aplikasi edit foto jadi kartun
Android/iOS

Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik di Android

Artikel terakhir diperbaharui 08-09-2021 oleh Aldy Amrillah

Melakukan foto selfie adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone android di zaman sekarang.

Hal ini seiring dengan berkembangnya teknologi yang membuat smartphone android sekarang ini sudah dibekali dengan seperangkat kamera yang canggih.

Aktivitas fotografi ini juga bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Hanya dengan mengeluarkan smartphone di kantong kita lalu jepret, dan kita sudah bisa mendapatkan foto dengan sangat mudah.

Bukan hanya mengambil gambar saja, namun foto yang sudah kita ambil tersebut juga bisa kita upload ke sosial media yang kita miliki seperti Instagram atau Facebook.

Bahkan saat ini beberapa sosial media terkenal juga sudah menyediakan efek berupa filter yang bisa kita gunakan untuk mempercantik foto yang akan kita unggah tersebut.

Terutama instagram yang  memiliki berbagai macam pilihan efek untuk mempercantik foto yang akan kita upload tersebut.

Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik Di Android

Apakah anda bosan dengan hasil foto yang cuma itu-itu saja, dan ingin membuat foto yang jauh lebih menarik? Kenapa anda tidak mencoba untuk mengubah foto kita menjadi kartun saja agar lebih menarik dan unik untuk kita upload di sosial media?

Karena salah satu efek atau filter foto yang paling banyak digemari saat ini adalah efek merubah foto menjadi kartun. Dengan menggunakan efek ini, kita bisa merubah foto hasil jepretan kamera kita menjadi karakter yang lucu seperti kartun di film-film animasi.

aplikasi edit foto terbaik

Kita bisa mengubah foto kita menjadi seperti kartun di anime Jepang, ada juga yang bisa membuat foto kita berubah menjadi monster.

Untuk bisa membuat foto kita menjadi seperti kartun, sangatlah mudah untuk kita lakukan. Kita tidak hanya bisa melakukannya dengan komputer atau laptop.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kita bisa mengubah foto kita menjadi kartun dengan lebih cepat dan mudah  menggunakan beberapa aplikasi edit foto jadi kartun di android.

Penasaran dengan apa saja aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengubah foto kita menjadi kartun? Berikut  dibawah ini adalah beberapa daftar aplikasi edit foto jadi kartun di android.

1. PicsArt

Aplikasi edit foto jadi kartun yang pertama adalah PicsArt. Untuk anda pengguna smartphone android mungkin sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Dengan aplikasi ini kita bisa mengubah foto-foto yang kita inginkan menjadi gambar kartun yang menarik dan unik.

Aplikasi PicsArt memiliki banyak sekali tools yang bisa kita gunakan untuk mengedit foto menjadi lebih keren lagi dengan adanya efek filter, stiker dan efek lainnya yang bisa kita andalkan.

Aplikasi ini juga memiliki banyak sekali filter yang bisa kita andalkan untuk mengubah foto kita menjadi tokoh seperti kartun. Entah itu berbentuk karikatur maupun kartun yang sama seperti di komik.

2. Pixlr

Berikutnya ada aplikasi edit foto jadi kartun yang bernama Pixlr. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengedit foto yang berasal dari galeri atau kamera smartphone kita dan mengubahnya menjadi efek kartun.

Aplikasi Pixlr ini juga memiliki banyak tools yang lengkap sehingga bisa memaksimalkan proses editing foto yang kita lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi ini. Ada juga berbagai macam efek-efek keren untuk semakin membuat foto kita tambah menarik lagi.

Salah satu fitur keren dari aplikasi Pixlr ini adalah kita bisa membuat foto yang terlalu gelap atau foto yang terlalu blur untuk diperbaiki dengan menggunakan beberapa alat yang tersedia di aplikasi ini.

aplikasi edit foto jadi kartun di android terbaik

3. MomentCam

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi MomentCam ini sendiri pernah viral di tahun 2014 an. Bisa dibilang aplikasi ini menjadi salah satu pelopor aplikasi edit foto jadi kartu pertama di smartphone android.

Mungkin anda pernah ingat di mana dulu banyak orang yang mengganti foto profil akun sosial media mereka dengan menggunakan foto kartun yang dihasilkan dari aplikasi yang satu ini kan?

Bahkan saking populernya, aplikasi ini dulu pernah menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi terbaik di Play Store loh.

Walaupun saat ini popularitas dari aplikasi ini semakin tergeser karena sudah banyak aplikasi-aplikasi edit foto lainnya, tapi aplikasi ini masih bisa kita andalkan untuk mengedit foto kita jadi kartun dengan mudah dan cepat.

aplikasi edit foto di android

4. Cartoon Art Pics

Jika beberapa aplikasi di atas hanya menyediakan filter-filter tambahan saja, pada aplikasi yang satu ini dibuat khusus untuk membantu mengedit foto kita menjadi kartun.

Aplikasi ini bernama Cartoon Art Pics. Kita bisa memilih lebih dari 20 efek kartun yang ada di aplikasi Cartoon Art Pics ini.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga sangat mudah untuk dioperasikan karena kita hanya tinggal tap-tap saja untuk mengubah foto kita menjadi kartun.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Aplikasi Foto Grid Terbaik

Cartoon Art Pics memiliki tampilan yang sangat mudah untuk dimengerti. Jadi untuk anda yang masih pemula sekalipun, tidak akan kesulitan mengubah foto anda menjadi kartun dengan aplikasi ini.

Setelah selesai mengedit foto anda menjadi kartun, anda juga bisa langsung membagikan hasil editan foto tersebut ke beberapa sosial media populer seperti Instagram.

5. Avatoon

Aplikasi edit foto jadi kartun berikutnya adalah Avatoon. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita tidak akan kesulitan untuk mengubah foto kita menjadi kartun. Bahkan aplikasi ini juga memiliki fitur canggih yang bisa mendeteksi wajah kita.

Jadi saat kita selfie dengan menggunakan aplikasi ini, otomatis Avatoon akan mendeteksi wajah kita dan akan langsung mengubahnya menjadi avatar kartun.

Dalam prosesnya, aplikasi ini menggunakan teknologi biometrics. Jadi hasil editan foto kartun yang dihasilkan sangat mirip dengan muka asli kita di dunia nyata.

Kita juga bisa mengatur apakah ingin mengubah efek dari foto hanya di wajah atau keseluruhan badan kita. Setelah selesai kita juga bisa menambahkan background yang sudah tersedia dari aplikasi ini.

6. Pencil Sketch Art

Pencil Sketch Art adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengubah foto kita menjadi kartun. Namun bukan sembarang kartun yang dihasilkan, karena efek kartun yang dihasilkan seperti digambar dengan menggunakan pensil.

Cara penggunaan dari aplikasi ini juga sangat mudah. Dimana kita hanya perlu mengimpor foto yang akan kita edit ke dalam aplikasi Pencil Sketch Art ini kemudian pilih efek kartun mana yang akan kita pakai.

Pencil Sketch Art menyediakan banyak sekali efek yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga selera kita kira-kira mana yang pas dengan foto kita tersebut.

7. Sketch Camera

Aplikasi edit foto jadi kartun berikutnya adalah aplikasi Sketch Camera. Aplikasi ini merupakan buatan dari Pixelab yang bisa kita andalkan untuk mengedit foto kita menjadi efek sketsa dengan mudah.

Kita juga bisa memberikan efek langsung kartun dari kamera smartphone kita. Tinggal menerapkan efek mana yang akan kita pilih kemudian mulai mengambil foto selfie. Secara otomatis aplikasi ini akan mengubah hasil foto anda menjadi efek kartun.

Yang keren dari aplikasi ini adalah bukan hanya tersedia efek kartun saja, namun ada banyak efek lainnya yang bisa kita gunakan untuk mempercantik dan membuat hasil foto kita menjadi lebih menarik.

Untuk anda yang suka dengan manga atau komik Jepang, anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memberikan efek manga di kamera smartphone anda. Jadi sekali jepret, hasilnya akan langsung jadi. Anda tidak perlu lagi mengedit-edit ulang.

8. Cartoon Photo Editor

Sesuai dengan namanya, Cartoon Photo Editor adalah aplikasi edit foto jadi kartun di android yang bisa kita coba. Apalagi aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi berbayar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa menambahkan efek kartun di foto kita. Selain menyediakan efek kartun, kita juga dapat menambahkan efek sketch, artisto dan berbagai macam efek foto lainnya.

aplikasi untuk edit foto

9. Dollify

Aplikasi edit foto jadi kartun berikutnya adalah Dollify. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa langsung mengedit hasil foto dari kamera kita untuk diubah menjadi kartun. Namun sayangnya versi kartun yang dihasilkan dari aplikasi ini hanya tersedia dalam satu angle saja.

Tapi tenang saja, karena walaupun hanya menghasilkan efek kartun satu angle saja tapi aplikasi ini bisa menghasilkan efek kartun 3D. Kita juga bisa melakukan kustomisasi terhadap hasil editan yang tersedia.

Kita bisa melakukan kustomisasi pada rambut, outfit dan juga bentuk wajah dan warna mata kita. Jadi kita benar-benar bisa membuat avatar diri kita sendiri dengan menggunakan aplikasi Dollify ini.

aplikasi untuk edit foto terbaik

10. Cartoon Camera HD

Terakhir ada aplikasi edit foto jadi kartun yang bernama Cartoon Camera HD. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa memilih 3 jenis efek kartun yang bisa kita terapkan pada foto yang kita ambil dari smartphone android kita.

Jadi ketiga efek ini bisa langsung kita tampilkan dan juga kita terapkan saat kita ingin mengambil foto dari kamera smartphone kita. Ada juga sebuah tombol di bagian layar yang bisa memudahkan kita saat ingin mengambil foto.

Nah yang keren dari aplikasi ini adalah memiliki fitur yang bisa memungkinkan kita untuk mengatur resolusi dan juga kualitas foto yang kita hasilkan.

Dengan begitu, tentu saja kita bisa memotret dan menghasilkan gambar dengan kualitas dan juga resolusi yang kita inginkan.

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *