Ini Dia Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Online

Pembayaran online semakin populer di masyarakat saat ini. Bahkan, aplikasi pembayaran online sudah semakin mudah didapatkan. Sayangnya, hal itu sering membuat Anda bingung untuk memilih.

Dengan aplikasi pembayaran online tersebut, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank hanya untuk mengirim uang ataupun membayar belanja online.

Cukup menggunakan smartphone dan internet, Anda sudah bisa melakukan semua transaksi dengan cepat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika pembayaran online digadang-gadang sebagai salah satu bisnis yang akan berkembang pesat di Indonesia.

Keuntungan Melakukan Pembayaran secara Online

Pembayaran online atau yang kerap disebut pembayaran digital memang masih tergolong baru di Indonesia. Oleh sebab itu, penggunaannya masih terus berkembang di masyarakat.

Namun semenjak hadirnya berbagai aplikasi pembayaran online, metode pembayaran semacam ini semakin diminati khususnya oleh kalangan milenial karena lebih praktis.

Pembayaran non tunai (cashless) seperti ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pembayaran biasa. Namun pembayaran secara non tunai ini dinilai lebih praktis, efisien, dan berbagai keuntungan lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan pembayaran online.

1. Bisa digunakan kapan dan di mana saja

Meskipun saat ini pembayaran digital belum bisa digunakan secara luas, tapi penggunaannya sudah mulai banyak dilakukan terutama di gerai-gerai modern.

Dengan digital payment seperti ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi termasuk membayar berbagai macam tagihan di mana pun serta kapan pun asalkan memiliki saldo dan terhubung dengan internet.

2. Lebih aman

Dibandingkan dengan menggunakan uang tunai, digital payment dinilai lebih aman terutama di saat pandemi seperti sekarang.

Dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital, Anda bisa meminimalisir kontak dengan orang lain dan juga terhindar dari uang yang banyak mengandung kuman.

Selain itu, dengan pembayaran online seperti ini Anda akan lebih mudah mengatur keuangan sebab semua transaksi dicatat secara otomatis.

Pembayaran digital juga bisa meminimalisir tindak kejahatan karena tidak menggunakan uang fisik yang rawan untuk dipalsukan.

aplikasi digital payment

3. Lebih efisien

Praktis merupakan kelebihan utama dari aplikasi pembayaran digital. Dengan ini, Anda tidak perlu lagi membawa-bawa uang tunai dalam jumlah yang banyak serta tidak perlu repot menerima kembalian.

Cukup scan QR code ataupun kirim saldo maka pembayaran sudah otomatis dilakukan, simpel dan tidak ribet.

4. Banyak promo yang ditawarkan

Salah satu daya tarik pembayaran digital adalah berbagai promo yang dimilikinya. Biasanya berbagai aplikasi pembayaran online akan bekerja sama dengan merchant dan perusahaan tertentu agar bisa memberikan promo dan bonus kepada konsumen.

Promo yang ditawarkan juga sangat beragam dan cukup menguntungkan para penggunanya.

Selain itu, beberapa aplikasi memberikan fasilitas reward setiap kali Anda melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut. Namun, tentu saja ada syarat dan ketentuan yang perlu Anda ikuti.

5. Pilihan pembayaran online yang beragam

Pembayaran secara digital saat ini sudah berkembang menjadi berbagai macam tipe. Hal tersebut memang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat.

Jika Anda berminat menggunakan pembayaran digital, berikut beberapa tipe pembayaran yang populer di Indonesia.

  1. Mobile banking
  2. SMS banking
  3. Internet banking
  4. Uang elektronik (e-money)

Perlu Anda ketahui, jika 3 dari 4 tipe pembayaran di atas biasanya merupakan fasilitas dari bank. Dengan kata lain, jika Anda menggunakan mobile banking, SMS banking, dan internet banking Anda akan dikenakan biaya administrasi yang dipotong dari tabungan Anda.

Namun, pemotongan tersebut berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing bank. Saat ini, pembayaran dengan uang elektronik merupakan tipe yang paling baru dan semakin populer beberapa tahun belakangan.

Berbeda dengan pembayaran lain, e-money memungkinkan semua transaksi dilakukan secara online tanpa ada biaya tambahan. Jika pun ada tambahan, nominalnya lebih kecil dibandingkan dengan biaya administrasi bank.

Rekomendasi Dompet Digital Terpopuler di Indonesia

Agar bisa menggunakan e-money, Anda membutuhkan aplikasi yang berfungsi sebagai dompet digital. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan berbagai transaksi dan pembelian dari dompet Anda.

Nah bagi Anda yang tertarik, berikut rekomendasi dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia.

1. Dana

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah mobile payment Dana. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan transaksi digital hanya menggunakan smartphone saja.

Tidak hanya transaksi, dengan aplikasi Dana Anda juga bisa mengirim uang antar sesama pengguna tanpa perlu mengetahui nomor rekeningnya. Cukup masukkan nomor telepon penerima dan nominal yang dikirim.

Dana mungkin belum terlalu dikenal. Namun, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sudah mendapat izin dari Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital.

Selain itu, aplikasi ini juga telah terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga data Anda akan lebih terjamin keamanannya.

2. Doku

Dibandingkan dengan mobile payment lainnya, Doku ini dinilai lebih aman dan efisien. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang ketika melakukan transaksi.

Baik itu pembayaran tagihan bulanan, pembelian pulsa, ataupun transfer uang ke sesama pengguna Doku.

Kelebihan Doku yang jarang dimiliki pembayaran digital lain adalah bisa digunakan untuk pembayaran di e-commerce luar negeri, sehingga pembayaran belanja online Anda akan lebih mudah.

Selain itu, Doku juga bisa digunakan untuk tarik tunai dan membayar cicilan kendaraan sehingga lebih praktis.

Untuk soal keamanannya, Anda tidak perlu khawatir sebab Doku sudah menerapkan sistem keamanan yang berlapis.

Contohnya adalah dengan menggunakan password dan PIN, melakukan enkripsi data pribadi sehingga data Anda tidak mudah diretas, serta laporan transaksi yang bisa dilihat secara real time.

3. Go-Pay

Aplikasi ini mungkin adalah pembayaran digital paling terkenal di Indonesia. Selain terhubung dengan berbagai aplikasi lain dari Gojek, aplikasi ini juga sudah dapat diterima di berbagai tempat.

Bahkan pembayaran dengan Go-Pay sudah banyak digunakan oleh kalangan milenial di kota-kota besar. Aplikasi Go-Pay saat ini sudah memiliki izin dari Bank Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

Selain itu, sekarang aplikasi ini sudah bekerja sama dengan berbagai bank nasional sehingga proses top up saldo juga semakin mudah dan efisien.

isaku

4. i.saku

Aplikasi i.saku besutan Indomaret ini sekarang sudah mendapat izin resmi dari Bank Indonesia (BI). Dengan begitu Anda akan semakin mudah berbelanja di minimarket tersebut.

Berbeda dengan yang lainnya, dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan setor atau tarik tunai dengan menggunakan token.

Setiap melakukan transaksi Anda akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan. Jika poin yang dikumpulkan sudah banyak, Anda bisa menukarkannya dengan berbagai promo menarik dari Indomaret.

Selain itu, di aplikasi ini juga tersedia berbagai promo menarik yang tentu saja sayang untuk dilewatkan.

LinkAja

5. LinkAja

LinkAja merupakan mobile payment yang dikembangkan oleh beberapa BUMN tanah air. Oleh sebab itu, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan.

Beberapa di antaranya adalah  transfer serta tarik tunai di mana pun, telah mendukung pembayaran menggunakan QR code dan token, serta bisa digunakan di berbagai merchant besar di Indonesia. Aplikasi ini diklaim aman karena sudah memiliki izin dari Bank Indonesia.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran digital asal memiliki saldo yang cukup. Oleh sebab itu, tidak heran jika aplikasi ini memiliki banyak pengguna.

ovo

6. OVO

OVO merupakan pembayaran digital lain yang juga banyak digunakan di Indonesia. Sama seperti Go-Pay yang terafiliasi dengan Go-Jek, maka OVO terafiliasi dengan Grab.

Dengan mobile payment ini, Anda juga bisa melakukan pembayaran berbagai hal seperti pulsa, listrik, asuransi, internet dan sebagainya.

Salah satu kelebihan OVO adalah proses pengisian saldo yang mudah. Bahkan Anda bisa top up secara offline melalui pengemudi Grab.

Anda juga bisa menggunakan OVO di banyak merchant seperti bioskop, cafe, bahkan e-commerce seperti Tokopedia. Selain itu, Anda juga akan mendapat berbagai promo serta poin menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Sakuku

7. Sakuku

Aplikasi Sakuku ini merupakan  besutan dari BCA. Sakuku akan menggunakan nomor telepon Anda sebagai nomor akun tanpa perlu membayar biaya bulanan.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh nasabah BCA yang telah melakukan transaksi BCA mobile selama kurang lebih 1 bulan terakhir.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi seperti transfer uang, tarik uang tunai, dan transaksi lain yang berkaitan dengan perbankan.

Jika aplikasi ini dirasa belum lengkap, Anda bisa menggunakan aplikasi Sakuku Plus yang menyediakan berbagai transaksi khusus.

8. Jenius

Jenius bisa dikatakan sebagai pemain baru dalam layanan dompet digital tanah air. Akan tetapi Jenius dalam sekejap langsung disukai oleh masyarakat, terutama dari kalangan pebisnis muda.

Hal ini dikarenakan aplikasi yang dimiliki BTPN ini sudah terdaftar di OJK dan memiliki sertifikat LPS sehingga transaksinya lebih terjamin.

Selain itu, Jenius merupakan satu-satunya dompet digital yang bisa dihubungkan dengan pembayaran internasional Paypal. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kesulitan ketika berbelanja online di situs-situs luar negeri.

9. Mega Mobile

Aplikasi Mega Mobile dari Bank Mega ini juga bisa dikatakan cukup menarik. Sebab aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sedikit berbeda dibandingkan dengan dompet digital lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki koneksi yang berbeda yaitu melalui SMS serta mobile internet. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan dengan lebih mudah.

Karena aplikasi ini dikeluarkan oleh perbankan, maka selain transaksi biasa Anda juga bisa mengecek info tabungan seperti saldo, data transaksi, serta info valuta asing.

OCTO Mobile

10. OCTO Mobile by CIMB Niaga

Aplikasi OCTO Mobile ini merupakan besutan dari Bank CIMB Niaga yang dikhususkan untuk para nasabahnya. Layanan ini diklaim sangat aman karena memiliki sistem keamanan yang canggih.

Beberapa contohnya adalah penggunaan fingerprint dan Face Lock sehingga hanya pengguna sendiri yang bisa mengaksesnya.

Sama seperti aplikasi dompet digital bank lain, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dengan lebih cepat.

Bahkan dengan aplikasi ini Anda bisa membuka akun tabungan baru di mana pun dan kapan pun tanpa harus pergi ke bank.

Dengan dompet digital, jelas saja semua transaksi Anda akan semakin mudah dan praktis. Namun perlu diingat jika aplikasi ini kadang membuat Anda lebih sering berbelanja sehingga Anda perlu  mengontrol diri. Jangan sampai aplikasi ini justru membuat Anda semakin boros.

Dari deretan aplikasi dompet digital di atas, Anda bisa melihat jika ada 3 pengembang yang cukup dominan yaitu startup, perbankan serta merchant.

Masing-masing aplikasi pembayaran online tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, Anda sebagai pengguna harus lebih selektif dalam memilih aplikasi yang tepat.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *