Ingin Hemat? Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota Berikut Ini

Aplikasi Penghemat Kuota – Di era yang serba teknologi ini, internet memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena hampir semua aktivitas sekarang memang membutuhkan jaringan internet.

Termasuk untuk terhubung dengan keluarga maupun teman. Tetapi sadar atau tidak, tidak sedikit orang yang sering kehabisan kuota dengan cepat. Tidak heran apabila keberadaan aplikasi penghemat kuota memang sangat dibutuhkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dunia internet memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dalam kehidupan masyarakat.

Bagaimana tidak, banyak masyarakat memang mengandalkan internet untuk bekerja ataupun sekedar melakukan berbagai macam aktivitas untuk menemukan informasi.

Bahkan tidak sedikit pula dari masyarakat yang rela mengeluarkan dana hingga ratusan ribu per bulan untuk membeli kuota data tersebut.

Tetapi tidak sedikit dari masyarakat yang tidak sadar apabila kuota internet sering habis begitu saja.

Bahkan tidak jarang, kuota internet tersebut suda habis sebelum masanya. Jelas ini akan membuat anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli kuota internet.

Agar Anda dapat menghemat biaya pengeluaran Anda untuk membeli paket internet, maka keberadaan aplikasi untuk menghemat kuota memang Anda butuhkan. Aplikasi tersebut dijamin akan membuat Anda lebih hemat dalam konsumsi data internet.

Aplikasi untuk Menghemat Kuota Internet

Deretan aplikasi untuk menghemat kuota berikut ini bisa langsung Anda install melalui ponsel Android maupun iOS. Jadi apabila Anda ingin menghemat kuota internet Anda, berikut ini beberapa daftar aplikasi yang bisa langsung Anda unduh melalui ponsel pribadi.

Internet Speed Meter Lite

1. Internet Speed Meter Lite

Pilihan aplikasi untuk menghemat data internet yang pertama adalah Internet Speed Meter Lite ini. Aplikasi yang satu ini dijamin akan membantu Anda untuk mengontrol penggunaan kuota internet agar tidak berlebihan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini pun ternyata juga memiliki fitur menarik di mana Anda dapat mengatur aplikasi mana sajakah yang harus menghemat kuota.

Melalui aplikasi inilah Anda juga akan memperoleh laporan penggunaan paket data untuk setiap bulannya. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi inipun ternyata juga sangat hemat konsumsi baterai.

Data Usage Monitor

2. Data Usage Monitor

Adapun pilihan aplikasi lainnya yang dapat membantu Anda untuk menghemat kuota internet adalah Data Usage Monitor ini.

Aplikasi satu ini bisa langsung Anda unduh melalui Google Play Store. Cara untuk menghemat kuota internet melalui aplikasi satu ini pun juga sangat mudah loh.

Selain itu, aplikasi Data Usage Monitor ini juga dapat memberikan Anda kemudahan untuk mengatur penggunaan kuota internet supayatidak dipakai secara berlebihan.

Sama seperti dengan aplikasi Internet Speed Meter Lite sebelumnya, aplikasi ini pun juga dapat membantu Anda untuk mengatur manakah aplikasi yang harus hemat dan tidak.

Samsung Max

3. Samsung Max

Buat anda yang merupakan pengguna Samsung, tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi penghemat kuota bernama Samsung Max ini bukan?

Dibandingkan dengan aplikasi yang sebelumnya, aplikasi ini pun juga menawarkan cara penggunaan yang cukup sederhana.

Aplikasi ini pun juga akan langsung mengompres data untuk aplikasi yang terdapat di perangkat Anda sesaat ketika Anda sudah mengaktifkan jaringan data seluler Anda.

Jadi apabila Anda sudah berhasil mengunduh aplikasi ini, maka semua aplikasi di dalam ponsel akan langsung melakukan routing di semua aplikasi guna menghemat kuota internet.

Menariknya lagi, Samsung Max ini juga memiliki kemampuan untuk mengompres foto, video, maupun halaman web. Selain itu, Anda dapat memblokir aplikasi yang memiliki konsumsi penggunaan data besar.

Google Chrome

4. Google Chrome

Adapun aplikasi penghemat data yang berikutnya adalah ini. Ini merupakan aplikasi browser yang dilengkapi dengan fitur penghematan data.

Dengan kata lain, Anda di sini dapat menghemat penggunaan data internet ketika sedang berselancar dengan menggunakan browser Google Chrome ini.

Untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan browsing tetapi ingin menghemat kuota internet Anda, maka Google Chrome dapat menjadi mesin pencarian yang bisa Anda pilih.

Untuk melakukan pengaturannya, Anda bisa langsung masuk ke dalam Google Chrome dan pilih ikon tiga lurus, kemudian pilih pengaturan.

Selanjutnya pilih Settings-advanced-data saver dan geser tombol on. Maka fitur penghemat data sudah aktif.

My Data Manager

5. My Data manager

My data manager merupakan aplikasi untuk penghemat kuota yang sudah banyak digunakan oleh belasan juta orang.

Adapun fungsi utama dari aplikasi yang satu ini adalah untuk melakukan pelacakan seberapa banyak data yang sudah Anda gunakan tersebut.

Dengan cara inilah, maka Anda bisa mengetahui dan mengontrol penggunaan kuota agar dapat hemat. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati adanya layanan pencegahan terjadinya kuota habis secara tiba-tiba.

Selain itu, pengguna juga akan memperoleh informasi tentang aplikasi mana sajakah yang cenderung menghabiskan kuota banyak dan sebaiknya penggunaannya juga harus dihentikan segera.

Tidak hanya itu saja, buat Anda yang sering menggunakan jaringan WiFi, Anda juga dapat memantau penggunaan data ketika Anda sudah terkoneksi dengan jaringan WiFi.

opera max

6. Opera Max

Adapun aplikasi lainnya yang dapat membantu Anda untuk lebih hemat kuota data adalah aplikasi Opera Max ini.

Aplikasi inipun ternyata menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai asisten pintar Anda karena dapat memberikan saran terbaik secara personal tentang penghematan data yang Anda miliki.

Di samping itu aplikasi ini juga aman untuk digunakan, serta mampu untuk mengecilkan sebuah ukuran data dari browser atau game sekalipun.

Opera Max ini pun juga memiliki kemampuan untuk melakukan pelacakan penggunaan data aplikasi pengguna dan dapat memberikan saran terbaik untuk mengurangi adanya data yang terbuang.

Layanan untuk memblokir komunikasi data di suatu aplikasi ternyata juga cukup bagus menghidden iklan-iklan yang sering muncul di Android.

DataEye

7. Data Eye

Melakukan penghematan kuota data memang sangat penting agar Anda tidak mengeluarkan uang lebih untuk membeli paket internet bulanan.

Data Eye ini juga dapat menjadi pilihan terbaik lainnya yang akan membantu Anda untuk menghemat kuota internet. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan adanya fitur penghemat baterai pada ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi inilah ternyata juga menyediakan fasilitas dimana Anda dapat mengelola lalu lintas data secara mandiri.

Data Eye juga dapat memberikan pengguna saran terbaik untuk penyimpanan data dan pengaturan kuota sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selain itu aplikasi satu ini juga dilengkapi dengan adanya track dan informasi yang akan memperlihatkan mengenai banyaknya data yang sudah digunakan, sekaligus dapat memblokir hal-hal yang tidak diinginkan.

Opera Mini

8. Opera Mini

Selain terdapat Google Chrome, aplikasi lainnya yang akan membantu Anda untuk menghemat kuota internet adalah aplikasi Opera Mini.

Opera ini sendiri ternyata sudah dipercaya oleh puluhan user android sebagai salah satu aplikasi untuk menghemat data yang terbaik.

Opera Mini ini ternyata tidak hanya menawarkan kegiatan browsing yang cepat saja, tetapi juga dapat berfungsi untuk menghemat kuota internet.

Pengguna pun juga dapat melihat penghematan data secara detail melalui fitur yang tersedia didalamnya.

Aplikasi browser yang satu ini sangat cocok buat Anda yang ingin melakukan kegiatan browsing tetapi hemat kuota. Aplikasi ini juga menyediakan adanya halaman offline.

Dimana Anda bisa mengakses situs dengan bebas tanpa perlu menggunakan akses internet. Tetapi Anda wajib untuk mendownload halamannya terlebih dahulu.

9. 3G Watchdog

Masih mencari aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota internet? 3G Watchdog ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Aplikasi yang satu ini sangat bagus untuk Anda gunakan dalam rangka menghemat kuota data.

Di dalam aplikasi ini nantinya akan menampilkan 3 warna yang berbeda, dimana sebagai tanda kapasitas kuota internet yang tengah digunakan.

Di mana untuk warna hijau sendiri memiliki arti sebagai batas aman, warna kuning digunakan sebagai peringatan apabila paket sudah mulai berkurang banyak, dan yang terakhir adalah warna merah yang dapat menandakan apabila paket internet sudah akan habis.

Tidak hanya itu saja, 3G Watchdog ini juga menyediakan fitur di mana para pengguna dapat menentukan batas penggunaan internet setiap hari, minggu bahkan bulan.

Satu lagi, aplikasi inipun ternyata juga dapat Anda install dan disimpan di SD card sehingga lebih hemat.

Data Usage

10. Data Usage

Masih belum puas dengan aplikasi untuk menghemat data di atas? Jika demikian, maka Anda bisa mencoba untuk mendownload aplikasi bernama Data Usage ini.

Ini merupakan aplikasi dari pengembang oBytes, LLC yang patut untuk Anda pertimbangkan, karena di dalamnya terdapat banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan.

Adapun fitur-fitur tersebut di antaranya adalah monitor mobile data and WiFi in real time, set data usage alert, status penggunaan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya memiliki fitur untuk menghemat penggunaan data saja, di dalam aplikasi ini juga terdapat widget yang cukup menarik sehingga akan membuat pengguna nyaman ketika menggunakannya.

Aplikasi ini juga akan menampilkan penggunaan data yang sudah digunakan, sehingga Anda bisa mengontrol penggunaannya.

myAT&T

11. MyAT & T

Daftar aplikasi lainnya untuk menghemat kuota yang bisa Anda gunakan adalah MyAT & T. Aplikasi satu ini juga direkomendasikan untuk memonitor penggunaan data internet yang ada di ponsel Anda.

Tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti aplikasi lainnya

Adapun fitur andalan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah Pay Your Bill, di mana fitur ini akan memberikan kesempatan buat Anda untuk menentukan tanggal pembayaran internet.

Tentu saja semua itu tergantung dengan kebutuhan yang Anda miliki. Jika Anda tertarik, maka Anda bisa langsung mendownload aplikasi ini.

My Verizon

12. My Verizon

Pilihan aplikasi berikutnya adalah My Verizon. Aplikasi ini ternyata juga memiliki berbagai macam layanan dan fasilitas yang akan memberikan Anda kemudahan untuk mengatur penggunaan data internet Anda.

Selain itu, penggunaan kuota internet juga akan ditampilkan secara rinci.

Fitur menarik lainnya yang ada di dalam aplikasi ini adalah menyediakan plan management yang akan memberikan kesempatan buat Anda untuk mengatur penggunaan data internet.

Menggunakan aplikasi untuk menghemat data memang menjadi solusi yang terbaik agar Anda tidak kehabisan kuota internet dengan cepat.

Semoga artikel di atas bisa membantu Anda yang sedang mencari cara untuk menghemat penggunaan kuota. Selamat mencoba!

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *