18 Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di PC & Smartphone

Artikel terakhir diperbaharui 19-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Apakah Sahabat Tedas.id mempunyai bakat menggambar dan ingin bikin animasi 2D atau 3D? Masih bingung apa aplikasi pembuat animasi yang cocok?

Animasi merupakan format konten yang terbaik untuk membuat konten anda terlihat lebih bagus. Dengan animasi, anda dapat membuat konten berupa konten edukasi maupun kampanye produk agar lebih menarik dan mudah dipahami.

Sebagai animator, selain memerlukan skill yang baik, anda juga memerlukan aplikasi pembuat animasi yang akan memudahkan anda dalam bekerja.

Rekomendasi 11 Pilihan Aplikasi Pembuat Animasi

Pilihan Aplikasi Pembuat Animasi
Image: opentoonz.github.io/

Pada zaman sekarang, sudah banyak software aplikasi pembuat animasi yang dapat membantu anda dalam membuat animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Banyak pilihan software yang menawarkan aplikasi pembuat animasi gratis yang dapat anda gunakan. Ada juga software aplikasi desain grafis yang andal dan anda dapat membuat animasi yang berkualitas dengan gratis.

Kabar baiknya lagi, anda dapat menggunakan aplikasi pembuat animasi dengan menggunakan PC maupun smartphone.

Berikut ini merupakan aplikasi pembuat video animasi dari yang mudah hingga yang profesional yang dapat anda coba.

Ada banyak software aplikasi pembuat video animasi yang dapat digunakan. Untuk itu ini dia rangkuman beberapa rekomendasi software aplikasi pembuat animasi yang dapat anda gunakan di PC.

 1. Aplikasi OpenToonz

Aplikasi pembuat animasi pertama yang direkomendasikan adalah aplikasi OpenToonz. Aplikasi ini sangat terkenal karena sering digunakan oleh studio-studio animasi yang sudah terkenal seperti Studio Madhouse, Kamikaze Douga, Studio Ponoc, dan Studio Ghibli.

Salah satu karya animasi hasil menggunakan software aplikasi OpenToonz adalah Toroto. Software aplikasi pembuat animasi ini memiliki banyak fitur yang bisa mempermudah para animator dalam membuat animasi.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah menciptakan distorsi bergelombang, memindai empat gambar yang tak sama, membuat dramatisir cahaya, dan mengubah gaya pada gambar.

Kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah bahwa aplikasi OpenToonz ini merupakan software animasi 2D yang gratis. Anda dapat menggunakan dan menikmati semua fiturnya tanpa harus membayar.

Fitur OpenToonz:

  • Dapat membuat wavy distortion
  • Dapat mengubah style gambar dengan mudah
  • Affected incident light
  • Scanning gambar

2. Aplikasi Blender

Aplikasi pembuat animasi selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah Blender. Software ini dapat anda gunakan secara gratis. Aplikasi pembuat animasi ini juga merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh animator profesional di dunia.

Untuk anda yang sudah lama terjun ke dalam dunia animasi mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Anda dapat menggunakan aplikasi Blender untuk membuat animasi 3D yang profesional.

Aplikasi Blender merupakan software open source yang dapat mendukung anda untuk membuat animasi 3D dengan hasil yang terlihat nyata.

Perlu anda ketahui bahwa salah satu animasi Netflix berjudul “Next Gen” yang mendapatkan penghargaan merupakan animasi yang dibuat dengan bantuan aplikasi Blender.

Aplikasi pembuat animasi satu ini memiliki user interface yang membuat anda lebih mudah untuk mencari tools yang disediakan.

Aplikasi Blender menyediakan fitur pelacakan objek sehingga anda dapat memiringkan, menggeser, dan memutar kamera di sekitar objek dalam 360 derajat.

Fitur-fitur lain yang melengkapi aplikasi pembuat animasi satu ini yakni sculpting, modelling, curve, dan retopology. Aplikasi ini cukup compatible untuk berbagai sistem operasi komputer, dari Mac, Windows, hingga Linux.

Aplikasi ini direkomendasikan untuk anda yang sudah berada di tingkat lanjut. Aplikasi Blender ini mungkin dapat dikatakan tidak ramah untuk anda yang pemula.

Fitur Blender:

  • Fitur mirroring
  • Animasi non linear untuk pergerakan karakter independen
  • Walk cycles along the path secara otomatis
  • Simulasi realistis standar industri
  • Dirancang dan dibuat untuk animasi yang kuat

3. Aplikasi Pencil 2D

aplikasi pembuat animasi di android
Image: pencil2d.org

Jika melihat dari namanya, aplikasi pembuat animasi ini dapat membuat gambar dengan menggunakan goresan pensil virtual.

Hasil yang ditampilkan terlihat natural seperti gambar menggunakan tangan sendiri. Metode proses pembuatan animasi dilakukan dengan frame satu ke frame lainnya atau frame to frame sehingga dengan cara manual ini, hasilnya akan lebih bagus.

Aplikasi Pencil 2D juga memiliki interface yang sederhana dibandingkan dengan aplikasi pembuat animas lainnya sehingga anda dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Tidak ada paket berbayar dan aplikasi ini juga ditawarkan di Mac, Windows, dan Linux secara gratis dan open source.

Fitur Pencil 2D:

  • Memiliki program ringan
  • Beralih antara file vektor dan raster dengan sangat mudah
  • Tampilan interface sederhana dan tetap keren
  • Cross-platform functionality untuk pengguna di berbagai sistem (Mac, Windows, Linux)

4. Aplikasi KeyShot

KeyShot merupakan aplikasi pembuat animasi penghasil 2D dan 3D yang sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Selain itu anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Keunggulan ketika menggunakan software ini adalah KeyShot memiliki real time rendering. Anda dapat menghasilkan pekerjaan yang realistis dengan waktu yang cukup instan.

Kelebihan real time rendering dapat memudahkan anda agar lebih cepat dalam menyimpan hasil karya anda.

Ada beberapa fitur lainnya yang menjadi keunggulan KeyShot. Seperti fitur Focus Caustics yang dapat memudahkan animator untuk memfokuskan pada sebuah objek.

Selain itu, terdapat pula fitur Flexible Acces dan Camera Control yang dapat menjadi sebuah fitur andalan dalam mengerjakan proyek animasi. Dengan fitur Camera Control, lanskap animasi akan terlihat semakin nyata.

Fitur KeyShot:

  • Real time rendering
  • Memiliki fitur Focus Caustics
  • Memiliki fitur Flexible Acces
  • Menjadikan hasil lebih nyata dengan Camera Control

5. Aplikasi Synfig Studio

IMage: synfig.org

Selanjutnya ada aplikasi pembuat animasi 2D yakni Synfig Studio. Aplikasi satu ini cocok untuk anda yang ingin belajar membuat animasi.

Untuk tampilan antarmuka Synfig Studio dibagi menjadi 4 windows yang beda. Diantara 4 windows tersebut adalah tools window, parameter window, navigator window, dan yang terakhir editing window.

Aplikasi pembuat animasi ini cukup sedikit memakan waktu karena tidak menyediakan template atau pustaka konten untuk dikerjakan.

Tetapi jika anda memiliki keterampilan teknis yang baik dan mental artistik, maka akan lebih mudah untuk menggunakan Synfig Studio.

Fitur Synfig Studio:

  • Memiliki fitur layering
  • Memiliki fitur filter
  • Vector tweening
  • Kemampuan fitur canggih untuk pengguna ahli
  • Bone system untuk proses edit gambar bitmap yang kompleks

6. Aplikasi Clara.io

Aplikasi pembuat animasi yang direkomendasikan selanjutnya adalah software pembuat animasi berbasis cloud, yaitu aplikasi Clara.io.

Dengan menggunakan aplikasi pembuat animasi satu ini, anda dapat membuat animasi 3D dengan berbagai macam pilihan tools dan efek yang praktis.

Untuk menggunakannya anda dapat menggunakan browser seperti Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dan lain-lainnya.

Fitur Clara.io:

  • Tampilan interface cukup sederhana
  • Custom 3D viewers
  • Memiliki ragam fitur modelling
  • Import files menjadi 30 bentuk normal aplikasi 3D seperti Babylons

7. Aplikasi Toon Boom

Toon Boom merupakan aplikasi pembuat animasi yang patut digunakan sebagai aplikasi pembuat video animasi.

Pasalnya, aplikasi ini sudah sering digunakan oleh animator profesional yang terkemuka. Bahkan aplikasi ini disebut sebagai aplikasi pembuat animasi 2D terbaik.

Beberapa studio yang menggunakan aplikasi Toon Boom adalah Cartoon Network, Universal Studio, Nelvana, Dreamworks, dan masih banyak lagi.

Aplikasi pembuat animasi terbaik ini memiliki interface yang mudah untuk dipahami dan ramah bagi pemula. Selain itu, aplikasi ini memiliki banyak fitur unggulan.

Toon Boom memiliki fitur camera angle dan compasitor untuk memudahkan animator menciptakan sudut pandang tertentu pada objek animasi yang sedang dibuat.

Selain itu, jika sang animator merasa masih belum puas dengan hasil akhir, anda dapat menggunakan fitur frame to frame yang bisa menghasilkan gambar animasi yang lebih baik lagi.

Fitur Toon Boom:

  • Interface yang sederhana
  • Memiliki fitur frame to frame
  • Memiliki ragam fitur canggih untuk animator profesional
  • Ramah untuk pemula

8. Aplikasi DAZ Studio

Image: daz3d.com

Aplikasi pembuat animasi dengan kualitas produksi studio dapat anda buat melalui aplikasi DAZ Studio. Hasil animasinya akan terlihat sangat bagus dan berkualitas.

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai aplikasi pembuat video animasi dari yang mudah hingga yang cukup sulit.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang kompleks dan dilengkapi dengan teknologi NVIDIA Iray. DAZ Studio akan memberikan anda hasil seperti seorang animator yang profesional.

Fitur DAZ Studio:

  • Dilengkapi NVIDIA Drawstyle
  • Use Uber Shader
  • Material Definition Language

9. Aplikasi Anime Studio

Anime Studio merupakan aplikasi pembuat animasi di PC yang cocok untuk anda yang ingin membuat animasi 2D anime.

Anda dapat mengakses banyak tutorial penggunaan aplikasi ini melalui website atau YouTube. Sudah cukup banyak studio anime yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat karyanya. Aplikasi ini juga cukup terkenal.

10. Stykz

Stykz adalah aplikasi pembuat animasi yang hadir dengan interface sederhana dan sangat cocok bagi anda yang pemula.

Aplikasi ini didukung dan dapat di download secara gratis serta sangat compatible untuk windows, MacOS, dan Linux.

Anda tidak perlu khawatir saat kebingungan menggunakannya, terdapat dukungan forum official yang akan membantu menjawab pertanyaan dan permasalahan yang dialami oleh pengguna.

11. Aplikasi Animator HD

Berbeda dengan aplikasi pembuat animasi di atas yang sudah dijelaskan, aplikasi Animator HD dapat dibilang aplikasi pembuat animasi paling simple.

Fungsi dari aplikasi Animator HD ini hanya untuk mengedit video atau menambahkan objek 3 dimensi yang tersedia di aplikasinya.

Aplikasi ini cukup simpel. Oleh sebab itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pemula atau yang ingin mencoba bagaimana mengedit objek 3 dimensi ke dalam video.

7 Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di Smartphone

aplikasi pembuat animasi terbaik
Image: play.google.com

Semakin canggih teknologi masa kini, maka semakin mudah untuk kita mengakses segala hal.

Salah satunya adalah anda dapat membuat animasi hanya dengan menggunakan smartphone.

Lalu aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat animasi?

1. Aplikasi Animate Free

Aplikasi pembuat animasi di smartphone ini dapat membantu anda membuat berbagai jenis karakter yang dapat anda pilih sendiri.

Anda dapat memilih karakter lalu menggabungkannya dengan objek pelengkap lainnya seperti topi, boneka dan banyak lagi lainnya.

Setelah anda berhasil menggabungkannya, anda dapat membuat video melalui hasil objek yang anda ciptakan hingga mencapai 32 frame. Selain itu, anda juga dapat melihat preview hasil video dan mengeditnya apabila dirasa kurang bagus.

2. Aplikasi Animation Desk

aplikasi pembuat animasi terbaik untuk android
Image: play.google.com

Animation Desk adalah aplikasi pembuat animasi di smartphone yang menyediakan fitur yang cukup lumayan lengkap.

Pada aplikasi ini, terdapat beberapa fitur alat-alat melukis dan menggambar seperti pensil, pena, krayon, 3 jenis kuas, dan penghapusnya.

Keunggulan lainnya selain anda dapat membuat sketsa, anda dapat menggeser objek frame by frame sesuai dengan keinginan anda.

3. Stick Nodes: Stickman Animator

Image: play.google.com

Aplikasi Stick Nodes merupakan aplikasi pembuat video animasi untuk stickman yang sedang bertarung dengan keren.

Anda dapat membuat efek suara dengan sendiri seperti suara pukulan atau suara jatuh. Anda juga mendapatkan fitur preview untuk hasil video anda sehingga anda dapat memperbaikinya jika kurang memuaskan.

Dilengkapi juga dengan fitur undo dan redo yang akan membuat anda lebih mudah dalam membuat animasi. Hasil videonya bisa anda konversikan ke dalam format MP4 atau GIF.

4. Draw Cartoons 2

aplikasi pembuat video animasi
Image: play.google.com

Aplikasi pembuat animasi di Smartphone satu ini dapat anda gunakan untuk menuangkan kreasi seni sederhana dengan cara menggambar objek melalui alat-alat yang tersedia.

Anda dapat langsung menyimpan hasil karya anda dalam bentuk video agar dapat ditonton secara offline. Anda juga dapat langsung membagikannya ke media sosial milik anda.

5. PicsArt Animator: GIF & Video

Image: play.google.com

Anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi PicsArt untuk mengedit foto.

Selain aplikasi edit foto, PicsArt juga berhasil menciptakan aplikasi pembuat animasi sederhana yang dapat mewujudkan karakter versi anda.

Fitur-fitur yang disediakan cukup lengkap dan mudah untuk digunakan. Didukung dengan tools yang lengkap, aplikasi ini cocok bagi pemula yang ingin menciptakan karakter animasinya sendiri.

6. Aplikasi FlipaClip

Image: play.google.com

FlipaClip merupakan aplikasi pembuat video animasi di Smartphone terkeren. Anda dapat membuatnya dengan cara frame by frame.

Untuk cara kerja aplikasi FlipaClip ini sangatlah mirip dengan kreasi animasi FlipBook. Bedanya, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap seperti penunjuk waktu, pengatur frame onion layer, dan yang lainnya.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk anda yang menggunakan smartphone Android Samsung karena sudah mendukung untuk pengguna Samsung Pen yang terdapat pada kelengkapan Pen Stylus.

7. Pic Pac Stop Motion & TimeLapse

Aplikasi ini merupakan aplikasi stop motion. Stop motion adalah teknik untuk membuat objek animasi menjadi bergerak sendiri secara fisik.

Apabila anda ingin mendapatkan kualitas video yang bagus dengan resolusi 480p, 720p, atau 1080p, anda harus meng upgradenya ke versi pro.

Versi pro dari aplikasi Pic Pac Stop Motion & TimeLapse dapat menghapus watermark pada hasil video stop motion.

Setelah mengetahui beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan di PC maupun di Smartphone untuk membuat animasi, waktunya anda untuk menuangkan kreasi dan terus belajar untuk menjadi animator profesional.

Belajar dan terus gali potensi menggambar anda dengan penuh hati dan sabar untuk dapat menggunakan aplikasi pembuat animasi di atas secara lebih profesional sehingga hasil yang didapatkan juga merupakan hasil terbaik.

Ikuti terus informasi terkait teknologi dan rekomendasi aplikasi lainnya hanya di Tedas.id. Semoga bermanfaat.

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.