9 Aplikasi Perpustakaan Online Terbaik dan Manfaatnya

Aplikasi perpustakaan online saat ini sudah tersedia dalam berbagai versi dan disediakan oleh berbagai pihak pengembang. Keberadaan aplikasi semacam ini tentu akan sangat membantu para pelajar maupun pengajar untuk mengakses referensi secara lebih praktis.

Aplikasi ini mampu memuat e-book tak terbatas hingga melayani pendaftaran anggota perpustakaan secara digital. Berikut adalah daftar aplikasi perpustakaan yang bisa di download di Playstore.

Rekomendasi Aplikasi Perpustakaan Online Terbaik

Berikut dibawah ini adalah rekomendasi 9 aplikasi perpustakaan online terbaik yang bisa dicoba, diantaranya:

  • iPusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia secara resmi bekerja sama dengan developer Aksaramaya untuk membuat aplikasi perpustakaan online bernama iPusnas. Selain dapat membaca berbagai ebook, Anda juga dapat berinteraksi dengan pengguna lain lewat fitur komunikasi media sosial disini. 

Dalam aplikasi ini, banyak sekali fitur-fitur dengan fungsi yang menarik. Misalnya fitur andalan aplikasi yaitu e-Pustaka yang berguna untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan digital yang berbeda sekaligus. 

Selain itu, ada Fitur e-Reader sangat membantu dalam menampilkan e-book secara utuh sehingga sangat menguntungkan. Adanya fitur ‘Rak Buku’ juga membuat pembaca bisa menyimpan banyak buku elektronik yang mungkin akan dibaca sewaktu-waktu. 

Dengan begitu, pembaca tidak akan repot untuk kembali mencari buku-buku yang diinginkan. Jika tertarik mencoba aplikasi satu ini, langsung saja mendownloadnya. 

  • Biblio Digital

Interface aplikasi ini cukup sederhana, namun fitur yang ada di dalamnya lengkap. Terdapat banyak sekali konten di dalam aplikasi satu ini, mulai dari fitur pencarian buku, penulis dan penerbit, nomor indeks, nomor katalog, ISBN, dan data koleksi buku-buku digital yang dimuat oleh aplikasi.

Meskipun bisa diakses gratis, untuk meminjam buku tertentu Anda akan dikenakan tarif. Namun, tidak usah khawatir, karena sistem aplikasi otomatis mengetahui riwayat peminjaman buku yang telah dilakukan selama satu bulan, sehingga selanjutnya akan dilaporkan transaksi peminjaman buku Anda.

Tetapi, jika Anda telah menjadi anggota Biblio, beberapa keuntungan akan dapat dirasakan. Misalnya Anda bisa menandai label buku yang sedang dipinjam dan mengetahui stok buku apa saja yang masih tersedia. 

aplikasi perpustakaan terbaik

  • ePerpusdikbud

ePerpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan online yang dirancang oleh Kemendikbud. Sekilas saja, Anda sebagai pembaca akan yakin pada aplikasi ini karena memuat buku-buku digital yang unggulan dan lengkap. 

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membaca dan meminjam buku, koran, dan majalah secara online. Untuk bisa menikmati penawaran tersebut, maka Anda harus menjadi anggota perpustakan online ini terlebih dahulu dengan mendaftar lewat aplikasi.

ePerpusdikbud memuat buku-buku digital dari penulis dan penerbit jempolan. Jika Anda menggunakan aplikasi ini, dijamin akan banyak sumber referensi yang bisa ditemukan, bahkan bisa Anda beli hanya melalui aplikasi. Jadi, Anda tidak perlu repot pergi ke gerai buku atau perpustakaan.

  • Buku Sekolah Elektronik

Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi perpustakaan online sebelumnya, aplikasi bernama Buku Sekolah Elektronik ini lebih spesifik, yaitu dikhususkan untuk bahan pembelajaran anak-anak. Semua buku yang ada di dalamnya berformat PDF, sehingga mudah untuk dibaca dan diunduh.

Ada lebih dari 5000 buku elektronik untuk anak-anak dalam aplikasi ini, mulai dari buku cerita, buku pra sekolah, dan buku ajar sekolah. Buku ajar sekolah ini memuat materi pendidikan agama Islam, bahasa Jawa dan Inggris, matematika, IPA, maupun IPS jenjang sekolah dasar dengan berbagai kurikulum. 

Fitur menarik aplikasi berupa kamus online dan konversi antar satuan juga bisa dimanfaatkan si buah hati untuk belajar. Aplikasi semacam ini tentunya akan menambah minat baca anak atau siswa karena dilengkapi konten yang menarik, sehingga membaca tidak lagi menjadi kegiatan yang membosankan.

  • iSantri

Aplikasi iSantri ini merupakan aplikasi perpustakaan online yang dikembangkan Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menyediakan fasilitas dan layanan bagi para santri. 

Tentu saja aplikasi ini memuat buku dan referensi yang bertemakan pengetahuan agama. Pengguna juga bisa meminjam secara online dengan mudah disini.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh pondok pesantren di Indonesia untuk dijadikan perpustakaan digital bagi para santri. Meski dikhususkan untuk santri, masyarakat umum juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan mendownloadnya di Playstore, sehingga dapat menikmati fitur dan banyak e-book di dalamnya.

iSantri mempunyai berbagai fitur. Diantaranya adalah fitur Feed untuk menampilkan semua buku, fitur ePustaka sebagai penanda anggota, fitur eReader untuk membaca, dan fitur rak buku untuk menyimpan beberapa buku yang masuk list bacaan Anda. 

  • Perpustakaan Islam

Hampir sama seperti iSantri, aplikasi perpustakaan online Islam ini juga menyediakan bahan referensi tentang agama Islam. Bahan baca dalam aplikasi ini meliputi Al-Qur’an digital, kamus Islam, buku-buku tafsir, dan kumpulan hadits shahih Muslim, Bulughul Maram yang bisa dibaca.

Selain itu, ada fitur jadwal waktu sholat otomatis yang akan menjadi alarm bagi pengguna aplikasi. Ada juga buku-buku tentang resep makanan halal dan buku panduan memasak yang bisa dijadikan pedoman untuk memasak secara benar menurut agama. 

Dengan memasang aplikasi ini, Anda akan dapat mempelajari ilmu agama dengan lebih mudah. Wawasan dan pengetahuan baru tentang Islam yang belum banyak diketahui akan disajikan oleh aplikasi perpustakaan Islam tersebut.

aplikasi perpustakaan online terbaik

  • Wattpad

Siapa yang tidak mengenal Wattpad? Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat dan menerbitkan buku atau novel buatan sendiri. 

Ada ribuan buku dan novel yang ditulis oleh pengguna Wattpad dan telah tercantum dalam aplikasi. Berbagai buku dari berbagai genre yang ditulis oleh penulis handal bisa Anda temukan disini.

Wattpad juga membangun sebuah aplikasi perpustakaan online digital tidak berbayar. Hal tersebut dilihat dari banyaknya koleksi buku berbagai genre yang bisa dibaca. Fitur-fitur menariknya juga bisa langsung dinikmati setelah berhasil memasang aplikasi ini di smartphone Anda.

  • FreeBooks

FreeBooks menjadi salah satu aplikasi perpustakaan online yang bisa dicoba. Pengguna aplikasi akan dimudahkan dalam mencari buku melalui fitur yang tersedia. Selain itu, membaca juga bisa memberikan review kepada e-book yang telah dibaca sebelumnya. 

Selain membaca, Anda juga dengan bisa men-download berbagai ebook dari berbagai genre. Mulai dari buku digital bergenre horror, fantasi, sejarah, biografi, dan masih banyak lagi. FreeBooks juga dilengkapi kamus bawaan, sehingga bisa membantu Anda yang kesulitan memahami kosakata bahasa asing.

  • Handy Library

Satu lagi aplikasi perpustakaan online yang lengkap dan bisa dipasang di smatphone, yakni Handy Library. Aplikasi ini mendukung lebih dari 10 bahasa, diantaranya bahasa Inggris, Indonesia, Perancis, Spanyol, dan beberapa bahasa lainnya. 

Hal ini menunjukkan bahwa referensi pada Handy Library pasti tersedia secara lengkap. Anda bisa menambah dan menyimpan list ebook di keranjang dalam aplikasi ini. 

Selain itu, Anda bisa menulis catatan dengan fitur yang ada serta dapat melacak buku yang dicari dengan cepat, hanya dengan menuliskan keyword dan data buku. 

Keunggulan aplikasi ini yaitu dapat memindai ISBN buku, sehingga detail buku bisa ditemukan dengan lebih cepat. Pengguna aplikasi juga bisa meminjam buku-buku elektronik yang ada secara online. Aplikasi semacam ini akan memberi banyak manfaat bagi penggunanya.

Manfaat Aplikasi Perpustakaan Online

Aplikasi semacam ini mungkin terlihat seperti Google Books. Namun, perbedaannya terletak pada fitur atau konten yang terdapat dalam aplikasi perpustakaan tersebut. 

Kelebihan aplikasi seperti ini adalah hak cipta buku yang dimuat sudah memenuhi izin resmi. Lalu apa saja manfaat lain dari aplikasi membaca ini? Berikut diantaranya.

  • Sebagai Sumber Referensi Terpercaya

Berbagai e-book yang ada dalam aplikasi membuat para pembaca mudah dalam mencari referensi tertentu selain pada blog atau web. Jika menggunakan literatur buku, argumennya akan lebih kuat. 

Informasi dari buku-buku pada aplikasi ini tentunya mirip dengan yang ada di perpustakaan.  Dengan demikian, kini pencarian referensi bisa lebih mudah dan cepat.

manfaat perpustakaan online

  • Dapat Menambah Minat Baca

Kemudahan dalam mengakses aplikasi membuat pengguna akan lebih berminat untuk menggunakannya. Anda bisa membaca sambil mengerjakan tugas di rumah, bersantai, bahkan sambil tidur di kasur. 

Kondisi yang tidak terlalu ramai seperti saat berada di perpustakaan langsung akan menambah konsentrasi. Karena alasan tersebut, selain praktis, aplikasi ini juga akan menambah pengetahuan dan wawasan pembaca. 

Hal tersebut juga karena sumber atau bahan baca tersedia secara lebih mudah. Tentunya juga dengan informasi yang jelas dan kuat.

Daftar nama aplikasi perpustakaan online yang telah direkomendasikan di atas bisa digunakan dan dipasang di smartphone Anda.

Cukup dengan mengunduhnya di Playstore, Anda bisa mendapatkan banyak fitur menarik dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan intelektual dan minat baca.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.