Android/iOS

Aplikasi Chatbot WhatsApp Buat Apa Sih? Ini Lima Contoh Penggunaannya di Berbagai Bisnis

Penggunaan WhatsApp Business untuk perihal komunikasi dengan customer memang sudah menjadi hal lazim di kalangan pebisnis. Tapi, bagaimana dengan penggunaan aplikasi chatbot WhatsApp? Apakah memang benar banyak manfaatnya? 

Untuk mengupas lebih lanjut mengenai kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot WhatsApp untuk bisnis Anda, berikut beberapa contoh implementasi yang bisa Anda langsung praktekkan berdasarkan jenis bisnis yang Anda miliki:

1. Untuk Toko Jual Beli Online

Punya toko jual beli online? Chatbot WhatsApp hadir untuk mempermudah berbagai aspek operasional bisnis Anda. Misalnya, chatbot dapat menjawab pertanyaan pembeli mengenai produk, stok barang, dan harga dengan cepat. Selain itu, chatbot juga dapat membantu proses pembelian dengan membimbing pembeli melalui pilihan produk dan proses checkout, serta memberikan update status pesanan secara real-time.

Contoh Implementasi:

Misalnya, seorang calon pembeli bernama Andi ingin membeli baju di toko online Anda. Ketika ia menghubungi Anda melalui WhatsApp, chatbot toko akan otomatis menyambutnya dan menawarkan beberapa opsi seperti melihat koleksi terbaru atau menanyakan tentang ukuran dan warna yang diinginkan. 

2. Untuk Pemilik Kos-kosan

Bagi pemilik kos-kosan, chatbot WhatsApp berfungsi sebagai alat yang efisien untuk mengelola komunikasi dengan calon penyewa. Chatbot dapat memberikan informasi mengenai harga sewa, fasilitas yang tersedia, dan ketersediaan kamar. 

Selain itu, chatbot juga dapat mengatur jadwal kunjungan untuk melihat kamar dan mengelola permintaan perbaikan dari penyewa yang sudah ada. Tentunya, agar data yang disediakan chatbot akurat, Anda harus memastikan bahwa template yang digunakan selalu diperbarui secara berkala dengan informasi terbaru.

Contoh Implementasi:

Calon penyewa bernama Budi mengirim pesan ke WhatsApp Anda untuk menanyakan tentang ketersediaan kamar. Chatbot dapat secara otomatis memberikan informasi tersebut dan informasi tambahan seperti jenis kamar, harga, dan fasilitas yang disediakan. 

3. Untuk Usaha Catering

Jika Anda punya usaha catering, chatbot WhatsApp dapat membantu menyederhanakan proses penerimaan pesanan. Chatbot dapat mengumpulkan detail pesanan catering seperti jenis menu, jumlah porsi, dan tanggal acara. Selain itu, chatbot dapat juga memberikan informasi tentang menu, harga, dan rekomendasi makanan, serta mencatat kebutuhan khusus atau alergi makanan pelanggan untuk disampaikan ke tim dapur.

Contoh Implementasi:

Misalnya, calon pelanggan bernama Cinta ingin memesan makanan dari catering Anda untuk acara ulang tahun orangtuanya. Saat pelanggan menghubungi chatbot, mereka dapat diminta untuk memberikan kuesioner simpel untuk mengisikan informasi seperti jumlah tamu, jenis menu yang diinginkan, dan alergi makanan. 

4. Untuk yang Buka Kursus

Anda punya kursus bahasa atau kemampuan lainnya? Chatbot WhatsApp bisa menjadi asisten Anda dalam mengelola layanan Anda. Chatbot dapat memberikan informasi terkait kursus yang ditawarkan, seperti jadwal, harga, dan instruktur. Chatbot ini juga dapat memfasilitasi proses pendaftaran kursus dan pembayaran, serta mengirimkan pengingat kepada siswa tentang jadwal kelas, perubahan jadwal, atau tugas yang harus diselesaikan.

Contoh Implementasi:

Misalnya, calon peserta kursus desain grafis bernama Dedi menghubungi Anda via WhatsApp untuk menanyakan jadwal yang tersedia. Chatbot WhatsApp akan menyambut Dedi dan memberikan informasi detail mengenai kursus, seperti kurikulum, durasi, dan biaya. Setelah Dedi memilih kursus yang diinginkan, chatbot akan meminta informasi pendaftaran seperti nama, alamat email, dan preferensi waktu.

5. Untuk Layanan Tukang Rumah Tangga

Bagi Anda yang bekerja sebagai tukang rumah tangga panggilan, chatbot WhatsApp dapat memudahkan pelanggan Anda untuk menjadwalkan janji temu dengan Anda. Chatbot juga dapat memberikan informasi mengenai layanan yang tersedia, tarif, dan waktu layanan. Selain itu, chatbot dapat mencatat permintaan khusus atau instruksi dari pelanggan mengenai pekerjaan yang perlu dilakukan, sehingga Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum kunjungan.

Contoh Implementasi:

Calon pelanggan bernama Esti membutuhkan perbaikan atap di rumah mereka dan menghubungi Anda melalui WhatsApp. Chatbot akan meminta detail tentang jenis kerusakan, lokasi spesifik di rumah, dan waktu yang diinginkan untuk kunjungan. Berdasarkan informasi ini, chatbot juga dapat memberikan estimasi biaya dan menjadwalkan kunjungan teknisi.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button