aplikasi mirroring android ke laptop
Android/iOS

Rekomendasi 8 Aplikasi Mirroring Android Ke Laptop dan TV

Android saat ini sudah memiliki aplikasi mirroring. Aplikasi mirroring atau screen mirroring adalah aplikasi yang memungkinkan tampilan pada layar smartphone ditampilkan di TV ataupun laptop.

Aplikasi mirroring android ke laptop dan TV ini memiliki banyak fitur yang akan menguntungkan Anda.Keberadaan aplikasi tersebut akan membuat kegiatan seperti bermain game atau menonton film menjadi lebih menyenangkan, karena tampilan layar yang lebih lebar.

Sayangnya, daftar aplikasi tersebut belum cukup populer. Berikut ini daftar aplikasi yang bisa Anda gunakan dan ulasannya.

8 Aplikasi Mirroring Android Ke Laptop dan TV

1. Mirroring360

Aplikasi mirroring 360 adalah aplikasi mirroring android ke laptop yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan tampilan smartphone pada PC dan perangkat lainnya. Mirroring360 sangat mudah dioperasikan untuk disambungkan ke beberapa perangkat sekaligus pada waktu yang bersamaan.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di google play, namun hanya untuk Android 5.0 atau versi yang lebih baru. Aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk versi di bawah itu atau lebih lama dari itu. Selain itu, aplikasi ini membutuhkan penerima terpisah supaya layar smartphone bisa ditampilkan.

Baca Juga: Cara Menyambungkan HP ke TV Dengan Kabel Data dan Aplikasi

2. Screen Mirror

Aplikasi mirroring android ke laptop yang selanjutnya adalah screen mirroring, yang bisa memunculkan tampilan HP Android di Laptop. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan berikut ini cara penggunaanya.

* Download Aplikasi

Langkah pertama dalam penggunaannya, Anda harus mendownload aplikasi ini melalui play store. Setelah itu, tunggu hingga aplikasi ini selesai di download dan terinstal di HP Anda.

* Sambungkan dengan Wifi

Langkah selanjutnya adalah menyalakan tethering pada smartphone Anda, dan hubungkan laptop ke sambungan wifi yang telah dinyalakan. Pastikan juga tidak ada perangkat lain yang tersambung ke wifi ponsel Anda.

* Akses ke Situs Screen Mirror

Selanjunya, akses website screen mirror di http://www.screenmirrorapp.com/ melalui chrome atau browser lain di komputer Anda. Situs screen mirror akan menampilkan kode qr, yang harus Anda scan menggunakan aplikasi scan pada ponsel.

Setelah berhasil melakukan scan kode tersebut, layar hp akan segera terhubung dengan laptop. Dalam pengoperasiannya sendiri, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan melalui aplikasi ini, seperti screenshot atau auto rotation.

aplikasi mirroring android ke tv

3. ApowerMirror

Aplikasi ApowerMirror adalah aplikasi yang bisa digunakan baik di Android ataupun iOS. Fungsinya hampir sama dengan aplikasi yang lain, yaitu menampilkan tampilan smartphone ke layar PC, dengan tampilan yang lebih lebar serta mengesankan.

Kelebihan aplikasi ini adalah, Anda bisa mengontrol ponsel menggunakan keyboard serta mouse dari perangkat komputer yang tersambung. Aplikasi ApowerMirror juga memungkinkan Anda bisa merekam layar atau melakukan screenshot.

ApowerMirror juga akan membuat Anda bisa mengirim pesan dan menerima notifikasi dari komputer ketika sedang melakukan mirroring. Anda tidak perlu khawatir dengan adanya lag dalam penggunaannya. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Android dengan versi 5.0 ke atas.

4. Vysor

Vysor adalah aplikasi mirroring android ke laptop yang juga cukup recommended. Aplikasi ini cukup bagus, mudah digunakan, serta tidak menggunakan tethering wifi untuk menyambungkan perangkat. Berikut ini cara penggunaan aplikasi Vysor tersebut.

* Aktifkan USB Debugging

Aplikasi ini tersambung dengan laptop menggunakan USB debugging, dan untuk mengaktifkannya Anda harus masuk ke mode pengembang atau developer mode. Setiap smartphone punya cara yang berbeda untuk mengaktifkan ini, tapi kurang lebih metodenya mirip.

Anda hanya perlu menuju pengaturan, lalu klik informasi tentang ponsel. Pada bagian info build, Anda hanya perlu mengetuk bagian tersebut sebanyak 7 kali, dan selanjutnya akan ada pemberitahuan bahwa Anda telah memasuki mode pengembang. Setelah itu, aktifkan USB Debugging.

* Unduh Aplikasi dan Pasang Extension Vysor

Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Vysor melalui google play di ponsel. Setelah itu, Anda harus memasang extension Vysor pada google chrome di komputer yang akan disambungkan.

Jika extension sudah terpasang, bukalah kembali aplikasi Vysor di laptop. Anda kemudian akan diminta untuk menghubungkan ponsel pada PC menggunakan kabel USB. Apabila ponsel telah dihubungkan, Vysor akan mendeteksinya dan menampilkan tampilan ponsel Anda.

Anda bisa melakukan banyak hal dengan aplikasi ini. Salah satunya adalah melakukan penghapusan aplikasi. Anda juga bisa menjalankan aplikasi di Android seperti biasanya. Nah, untuk mendapatkan fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan versi berbayar.

5. Wondershare MirrorGo

Aplikasi mirroring android ke laptop selanjutnya adalah aplikasi yang memang dikembangkan untuk para gamers. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menampilkan serta memainkan game yang hanya ada di ponsel. Aplikasi Wondershare MirrorGo ini bisa akan memungkinkan menikmati grafis tampilan game di layar laptop.

Selain lebih luas serta tampilannya lebih jernih, Anda juga bisa memainkan game sepuasnya, dengan lebih lancar. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan pesan melalui PC saat sedang menghubungkannya.

Sayangnya, aplikasi ini tidak mendukung untuk screenshot ketika Anda melakukan mirroring. Penggunaannya pun terbatas untuk satu perangkat saja.

6. AirDroid

AirDroid adalah aplikasi yang fungsinya tidak hanya sekedar melakukan mirroring, namun bisa juga digunakan sebagai aplikasi file manager. File manager ini bisa diakses melalui komputer yang Anda sambungkan, hanya saja penggunaannya terbatas.

Dalam hal ini, penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Berikut langkah-langkah menggunakan AirDroid tersebut.

* Download AirDroid

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut pada ponsel terlebih dahulu. Jika sudah mengunduh dan menginstalnya, Anda bisa mendaftarkan akun AirDroid melalui ponsel.

* Akses Situs AirDroid

Kemudian, Anda harus mengakses situs AirDroid melalui browser yang ada di komputer atau bisa mendownload aplikasi AirDroid untuk PC. Setelah itu, Anda hanya perlu terhubung dengan jaringan wifi yang sama melalui Local Connection Mode.

Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan akun yang telah didaftarkan sebelumnya melalui ponsel. Akun yang Anda gunakan untuk PC dan ponsel harus merupakan akun yang sama.

Aplikasi ini bisa memungkinkan Anda melakukan screenshot melalui PC pada tampilan ponsel, serta bisa melakukan akses pada data-data seperti video, foto, serta data lainnya. Hanya saja, akses ini terbatas, dan Anda bisa mendapatkan fitur menarik lainnya di versi berbayar aplikasi tersebut.

7. Mobizen

Aplikasi mirroring android ke laptop ini bisa digunakan untuk mirroring tampilan ponsel serta digunakan untuk bermain game di layar komputer. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan streaming video pada tampilan komputer Anda.

Anda juga bisa menggunakan mouse maupun keyboard untuk mengontrol smartphone. Mobizen memang memungkinkan Anda untuk mengakses file-file yang terdapat pada ponsel.

Sayangnya, untuk mengakses koneksi nirkabel, Anda harus menggunakan versi pro atau versi berbayarnya. Android yang bisa mengakses versi ini adalah android versi 4.0 ke atas.

aplikasi mirroring android ke laptop terbaik

8. Miracast dan Chromecast

Aplikasi kali ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan tampilan ponsel ke layar TV. Jadi, Aplikasi Miracast dan Chromecast bisa disebut sebagai aplikasi mirroring android ke TV. Aplikasi tersebut dikembangkan supaya ponsel Anda bisa terhubung dengan TV tanpa menggunakan kabel.

Miracast ini merupakan aplikasi yang dikenalkan oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2021, dan bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat. Tentu saja diantaranya termasuk tablet, smartphone, atau laptop, ke TV, proyektor, maupun monitor.

Perangkat ini bisa digunakan beberapa macam smartphone Android, dan untuk pengaplikasiannya menggunakan Google ataupun vendor pengembang seperti Samsung melalui fitur Smart Link.

Google juga telah mengembangkan protokolnya sendiri untuk Android 6.0 ke atas, yaitu Google cast. Disini, Google cast dan miracast mempunyai fungsi yang hampir sama. Berikut ini cara penggunaannya.

* Menyambungkan Ponsel dan TV Pada Jaringan yang Sama

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa ponsel serta TV yang akan dihubungkan berada dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama. Setelah itu, Anda bisa membuka smartphone untuk masuk ke aplikasi.

* Memastikan Ponsel Di Support Aplikasi Tersebut Atau Install Aplikasi

Sebelum masuk ke aplikasi, pastikan bahwa ponsel Anda didukung oleh fitur cast ini. Fitur ini bisa bernama Wireless Display Smart View, Miracast, atau Screen Mirroring. Jika aplikasi tersebut tidak ada pada ponsel Anda, install terlebih dahulu melalui play store,

* Sambungkan Aplikasi

Setelah memastikan dua langkah sebelumnya telah dilakukan, kemudian Anda harus masuk ke fitur setting dan buka fitur cast-nya. Apabila Anda telah mengaktifkan fitur tersebut, selanjutnya akan muncul perangkat yang bisa tersambung dengannya.

Anda hanya perlu memilih perangkat yang ingin disambungkan. Dalam hal ini, jika ingin menyambungkan ke TV misalnya, Anda tinggal menyambungkannya dan tampilan ponsel akan muncul pada layar TV.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.