aplikasi pemotong lagu
Android/iOS

Aplikasi Pemotong Lagu yang Mudah Digunakan

Pada keadaan tertentu, terkadang Anda akan membutuhkan suatu musik atau lagu yang hanya sepotong saja.

Misalnya untuk membuat backsound pada sebuah rekaman atau video. Untuk mengerjakan hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi pemotong lagu.

Ada berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memotong lagu.

Berikut ini beberapa aplikasi audio editor yang direkomendasikan untuk memotong lagu sesuai kebutuhan Anda.

AndroSound Audio Editor

Salah satu aplikasi edit audio yang dapat digunakan untuk memotong musik adalah AndroSound Audio Editor. Aplikasi ini tidak hanya dapat memotong, tapi juga menggabungkan beberapa lagu menjadi satu file.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk merekam lagu ciptaan sendiri. Lagu sederhana buatan sendiri tersebut dapat Anda gunakan sebagai ringtone, nada notifikasi, maupun alarm.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak memerlukan perangkat Android terbaru dengan ruang memori yang besar, karena aplikasi ini memiliki size yang kecil yaitu 12 MB.

Audio Cutter Merger Joiner Mixer

Audio Cutter Merger Joiner Mixer merupakan aplikasi edit audio besutan developer AndroidRock. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur unik yang dapat membantu Anda memotong lagu sesuai keinginan.

Anda juga dapat menggabungkan dua lagu atau lebih menjadi satu file melalui aplikasi ini. Tidak hanya mengedit, aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam lagu serta langsung mengeditnya.

Audio MP3 Cutter

Audio MP3 Cutter

Aplikasi Audio MP3 Cutter akan memanjakan Anda dengan berbagai fitur yang tersedia. Aplikasi ini dilengkapi dengan MP3 Cutter, Audio Mixing, Ringtone Setting, Merge Tool dan lain sebagainya.

Melalui aplikasi ini, Anda tidak hanya dapat memotong lagu saja tetapi juga mengkonversi bahkan remix audio.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur penggabungan file yang mudah digunakan. Tools yang tersedia cocok untuk digunakan bagi Anda yang suka mengedit musik seperti DJ.

Selain untuk mengedit audio, aplikasi Audio MP3 Cutter juga dapat digunakan sebagai MP3 player, yaitu hanya untuk mendengarkan musik.

Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor diklaim sebagai aplikasi audio editor dengan fitur terbanyak. Melalui aplikasi ini, Anda tidak hanya dapat memotong lagu saja.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik seperti change tempo, pitch, speed, noise reduction, fade in, fade out, insert silence, trim, dan lain sebagainya.

MP3 Cutter

MP3 Cutter-accountlab

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memotong lagu dengan mudah melalui HP yang dimiliki. MP3 Cutter-accountlab memiliki tools yang akan memudahkan Anda menggeser bagian yang ingin dipotong.

Hal ini mempercepat kerja Anda memilih bagian lagu yang disimpan dan yang dibuang.

Tidak hanya memotong audio, melalui aplikasi ini Anda dapat langsung menjadikan audio hasil editan sebagai ringtone atau nada dering Hp. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencari file pada galeri musik.

MP3 Cutter and Ringtone Maker

Aplikasi pemotongan lagu ini dapat Anda gunakan dengan cara trimming maupun menghapus bagian tengah lagu. Aplikasi ini mengklaim dapat mengedit pada seluruh format musik.

Selain itu, MP3 Cutter and Ringtone Maker dapat digunakan untuk merekam musik dan langsung mengeditnya.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang membuat hasil editan Anda dapat digunakan sebagai alarm serta nada dering ponsel secara langsung dari aplikasi.

Untuk editor lagu pemula, aplikasi ini tidak disarankan karena tergolong cukup sulit digunakan.

Music Cutter

Music Cutter

Music Cutter dapat digunakan untuk mengedit berbagai format file audio seperti AAC, FLAC, M4A, MP3, WAV, maupun format lainnya.

Interface aplikasi ini sangat sederhana sehingga mudah digunakan, bahkan apabila Anda sangat pemula dalam editing audio. Anda dapat menggunakan aplikasi pemotong lagu ini secara gratis.

Untuk mengunduh aplikasi ini, pastikan terlebih dahulu ruang penyimpanan pada HP Anda masih cukup luas, karena aplikasi ini memiliki size yang cukup besar.

Music Editor

Music Editor sangat kompatibel digunakan untuk mengedit audio. Format audio yang dapat diedit pada aplikasi ini antara lain AAC, M4A encoder, MP3, WAV, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memiliki versi premium yang dapat mempercepat kerja Anda karena menyediakan layanan tanpa iklan.

Music Trimmer

Music Trimmer

Aplikasi Music Trimmer merupakan salah satu audio editor yang dapat Anda gunakan untuk memotong lagu. Anda tidak hanya dapat memotong lagu yang didownload, tapi juga audio hasil rekaman.

Aplikasi ini memiliki interface yang juga sangat sederhana. Music Trimmer dapat digunakan untuk mengedit berbagai format file audio seperti AAC, AMR, MP3, dan WAV.

Setelah proses pemotongan lagu selesai, Anda dapat langsung menggunakan hasilnya sebagai nada dering, notifikasi, dan alarm.

Selain itu size aplikasi ini juga cukup kecil, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang memori HP Anda.

Pemotong MP3/MP3 Cutter

Aplikasi pemotong MP3 dapat Anda gunakan untuk memotong serta menggabungkan MP3 sekaligus.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memotong file dengan berbagai format audio, seperti 3GP, 3GPP, AAC, AMR, M4A, MP3, dan WAV.

Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk memotong berbagai format video dengan tools yang sangat mudah digunakan.

Selain itu, MP3 Cutter juga menyediakan fitur convert yang akan membantu Anda mengubah format file audio menjadi video maupun sebaliknya.

Namun sayangnya size aplikasi MP3 Cutter cukup besar sehingga memakan banyak memori HP Anda. Dan lagi aplikasi ini tidak kompatibel untuk digunakan di beberapa jenis HP.

Ringtone Maker - MP3 Cutter

Ringtone Maker-MP3 Cutter

Aplikasi Ringtone Maker sebenarnya diciptakan untuk membuat nada dering. Namun aplikasi ini menyediakan fitur pemotongan lagu sehingga menjadi salah satu aplikasi pemotong lagu yang recommended.

Hal tersebut membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan bagi editor pemula sekalipun. Menariknya lagi, aplikasi Ringtone Maker dapat digunakan pada semua format lagu.

Serta termasuk aplikasi ringan yang dapat dijalankan tanpa membebani HP Anda.

Timbre Cut, Join, Convert Mp3 Audio & Mp4 Video

Aplikasi Timbre ini sangat direkomendasikan karena dinilai memiliki fitur yang lengkap. Pada aplikasi ini, Anda dapat mengedit file audio maupun video.

Anda dapat dengan mudah memotong dan menggabungkan berbagai format audio dan video. Anda juga dapat mengkonversi file yang diinginkan, yaitu mengubah format file video menjadi audio dan sebaliknya.

Selain itu, aplikasi Timbre memiliki fitur tambahan untuk memisahkan audio dari video.  Dengan segala kelebihan tersebut, sayangnya aplikasi ini termasuk aplikasi berat.

WavePad Audio Editor Free

WavePad Free Audio Editor

Aplikasi audio editor yang sangat direkomendasikan adalah WavePad Free Audio Editor yang memungkinkan Anda untuk memotong lagu sesuai keinginan.

Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuat nada dering atau notifikasi dari MP3 pada HP dengan mudah. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat Anda gunakan dengan leluasa.

WavePad memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa lagu menjadi satu file. Selain itu, WavePad Free Audio Editor juga menyediakan fitur lain seperti special effects.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat memberi efek noise cancellation, normalizing acoustics, amplifying audio, dan editing echo pada file yang diinginkan.

Format file yang support dengan aplikasi ini sangat banyak, yaitu mulai dari wave hingga AIFF.

WaveShop

Aplikasi WaveShop dapat Anda gunakan untuk mengedit audio tanpa khawatir akan terjadinya penurunan kualitas audio.

Aplikasi ini akan mempertahankan kualitas asli file, bahkan setelah mengalami proses pemotongan maupun penggabungan lagu. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit berbagai format audio.

Selain itu, aplikasi WaveShop memiliki pilihan efek seperti amplify, adjust sample rate and size, fade in, fade out, dan masih banyak lagi.

Wavosaur

Wavosaur

Aplikasi audio editing Wavosaur merupakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan untuk memotong, menyalin, maupun menggabungkan lagu.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai efek yang ditawarkan.

Anda dapat memberi efek remove vocals, normalize, fade in, fade, out, auto trim, tweak volume, silence remover, dan lain sebagainya. Ukuran aplikasi ini sangat kecil, yaitu hanya 269 KB saja.

ZeoRing

Aplikasi pemotong lagu recommended yang terakhir adalah ZeoRing. Aplikasi ini memiliki size atau ukuran sangat kecil, yaitu hanya sekitar 1 MB.

Aplikasi ZeoRing dapat Anda gunakan untuk memotong serta menggabungkan lagu, di mana hasil editan tersebut dapat Anda gunakan sebagai ringtone, alarm, atau bahkan dibagikan ke sosial media.

Aplikasi ini tergolong lengkap dengan berbagai fitur pemotong lagu yang sangat mudah digunakan. Tidak hanya itu, ZeoRing tidak memakan banyak ruang pada memori HP Anda.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *