Mau Dapat Pacar? Coba Instal 15 Aplikasi Cari Jodoh

Aplikasi Cari Jodoh – Ada yang mengatakan, bahwa jodoh akan datang dengan sendirinya dan tidak perlu mencari karena jodoh sudah urusan Tuhan yang mengaturnya. Padahal, pepatah tersebut tidaklah tepat. Menurut istilah D-U-I-T (Doa – Usaha – Ikhtiar – Tawakal), kita harus tetap usaha untuk mendapatkan jodoh terbaik yang mampu menemani dan setia di kala suka maupun duka.

Zaman dulu, pencarian pasangan terbaik biasanya urusan orang tua. Dalam arti, orang tua yang usaha menjodohkan anaknya dengan kenalannya yang sesuai dengan kriteria keluarga atau orang tua. Namun, metode tersebut kini sudah tidak lagi relevan. Anak kini sudah lebih mandiri dan sudah banyak orang tua yang membebaskan anaknya memilih pasangan sesuai dengan kriterianya.

Kemudian ada juga istilah mak comblang yang cukup populer pada 90-an. Mak comblang merupakan salah satu metode untuk mendapatkan pasangan terbaik pada masanya. Sebab, biasanya yang menjadi mak comblang adalah orang terdekat yang betul-betul mengenal kedua belah pihak dengan baik. Sehingga, minim kemungkinan mendapatkan pasangan yang tidak sesuai keinginan.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Namun kini, kedua istilah jadul tersebut tidak lagi dikenal. Sejak mudahnya mengakses internet, kini kebanyakan para lajang menemukan tambatan hatinya lewat aplikasi cari jodoh berbais online yang sudah bisa didapatkan dengan mudah di Play Store maupun App Store. Istilah ‘dari layar turun ke hati’ pun menjadi kalimat yang cocok untuk menggambarkan keadaan ini.

Semakin ke sini, semakin banyak pengembang dalam maupun luar negeri yang membuat aplikasi pencari jodoh untuk memudahkan kita dalam mencari pasangan maupun hanya sekadar memperluas pertemanan. Asiknya lagi, aplikasi ini umumnya bisa digunakan secara cuma-cuma atau gratis, sehingga semakin mudah dalam mengunduhnya.

15 Rekomendasi Aplikasi Pencari Jodoh yang Populer

aplikasi pencari jodoh
Sebelum menjamurnya aplikasi pencari jodoh seperti sekarang ini, sebetulnya pada 2005 ada aplikasi bernama Mig33 yang dulu sangat populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Namun, saat ini Mig33 sudah tidak ada lagi dan digantikan oleh beragam aplikasi cari jodoh lainnya yang dapat dengan mudah diunduh dari Play Store ataupun App Store. Berikut ini rekomendasinya dari kami.

1. Tinder

Aplikasi yang satu ini siapa yang tidak tahu? Sudah 100M+ mengunduhnya dan menjadikan aplikasi mencari jodoh yang satu ini begitu populer di luar maupun dalam negeri.

Bahkan, tak jarang banyak yang menemukan jodohnya hingga menikah melalui aplikasi populer yang satu ini. Tinder dikenal sebagai aplikasi cari jodoh yang sangat menyenangkan.

Melalui Tinder, Anda bisa menemukan seseorang dengan jarak terdekat untuk berkenalan. Caranya hanya dengan menggeser layar smartphone. Jika menyukai seseorang, Anda bisa memberi ‘like’ di bawah fotonya dan jika orang tersebut juga memberi ‘like’ pada foto Anda, maka kalian akan‘match’. Barulah kalian bisa berkenalan melalui fitur chat Tinder atau berbagi nomor WhatsApp.

2. Badoo

Badoo merupakan aplikasi pencari jodoh yang cukup populer. Bahkan ada yang mengklaim, bahwa Badoo menempati peringkat ke-136 dalam daftar situs terpopuler dunia. Badoo tersedia pada platform iOS,
Android, maupun Windows Phone. Pada Android, Badoo sudah diunduh sebanyak 100M+. Tak heran, jika aplikasi yang satu ini begitu populer.

Dengan menggunakan Badoo, Anda bisa berkenalan dengan orang lain yang berada di negara-negara selain Indonesia. Pasalnya situs ini ada di 180 negara dan tidak menggunakan batasan jarak layaknya aplikasi Tinder. Namun, Anda juga bisa mengaktifkan fitur ‘People Nearby’ yang memungkinkan Anda bertemu dengan seseorang yang berada tidak jauh dari lokasi Anda berada.

Baca Juga  Mau Koneksi Gratis? Coba 3 Cara Menggunakan Psiphon Pro Ini

3. SKOUT

SKOUT merupakan salah satu aplikasi cari jodoh berbasis lokasi yang berkantor pusat di San Fransisco, Amerika. Aplikasi garapan Christian Wiklund dan Niklas Lindstorm ini cukup populer dan bisa diunduh pada platform iOS melalui App Store maupun Android melalui Play Store. Di Play Store, aplikasi ini bahkan sudah diunduh lebih dari 50M pengguna pada Play Store.

Aplikasi SKOUT bisa digunakan sebagai aplikasi mencari jodoh atau hanya sekadar berteman. Sayangnya, ukuran aplikasi ini cukup besar, yaitu sekitar 71 MB. Sehingga, aplikasi ini belum sepopuler dua aplikasi lainnya, yaitu Tinder dan Badoo. Meski begitu, ada banyak sekali fitur pada aplikasi ini yang mampu memanjakan penggunanya, seperti fitur chating hingga live streaming.

4. MeetMe

Serupa dengan Tinder, aplikasi cari jodoh yang satu ini juga lebih mengutamakan fitur ‘Near Me’ yang memungkinkan Anda mendapatkan pasangan atau sekadar teman untuk berkenalan yang tidak terlalu jauh dari lokasi Anda. Meski demikian, Anda juga bisa berkenalan dengan pengguna MeetMe dari berbagai negara di penjuru dunia.

Namun, untuk bisa chatting, Anda dan dia harus berteman dan sama-sama sedang online. Menariknya lagi, aplikasi pencari jodoh MeetMe ini memiliki User Interface yang cukup menarik, sehingga disenangi banyak orang dan tidak membosankan. MeetMe bahkan sudah diunduh sebanyak 50M+ di Play Store yang membuatnya sebagai aplikasi cukup populer.

5. KEPO, Indonesian Chat & Dating

Aplikasi cari jodoh yang sudah diunduh lebih dari 11M ini dikembangkan oleh Live Media Mobile dan memungkinkan Anda mendapatkan pasangan atau teman berkenalan asli Indonesia. Aplikasi yang dirilis sejak November 2016 ini memiliki banyak fitur menarik, seperti stalking, chatting, kirim foto, menukar poin dengan pulsa, hingga fitur untuk mengatur jadwal pertemuan.

KEPO dapat mendeteksi pengguna aktif yang berada di sekitar Anda, sehingga Anda berkenalan dengan orang yang tidak terlalu jauh lokasinya dari lokasi Anda berada. Melalui aplikasi ini, segala informasi mengenai teman kenalan Anda juga akan tersedia lengkap. Aplikasi cari jodoh Indonesia ini bisa diunduh secara gratis di Play Store.

6. OKCupid

OKCupid merupakan salah satu aplikasi kencan yang tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Diluncurkan pada tahun 2004, aplikasi jejaring sosial asal Amerika ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, Anda tinggal memilih username dan mengisi profile lengkap, kemudian menjawab beberapa pertanyaan.

Pertanyaan ini digunakan untuk menentukan presentase kecocokan dengan kriteria pasangan atau teman kenalan yang sedang Anda cari. Sehingga, Anda akan lebih mudah mendapatkan kenalan yang satu tipe. OKCupid juga bisa mencari lawan jenis berdasarkan lokasi, jarak, dan beberapa spesifikasi lainnya, seperti makanan kesukaan, film atau buku favorit, hobi, dan sebagainya.

7. Tantan

Bukan. Ini bukan Tatan si anak kecil yang lucu itu, melainkan Tantan aplikasi cari jodoh online yang sudah diunduh 10 juta lebih pengguna Android. Aplikasi Tantan cukup populer di kalangan remaja, karena interface-nya yang mudah dikenali dan digunakan. Namun, sebetulnya aplikasi ini diperuntukan bagi orang dewasa yang ingin menemukan pasangan untuk jenjang yang lebih serius.

Sistem perkenalan dan petemanan menggunakan aplikasi Tantan cukup mudah. Anda hanya pelru ‘match’ dengan orang lain yang Anda pilih. Jika ‘match’ dengan orang pilihan Anda, maka Anda bisa melanjutkan hubungan yang lebih intens dengan orang tersebut dan berchatting ria. Sebaliknya, jika tidak ‘match’, Anda tidak akan bisa mengakses fitur chatting dengan orang tersebut.

Baca Juga  Sikat Virus, Dengan 7 Anti Virus Terbaik Untuk Android Ini

8. MiChat

MiChat merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis di Singapura yang dikhususkan untuk mendapatkan pasangan. Meski berbasis di luar negeri, penggunanya di Indonesia pun cukup banyak. Hingga kini, MiChat sudah diunduh sebanyak 10 juta lebih pengguna melalui Play Store platform Android. Hal ini menandakan, aplikasi MiChat cukup banyak peminatnya.

Dibuat serupa dengan WhatsApp atau Line, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur chatting dan grup. MiChat juga memiliki fitur berbagi foto dan ‘People Nearby’ yang memungkinkan Anda mencari kenalan dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda. Sayangnya, akhir-akhir ini, aplikasi yang satu ini tengah dikaitkan dengan prostitusi online di salah satu daerah di Indonesia.

9. Bumble

Bumble adalah aplikasi jejaring sosial khusus kencan online yang serupa dengan Tinder. Sejak dirilis pada 2014 silam, Bumble sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Metode penemuan kenalannya juga serupa dengan Tinder, di mana para penggunanya hanya tinggal menggeser layar ke kanan jika suka dan geser ke kiri jika tidak suka. Jika sama-sama suka, Anda bisa mulai chatting.

Aplikasi Bumble juga menggunakan lokasi dan jarak pengguna untuk mencari pasangan atau kenalan yang tidak terlalu jauh jaraknya dari lokasi Anda berada. Kelebihan aplikasi ini adalah menguntungkan pengguna perempuan, karena di aplikasi ini pengguna perempuanlah yang harus mengawali percakapan. Sayangnya, Bumble kurang populer di Indonesia.

10. eHarmony

aplikasi mencari jodoh
Aplikasi yang mengklaim sudah memiliki 5 juta pengguna lebih ini merupakan salah satu aplikasi pencarian pasangan yang terpercaya. Sebab, pencarian pasangan menggunakan eHarmony mengharuskan para penggunanya mengisi profil atau data diri pribadi secara lengkap dan melakukan pengisian kuisioner untuk mencari kandidat kenalan atau pasangan sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah melakukan pengisian profil dan kuisioner, sistem akan mencarikan kenalan atau pasangan yang sesuai dengan kepribadian Anda. Jika cocok, maka Anda bisa langsung berkirim pesan dengannya.

Aplikasi ini terbilang cukup aman digunakan, maka tak heran banyak orang tidak ragu menggunakan eHarmony untuk menemukan kenalan atau pasangan terbaiknya.

11. Hi5

Aplikasi dengan pengunduh 5 juta pengguna lebih di Play Store ini cukup sering digunakan sebagai salah satu cara menemukan pasangan. Sesuai dengan tagline-nya, ‘meet, chat, and flirt’, aplikasi Hi5 bisa dengan cepat menemukan Anda dengan kenalan atau pasangan yang setipe dengan Anda atau yang sesuai dengan kriteria pasangan yang Anda inginkan.

Hi5 memungkinkan para penggunanya untuk mencari pasangan berdasarkan lokasi, umur, dan masih banyak lagi kategori lainnya. Meskipun merupakan aplikasi jodoh luar negeri, pengguna Hi5 di Indoensia juga cukup banyak. Sebab, banyak fitur lainnya yang seru dan jarang dimiliki aplikasi dating lainnya, salah satunya adalah fitur game Pets yang sangat menarik dan seru dimainkan.

12. Setipe.com

Setipe.com adalah aplikasi cari jodoh Indonesia dan dikembangkan oleh orang Indonesia dengan 100 ribu lebih pengunduh. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2013 dan kemudian diakuisisi oleh Lunch Actually Group pada 2017, yang merupakan penyedia jasa biro jodoh asal Singapura. Hingga kini, Setipe.com masih diminati banyak pencari jodoh, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Aplikasi ini bukan sekadar digunakan untuk berkenalan atau mencari teman, namun orientasinya adalah pernikahan. Maka, tak heran jika sudah jutaan pasangan menikah diawali perkenalan dari aplikasi

Setipe.com. Cara kerja aplikasi ini mudah, yaitu menggunakan sistem algoritma dengan memperkenalkan seseorang yang memiliki kecocokan tinggi berdasarkan tes.

13. Taaruf.id

Serupa dengan Setipe.com, Taaruf.id mendorong seseorang berkenalan bukan untuk sekadar menjadi teman, melainkan mendorongnya untuk menikah. Bisa dilihat dari namanya, aplikasi yang satu ini mengusung konsep mencari pasangan seperti ajaran Islam, yaitu dengan metode taaruf. Jadi, aplikasi ini memang dikhususkan untuk muda-mudi yang sudah siap menikah, bukan berpacaran.

Proses perkenalannya pun sama seperti yang diajarkan dalam agama Islam, yaitu taaruf, khitbah, lalu menikah. Namun, tetap dengan tahapan-tahapan seleksi. Uniknya, para pengguna tidak wajib memasangkan foto pribadi mereka pada aplikasi ini. Di Indonesia, aplikasi ini cukup diminati. Apalagi, aplikasi Taaruf.id bisa diunduh secara gratis dan sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna.

Baca Juga  Sangat Mudah, Ini 3 Cara Install XAPK Step by Step

14. AyoNikah

Sesuai dengan tagline aplikasi ini, ‘Cari Jodoh untuk Nikah’, aplikasi pencari jodoh yang satu ini memang dikhususkan untuk mereka yang ingin serius menemukan kenalan atau pasangan untuk menempuh jenjang yang lebih serius dari sekadar berpacaran. Aplikasi ini masih tergolong baru dan baru seribu lebih pengguna yang mengunduh aplikasi ini via Play Store.

Pada aplikasi AyoNikah, Anda juga bisa mengunggah foto dan video agar orang lain tertarik pada Anda. Ada pula fitur mengirim hadiah virtual, kirim salam, serta chat menggunakan video call. Aplikasi ini akan merekomendasikan kenalan berdasarkan kecocokan. AyoNikah bisa diundus secara gratis di Play Store.

15. Facebook Dating

Mungkin belum banyak yang mengenal aplikasi cari jodoh yang satu ini, meski nama Facebook sendiri sudah sangat besar dan gaungnya hingga ke seluruh pelosok dunia. Facebook Dating diluncurkan di Amerika Serikat dan bisa diakses oleh 20 negara lainnya, termasuk Indonesia. Namun, fitur ini hanya boleh diakses oleh mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Facebook Dating juga berbeda dan sangat unik dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Pada Facebook Dating, Anda tidak akan menemukan foto, video, dan lainnya yang menunjukkan wajah pribadi seseorang, melainkan hanya menggunakan teks. Alasannya adalah untuk membangun kepercayaan calon pasangan tanpa harus memandang fisik.

Facebook Dating juga tidak menyediakan metode swipe untuk memilih kenalannya atau menyukai profil calon kenalannya. Anda harus mengetuk profil orang tersebut untuk klik ‘like’. Namun, penggunanya tetap bisa mengatur preferensi, mulai dari jarak lokasi, usia, agama, hingga kriteria fisik, seperti tinggi dan berat badan. Pengguna juga dapat mengkontrol siapa yang melihat profil.

Itulah tadi beberapa aplikasi mencari jodoh rekomendasi terbaik dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara mendapatkan pasangan atau kenalan baru. Masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk berkenalan yang bisa Anda temui di berbagai platform penyedia aplikasi di smartphone Anda.

Perlu diperhatikan, saat menggunakan aplikasi pencari jodoh, sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih orang. Sebab, cukup banyak modus kejahatan yang menggunakan aplikasi ini. Sebetulnya aplikasi seperti apapun yang berbau jejaring sosial online bisa saja dipakai untuk hal-hal berbau negatif. Oleh karenanya, kewaspadaan harus selalu ditingkatkan, meski Anda sudah meamukan dia yang tepat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *