Belajar Makin Seru Ini 15 Aplikasi Matematika SMA Terbaik

Banyak siswa merasa kesulitan dalam pelajaran yang berkaitan dengan hitungan, utamanya matematika. Namun, masih ada solusi, yaitu dengan menggunakan aplikasi matematika yang bisa diunduh di ponsel atau PC.

Kebingungan saat menghadapi soal matematika sering menjadi momok bagi anak sekolah, baik itu jenjang SD, SMP, maupun SMA. Banyak yang berharap mendapatkan bantuan untuk memecahkan soal rumit yang dihadapi. Untuk itulah aplikasi ini hadir.

Rekomendasi 15 Aplikasi Matematika Terbaik

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mengunduh salah satu aplikasi ini. Pengguna bisa mendapatkan rumus matematika, menggunakan fitur kalkulator, hingga mendapatkan jawaban dari soal yang harus dipecahkan.

Dengan memanfaatkan aplikasi menghitung, tentunya belajar memahami matematika bisa dilakukan secara lebih mudah. Ada beragam pilihan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika ini. Beberapa di antaranya akan dijelaskan pada daftar di bawah ini.

1. MyScript Calculator

Aplikasi ini dapat diunduh pada smartphone. Namun, ada juga versi untuk PC. Secara garis besar, ini merupakan aplikasi kalkulator yang memudahkan penghitungan. Pengguna cukup menuliskan persamaan matematika yang akan dipecahkan. 

Selanjutnya, aplikasi akan menyelesaikan persamaan tersebut dan menampilkan hasilnya pada layar. Cara kerjanya memiliki kesan unik karena persamaan yang akan diselesaikan tidak perlu diketikkan, melainkan ditulis atau dicoretkan langsung di layar.

Hanya saja, karena basisnya adalah kalkulator, aplikasi ini belum memiliki fungsi penghitungan yang rumit. Namun, meskipun hanya menyelesaikan operasi bilangan dasar, trigonometri, algoritma, dan eksponensial saja, aplikasi ini cukup membantu.

2. Photomath

Aplikasi matematika yang satu ini sudah cukup dikenal dalam membantu pelajar menjawab soal matematika dengan mudah dan cepat. Photomath dirancang untuk dapat membaca dan melakukan penyelesaian soal terkait aritmatika hingga kalkulus.

Setelah menginstal aplikasi jawaban matematika ini di smartphone, pengguna bisa mendapatkan jawaban matematika secara mudah. Caranya hanya membuka aplikasi tersebut, kemudian memindai dengan cara mengambil foto soal yang harus dikerjakan.

Secara real time, aplikasi ini akan memberikan petunjuk detail cara mengerjakan soal tersebut. Namun, harus dipastikan bahwa soal yang akan difoto merupakan  teks ketikan, bukannya tulis tangan.

Keistimewaan lain yang dimiliki Photomath adalah dapat diunduh secara gratis. Selain itu, pengguna tetap dapat mengoperasikannya walaupun saat sedang offline.

aplikasi matematika sma

3. Math Master

Aplikasi matematika yang satu ini menyuguhkan cara belajar matematika secara mengasyikkan. Dengan aplikasi ini, belajar matematika sangat seru karena disajikan dalam model gaming. Pengguna harus dapat melewati beberapa tingkatan kesulitan.

Level yang harus dilewati berisi soal cerita, puzzle logika, dan beragam bentuk penghitungan matematika lainnya. Menyelesaikan semua soal yang ada sama dengan melakukan latihan, sehingga kemampuan dalam pelajaran matematika akan meningkat.

Tidak hanya dimainkan sendiri, game dalam aplikasi matematika ini dapat dimainkan bersama teman. Selain mengasah kecepatan berpikir, bermain bersama teman dapat digunakan untuk menguji siapa di antara teman yang lebih jago dalam matematika.

4. Wolfram Alpha

Tidak hanya sebagai aplikasi untuk mengerjakan soal matematika saja, melainkan bisa juga untuk memudahkan mempelajari materi lain. Pengguna juga bisa belajar materi biologi, kimia, fisika, geografi, sejarah, dan pelajaran lainnya. 

Pengoperasian aplikasi matematika SMA ini seperti mesin penjawab soal yang berbasis data dengan pengolahan menggunakan peranti lunak. Jadi, pengguna tinggal mengajukan pertanyaan, maka aplikasi akan menyediakan jawabannya.

Hal yang membuat aplikasi ini unggul adalah jawaban yang diberikan berdasarkan data yang sudah mendapatkan penilaian dan lisensi dari para pakar. Namun, bukan berarti semua pertanyaan dapat dijawab oleh aplikasi ini.

5. Microsoft Mathematics

Ini merupakan aplikasi matematika SMA yang bisa dioperasikan di PC. Beragam soal matematika yang cukup rumit dapat dijawab dan disajikan penjelasannya yang mudah dipahami. Selain itu, soal fisika dan kimia pun dapat diselesaikan dengan aplikasi ini.

Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Di antaranya adalah pengoperasian penghitungan segitiga, membuat grafik 2D dan 3D, juga penyelesaian persamaan matematika yang rumit.

6. AutoMath

Konsepnya kurang lebih sama dengan Photomath, yaitu menyelesaikan soal matematika yang difoto dengan kamera smartphone. Bisa dikatakan, ini merupakan aplikasi matematika SMA yang memudahkan dalam menyelesaikan soal.

Terdapat lebih dari 250 rumus yang tersedia untuk menyelesaikan beragam tipe soal matematika. Dengan demikian, soal rumit pun mudah diselesaikan. Namun, aplikasi ini belum mampu memindai tulisan tangan, sehingga soal harus berbentuk ketikan.

7. Math Tricks

Pengunduhan gratis aplikasi matematika ini dapat dilakukan dengan mengunjungi Google Play Store. Soal matematika yang rumit pun dapat diselesaikan dengan cepat jika menggunakan aplikasi ini.

Selain memberikan pemecahan soal matematika, pengguna juga akan mendapatkan berbagai trik yang memudahkan penyelesaiannya. Trik-trik yang diberikan pun cukup efektif dalam mengerjakan soal lebih cepat dan tepat.

8. Algebra

Jika memerlukan aplikasi penjawab soal matematika aljabar, pilihan yang satu ini bisa jadi sangat tepat. ini merupakan aplikasi online yang telah dibekali rumus aljabar secara lengkap.

Dapat dikatakan, seluruh soal aljabar akan dapat diselesaikan dengan mudah melalui aplikasi ini. Tidak usah kuatir dengan tipe soal lainnya, sebab aplikasi Algebra  ini juga bisa menyelesaikan soal kalkulus dan yang lainnya.

Tidak hanya sekedar membantu menyelesaikan soal saja, aplikasi ini juga memberikan penjelasan yang membuat siswa akan lebih mudah memahami teorinya. Bahkan, aplikasi ini juga dilengkapi contoh yang secara praktis akan membuktikan teorinya.

9. Malmath

Ini merupakan aplikasi matematika SMA yang tidak hanya memberikan jawaban instan saja. Pengguna akan dapat lebih memahami cara pengerjaan soal karena langkah-langkahnya dijabarkan secara detail.

Dengan cara ini, jika suatu saat pengguna menemukan soal yang setipe, dia akan dengan mudah mengerjakannya. Sebab, sebelumnya pernah mempelajari soal yang serupa.

Malmath dapat memberikan penyelesaian untuk soal-soal rumit seperti aljabar, trigonometri, logaritma, dan integral. Tak perlu lagi beranggapan bahawa matematika sulit, sebab aplikasi ini cukup membantu dan memudahkan.

10. Math Expert

Ingin punya pendamping belajar matematika sekaligus fisika? Coba gunakan aplikasi matematika ini. Beragam soal hitungan matematika dan fisika yang rumit dapat diselesaikan oleh Math Expert ini. 

Cara kerjanya adalah dengan menginput angka ke dalam kolom yang tersedia, kemudian aplikasi akan secara otomatis menemukan jawabannya. Namun, sayangnya aplikasi ini kurang memberikan penjabaran langkah-langkahnya.

aplikasi penjawab soal matematika

11. Mathway

Cara kerjanya kurang lebih sama dengan aplikasi matematika yang lain. Mathway akan menyelesaikan operasi hitungan berdasarkan foto soal. Selain itu, pengguna akan diberikan tips mengerjakan hitungan matematika dengan cara mudah.

Karena dinilai cukup membantu, aplikasi ini juga sudah banyak digunakan oleh para siswa. Tercatat sudah lebih dari lima juta pengguna telah mengunduh dan mengoperasikan aplikasi ini.

Hal ini juga didukung oleh pengoperasian yang mudah dan desain tampilan antar muka yang sederhana. Dengan demikian, siapapun dapat mengoperasikannya dengan mudah.

12. Mathematics Dictionary

Bingung dengan beragam istilah matematika yang membuat kepala pening? Tak ada salahnya menggunakan aplikasi matematika yang satu ini. Dengan menggunakan kamus ini, beragam istilah dalam matematika akan dapat diketahui artinya.

Tidak hanya sekedar definisi saja, aplikasi ini juga memberikan penjelasan rumus dalam pengoperasian hitungan. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, meskipun penjelasannya dalam bahasa Inggris.

13. FX Calculus

Salah satu aplikasi Matematika SMA yang dapat memudahkan siswa putih abu-abu adalah FX Calculus. Aplikasi ini akan mendampingi pengguna saat mempelajari kalkulus, integral, grafik, dan matrik. Matematika yang rumit pun bisa mudah dipahami.

Tidak hanya memberikan jawaban dari sebuah soal, aplikasi ini akan menjelaskan langkah-langkah pengerjaannya secara mendetail. Langkah penghitungan yang disajikan mudah dipahami, sehingga akan bermanfaat dalam mendalami materi.

Selain itu, fitur scientific calculator-nya dapat membantu menghemat biaya pembelian kalkulator khusus. Oleh sebab itu, bisa dibilang, aplikasi matematika ini merupakan solusi tepat dalam mempelajari matematika.

14. Socratic

Ingin punya guru les privat yang serba bisa dan siap menjawab soal kapan saja? Coba gunakan aplikasi Socratic ini. Tidak hanya sekadar aplikasi matematika saja, melainkan juga pelajaran lain, seperti fisika, kimia, dan lainnya.

Aplikasi ini merupakan pendamping yang tepat dalam mempelajari berbagai materi yang sulit. Hal ini disebabkan oleh dukungan kecerdasan buatan yang membuat aplikasi ini mampu membaca soal dalam bentuk foto.

Jawaban atas soal hitungan yang diberikan akan dilengkapi dengan langkah penyelesaiannya. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan gambar dan grafis video yang mendetail tentang materi yang perlu mendapat perhatian khusus.

15. Cymath

Jika menginginkan aplikasi yang membantu dalam menjawab soal matematika, tetapi desainnya sederhana, sehingga mudah dipahami, pilih Cymath ini. Pengguna pemula tidak akan menemukan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Jawaban yang diberikan selangkah demi selangkah akan memudahkan pengguna untuk memahami materi yang tadinya membuatnya kesulitan. Selain itu, terdapat pula kalkulator visual yang fungsi matematikanya cukup lengkap.

Satu hal yang unggul dari aplikasi ini adalah ukuran file-nya yang cukup kecil. Aplikasi ini hanya menempati ruang penyimpanan sebesar 1,9 MB saja. Dengan demikian, tentu tidak akan membebani gadget yang digunakan.

Daftar di atas adalah beberapa aplikasi matematika yang dapat memudahkan siswa sekolah dasar, hingga sekolah menengah atas dalam menyelesaikan soal. Asal tidak disalahgunakan, aplikasi cukup membantu memahami materi matematika yang rumit, semoga bermanfaat Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *