10 Aplikasi Jual Beli Online Terbaik di Indonesia dan Tipsnya

Aplikasi Jual Beli Online – Mau jualan atau belanja online? Cara paling simpel adalah menggunakan aplikasi. Ada marketplace adapula e-commerce, keduanya serupa tapi tak sama. Tapi keduanya adalah aplikasi yang menguasai pasar dunia masa kini.

Sebelum Anda memulai bisnis online, cari tahu dulu apakah aplikasi jual beli online yang bisa digunakan. Karena tak jarang juga sebuah bisnis menggunakan lebih dari satu aplikasi untuk menawarkan produknya.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Jualan Online

Masih bergantung pada toko offline untuk mendapatkan konsumen? Zaman sudah berganti, saatnya untuk Anda memanfaatkan aplikasi jual beli online demi meraih konsumen yang lebih banyak lagi. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari aplikasi ini antara lain:

1. Akses jual beli yang cepat

Saat ini banyak sekali konsumen cerdas dalam memilih produk. Dengan adanya aplikasi, daftar pesanan masuk setiap harinya akan mempercepat proses penjualan. Dalam penjelasan produk sudah tertera deskripsi dan konsumen bisa langsung membacanya.

Anda sebagai penjual juga tidak perlu menjawab terlalu banyak pertanyaan konsumen. Produk bisa langsung dikemas dan dikirim. Sebagai gantinya, fokus bisa diarahkan pada pemasaran online seperti pemasangan iklan.

2. Pengelolaan stok dan catatan transaksi

Sebuah aplikasi jual beli memiliki daftar catatan transaksi yang jelas. Anda bisa melihat daftarnya dari awal bulan hingga akhir bulan. Bisa juga diatur sesuai dengan kurun waktu yang dibutuhkan. Jadi transparansi mengenai daftar transaksi tiap bulannya bisa diketahui detail.

Kemudian sebuah aplikasi juga memudahkan Anda untuk mengetahui berapa stok yang dimiliki. Biasanya ketika Anda ingin berjualan perlu mencantumkan jumlah stok yang dimiliki. Jadi ketika barang terjual, stok akan otomatis berkurang.

3. Mudah melakukan analisis penjualan

Monitoring bisnis sangat penting untuk kemajuan. Dengan adanya daftar transaksi saja Anda sudah tahu produk apa yang paling laris dan berapa harga yang disukai. Pada bulan berikutnya Anda tinggal menganalisis penjualan untuk menentukan strategi di bulan berikutnya.

4. Tak harus standby di satu tempat untuk meningkatkan profit

Kelemahan dari toko offline Anda harus standby di satu tempat. Jika memiliki banyak cabang maka perlu mengontrol setiap toko. Tapi jika Anda berjualan secara online, monitoring bisa dilakukan di mana saja karena dasarnya adalah online.

Baca Juga  Pengertian WhatsApp MOD dan Rekomendasi Aplikasinya

Jika ingin meningkatkan profit Anda hanya perlu mengasah strategi terbaik di bulan berikutnya. Ada banyak waktu yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar tanpa harus duduk seharian di toko.

Kumpulan Aplikasi Jual Beli Online Terbaik

Menggunakan aplikasi jualan online adalah solusi terbaik jika Anda ingin bersaing di bisnis modern. Hanya saja tidak semua aplikasi jual beli online memiliki fitur dan keuntungan yang sama.

Anda harus pandai dalam memiliki aplikasi terbaik dan menawarkan harga termurah di mata konsumen.

Apa saja aplikasi belanja online terbaik yang bisa Anda gunakan? Jangan hanya pilih satu, manfaatkan sebanyak-banyaknya dan berikut dibawah ini adalah rekomendasi aplikasi jual beli online terbaik di Indonesia.

1. Bukalapak

Aplikasi yang pertama ini sudah sangat terkenal karena merupakan karya anak bangsa. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Aplikasi ini cukup jadi favorit dan tidak lemot.

Aplikasinya sendiri sudah tercatat diunduh 10 juta kali, jadi kebangkan berapa jumlah orang yang menggunakannya untuk keperluan jual beli. Ada fitur tambahan yang cukup menarik banyak pengguna yaitu bukadompet.

Melalui fitur ini semua transaksi dilakukan jika penjual ingin mencairkan dana tinggal ditransfer saja ke rekening pribadi. Fitur ini juga memungkinkan pembeli untuk mendapatkan uang kembali jika ternyata barang yang dibeli tidak sesuai.

2. Shopee

Bersaing dengan Bukalapak, aplikasi jual beli online sudah seringkali beriklan di TV dan keunggulannya adalah banyak sekali promo setiap bulan dan harga produk sangat murah.

Berbagai barang lokal dan dari luar negeri tersedia di Shopee dan fitur chatnya memudahkan konsumen untuk bertanya seputar barang yang hendak dibeli. Selain chat, penjual dan pembeli bisa melakukan tracking barang.

Ketika barang sudah dikirim dan prosesnya sampai di tempat pengiriman maka akan muncul data pesanan. Jadi pelacakan mudah dilakukan.

aplikasi jual beli online terbaik
Image: play.google.com

3. Tokopedia

Termasuk aplikasi belanja online termurah yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Aplikasi Tokopedia menyediakan begitu banyak kategori barang yang dibutuhkan. Mulai dari elektronik hingga aksesoris.

Pembeli akan membayar langsung ke rekening Tokopedia ketika bertransaksi. Ketika produk sudah diterima barulah penjual akan mendapatkan dana penjualan. Jadi transaksi yang dilakukan di Tokopedia termasuk aman.

Beberapa fitur yang terkenal di Tokopedia antara lain, fitur pelacakan pesanan, membagikan info produk ke sosial media, dan fitur filter produk.

4. Lazada

Merupakan aplikasi jual beli online yang mendapatkan penghargaan Indonesia Cellular Award 2015 sebagai Best Online Shop App. Jadi sudah dipastikan bahwa Anda yang menggunakan aplikasi ini untuk berbisnis tidak lagi merasa kesulitan.

Soal keamanan, Lazada menjamin transaksi yang dilakukan karena tracking pesanan bisa dilakukan dengan mudah. Keamanan tersebut dijamin karena semua produk yang dijual akan masuk ke warehouse Lazada terlebih dahulu.

Baca Juga  Rekomendasi 17 Aplikasi Keyboard Di Android Terbaik 

Barulah produk nanti akan dikirimkan ketika ada konsumen yang membelinya. Jadi produk sudah lolos quality check terlebih dahulu. Sehingga kebanyakan orang mengetahui bahwa Lazada adalah perusahaan e-commerce namun produk yang dijual bukanlah merk Lazada sendiri.

Beberapa promo pun sering diadakan dan selalu ditunggu oleh pengguna Lazada. Seperti promo gratis ongkos kirim, pembayaran cash on delivery, dan diskon produk lainnya.

5. OLX

Dulunya bernama TokoBagus dan Berniaga, namun keduanya merger dan berubah menjadi OLX walaupun tujuan dari aplikasi ini masih tidak berubah. Semua pengguna OLX bisa menjual produk bekas seperti produk elektronik, produk handphone dan mereka bahkan promosi penjualan rumah dan tanah juga banyak.

Olx hanya berperan sebagai media perantara jadi fungsinya bukanlah sebagai marketplace atau e-commerce. Semua penjual dan pembeli akan terhubung dan melakukan transaksi secara pribadi.

Jadi konsumen di aplikasi ini cenderung teliti dan memiliki kehati-hatian yang sangat tinggi agar tidak kena tipu. Untuk bisa saling berhubungan, Olx menyediakan fitur chat dan telepon langsung penjual.

6. Blibli

Aplikasi jual beli online yang cukup bersaing dengan kelima aplikasi di atas. Ada banyak kategori produk yang disediakan yang memudahkan pembeli melakukan filter. Tampilannya juga sangat simpel memudahkan konsumen tahu fungsi dari masing-masing menu.

Keunggulan dari aplikasi ini selain menawarkan banyak produk adalah sistem transaksi bisa dilakukan dengan kartu kredit atau mencicil langsung. Layanan ini yang menarik perhatian banyak konsumen dan saat ini sudah sering digunakan.

Sudah murah bisa mencicil, inilah aplikasi yang sangat disukai oleh semua konsumen di Indonesia. Jika Anda ingin menawarkan produk yang dibutuhkan sehari-hari atau unik jangan lupa untuk membuat toko online di Blibli.

7. Kaskus Jual Beli

Mendengar istilah Kaskus Anda pasti teringat akan forum online, tapi Kaskus juga mengembangkan layanannya untuk jual beli. Di sini Anda bisa mendapatkan barang apapun yang dibutuhkan mulai dari barang baru hingga jadul.

Anda juga bisa dilihat review produk dengan jelas di setiap produknya. Kaskus juga telah bekerja sama dengan layanan keuangan sehingga Anda bisa membeli produk dengan cara mencicil. Kaskus jadi alternatif aplikasi jual beli dengan harga miring tapi aman.

8. Sorabel

Apakah Anda ingin membeli pakaian terbaru dengan mudah? Sorabel jadi aplikasi tujuan utama jika ingin berbelanja pakaian. Tapi baru-baru ini bukan hanya pakaian saja yang bisa Anda dapatkan, barang elektronik pun tersedia.

Kelebihannya adalah harga yang sangat murah dan aplikasinya gratis. Banyak pilihan pembayaran yang Anda bisa pilih dari aplikasi ini. Bisa membayar dengan COD atau transfer melalui bank langsung.

Sorebel menawarkan produk pakaian segala usia dan gender untuk dipilih. Semua modelnya selalu terbaru, jika Anda ingin tampil kece di kencan minggu depan harus beli di Sorabel.

aplikasi jualan online
Image: play.google.com

9. JD.id

Aplikasi asal Indonesia yang bersaing dengan Bukalapak dengan produk utama yang banyak dijual adalah elektronik. Semua peralatan elektronik mulai dari TV, hp, tablet dan masih banyak lagi tersedia dengan harga miring dari toko offline.

Baca Juga  Ini Rekomendasi Aplikasi Foto Grid Terbaik

Karena produknya sebagian besar elektronik, JD.id juga menawarkan tipe pembayaran cicilan. Anda bisa membeli elektronik dengan harga murah dan bisa dicicil pula. Jika Anda adalah pengusaha elektronik pasti tak akan melewatkan membuka lapak di JD.id.

Para pengguna juga tak perlu khawatir harus membayar untuk menggunakan aplikasi ini karena bisa mengunduhnya secara gratis.

10. Zilingo

Bagi Anda yang kurang cocok dengan produk-produk di Sorabel, bisa memanfaatkan aplikasi belanja Zilingo. Ada banyak sekali kategori produk pakaian yang disediakan dan sangat lengkap. Keamanan transaksi jual belinya juga terjamin.

Jika ingin bertanya soal produk bisa memanfaatkan fitur chatting langsung dengan seler. Keunggulannya ada banyak merk terkenal seperti PUMA, Adidas, Mango yang terjamin keasliannya. Apabila Anda ingin mendapatkan barang branded Zilingo adalah pilihannya.

aplikasi belanja online terbaik

Tips Memilih Aplikasi Jual Beli Online Terpercaya

Sebagai pengusaha Anda pasti menginginkan hasil terbaik untuk bisnis, mulai dari mendapatkan banyak konsumen hingga omset. Aplikasi jual beli online seperti 10 contoh di atas bisa jadi pilihan terbaiknya.

Tapi manakah yang benar-benar pas untuk keberlangsungan bisnis tentu harus dipilih dengan cermat.

Beberapa tips berikut dibawah ini membantu Anda untuk memutuskan manakah aplikasi terbaik untuk digunakan.

1. Aplikasi lengkap tapi mudah digunakan

Tak jarang Anda merasa kebingungan menggunakan aplikasi, bisa jadi karena tampilan aplikasinya yang sulit. Maka pilihlah aplikasi yang simpel dan mudah digunakan tapi fitur yang disediakan lengkap. Mulai dari pemberian foto produk, deskripsi, kurir pengiriman, dll.

2. Costumer service yang siap siaga

Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan mengenai fungsi dari beberapa fitur atau terdapat layanan baru lainnya. Costumer service yang tersedia dari aplikasi tersebut harus cepat tanggap dan menjelaskan dengan cepat.

3. Memilih aplikasi yang banyak digunakan

Anda harus tahu berapakah jumlah pengguna dari aplikasi tersebut. Hal ini bisa dilihat dari berapa kali aplikasi sudah diunduh di play store atau app store. Anda juga bisa menanyakan langsung ke customer service. Semakin banyak pengguna aktif maka produk bisa lebih dikenal.

4. Sistem transaksi yang diterapkan

Seperti apakah sistem transaksi yang dibuat dan bagaimana keamanannya harus Anda cek terlebih dahulu. Karena transaksi ini akan membangun kepercayaan konsumen. Biasanya yang banyak disukai adalah sistem transaksi di mana aplikasi memiliki rekening sendiri.

Jadi pembayaran akan berpusat pada aplikasi dan baik seller dan konsumen bisa mengakses uang mereka atau transaksi melalui pusat pembayaran tersebut.

Tak bingung lagi kan mana aplikasi yang bisa Sahabat Tedas.id gunakan untuk berbisnis. Melalui aplikasi jual beli online semuanya jadi semakin mudah.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.