9 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Untuk Android

Musik adalah sesuatu yang sudah mendarah daging pada jiwa setiap orang baik, untuk generasi tua atau generasi muda sekalipun.

Apalagi saat ini memutar musik bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan, ada banyak aplikasi pemutar musik yang bisa diakses baik secara online maupun offline. 

Perkembangan teknologi yang membuat terobosan baru tersebut setidaknya memudahkan setiap orang untuk mendengarkan musik sesuai seleranya kapan pun.

Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik

Supaya Anda lebih mudah menemukan musik yang ingin diputar, berikut daftar aplikasi pemutar musik yang bisa dimanfaatkan. diantaranya:

  • Spotify 

Aplikasi pemutar musik terbaik yang pertama ini bisa juga disebut sebagai galeri musik karena di dalamnya Anda bisa mencari berbagai musik jadul sampai yang terbaru. Banyak yang menyebut aplikasi ini adalah alat untuk mencari musik terbesar di android. 

Pemutar musik kekinian ini mudah diakses lewat nama penyanyinya atau langsung mencari judul lagunya. Pada aplikasi ini Anda juga bisa mendapatkan hak akses premium dengan mendaftarkan diri menjadi anggota melalui prosedur dan persyaratan yang sudah ditentukan. 

Keuntungan memakai aplikasi ini adalah, Anda bisa memperoleh lagu yang dicari dengan cepat karena pilihannya lebih lengkap dibandingkan aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini memiliki desain yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Seperti aplikasi pada umumnya, tentu aplikasi ini juga ada kekurangannya. Kekurangan tersebut adalah, aplikasi ini menampilkan iklan saat digunakan. Supaya Anda bisa mengaksesnya tanpa iklan, maka bisa mencoba yang premium. Namun, Anda perlu membayar terlebih dahulu. 

Baik versi berbayar maupun versi gratisnya, jangan khawatir karena aplikasi ini tetap recommended. Bahkan, penggunanya pun sangat banyak dan aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 100 juta orang.

  • Google Play Music

Berikutnya ada aplikasi pemutar musik terbaik selanjutnya adalah google play musik yang dikembangkan oleh google, khusus untuk mendengarkan musik. Google play musik memiliki rating terbaik setelah spotify karena musik jenis apapun dapat dicari di sini. 

Selain itu, aplikasi memiliki fitur playlist sebagai layanan tambahan bagi pengguna. Aplikasi musik ini juga bisa membantu Anda untuk memutar lagu sesuai daftar yang telah dibuat. Bahkan, Anda bisa membuat beberapa daftar sekaligus dan tinggal memainkannya kapan saja.

Sayangnya, aplikasi yang satu ini masih memiliki desain yang kurang modern jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini juga belum dilengkapi fitur pengganti info lagu dan equalizer. Meski demikian, hal ini tidak mengurangi title aplikasi tersebut sebagai pemutar musik yang recommended.

Karena merupakan bawaan dari google, umumnya aplikasi tersebut sudah tersedia di Android. Tapi, jika belum, Anda bisa mengunduhnya di google play store.

joox
Image: play.google.com
  • Joox Music

Selain aplikasi-aplikasi sebelumnya android juga memiliki aplikasi musik terbaik yang hanya bisa diakses secara online, yaitu joox music. Aplikasi satu ini memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan spotify, hanya saja pilihan lagunya lebih terbatas dan update lagu terbarunya lebih lama.

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi ini karena penggunanya juga sudah lumayan banyak. Saat ini, jumlah pengguna tersebut bahkan sudah lebih dari  50 juta. 

Aplikasi ini meski dikatakan cukup menyerupai spotify, tapi mempunyai desain yang lebih menarik dengan fitur sangat lengkap untuk kelas aplikasi untuk memutar musik. Pada aplikasi ini Anda juga bisa menikmati lagu secara gratis, sekaligus membuat playlist lagu yang disukai.

Selain memperoleh fitur rekomendasi lagu tersebut, disini Anda juga bisa mendapat lagu rekomendasi yang dilihat berdasarkan jenis lagu yang sering diputar pada playlistnya. 

Aplikasi ini juga memudahkan Anda yang gemar berkaraoke dan menonton video klip setiap lagu yang diputar, karena keduanya tersedia. Tentunya hal ini bisa didapatkan dengan akses gratis.

Selanjutnya, perlu diketahui juga bahwa untuk memiliki aplikasi ini, setidaknya diperlukan memori internal yang cukup luas. Hal ini karena bisa dikatakan bahwa aplikasi tersebut memang sedikit berat dibandingkan beberapa daftar sebelumnya.

  • Youtube Music

Aplikasi musik yang mudah mungkin juga sangat populer di android selain google play music adalahyoutube music. Beberapa tahun terakhir ini youtube menjadi sangat populer dikalangan milenial, dengan berbagai konten yang ditawarkannya. Salah satu kategori kontennya sendiri adalah musik. 

Pada aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai lagu dengan genre dan karakter music yang berbeda sesuai dengan penyanyi yang diinginkan. Youtube juga menyajikan lagu trending yang sedang populer dan paling dicari. 

Aplikasi ini juga memiliki versi premium untuk yang ingin menikmati bebas akses tanpa iklan di dalamnya. Tentu saja untuk mendapatkan versi ini Anda harus membayar.  Setelah berlangganan dengan aplikasi ini, dijamin Anda akan lebih nyaman saat memutar musik dengan berbagai penawaran fiturnya. 

Sebenarnya, versi premium tersebut sedikit mirip dengan versi gratisnya. Hanya saja, di versi gratis Anda  tidak bisa bebas iklan dan tidak bisa mendengarkan lagu dari beranda aplikasi. 

Selain itu, Jika dibanding aplikasi sebelum-sebelumnya, youtube mempunyai desain paling menarik dengan jumlah koleksinya cukup mumpuni. Apalagi saat ini penggunaan youtube sebagai tempat berbagi konten sedang marak. 

  • Musixmatch 

Selanjutnya, ada juga aplikasi pemutar musik terbaik bernama musixmatch yang kerap diiklankan di TV. Aplikasi ini bahkan sudah seperti perpustakaan khusus lagu, sehingga Anda akan sangat mudah menemukan lagu yang diinginkan sesuai katalog yang ada. 

Menariknya, aplikasi ini memiliki kemampuan menampilkan lirik lagu, sehingga sangat membantu ketika dijadikan media karaoke.  Aplikasi satu ini tentu banyak digemari pengguna yang hobi bernyanyi karena fitur penunjangnya tersebut.  

Lirik yang ada di tampilkan pada aplikasi tersebut juga bukan hanya berasal dari lagu yang tersimpan di perangkat Anda saja, tapi juga lagu yang muncul dari hasil pencarian. Ini menjadi kelebihan tersebut dari aplikasi musik tersebut dibandingkan beberapa aplikasi lainnya.

Aplikasi musixmatch ini juga bisa memudahkan Anda mengidentifikasi lagu yang belum diketahui judulnya. Tentu hal ini sering terjadi, mengingat bahwa mungkin sudah ada ratusan lagu yang selama ini Anda dengarkan.

Meski floating lirik yang tersedia pada aplikasi terkadang bisa membuat pengguna terganggu, namun sebagian besar pengguna terbantu oleh kemampuan deteksinya ini. Hanya saja, aplikasi yang sudah dipakai 50 juta orang ini kadang bisa salah mendeteksi lagu, jika ada kemiripan lirik.

Untuk mengakses aplikasi ini, Anda harus memiliki smartphone yang minimal didukung oleh android 5. Sedangkan untuk mendapatkannya, Anda cukup mengunduhkan di di google play store.

  • Default Music Player

Aplikasi pemutar musik terbaik selanjutnya adalah aplikasi bernama default musik player yang memiliki desain interface sederhana dan mudah dioperasikan. Kesederhanaan aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mengaksesnya dan memutar musik favorit.

Aplikasi ini biasanya juga disebut salah satu aplikasi yang cukup terkenal, karena sudah lebih dari seratus juta pengguna lebih yang mengaksesnya. Untuk bisa menikmati aplikasi ini sendiri, jangan khawatir karena Anda cukup mengunduhnya di play store.

aplikasi musik

  • Deezer Music

Berikutnya ada aplikasi Deezer yang bisa disebut sebagai salah satu aplikasi musik offline. Deezer memang kurang populer dikalangan pecinta musik, tapi kelengkapan fiturnya sangat bagus dan ini direkomendasikan untuk pengguna android seperti Anda. 

Aplikasi ini berisi lebih banyak musik lokal dengan kualitas audio tinggi. Aplikasi ini tentu akan sangat memudahkan Anda menemukan musik lokal favorit. 

Di dalamnya juga ada fitur pelengkap. Salah satu fitur menariknya adalah pengeditan playlist sendiri sesuai dengan daftar musik yang Anda sukai. 

Deezer juga memiliki versi premium seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya untuk memberikan kenyamanan akses bagi penggunanya. Kelebihan yang ditawarkan dari versi ini diantaranya mulai dari akses bebas iklan, akses melalui mode offline, pemutaran music dengan kekuatan suara sampai 320 kb dan sebagainya. 

Walaupun aplikasi ini hanya menyediakan musik-musik lokal, tapi Anda tidak perlu khawatir karena di dalamnya ada kurang lebih 56 juta judul lagu yang bisa didengarkan secara gratis. Namun, lagu yang bisa dibuka tanpa online melalui aplikasi ini harus melewati proses pengunduhan terlebih dahulu. 

Namun, disamping kelebihan tersebut, perlu diketahui bahwa kadang aplikasi ini mengalami kemacetan saat pemutaran dan saat dioperasikan akan diselingi iklan. Untuk Anda yang sudah yakin ingin menggunakan aplikasi deezer, maka bisa segera mendownloadnya.

  • Langit musik

Pilihan pemutar musik berikutnya ada langit musik yang menjadi salah satu aplikasi membanggakan karena dibuat oleh anak bangsa. Walaupun aplikasi ini dibuat oleh orang dalam negeri, tapi kualitasnya tidak kalah dari nama-nama sebelumnya. 

Langit musik memiliki fitur yang memudahkan Anda mencari artis-artis yang diidolakan secara lebih efisien. Aplikasi ini memiliki keunggulan bebas akses tanpa perlu berlangganan secara premium dengan banyak pilihan jenis genre musik dan lagu di dalamnya.

Desain latar belakang yang disajikan oleh aplikasi ini juga sangat sederhana dan mudah dipahami. Aplikasi ini bekerja sama dengan perusahaan telkomsel, sehingga pengguna telkomsel dijamin tidak berbayar saat menggunakannya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah, OS yang diperlukan tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan ruang dalam memori internal Anda. Akan tetapi, dibalik kelebihan tersebut, aplikasi ini sedikit kurang up to date dan lagunya tidak bisa disimpan dalam perangkat android.

Meski tergolong aplikasi baru, langit musik sudah digunakan lebih dari satu juta pengguna android. Aplikasi ini bisa Anda temukan langsung di play store. 

  • Audiomack

Aplikasi pemutar musik yang terakhir bisa dijadikan pilihan adalah audiomack. Aplikasi tersebut serupa dengan aplikasi google musik dimana mengusung konsep streaming dan bisa digunakan untuk download juga. Aplikasi ini juga memudahkan Anda menemukan lagu dari artis yang tidak terlalu populer.

Meskipun aplikasi ini masih kalah dibanding yang lain, tapi rating di android untuknya lumayan bagus dan hingga kini telah mencapai lebih dari 10 juta unduhan. Audiomack mempunyai ukuran 16 mb, jadi masih tergolong kecil dan tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan.

Kebanyakan lagu yang tersedia dalam aplikasi ini adalah hasil cover dan proses download lagu melaluinya juga mudah. Akan tetapi aplikasi ini tidak menyediakan lagu-lagu lokal dan sering blank saat dipakai. Jadi, Anda harus siap untuk kondisi tersebut.

Demikian beberapa daftar aplikasi musik yang bisa Anda manfaatkan sehari-hari. Daftar aplikasi di atas sebagian diantaranya sudah sangat populer, dan memang akan sangat membantu, khususnya bagi yang suka mendengarkan musik via ponsel. Jadi, segera download saja.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *