9 Aplikasi Jadwal Pelajaran Terbaik Untuk Android dan Laptop

Seorang pelajar penting memiliki daftar mata pelajaran yang terjadwal dengan baik. Masalahnya ada sejumlah pelajaran yang perlu dipelajari setiap Senin-Sabtu. Sehingga perlu disusun rapi agar tahu esok hari pelajaran apa yang diajarkan, jadi hari ini bisa persiapan belajar. 

Jika dulu Sahabat Tedas.id perlu menyusunnya di lembaran kertas yang bisa kapan saja hilang atau robek, kini Anda dapat mengandalkan aplikasi tertentu di laptop atau bisa juga di gunakan di android.

Rekomendasi 9 Aplikasi Jadwal Pelajaran Terbaik

Jadi tak perlu ribet, anda tinggal mencatatnya melalui beberapa aplikasi jadwal pelajaran berikut ini. 

1 Microsoft Excel 

Pengguna Windows pasti tidak asing dengan perangkat lunak satu ini. Microsoft Excel memang dikembangkan untuk mempermudah segala urusan pekerjaan. Terutama yang berkaitan dengan input data dan penyusunan lajur keuangan. 

Namun sekarang bukan hanya orang kantoran yang menggunakannya, tetapi mayoritas pelajar dan mahasiswa juga turut merasakan fungsinya. Bagaimana tidak, semakin tinggi jenjang kelas justru mata pelajaran yang diampu bertambah padat. 

Terkadang kemampuan mengingat sejumlah jadwal bidang studi masih lemah. Sehingga mau tidak mau anda harus menyusunnya dengan baik agar tidak kewalahan. Dengan Microsoft Excel anda dapat memilahnya sesuai dengan jenis pelajaran, jam, hingga pengajar. 

Tidak harus lewat laptop, anda juga bisa mengoperasikan aplikasi ini dengan smartphone. Jadi saat ingin melihat jadwal tidak perlu repot buka laptop terlebih dulu. Anda cukup melihatnya melalui Microsoft Excel khusus smartphone. 

Aplikasi jadwal pelajaran ini bisa anda instal gratis di perangkat komputer atau smartphone. Untuk menyusunnya perhatikan langkah-langkah berikut: 

  • Buat kolom berisi; Data Umum, Hari dan Tanggal, Nama Pelajaran, Durasi Pelajaran, Pembagian Jam, dan Nama Pengajar
  • Isi dulu identitas diri dan sekolah di bagian Data Umum 
  • Kolom bawahnya isi dengan Hari dan Tanggal, Nama Pelajaran, Durasi Pelajaran, Pembagian Jam, dan Nama Pengajar sesuai dengan jadwal

Bila ada tugas rumah yang perlu dikerjakan, anda bisa menambahkan kolom sendiri di sebelah tiap mata pelajaran. Selain itu, anda juga dapat memberikan warna-warna di setiap kolom untuk hal-hal tertentu. 

2. Free Timetabling Software (FET)

Jika Microsoft Excel mempermudah pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK menyusun jadwal pelajaran, maka FET menyediakan fitur untuk para mahasiswa. Jenjang studi yang lebih tinggi tentu semakin banyak kelas yang harus dihadiri, tergantung dari masing-masing jurusan. 

Karena itu sangat penting mahasiswa memiliki aplikasi otomatis, agar jadwal kuliah tersusun rapi dan tidak bentrok dengan jadwal lain. Sebab biasanya mahasiswa punya banyak kegiatan organisasi untuk mengisi waktu luang, maka kehadiran FET ini sangat membantu. 

Aplikasi jadwal pelajaran ini dapat dioperasikan tanpa bayar atau open source. Tujuannya agar para user terbantu dalam menyusun jadwal kuliah. Karena setiap mata kuliah memiliki hari dan jam yang berbeda. Serta dosen pengampu yang tidak sama di beberapa mata kuliah. 

Belum lagi tugas yang menumpuk dalam deadline tertentu, jadi anda harus pintar mengelola waktu. Cara penggunaan aplikasi ini memakai algoritma timetabling. Sehingga penyusunan jadwal kuliah lebih cepat dan mudah. Anda hanya membutuhkan sekitar 10-20 menit. 

cara membuat jadwal pelajaran di hp
Image: asctimetables.com

3. Asc Timetables 

Semakin hari kecanggihan teknologi justru mempermudah pekerjaan manusia. Seperti penyusunan jadwal harian dulunya menggunakan kertas, sekarang tinggal mengisi kolom-kolom pada Asc Timetables. Aplikasi ini mencatat seluruh kegiatan anda sehari-hari. 

Jadi anda tak perlu khawatir agenda berbenturan satu sama lain, begitu pula dengan menyusun jadwal per bidang studi. Karena setiap pelajaran punya durasi waktu yang berbeda, jadi anda bisa mengandalkan Asc Timetables. 

Software ini tidak hanya digunakan oleh pelajar saja, tapi guru-guru turut memakainya. Apalagi mengingat jadwal guru jauh lebih padat, karena harus mengajar di banyak kelas. Akan kelimpungan sendiri bila tidak disusun jadwalnya, bisa jadi nantinya lupa atau salah masuk kelas. 

Kelebihan dari aplikasi jadwal pelajaran ini adalah fitur-fitur yang sederhana. Sehingga cukup user friendly bagi para pemula. Ada beragam warna yang tersedia sebagai penanda kepentingan tertentu. 

4. Unitime University Timetabling System 

Dilihat dari namanya sudah jelas software ini dibuat untuk skala universitas. Mahasiswa mempunyai setumpuk jadwal yang perlu diurai, baik mata kuliah maupun kegiatan lainnya. Mengingat durasi kuliah yang kurang dari 8 jam dalam sehari, tentu mahasiswa perlu punya beragam aktivitas. 

Tidak dipungkiri kadang daya ingat bisa menurun dan mudah lupa. Maka aplikasi jadwal pelajaran ini bisa menjadi solusinya agar jadwal kegiatan lebih teratur. Dengan begitu mudah bagi anda mengikuti jadwal yang telah disusun tersebut. 

Aplikasi untuk menyusun jadwal ini menyediakan fitur yang cukup komprehensif. Anda dapat mencatat tiap kegiatan secara spesifik, selain jadwal mata kuliah bisa tambahkan jadwal ujian atau deadline tugas. 

Disamping itu software ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Beri warna pada jadwal tertentu atau tambahkan kolom apabila ada penggantian jadwal.  

5. Schedule Planner 

Membuat jadwal mata pelajaran memang paling mudah menggunakan smartphone android. Karena hasilnya bisa langsung tersimpan tanpa melalui proses transfer data. Bahkan bisa segera dijadikan wallpaper beranda agar lebih mudah mengingatnya. 

Untuk cara membuat jadwal pelajaran di hp, anda disarankan untuk mengunduh Schedule Planner. Aplikasi jadwal pelajaran ini menjadi favorit bagi para pengguna, terbukti dengan jumlah unduhan kurang lebih 50.000 di Google Play Store. 

Sistem penggunaannya sederhana sehingga memungkinkan pengguna untuk atur jadwal sesuai keinginan. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang menguntungkan para penggunanya. Sebut saja fitur perencanaan tugas yang berfungsi untuk menyusun jadwal belajar. 

Selain itu, ada pula fitur Calender View untuk mengatur kegiatan sekolah berdasarkan tanggal. Alhasil aktivitas sehari-hari anda tertata dengan baik dan lebih produktif. Meskipun sibuk tetapi anda tetap dapat mengelola waktu berkat aplikasi Schedule Planner. 

6. Class Up 

Satu lagi aplikasi jadwal pelajaran untuk menyusun jadwal di android adalah Class Up. Bisa dibilang aplikasi ini ramah untuk pengguna dari berbagai jenjang pendidikan. Sejak dirilis tahun 2015, software populer ini sudah diunduh sebanyak 500.000 pengguna di Google Play Store. 

Beragam feedback positif diberikan sebagai tanda bahwa fitur-fitur di dalamnya sangat menarik. Anda bisa mengatur jadwal harian di dalam tabel warna-warni sesuai kebutuhan. Hebatnya terdapat fitur chat yang memungkinkan anda untuk saling berbincang pelajaran dengan teman. 

Aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini juga mencakup fitur share, jadi anda dapat mengirim jadwal sekaligus ke orang tua, teman, atau guru. Tidak ketinggalan adanya fitur notifikasi sebagai pengingat agenda penting apa yang perlu anda lalui hari ini. 

7. JPKE Free V1.24.04.16 

Aplikasi ini memudahkan anda untuk menyusun mata pelajaran yang cukup beragam. Anda dapat mengunduh software tersebut secara gratis dan penggunaan tanpa batas. Kapasitas mata pelajaran yang ditampung bisa mencapai 150, begitu pula dengan kapasitas untuk guru pengampu. 

JPKE Free V1.24.04.16 memiliki 4 jenis kode untuk bidang studi, sehingga pemetaan bisa dilakukan lebih efisien. Kelebihannya aplikasi ini bisa digunakan oleh 60 kelas sekaligus, lengkap dengan fitur rekap jumlah jam mengajar guru dan pembagian kelasnya. 

8. Lantiv Timetabler 

aplikasi pembuat jadwal pelajaran
Image: lantiv.com

Aplikasi gratis ini bisa digunakan oleh semua jenjang pendidikan, mulai SD hingga mahasiswa. Keunggulan Lantiv Timetabler ada di tampilannya yang menarik. Bahkan adanya sistem kolaboratif pada fiturnya membuat anda dapat menyusun jadwal pelajaran bersama teman. 

Fitur kolaboratif yang dimiliki memudahkan pengguna dalam menyusun jadwal. Para guru disarankan menggunakan untuk aplikasi ini guna memudahkan tugas. Dengan begitu pekerjaan lekas selesai dalam kurun waktu singkat. 

9. Any.do: To-do-list

Perangkat lunak yang user friendly ini bisa membantu anda dalam mengorganisir aktivitas harian. Khususnya bagi para pelajar yang kegiatannya lumayan padat. Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store, dan bisa dioperasikan secara gratis. 

Jadwal mata pelajaran hingga daftar kegiatan selama sekolah tersusun dengan apik berkat aplikasi ini. Dibekali fitur notifikasi pengingat untuk menandai kegiatan apa saja yang butuh cepat diselesaikan. Alhasil kegiatan sekolah dengan aktivitas di luar sekolah tidak terbengkalai. 

Sebagai pelajar tentu anda mempunyai segudang kegiatan untuk melatih soft skill. Namun jangan sampai aktivitas diluar sekolah ini melenakan anda. Maka dari itu, anda memerlukan aplikasi khusus yang mengatur jadwal harian, sekaligus menata jadwal pelajaran. 

Dengan begitu, kehidupan sehari-hari menjadi lebih teratur dan produktif. Antara belajar dengan ekstrakurikuler berjalan seimbang. Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa yang dituntut lebih pandai dalam mengatur waktu dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat ya Sahabat Tedas.id

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *