9 Aplikasi Pencatat  Keuangan Pribadi dan Manfaatnya

Aplikasi Pencatat  Keuangan – Mengatur keuangan, baik keuangan pribadi atau pada sebuah instansi, membutuhkan perhitungan yang tepat. Aplikasi pencatat keuangan, bisa digunakan sebagai alat untuk membantu mengatur keuangan, sehingga penggunaan anggaran bisa berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Untuk mendapatkan aplikasi ini caranya sangat mudah. Karena aplikasi tersebut tersedia secara komersial dan bisa diunduh, lalu digunakan.

Namun demikian, Anda harus memilih aplikasi yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan. Berkaitan dengan itu, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda coba sebagai berikut. 

Daftar Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan Pribadi Terbaik

Dari berbagai jenis aplikasi pencatat keuangan yang ada, hendaknya pengguna memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini bisa dilihat dari fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Dengan menyesuaikan ketersediaan fitur dan penggunaan, penggunaan aplikasi akan lebih bermanfaat. 

Apalagi jika aplikasi tersebut digunakan untuk merekap data transaksi jual beli. Namun, jangan khawatir karena beberapa aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur yang lengkap, dan cukup fleksibel penggunaannya. Berikut beberapa contoh aplikasi pencatat keuangan pribadi terbaik yang bisa dijadikan rekomendasi, diantaranya:

  • Buku Warung

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang cukup banyak digunakan. Bahkan, akhir-akhir ini aplikasi ini begitu gencar dipromosikan di berbagai media sosial. Respon yang besar, membuktikan buku warung merupakan aplikasi yang pantas untuk dipilih menjadi aplikasi pengatur keuangan Anda.

Buku warung ini merupakan aplikasi yang lebih tepat untuk digunakan bagi pelaku bisnis. Hal ini karena dalam buku warung ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mencatat dan mengatur semua kegiatan transaksi keuangan, termasuk data tagihan dan data pinjaman.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur pencatat hutang dari pelanggan yang mencatat secara lengkap seluruh riwayat hutang tersebut serta sisa tunggakan yang ada. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan SMS pengingat kepada pelanggan untuk mengingatkan hutang yang harus dibayarkan.

Bagi pelaku usaha warung, aplikasi ini memang akan sangat membantu. Apalagi bagi yang kesulitan melakukan pencatatan keuangan warung secara konvensional melalui buku. Dengan fiturnya yang didesain sangat lengkap, Anda sangat disarankan mulai memanfaatkan aplikasi tersebut.

aplikasi pencatat pengeluaran

  • Money Lover

Aplikasi pengatur keuangan ini lebih cocok untuk digunakan sebagai pengatur keuangan pribadi. Menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengatur dan merencanakan penggunaan uang selama satu bulan, mulai awal  hingga akhir bulan, lengkap dengan laporannya.

Dalam Money Lover, terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mencatat dan mengatur keuangan, seperti besar pemasukan yang akan diterima, dan rencana pengeluaran yang akan dibutuhkan. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui apakah rencana pengeluaran sesuai dengan pemasukannya.

Yang istimewa dari aplikasi money lover ini adalah adanya fitur yang bisa mengatur anggaran sesuai kebutuhan. Katakanlah seperti fitur untuk mengatur dana makan, jalan-jalan, transportasi, dan dana untuk hiburan. 

Bahkan dalam aplikasi ini juga ada fitur untuk mengatur besar tabungan yang bisa Anda simpan dalam satu bulan. Jadi, dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa lebih semangat untuk menabung dan tidak menggunakan anggaran tabungan bulanan secara sembarangan.

  • Financial Calculator

Bagi pengguna yang membutuhkan aplikasi yang bisa membantu merencanakan penggunaan keuangan dalam sebulan, aplikasi financial calculator merupakan pilihan yang tepat. Karena aplikasi ini selain mencatat laporan penggunaan keuangan, juga dilengkapi dengan fitur pengatur keuangan.

Pada aplikasi ini, ada fitur auto loan, auto lease calculator, return on investment, dan commercial loan calculator. Daftar fitur ini tentunya bisa membantu pengguna untuk menentukan hal mana yang lebih bermanfaat untuk dijadikan target alokasi pengeluarannya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang bisa membantu pengguna untuk mengetahui suku bunga majemuk yang harus dibayar. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan set goal yang bisa digunakan untuk merencanakan kepemilikan sebuah hunian atau rumah.
aplikasi pencatatan keuangan pribadi

  • Mint

Mint adalah sebuah aplikasi yang cocok untuk digunakan dalam mengatur keuangan pribadi bagi pengguna yang memiliki gaya hidup milenial. Hal ini karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang mengatur penggunaan keuangan saat di restoran, clubbing, dan kafe.

Menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui bagaimana alokasi keuangan yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Misalnya ketika berencana makan di restoran, pengguna bisa menggunakan fitur food & dining, untuk mengatur perencanaan pengeluarannya.

Fitur dalam aplikasi ini juga cukup lengkap untuk membagi rencana pengeluaran yang dibutuhkan, dengan membaginya dalam pos-pos tertentu. Seperti pengeluaran untuk makan, belanja kebutuhan sehari-hari, belanja elektronik, dan lain sebagainya.

  • Sepran (Expense Manager)

Bagi pengguna yang membutuhkan sebuah aplikasi pencatat pengeluaran yang lengkap, juga bisa memilih sepran sebagai aplikasi pengatur keuangan pribadi. Aplikasi ini memiliki beragam fitur canggih yang memungkinkan data bisa dibackup dengan aman di google drive. 

Aplikasi modern ini memiliki  fitur canggih yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya untuk mengatur rekap laporan penggunaan keuangan, bisa dipilih jangka waktu laporan mingguan, bulanan, dan tahunan. Fiturnya pun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sepran juga memberikan pilihan bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini secara gratis maupun berbayar, yakni menggunakan sepran versi pro. Ketika menggunakan sepran versi pro, pengguna akan terbebas dari adanya selingan iklan yang sering muncul dan terkadang terasa mengganggu.

Tetapi bagi pengguna sepran versi free, jangan khawatir karena tetap bisa menikmati kemudahan dan kelebihan dari aplikasi keuangan ini. Apalagi aplikasi ini bisa diakses tanpa menggunakan internet, sehingga bisa digunakan kapan saja, meskipun sedang offline. 

  • Money

Bagi pengguna yang memiliki jumlah pemasukan tidak tetap, bisa memilih aplikasi money ini sebagai aplikasi pengatur keuangan pribadi. Mengapa demikian? Karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang mencatat pemasukan tak terduga yang akan diterima oleh pengguna.

Aplikasi pencatat keuangan yang bisa diunduh secara gratis ini akan sangat memudahkan bagi pengguna dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan pribadi. Fitur tracking yang dimiliki, bisa digunakan untuk melacak pengeluaran yang tak tercatat secara detail.

Selain bisa digunakan untuk melacak pengeluaran yang tak terduga dan tidak tercatat, fitur tracking ini juga bisa digunakan sebagai pencatat tabungan. Hal ini bisa dicatat pada pengeluaran tidak terduga dalam fitur tersebut yang bisa dijadikan sebagai tabungan.

  • Teman Bisnis

Untuk pelaku bisnis atau yang memiliki usaha tertentu, aplikasi teman bisnis ini bisa dijadikan pilihan untuk membantu mengelola keuangan. Dengan beberapa fitur yang cukup sederhana, aplikasi ini akan sangat membantu pengguna yang baru memulai terjun di dunia bisnis.

Aplikasi  ini memiliki beberapa fitur yang dikhususkan untuk transaksi  dalam dunia bisnis. Diantaranya seperti fitur pencatat pemasukan beserta sumbernya, serta pencatat pengeluaran. 

Fitur pencatat sumber pendapatan juga bisa diatur sesuai kategori, sehingga mudah untuk mengetahui jenis transaksi yang sudah terjadi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencatat data tambahan yang meliputi laporan laba, rugi, utang dan juga piutang. 

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan pertumbuhan kas yang terjadi secara periodik. Dengan demikian, bisa diketahui apakah usaha mengalami kemajuan atau justru mengalami kerugian.
aplikasi pencatat keuangan terbaik

  • Finansialku

Sebuah aplikasi keuangan canggih lainnya yang cukup populer dan bisa membantu Anda adalah finansialku. Ini merupakan aplikasi canggih, karena dilengkapi dengan fitur yang bisa menghubungkan secara langsung aplikasi dengan semua rekening yang dimiliki pengguna.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna bisa mengontrol penggunaan keuangan sesuai dengan budget yang tersedia di masing-masing rekening. Dengan demikian, penggunaan uang bisa terkendali tanpa melebihi jumlah saldo di masing-masing rekening.

Finansialku merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik yang sudah mengantongi sertifikat CEP (Certified Financial Planner).

Ini merupakan sebuah sertifikat yang diberikan sebagai sebuah pengakuan mengenai kualitas dan keunggulan aplikasi ini dalam membantu mengelola keuangan.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah, dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk mendapatkan tips tentang pengelolaan keuangan yang tepat. Bagi pengguna yang belum lihai dalam mengelola keuangan, aplikasi finansialku bisa menjadi sebuah rekomendasi yang pantas dipertimbangkan. 

  • Cash Droid

Bagi pengguna yang menghendaki tampilan berbeda dari aplikasi catatan keuangan, maka bisa memilih cash droid untuk membantu mengelola data keuangannya. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis dari playstore di perangkat android maupun diunduh di PC.

Tampilan yang cukup menarik dari aplikasi ini disajikan dalam bentuk la grafik. Dengan tampilan ini, maka pengguna akan lebih mudah mengetahui penggunaan uang dari laporan yang disajikan oleh aplikasi. 

Pada grafik yang ditampilkan akan bisa dilihat semua jenis transaksi yang sudah terjadi. Aplikasi ini juga mengelompokkan setiap jenis transaksi, baik dari pemasukan maupun pengeluaran, serta berdasarkan sumbernya secara rinci dan detail. 

Pengelompokan pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan aplikasi ini secara otomatis disesuaikan dengan sumber pemasukan keuangan Anda. Aplikasi ini juga akan mencatat setiap data pengeluaran, untuk menghindari terjadinya pengeluaran yang tidak sesuai dengan pemasukan.

Menggunakan aplikasi pencatat keuangan memang bisa memudahkan dan meringankan pengguna dalam menggunakan anggarannya secara berkala. Tentunya hal tersebut dimaksudkan untuk membantu agar dana dapat digunakan dengan tepat, sesuai kebutuhan pemiliknya.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Pencatat Keuangan

Setelah mengetahui daftar aplikasi yang bisa digunakan, perlu dipahami juga bahwa penggunaan jenis aplikasi tersebut memberikan banyak manfaat. Jika masih ragu untuk menggunakannya, pastikan Anda memahami apa saja manfaat tersebut.

Kegunaan aplikasi yang satu ini pada intinya adalah untuk membantu pengguna, baik pribadi maupun sebuah badan atau instansi untuk mengatur dan mengelola keuangannya. Tentunya dengan harapan, aplikasi tersebut bisa membantu mengatur dan mencatat segala transaksi yang dilakukan.

Selama ini, mengatur  keuangan merupakan masalah yang cukup pelik. Membutuhkan ketelitian dalam mengatur pengeluaran sehingga tidak lebih besar pasak daripada tiang, dimana pengeluaran lebih besar dari pendapatan, atau lebih besar dari modal yang seharusnya.

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan keuangan bisa terencana dengan baik, demikian juga data uang keluar masuknya. Melalui aplikasi ini, pengeluaran yang dibutuhkan pun bisa direncanakan sejak awal. Dengan melihat sisa saldo, Anda juga bisa melihat berapa uang yang masih bisa digunakan.

Tentu saja ini sangat penting untuk menghindari pembengkakan penggunaan anggaran. Selain itu, dengan menggunakan salah satu aplikasi tersebut, Anda juga akan lebih mudah melihat data pemasukan maupun pengeluaran bulanan. Jadi, estimasi perencanaan keuangan bulan berikutnya juga lebih akurat. 

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.