasi dalam menggunakan aplikasi LibreOffice ini.

presentasi

7. Emaze

Aplikasi presentasi terbaik berikutnya adalah Emaze. Dimana Emaze sendiri tergolong sebagai salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat file presentasi yang paling mutakhir. Namun sayangnya, Emaze hanya tersedia untuk perangkat Windows, sementara untuk perangkat iOS aplikasi ini masih dalam proses pengembangan.

Emaze juga sudah dirancang khusus untuk pengguna yang ingin membuat file dan slide presentasi dengan mudah. Bahkan hanya memerlukan waktu beberapa menit saja kita bisa membuat file presentasi tersebut.

presentasi app

8. Digideck

Untuk anda yang ingin membuat presentasi dengan dengan cepat dan mudah, maka Digideck adalah solusinya. Dengan pengoperasiannya yang sangat mudah, aplikasi ini bisa bekerja dengan sangat baik dan juga sangat efisien.

Tidak berhenti disitu saja, Digideck ini juga bisa bekerja dengan lebih terorganisir. Misalnya seperti secara otomatis kita bisa mengintegrasikan software ini dengan berbagai teknologi yang ada. Selain itu aplikasi ini juga bisa bekerja secara konsisten dan powerful.

9. Prezi

Dengan menggunakan aplikasi Prezi ini, kita bisa dengan mudah membuat file presentasi di PC tanpa harus terhubung ke internet.

Kita juga bisa menyimpan file hasil presentasi buatan kita ke drive di komputer, untuk kemudian kita unggah ke laman dari Prezi jika kita ingin mempublikasikannya.

Prezi sendiri adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat presentasi yang klasik, sederhana dan juga efisien. Dengan menggunakan aplikasi Prezi ini kita bisa membuat tampilan slide yang menarik.

10. WPS Office

Selanjutnya ada aplikasi pembuat presentasi yang bernama WPS Office. WPS Office sendiri memiliki banyak fungsi dan fitur yang bisa mendukung aktivitas kita dalam membuat file presentasi.

Tidak hanya bisa digunakan untuk membaca dan mengedit dokumen saja, tapi aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk membagikan dokumen secara gratis dan mudah.

Kita bisa membuat presentasi yang menarik dengan menambahkan media seperti gambar, audio, bahkan video sama seperti di software PowerPoint.

11. Visme

Untuk anda yang senang membuat bahan presentasi yang menarik dan banyak warna, maka aplikasi Visme ini cocok untuk anda. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam template slide presentasi dengan tampilan yang cantik dan juga menarik agar bisa memperindah proses penyampaian suatu proyek yang akan kita buat.

Aplikasi ini juga sudah didukung dengan performa grafis yang sedap untuk dipandang sehingga bisa menjadi daya tarik perhatian tersendiri bagi para audiens.

Kita juga bisa kreasikan sendiri template yang tersedia di aplikasi ini karena Visme juga menyediakan berbagai macam font yang dapat semakin membuat file presentasi kita menjadi semakin menarik.

12. Zoho Show

Aplikasi presentasi berikutnya adalah Zoho Show. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa membuat file presentasi dari web browser dengan semua perangkat yang sudah terkoneksi ke internet.

Kita juga bisa menambahkan berbagai macam efek animasi dan juga efek transisi yang bisa kita terapkan dengan mudah di file presentasi yang kita buat.

Kelebihan dari aplikasi Zoho Show ini adalah mendukung berbagai format file presentasi. Yang keren adalah kita juga bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat file presentasi.

aplikasi presentasi slidebean

13. SlideBean

Berikutnya ada aplikasi SlideBean yang bisa membantu kita dalam membuat file presentasi. Untuk kita yang tidak memiliki begitu banyak waktu untuk membuat file presentasi, kita bisa dengan mudah mengandalkan aplikasi SlideBean ini.

Kita hanya perlu menginput bahan atau konten yang akan kita pakai untuk membuat presentasi di aplikasi SlideBean ini. Maka dengan otomatis aplikasi ini akan langsung mengkonversikan ke file presentasi dengan format yang kita inginkan.

aplikasi presentasi keynote

14. Keynote

Aplikasi presentasi terakhir yang bisa kita andalkan untuk membuat file presentasi adalah KeyNote. Jika pengguna Windows banyak menggunakan Microsoft PowerPoint, maka pengguna Apple bisa menggunakan aplikasi KeyNote ini untuk membuat file presentasi.

Keynote sendiri merupakan aplikasi presentasi yang sangat canggih, intuitif dan juga sangat cerdas. Dengan berbagai macam fitur pendukung yang memungkinkan pengguna untuk membuat grafik yang interaktif, memberikan efek bingkai di gambar dan juga bisa menambahkan refleksi.

Ada lebih dari 30 efek yang bisa kita terapkan pada objek dan juga teks. Dengan menggunakan aplikasi ini kita juga bisa mengedit dan membuat file presentasi menggunakan iPad atau iPhone.

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *