Wajib Coba, Ini 10 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik

Smartphone kini telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Fungsinya untuk membantu mencari informasi dengan praktis, mendapatkan hiburan atau sarana belajar sangatlah penting.

Sayangnya penggunaan smartphone di luaran terbatas karena kapasitas baterai. Jika Anda pergi ke tempat yang sulit mendapatkan sumber listrik maka menghemat baterai pun harus dilakukan. Tapi jangan khawatir, karena saat ini banyak aplikasi penghemat baterai yang bisa Anda manfaatkan.

Bagaimana bisa sebuah aplikasi bekerja menghemat daya baterai? Bukankah aplikasi justru menghabiskan banyak daya? Yang terjadi justru sebaliknya, beberapa aplikasi hemat baterai pilihan berikut ini justru membantu menghemat daya baterai pada hp.

aplikasi hemat baterai

Daftar Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik

Demi mendapatkan daya yang banyak dalam sebuah ponsel, banyak orang berusaha mewujudkannya. Misalnya saja produsen hp, mereka berlomba-lomba menciptakan baterai dengan kapasitas besar dan fast charging.

Sedangkan para pengguna ponsel pada akhirnya membeli power bank yang bisa jadi tempat charger portable. Jadi jika kemanapun pergi daya di smartphone bisa selalu penuh. Tapi tak ada salahnya jika Anda belajar bagaimana cara menghemat baterai.

Biasanya setiap ponsel yang sudah memiliki daya rendah akan memiliki fitur otomatis penghemat daya. Apabila smartphone Anda berada di daya 5 persen bahkan kurang, ponsel akan menginformasikan untuk mengaktifkan fitur hemat daya.

Ketika fitur tersebut diaktifkan, layar ponsel akan berubah dengan minim aplikasi. Beberapa hp dengan fitur tersebut aktif masih bisa bertahan hingga beberapa jam. Tapi jangan biarkan baterai ponsel benar-benar habis dan ponsel akhirnya mati.

Apabila ponsel sering mengalami habis baterai dan terulang terus menerus bisa berpengaruh pada hardware. Kerusakan ponsel pun bisa terjadi karena Anda tidak memperhatikan masalah daya.

Supaya hp tidak rusak, berikut dibawah ini adalah rekomendasi aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android yang bisa Anda andalkan.

1. Easy Battery Saver

Aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk menghemat baterai. Anda bisa menggunakannya dengan mudah karena tampilannya yang sederhana. Keunggulan yang tersedia dari aplikasi ini adalah terdapat informasi mengenai status baterai.

Informasi tersebut akan ditampilkan pada halaman utama. Jadi tidak perlu untuk dilihat aplikasi secara khusus. Cukup membuka kunci ponsel, masuk ke halaman utama dan Anda akan tahu berapa sisa kapasitas baterai yang tersedia.

2. AccuBattery

Aplikasi penghemat baterai yang paling laris apalagi ketika baterai ponsel kamu sudah mulai rusak. Ponsel harus menggunakan aplikasi ini agar tidak cepat ngedrop dan ketika baterai hp sudah mulai penuh, aplikasi otomatis akan berhenti untuk menghemat baterai.

Cara menggunakan aplikas ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kemudian aktifkan fitur menghemat daya. Aplikasi ini akan bekerja otomatis menutup beberapa aplikasi lain yang boros daya.

3. Battery Doctor

Keunggulan yang dimiliki dari aplikasi ini adalah Anda bisa menghemat daya yang tersedia hingga dua hari lamanya. Padahal untuk aplikasi lainnya maksimal hanya bisa menghemat baterai selama beberapa jam.

Bagaimana aplikasi ini bisa bekerja dengan sangat hemat? Rahasianya terdapat pada kemampuannya untuk menghilangkan bloatware yang jarang digunakan tetapi justru menyerap daya baterai.

Tambahan informasi mengenai kondisi baterai juga tersedia Anda juga akan tahu berapa sisa baterai. Jadi bisa mengontrol aplikasi lain seperti wifi, GPS dan lainnya yang sebaiknya dimatikan karena tidak digunakan.

4. Battery Optimizer

Merupakan aplikasi penghemat baterai yang memiliki banyak sekali fitur berguna. Anda akan mendapat fitur seputar penghemat baterai yang mempermudah penggunaan ponsel. Misalnya saja jika Anda ingin menghemat baterai di malam hari maka cukup aktifkan fitur night.

Beberapa fitur lain yang juga bisa jadi pilihan adalah power save, super save, user custom, balanced dan lain sebagainya. Semua fitur ini sengaja disediakan oleh developer agar pengguna bisa memilih mana yang dibutuhkan. Karena tidak semua orang ingin menghemat baterai karena kesulitan mendapat listrik.

aplikasi penghemat baterai terbaik

5. Juice Defender

Merupakan aplikasi yang akan menghemat daya secara otomatis. Anda bisa mengunduhnya langsung di Play Store atau App Store. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan menghemat daya ketika ponsel sedang tidak digunakan.

Karena biasanya walaupun ponsel dimatikan beberapa aplikasi tetap running. Contohnya aplikasi berita atau aplikasi pengingat lainnya. Dengan begitu hp Anda akan hemat, tapi perlu diingat juga bahwa fasilitas pengingat atau berita terbaru tidak akan terdeteksi.

6. Avast Battery Saver

Merupakan aplikasi yang pasti sudah tidak asing didengar. Avast sendiri adalah perusahaan antivirus yang juga mengembangkan aplikasi untuk menghemat baterai. Bahkan aplikasi ini tersedia bukan hanya untuk menghemat baterai hp tetapi juga laptop.

Aplikasi yang satu ini berbayar jadi Anda harus menyiapkan uang untuk berlangganan. Memang aplikasi ini sebenarnya lebih cocok untuk menghemat daya pada laptop daripada hp. Tapi tak sedikit juga yang mengunduhnya untuk menghemat baterai smartphone.

Cara kerja dari Avast battery saver secara umum sama dengan aplikasi lainnya yaitu mematikan aplikasi yang sedang running tetapi tidak digunakan.

7. DU Battery Saver

Anda bisa dengan mudah memperpanjang masa aktif ponsel dengan aplikasi ini. Daya yang digunakan pada smartphone bisa bertahan lama dengan pengurangan daya yang diambil oleh beberapa aplikasi lainnya.

Ada beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu mengetahui kapasitas baterai dan waktu yang tersisa. Anda juga bisa memonitori penggunaan baterai. Hanya dengan sekali ketuk aplikasi ini akan langsung bekerja dengan cepat.

aplikasi hemat baterai android

8. Kaspersky Battery Life

Tak mau kalah dengan produk Avast, Kaspersky yang juga perusahaan anti virus berkualitas juga menciptakan aplikasi penghemat baterai. Bedanya aplikasi ini diciptakan hanya untuk ponsel android saja dan bisa langsung diunduh di Play Store dengan ukuran 10 Mb.

Anda akan mendapatkan beberapa fitur yang tak kalah menariknya. Seperti monitoring kondisi kesehatan baterai. Serta adanya fitur Boost yang akan meningkatkan daya pada baterai tetapi tetap hemat ketika digunakan.

9. Green Battery

Merupakan aplikasi yang akan mengirit baterai smartphone serta laptop. Dengan aplikasi ini juga performa CPU meningkat. Beberapa aplikasi yang tidak diperlukan akan otomatis dihentikan sehingga tidak memakan daya yang berlebihan.

Anda juga akan dilihat navigasi yang mudah dipahami untuk mengetahui bagaimana cara penghematan baterai dilakukan.

10. Avira Battery Saver

Satu lagi perusahaan anti virus yang menyediakan aplikasi penghemat baterai. Avira diciptakan untuk smartphone dan dilengkapi juga dengan scanner. Pengecekan RAM dan tahu bagaimana performanya bisa Anda ketahui dengan sekali ketuk.

Jika smartphone berjalan lambat Anda bisa memanfaatkan fitur Cache Cleaner yang tersedia. Dengan begitu pengalaman bermain ponsel jadi lebih menyenangkan. Sudah hemat baterai dan smartphone tetap bisa bekerja dengan kencang hanya dengan Avira Battery Saver.

Semua aplikasi yang mampu menghemat baterai Anda bisa diunduh sekarang juga. Anda bisa memilih aplikasi yang gratis untuk menyelamatkan daya pada baterai. Tanpa perlu pikir panjang, unduh dulu sekarang.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.