aplikasi catatan
Android/iOS

Rekomendasi 15 Aplikasi Catatan Terbaik Di Smartphone

Artikel terakhir diperbaharui 19-04-2021 oleh Aldy Amrillah

Aplikasi Catatan – Di dalam kehidupan sehari-hari, ada berbagai hal yang perlu dikerjakan dan diingat. Tak jarang, akibat banyaknya kesibukan, ada saja hal yang terlupa. Untuk itu, perlu adanya aplikasi catatan agar otak tidak terbebani kewajiban mengingat banyak hal.

Dengan adanya aplikasi pencatat yang bisa diunduh di smartphone ini, semua hal berupa jadwal kegiatan maupun daftar penting bisa dicatat dengan rapi. Tak ada lagi khawatir melupakan sesuatu karena biasanya aplikasi dilengkapi dengan pengingat.

Daftar Aplikasi Catatan Terbaik Di Smartphone

Ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh ke smartphone untuk memudahkan mencatat semua hal penting. Beragam fitur yang dimiliki membuat pengolahan catatan dapat dilakukan secara optimal. Di bawah ini akan dibahas daftar aplikasi tersebut.

1. Omni Notes

Tak ingin melupakan jadwal atau hal-hal penting lain? Catat saja di smartphone menggunakan aplikasi catatan yang memiliki interface keren ini. Omni note memungkinkan penggunanya untuk mengolah catatan sesuai dengan kebutuhannya.

Fitur yang tersedia membuat catatan yang dituliskan dapat dibagi, digabungkan, ataupun dibuatkan shortcut di layar utama. Dengan pengaturan yang dilakukan, catatan akan mudah ditelusuri dan ditemukan kembali kapanpun diperlukan.

Uniknya, terdapat fitur yang memungkinkan pencatatan dalam bentuk sketsa. Dengan menggunakan fitur ini, catatan dapat ditambah dengan gambar atau doodle sesuai dengan keinginan pengguna.

2. ColorNote

Aplikasi notes di android  ini tergolong sederhana dan mudah digunakan. Namun, meskipun sederhana, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan memudahkan dalam pengorganisasian catatan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki fitur pengubah warna latar pada catatan yang dibuat. Dengan demikian, pengguna akan mudah mengelompokkan dan menelusurinya saat diperlukan.

Tak perlu khawatir catatan hilang saat terjadi kendala. Sebab, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem backup memori dengan menggunakan penyimpanan cloud. Pencadangan ini penting untuk memastikan catatan dapat diakses selama diperlukan.

Beberapa fitur tambahan yang melengkapi ColorNote adalah kalender, bentuk pencatatan daftar seperti to-do list, dan juga fitur alarm sebagai pengingat. Jadi, tak usah sering mengecek jadwal, hanya perlu mengatur pengingat agar tidak terlewat.

3. Simplenote

Sederhana adalah kata yang tepat untuk menggambarkan aplikasi catatan ini. Siapa pun bisa menggunakan Simplenote tanpa harus merasa ribet atau kesulitan dengan adanya fitur yang tak perlu. 

Simplenote memang hanya menyematkan fitur-fitur penting saja. Ada beberapa fitur yang sering ada di aplikasi lain, tetapi tidak ditemukan di Simplenote. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan dengan tujuan agar kecepatan kerjanya meningkat.

Aplikasi gratis ini cukup ringan dan tidak memakan ruang memori yang besar. Meskipun demikian, Simplenote memudahkan pengorganisasian catatan dengan adanya tag dan pin. Jadi, kapanpun diperlukan, catatan penting akan mudah ditemukan.

aplikasi note terbaik

4. Evernote

Aplikasi catatan yang satu ini memiliki kegunaan yang lebih lengkap. Tidak hanya membuat catatan saja, pengguna dapat menyimpan berbagai file yang diperlukan, misalnya artikel penting. 

Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai perangkat, seperti PC, smartphone, iPad, dan lain sebagainya. Hanya saja, Evernote bukan merupakan aplikasi gratis, melainkan berbayar.

Meskipun demikian, pengguna masih dapat memanfaatkannya secara gratis jika penggunaan penyimpanan per bulannya tidak melebihi 60 MB. Ini merupakan kuota memori yang cukup besar untuk penggunaan wajar.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki aplikasi catatan ini. Salah satunya adalah bahwa pengguna tidak harus selalu terkoneksi dengan internet saat menggunakannya. Catatan yang dibuat dapat disimpan secara offline untuk dapat dibuka kapan pun.

Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah pencarian, pengkategorian, share, copy paste dari internet, dan tagging. Selain itu, jenis file yang dapat disimpan tidak hanya teks saja, melainkan juga voice note.

5. SomeNote

Suka membuat catatan panjang atau draft novel? SomeNote bisa menjadi pilihan aplikasi catatan yang tepat. Sebab, aplikasi ini memang dirancang untuk membuat catatan dengan ruang yang cukup besar.

Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai jurnal, buku harian, atau pencatat inspirasi saat akan menyusun sebuah buku. Jadi, kapan pun sebua ide terlintas, dapat segera dituangkan ke dalam SomeNote.

Hal yang memudahkan pengguna adalah adanya sistem folder yang akan membuat semua file tertata rapi dalam kategori tertentu. Tak perlu kuatir akan data yang tersimpan, karena pengguna dapat menetapkan sistem keamanan berupa pola khusus.

6. Google Keep

Aplikasi catatan yang satu ini merupakan layanan gratis yang diberikan oleh Google. Aplikasi ini dapat diakses melalui berbagai platform. Dengan melakukan sinkronisasi, catatan dan beragam file yang ada dapat diakses dari semua perangkat yang dimiliki.

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Google keep ini. Di antaranya adalah adanya reminder yang bisa disetel sesuai kebutuhan. Catatan yang bisa dilakukan juga cukup beragam, mulai dari daftar belanja, hingga ide-ide spontan yang terlintas.

Tidak hanya berupa teks, foto maupun voice pun dapat disimpan menggunakan Google Keep. Jadi, tak perlu kuatir jika ada ide yang terlintas. Segera akses aplikasi ini untuk mencatatnya sebelum terlupa.

Fitur lain yang tak kalah keren adalah OCR yang mampu mengubah foto menjadi teks. Misalnya ingin menyalin dan mengedit apa yang ada di buku, tinggal foto saja menggunakan fitur ini. Maka aplikasi akan mengekstrak teks di foto menjadi catatan.

Meskipun banyak catatan dan file yang disimpan di aplikasi ini, pengguna akan tetap dapat menelusurinya dengan mudah. Hal ini berkat sistem pengorganisasian yang baik menggunakan pelabelan dan pemberian warna pada catatan.

7. Wunderlist

Wunderlist termasuk dalam aplikasi note terbaik dan pengatur tugas yang direkomendasikan. Aplikasi ini dinilai memiliki fitur-fitur yang sangat diperlukan dalam melakukan pencatatan berkaitan dengan dunia kerja.

Tidak hanya sebagai aplikasi notes di android saja, Wunderlist juga dapat dioperasikan di berbagai platform. Beberapa di antaranya adalah Windows, Mac, Web, Kindle Fire, atau IOS.

Selain itu, terdapat fitur sinkronisasi yang akan di update secara real time. Jadi, jika suatu catatan disinkronkan dengan perangkat lain, perubahan yang dilakukan pun akan langsung tampak. 

Karena dapat ditautkan dengan perangkat lain, maka list yang dibuat dapat dibagikan dan didelegasikan kepada anggota tim kerja. Tentunya akan memudahkan jika ada proyek urgent yang perlu dikerjakan oleh rekan satu tim.

Hal lain untuk melengkapi list yang dibagikan ini adalah adanya fitur conversation. Fitur ini memudahkan anggota tim yang menerima list tersebut dapat memberikan komentar jika perlu mendiskusikannya.

Selain itu, to-do list yang dibuat tidak hanya merupakan poin utama saja, melainkan masih bisa dibuat detail dengan menggunakan fitur sub task. Dengan demikian, saat akan menunaikan tugas di daftar, dapat mengetahui jelas apa yang harus dilakukan.

aplikasi note terbaik ini juga dilengkapi dengan fitur reminder dan penentuan prioritas list agar mudah memilih tugas yang harus didahulukan.

8. Lecture Notes

Pilihan aplikasi catatan terbaik untuk android yang selanjutnya adalah Lecture Notes yang bisa dioperasikan secara offline. Pengguna yang sangat diuntungkan dengan adanya aplikasi ini adalah kelompok siswa.

Para siswa yang menggunakan aplikasi ini dapat meringankan beban tasnya karena tak perlu membawa seabrek catatan. Bentuk note yang berupa seperti buku sangat memudahkan dalam melakukan pencatatan materi pelajaran.

Berbagai catatan dapat dibuat menggunakan Lecture Notes ini. Pengguna juga dapat memilih berbagai ukuran kertas yang diinginkan. Pencatatan dapat dilakukan dengan mengetik, mencoret dengan pena stylus atau ujung jari.

Keunggulan yang dimiliki Lecture Notes ini adalah fitur yang memudahkan siswa untuk mengekspor hasil catatannya ke dalam bentuk PDF. Jadi, jika catatan yang dibuat perlu dikumpulkan secara fisik, siswa tinggal mencetaknya saja.

aplikasi catatan smartphone

9. FiiNote

Salah satu aplikasi note terbaik ini juga memberikan pilihan pencatatan menggunakan keyboard atau pena stylus kepada penggunanya. Jadi, jika ingin menulis tangan atau menggambar, tinggal mengubah pengaturannya pada menu.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa menambahkan video, gambar, atau suara pada catatan yang dibuat. Dengan demikian, file catatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan memiliki ukuran penggunaan memori yang cukup kecil. Jadi, smartphone dengan spek yang rendah pun masih dapat mengunduh dan mengoperasikannya.

Beragam catatan dapat dibuat menggunakan aplikasi FiiNote ini. Mulai dari daftar jadwal kegiatan, puisi, draft novel, dan sebagainya. Catatan yang dibuat pun dapat dikonversi ke dalam bentuk PDF.

10. Any.do

Dengan menggunakan aplikasi note terbaik bernama Any.do ini, pengguna akan mudah mengatur jadwal hariannya. Sebuah to-do list akan mudah dibuat menggunakan aplikasi ini, dengan menambahkan penanda prioritas pada jadwal penting.

Fitur alarm sebagai pengingat juga turut melengkapi to-do list yang dibuat, sehingga tidak ada lagi jadwal penting yang terlewat. Alarm dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna untuk berbunyi beberapa menit hingga jam sebelum waktunya dilakukan.

Any.do akan melakukan konfirmasi atas jadwal yang sudah masuk waktunya dilakukan. Pilihannya adalah menjadwalkan ulang, menunda, atau menghapusnya dari jadwal yang dibuat.

11. NotePad

Aplikasi note terbaik ini sangat cocok bagi pengguna yang gemar corat-coret. Sebab, aplikasi ini tidak hanya diperuntukkan membuat catatan saja, melainkan juga menggambar sketsa atau doodling.

Pengguna dapat leluasa berpindah dari mode mengetik dan menggambar dengan mudah. Selain itu, modifikasi catatan dengan menambahkan warna latar juga dapat dilakukan. Catatan juga lebih aman karena adanya fitur penguncian dengan sandi.

12. Squid

Bagi orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi, aplikasi note terbaik Squid ini. Catatan akan lebih atraktif dengan adanya penambahan gambar dan coretan untuk highlight.

Aplikasi ini dapat dioperasikan menggunakan active pen, stylus, ataupun ujung jari. Pengguna dapat dengan mudah membuat catatan tambahan pada file bentuk PDF. Warna tulisan dapat diubah sesukanya, sehingga menjadi penanda untuk hal penting.

Jika sudah selesai, catatan tersebut dapat diekspor dalam bentuk PDF, sehingga mudah untuk dibagikan. Namun, jika digunakan di layar smartphone, keleluasaannya masih kurang dibandingkan saat digunakan pada tablet.

13. Todoist

Aplikasi catatan terbaik untuk android yang selanjutnya adalah Todoist. Ini merupakan alat yang bisa membantu mengorganisir semua kegiatan dengan rapi. Layanan ini dapat digunakan secara gratis dan bisa diakses melalui browser.

Aplikasi ini juga tersedia di berbagai platform dan memiliki tampilan yang konsisten meskipun diakses di mana saja. Tidak hanya mengatur jadwal saja, aplikasi ini juga bisa melakukan pencatatan kegiatan rutin harian dan memberikan pengingat.

14. Parchi

Parchi juga tergolong dalam aplikasi note terbaik yang layak digunakan di smartphone. Meskipun tergolong aplikasi baru, tetapi fitur-fitur yang dimilikinya cukup membantu mengorganisir catatan dan tugas harian.

Ada beberapa fitur utama yang dapat dinikmati oleh penggunanya. Di antaranya adalah alarm pengingat, pembuat daftar, catatan berupa foto, dan pengorganisasian menggunakan warna.

Melalui pengaturan, pengguna dapat dengan mudah menemukan kembali catatan yang diinginkan dengan menggunakan kelompok warna atau hashtag. Dengan demikian, tak perlu kesulitan jika ingin melihat kembali catatan yang pernah dibuat.

aplikasi catatan terbaik

15. Dropbox Paper

Ini merupakan aplikasi note terbaik untuk membuat file catatan pendek dan juga dokumen yang terintegrasi dengan penyimpanan cloud Dropbox. Pencatatan dilakukan secara online dan dapat diakses oleh beberapa akun.

Dropbox Paper ini bisa menjadi sebuah solusi untuk pencatatan yang perlu dilakukan oleh sebuah tim kerja. Koordinasi dapat dilakukan dengan lebih baik karena semua anggota tim dapat membuat perubahan pada file yang didiskusikan.

Fitur ini membuat perubahan pada file dapat dilakukan secara real time tanpa harus bolak-balik mengirimkan email perbaikan. Tentunya akan lebih praktis untuk melakukan revisi dokumen yang belum fix.

Itulah tadi beberapa aplikasi note terbaik yang dapat diunduh di smartphone untuk mempermudah membuat dan dan menyimpan catatan. Dengan aplikasi tersebut, pengelolaan dokumen dapat dilakukan dengan lebih leluasa, sesuai kebutuhan.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *