aplikasi edit suara
Android/iOS

Rekomendasi Aplikasi Edit Suara Untuk PC dan Smartphone

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu – Seiring perkembangan teknologi, kini semakin banyak bermunculan aplikasi yang memudahkan kepentingan manusia. Salah satu jenis aplikasi yang sedang booming saat ini, yakni aplikasi edit suara.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menyunting suara agar terdengar lebih jernih dan merdu. Di zaman yang sudah serba digital ini, aplikasi tersebut tentu sangat bermanfaat, bukan? 

Daftar Aplikasi Edit Suara jadi Merdu Untuk PC

Aplikasi edit suara tidak hanya digunakan untuk menyunting file dalam bentuk murni audio saja. Namun, juga bisa dimanfaatkan untuk mengedit suara yang ada di dalam video agar menjadi merdu. Berikut beberapa aplikasi yang bisa dicoba:

1. Reaper

Reaper merupakan singkatan dari Rapid Environment for Audio Production, Engineering, and Recording. Reaper termasuk aplikasi terlengkap untuk PC yang menawarkan berbagai fitur menarik.

Tak hanya melakukan pengeditan, Reaper juga menyediakan fitur untuk mixing, processing, hingga mastering suara. Menariknya lagi, aplikasi ini juga mendukung berbagai format dan hardware yang bisa dimodifikasi serta diberi FX.  

Aplikasi ini bisa di-instal pada Windows maupun macOS, sementara untuk Linux bisa menggunakan versi betanya. Nah, berikut adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi edit suara ini:

Kelebihan

Kepopuleran Reaper di kalangan para editor tentu bukan tanpa alasan, melainkan disebabkan berbagai kelebihan yang dimiliki. Beberapa kelebihan tersebut, yakni:

  • User interface pada Reaper didesain sangat sederhana, sehingga pemula pun tidak akan merasa kesulitan.
  • Didukung fitur multi-channel, sehingga bisa melakukan editing dengan MIDI kuat. 
  • Efek suara yang tersedia cukup banyak dan bisa disisipkan ribuan plug-in.
  • Proses pengontrolan pitch suara sangat mudah untuk dilakukan.
  • Pembuatan mono dan stereo jauh lebih mudah dengan memanfaatkan panning suara.
  • Harga yang terjangkau dengan demo yang bisa diunduh tanpa batas.
Kekurangan

Inilah point paling menarik dari aplikasi edit suara yang satu ini, yakni format audio tidak bisa masuk ke track. Jika hal itu terjadi, maka harus dilakukan convert terlebih dahulu ke format lain. Namun, hal ini tidak terjadi setiap saat, sehingga sangat aman untuk digunakan oleh pemula.

2. Audacity

Audacity merupakan aplikasi edit suara gratis yang bisa dipasang ke Windows, macOS, maupun Linux. Meski tidak dipungut biaya, aplikasi ini bisa disandingkan dengan aplikasi berbayar lainnya.

Aplikasi sederhana ini sangat cocok untuk pemula, karena mudah digunakan dan fitur lumayan banyak. Proses penyuntingan sendiri juga tidak ribet, tinggal gunakan tombol yang sudah disediakan.

Kelebihan

Pemilihan Audacity sebagai aplikasi edit suara termasuk langkah cerdas, sudah banyak juga yang membuktikannya. Hal ini dikarenakan Audacity dibekali dengan berbagai kelebihan, yakni:

  • Bisa digunakan untuk membuat multitrack, mengedit, mengimpor, maupun menggabungkan suara.
  • Hasil penyuntingan bisa diekspor ke berbagai format lain, bahkan langsung ke beberapa file.
  • Bisa digunakan untuk melakukan perekaman secara langsung melalui mikrofon maupun alat rekam lainnya.
  • Kualitas hasil perekaman cukup jernih, bahkan mendukung ke format 32-bit, 24-bit, serta 16-bit.
  • Bisa digunakan untuk editing lebih canggih hanya dengan menambahkan add-on maupun menerapkan trik khusus.
Kekurangan

Setiap aplikasi tentu punya kekurangan, apalagi untuk versi gratisan seperti Audacity ini. User interface aplikasi edit suara ini memang sederhana, tetapi juga cukup membosankan karena hanya tersedia beberapa tampilan saja.

Begitu juga dalam hal perekaman, tak bisa digunakan untuk beberapa sumber sekaligus. Satu atau dua sumber masih bisa menghasilkan audio bagus, tetapi sampai 4 atau 5 hasilnya tidak memuaskan.

aplikasi edit suara untuk pc

Image: ocenaudio.com

3. Ocenaudio

Ocenaudio juga termasuk aplikasi gratisan yang bisa dipasang tanpa memerlukan software lain. Tampilannya cukup sederhana, sehingga pemula sekalipun bisa memahami fungsi tombol dengan cepat.

Ocenaudio bisa dipasang ke berbagai platform, seperti Windows, macOn, maupun Linux tanpa ribet. Setelah berhasil dipasang, aplikasi pun bisa langsung digunakan.

Kelebihan

Proses pengeditan suara menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan keberadaan Audacity. Sebab, aplikasi edit suara jadi merdu ini dibekali berbagai kelebihan, yakni:

  • User interface sangat simpel dan ramah pemula.
  • Tersedia berbagai pilihan efek suara dan plug-in yang bisa dipilih sesuka hati.
  • Didukung dengan fitur drag and drop yang bisa disimpan dalam berbagai format audio.
  •  Terdapat pilihan untuk menjadikan hasil editan sebagai nada dering ponsel atau iPhone.
  • Terdapat keyboard shortcut yang bisa mempermudah proses editing.
Kekurangan

Sebagai aplikasi gratisan, Ocenaudio terbilang cukup mumpuni. Hanya saja, aplikasi edit suara ini kurang efektif jika diberikan efek suara yang menumpuk. Dengan kata lain, pengguna harus puas dengan 1 atau 2 efek suara saja.

aplikasi edit suara jadi merdu

Image: adobe-audition.id.softonic.com

 

4. Adobe Audition

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Adobe Audition merupakan aplikasi edit suara berbayar. Namun, budget tersebut akan dibayar pantas dengan kualitas hasil editan yang jempolan.

Meskipun sebagai pemula, menggunakan Adobe Audition akan serasa menjadi seorang editor pro. Sebab, aplikasi besutan Adobe System ini dibekali dengan berbagai fasilitas canggih.

Setiap tahun Adobe Audition mengalami pengembangan, baik dari segi fitur maupun kompatibilitas. Mau edit video untuk vlog atau membuat podcast? Aplikasi yang satu ini sangat bisa diandalkan.

Kelebihan

Satu aplikasi untuk beragam aksi mungkin pepatah yang sangat tepat untuk menggambarkan Adobe Audition. Pasalnya, aplikasi edit suara ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Tak hanya perekaman, bahkan mixing, processing, maupun mastering audio pun bisa dilakukan dengan langkah muda. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan lain yang bisa dinikmati:

  • User interface versi terbaru dari Adobe Audition memiliki tampilan yang lebih intuitif, ramah, dan tata letaknya bisa disesuaikan.
  • Performa perekaman dengan aplikasi ini cukup profesional, yakni bisa merekam dari berbagai sumber sekaligus dengan kualitas tetap bagus.
  • Dibekali dengan kemampuan restorasi audio, pengguna bisa menghapus suara yang tidak diinginkan saat proses perekaman.
  • Terhubung secara langsung ke Creative Cloud. 
  • Hasil suara bisa dimaksimalkan dengan penambahan essential sound.
Kekurangan

Meski termasuk aplikasi edit suara profesional, Adobe Audition tidak terlepas dari berbagai kelemahan. Hal ini perlu dipertimbangkan, sebelum mengeluarkan biaya untuk berlangganan:

  • Butuh waktu bagi pemula untuk menyesuaikan diri dengan tombol kontrol yang tersedia.
  • Saat proses Open File suara, tidak terdapat fasilitas preview untuk file hasil editing
  • Tidak terdapat fasilitas convert yang bisa video DV ke dalam format audio.

5. Cubase

Cubase merupakan aplikasi edit suara jadi merdu besutan Steinberg yang sudah beberapa kali mengalami pengembangan. Dalam dunia multimedia, keberadaan aplikasi ini bukan lagi sesuatu yang baru.

Jika dulu Cubase menjadi teman setia para komposer dunia, kini ia berhasil memikat para generasi muda yang melek teknologi. Hal ini dikarenakan Cubase menawarkan berbagai fitur unggulan.

Dengan berbagai alat yang tersedia, pengguna bisa membuat musik secara cepat dan intuitif. Soal kualitas, hasil pengolahan suara Cubase sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kelebihan

Bertahan dengan begitu lamanya, tentu bukan tanpa perjuangan. Berkat konsistensinya, pengembang bisa menyuguhkan aplikasi edit suara dengan berbagai kelebihan, seperti:

  • User interface yang halus serta ramah pengguna, terutama bagi pemula.
  • Fitur banyak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan (fleksibel).
  • Ruang kontrol kuat yang bisa bekerja tanpa cacat.
  • Proses mix audio bisa diulang maupun dibatalkan.
Kekurangan

Berbagai kelebihan di atas memang sangat menggiurkan. Hanya saja, untuk memboyong aplikasi tersebut ke PC butuh budget yang lumayan. Penawaran instrumen software pun terbilang sedikit, sehingga berpikirlah ulang jika ingin menggunakannya untuk berbisnis.

Daftar Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu untuk Smartphone

Tak lagi sekadar sebagai alat komunikasi, kini smartphone sudah beralih fungsi menjadi alat bantu manusia. Beragam aplikasi penghias layar untuk berbagai kepentingan, seperti media sosial, kamera, dan berbagai aplikasi editing.

Tak puas dengan menyunting foto atau gambar, kini generasi muda semakin tertarik dengan keberadaan aplikasi edit suara. Berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

1. WaveEditor for Android

Tertarik untuk melakukan penyuntingan suara di mana saja? SoundBase mewujudkan keinginan tersebut dengan menghadirkan aplikasi WaveEditor. Di Playstore, aplikasi ini sudah mencapai angka 1 juta + pengunduh.

Kemungkinan, angka tersebut masih akan terus bertambah, karena kualitasnya tidaklah main-main. Meski hanya berupa aplikasi smartphone, WaveEditor dibekali dengan fitur:

  • Bisa digunakan untuk mixing beberapa sampel sekaligus alias multitrack
  • File bisa diimpor dan diekspor dalam berbagai format, seperti flac, Mp3, maupun WAV.
  • Tersedia tempat kabel USB untuk menyambungkannya dengan mix eksternal.
  • Terintegrasi dengan file manager secara langsung, sehingga tidak perlu menutup aplikasi. 
  • Hasil penyuntingan terdengar jernih dan jelas.

2. Timbre

Timbre merupakan aplikasi edit suara yang sudah populer sejak beberapa tahun yang lalu. Aplikasi besutan Xeus ini tidak hanya bisa mengedit suara saja, tetapi juga video.

Itulah sebabnya, Timbre cukup populer di kalangan pemula maupun profesional. Hal ini tentu juga tidak terlepas dari berbagai fitur yang disematkan di dalamnya, seperti:

  • Audio cutter, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil dan memotong jenis audio apapun.
  • Audio joiner, yakni fitur yang bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu kesatuan.
  • Audio converter, yakni fitur untuk mengkonversi file ke dalam format lain, baik audio maupun video.
    aplikasi edit suara android

3. Lexis Audio Editor

Rekomendasi aplikasi edit suara jadi merdu pada smartphone yang tak kalah ciamik, yakni Lexis Audio Editor. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kapasitas memori yang tidak terlalu berat. 

Meski termasuk aplikasi ringan, keberadaannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai fitur unggulan akan langsung menghiasi layar beranda saat aplikasi Lexis Audio Editor dibuka, seperti:

  • Bisa digunakan untuk melakukan perekaman suara.
  • Terdapat fitur normalisasi untuk mengurangi kebisingan atau noise pada file audio.
  • Didukung dengan 10 tingkatan band equalizer yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan efek suara.
  • User interface yang sederhana dan intuitif, sehingga pengguna tidak memerlukan tutorial untuk melakukan pengelolaan. 

4. Pocket Band

PocketBand merupakan aplikasi edit suara jadi merdu untuk mobile yang memiliki fitur lumayan lengkap. Jangan heran, jika pecinta musik akan betah berlama-lama untuk mengutak-atik aplikasi yang satu ini.

Jika tertarik untuk menikmati fitur premiumnya, pengguna bisa memilih versi Pro dengan budget yang masih terjangkau. Jangan cemas, karena uang tersebut akan dibayar pantas dengan kualitas luar biasa. 

Tak hanya melakukan perekaman atau pengeditan saja, PocketBand bahkan bisa diajak untuk menciptakan lagu sendiri. Jika sudah jadi, pengguna bisa membagikannya kepada komunitas. Sangat menarik, bukan?

Mengulas tentang aplikasi edit suara jadi merdu memang tidak akan pernah ada habisnya. Jika sudah yakin, maka segeralah untuk praktik. Namun, bagi pemula sebaiknya memilih versi gratisan terlebih dahulu dengan UI sederhana dan intuitif. Selamat mencoba!

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *