aplikasi belajar online
Android/iOS

Deretan Aplikasi Belajar Online Terbaik dan Terpopuler

Aplikasi Belajar Online – Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Kebijakan belajar dari rumah mau tidak mau membuat aplikasi belajar online semakin dibutuhkan.

Meskipun banyak pelajar dan orang tua tidak terbiasa dengan perubahan ini, tapi hal tersebut harus dilakukan untuk alasan kesehatan.

Agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lancar, maka para pelajar perlu peralatan yang bagus serta akses internet yang mumpuni. Tanpa ada keduanya, maka anak-anak tersebut bisa tertinggal dalam hampir semua pelajaran.

Perangkat yang Dimiliki Harus Mumpuni

Karena dilakukan tanpa tatap muka, para pelajar tentu membutuhkan perangkat untuk membantu proses belajar mengajar. Perangkat itu bisa berupa komputer, laptop, dan smartphone.

Namun kebanyakan orang tua siswa lebih memilih smartphone karena dinilai lebih praktis dan terjangkau.

Selain itu, smartphone memiliki kelebihan lain yaitu bisa dipasang berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan belajar secara online, contohnya seperti aplikasi perpustakaan online.

Hal ini dikarenakan sebagian besar aplikasi tersebut hanya bisa diunduh secara resmi melalui Play Store maupun App Store. Oleh sebab itu, smartphone dinilai lebih efektif untuk belajar mengajar jarak jauh.

Lalu apakah semua smartphone cocok digunakan sebagai media belajar jarak jauh? Tentu saja tidak. Hal ini dikarenakan tidak semua smartphone memiliki fitur-fitur yang mendukung pembelajaran jarak jauh.

Fitur-fitur yang harus dimiliki antara lain adalah sebagai berikut.

1. Baterai berkapasitas besar

Tanpa baterai berkapasitas besar, smartphone tidak bisa digunakan lebih lama karena dayanya cepat habis. Selain itu, penggunaan berbagai aplikasi belajar jarak-jauh juga akan menghabiskan banyak daya.

Oleh sebab itu, jika ingin membeli smartphone untuk kegiatan belajar-mengajar jarak jauh setidaknya pilih yang berkapasitas 6.000 mAh karena bisa bertahan hampir 1 hari.

2. Kamera depan yang berkualitas

Kamera depan biasanya digunakan untuk melakukan panggilan video. Hal ini jelas dibutuhkan dalam pembelajaran jarak jauh sebab murid butuh penjelasan secara visual dari para guru.

Itulah sebabnya jika kamera depan smartphone sudah bagus, maka hasilnya akan menghasilkan video yang lebih jelas .

aplikasi untuk belajar online

3. Memori yang besar

Belajar jarak jauh selalu identik dengan tugas dan materi yang harus diunduh. Memori smartphone yang besar memungkinkan pengguna untuk mengunduh materi dan tugas lebih banyak.

Oleh sebab itu, memori yang besar merupakan salah satu syarat wajib agar kegiatan belajar mengajar lebih efektif.

Meskipun sekarang banyak smartphone yang menyediakan memori besar, tapi ada baiknya jika Anda menggunakan smartphone yang memiliki slot memori eksternal cukup besar.

Hal tersebut akan memaksimalkan ruang penyimpanan sehingga bisa menampung lebih banyak data.

Baca Juga: 5 Aplikasi Raport Digital Terbaik dan Kelebihannya

4. Layar yang cukup besar

Layar yang cukup besar tentu akan membuat mata penggunanya lebih nyaman. Ukuran gambar yang ditampilkan tidak akan terlalu kecil sehingga mudah dilihat.

Selain itu, dengan layar yang lebih besar maka pengguna akan lebih leluasa dalam mengerjakan tugas-tugas entah itu melalui aplikasi ataupun mencari materi yang sesuai.

Akan tetapi selain layar yang cukup besar sebaiknya Anda juga memilih perangkat yang menghadirkan gambar berkualitas. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah berkonsentrasi terhadap materi yang diberikan.

5. Memiliki focus mode

Salah satu kelemahan belajar secara online adalah sulitnya menjaga konsentrasi. Terkadang pikiran akan mudah dialihkan jika ada notifikasi atau pesan baru yang masuk ke smartphone.

Tidak jarang hal tersebut menyebabkan tugas terbengkalai. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memilih smartphone yang memiliki fitur focus mode.

Focus mode sendiri merupakan fitur yang mematikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak penting seperti media sosial dan aplikasi sejenisnya.

Dengan begitu, hanya pesan-pesan serta telepon penting saja yang bisa masuk sehingga kegiatan belajar mengajar akan berjalan lebih efektif.

Sayangnya tidak semua smartphone memiliki fitur ini. Oleh sebab itu jika Anda ingin membeli smartphone untuk belajar jarak jauh, maka sebaiknya pilih yang memiliki fitur ini.

Namun, jika tidak sebaiknya Anda mematikan fungsi notifikasi dari aplikasi media sosial yang sering dianggap mengganggu secara manual.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Belajar Jarak Jauh

Di Indonesia sendiri tersedia banyak sekali aplikasi untuk mendukung belajar jarak jauh. Bahkan beberapa di antaranya sudah didirikan selama puluhan tahun jadi sudah memiliki pengalaman dalam pembelajaran online.

Jika Anda masih bingung memilih aplikasi yang cocok, berikut rekomendasi aplikasi yang bisa Anda coba.

1. Rumah Belajar

Yang pertama ada aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Kemendikbud. Aplikasi ini ditujukan untuk pelajar mulai dari SD hingga SMA sebagai alternatif sumber informasi yang lebih baik.

Karena dikembangkan oleh pemerintah, maka aplikasi Rumah Belajar ini bisa dinikmati secara gratis. Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini juga lumayan lengkap.

Beberapa contohnya adalah laboratorium maya, bank soal, bank buku elektronik, peta budaya, kelas digital, dan masih banyak lagi.

Selain bisa dinikmati oleh siswa, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para guru untuk membantu kegiatan belajar mengajar.

2. Ruangguru

Ruangguru merupakan aplikasi belajar paling populer di Indonesia. Selain mudah diakses, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna memahami materi yang diajarkan.

Salah satu keunggulannya adalah tersedianya fitur video yang berisi materi pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan.

Meskipun aplikasi ini dikembangkan oleh pihak swasta, namun selama pandemi Covid-19 berlangsung Ruangguru menyelenggarakan Sekolah Online.

Sekolah Online merupakan aplikasi belajar yang bisa diakses secara gratis. Sayangnya, layanan ini hanya bisa dinikmati melalui live streaming saja setiap hari mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Quipper

3. Quipper

Quipper merupakan aplikasi belajar jarak jauh berbayar yang cukup terkenal di masyarakat. Dari segi harga, biayanya terbilang murah yaitu sekitar Rp 90 ribu perbulan.

Fungsi serta fitur-fitur yang dimilikinya juga serupa dengan Ruangguru. Namun Quipper memiliki fitur mengunduh materi sehingga memungkinkan pengguna belajar secara offline.

Quipper sendiri termasuk aplikasi belajar yang bagus sebab sudah memiliki materi yang lengkap untuk semua jenjang pendidikan, serta sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

Yang menarik, aplikasi ini dilengkapi dengan jadwal mingguan sehingga bisa membuat proses belajar-mengajar lebih teratur.

Zenius

4. Zenius

Zenius bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor aplikasi pembelajaran secara online di Indonesia.

Aplikasi yang dirilis sejak tahun 2004 ini memiliki berbagai fitur pembelajaran yang lengkap baik untuk jenjang SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Oleh sebab itu tidak heran jika aplikasi ini sangat diminati oleh pelajar.

Dibandingkan dengan aplikasi belajar lainnya, Zenius dinilai unggul karena memiliki fitur simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai tes masuk perguruan tinggi.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan Try Out sekaligus hasil pembahasannya. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami materi yang diajarkan.

Brainly

5. Brainly

Brainly sebenarnya merupakan komunitas pelajar terbesar di dunia. Tidak kurang dari 100 juta pelajar berpartisipasi dalam forum ini, sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan jawaban.

Namun pengguna tidak perlu khawatir karena sekarang sudah tersedia Brainly versi Bahasa Indonesia.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menanyakan pertanyaan di forum Brainly lalu tunggu hingga ada pengguna lain yang menjawabnya dengan bahasa yang mudah dipahami.

Anda tidak perlu khawatir jawaban yang diberikan salah atau tidak sesuai. Sebab Brainly memiliki fitur verifikasi yang dilakukan secara langsung oleh profesional.

Pahamify

6. Pahamify

Aplikasi Pahamify ini khusus ditujukan bagi murid-murid kelas 3 SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Aplikasi ini secara khusus mengajarkan pengguna agar bisa lolos tes masuk berbagai perguruan tinggi ataupun sekolah tinggi terfavorit.

Dari segi penyampaian materi, aplikasi ini bisa dikatakan cukup berbeda sebab materi disampaikan melalui video seperti konten-konten Youtube.

Akan tetapi, pengguna akan tetap didampingi oleh mentor yang bernama Rockstar Teacher Pahamify.

Selain pendamping, aplikasi ini juga menyediakan layanan konsultasi yang dilakukan oleh ahli psikologi jika Anda membutuhkan saran seorang professional.

7. Sekolahmu

Aplikasi Sekolahmu ini merupakan salah satu program pemerintah yaitu Belajar Tanpa Batas.

Karena dikembangkan oleh pemerintah, salah satu aplikasi belajar online gratis ini bisa digunakan secara bebas baik oleh pelajar maupun guru. Dengan begitu, kompetensi siswa-siswi di semua jenjang bisa ditumbuhkan sejak dini.

Aplikasi ini merupakan kolaborasi dari berbagai sekolah serta organisasi yang telah dipilih secara khusus. Adapun untuk program-program serta konten yang disediakan sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

8. Kelas Pintar

Aplikasi ini bisa dikatakan lengkap karena memiliki materi untuk siswa-siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA yang bisa digunakan tiap hari.

Berbeda dengan aplikasi pembelajaran lainnya, Kelas Pintar menyediakan berbagai metode belajar yang bebas dipilih sesuai dengan karakter masing-masing pengguna.

Perlu Anda ketahui, tipe belajar tiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih suka menggunakan media audio, visual, dan sebagainya.

Dengan metode pembelajaran yang diberikan aplikasi ini, maka proses belajar akan menjadi lebih efektif. Menariknya, aplikasi ini hanya berkapasitas 56,6 MB sehingga tidak terlalu membebani perangkat Anda.

Jika dilihat dari soal-soal yang diberikan, maka aplikasi ini termasuk unggul karena sudah memberikan soal berbasis High Order Thinking Skills (HOTS), Value Base Question (VBQ), dan virtual lab.

Sementara itu, hasil belajar siswa juga akan dievaluasi dengan berbagai cara seperti tes periodik, tes adaptif, dan tes pilihan ganda.

Google Classroom

9. Google Classroom

Aplikasi besutan Google ini merupakan salah satu aplikasi yang mempermudah kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

Aplikasi Google Classroom ini secara otomatis akan terkoneksi dengan akun Gmail sehingga mudah digunakan di berbagai perangkat termasuk smartphone.

Dari segi tampilan, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang membantu guru dan siswa-siswinya saling berkomunikasi. Namun dari segi konten aplikasi ini kurang menarik untuk digunakan oleh anak-anak sekolah.

Oleh sebab itu, aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk mereka yang berada di perguruan tinggi.

Edmodo

10. Edmodo

Aplikasi Edmodo ini memiliki satu fitur baru yang jarang dimiliki aplikasi belajar lainnya, yaitu menghubungkan antara guru, murid, serta orang tua murid.

Dengan cara ini, orang tua akan dilibatkan dalam perkembangan kegiatan belajar-mengajar anak-anaknya.

Selain itu, aplikasi ini memberikan guru survei dari proses belajar-mengajar yang dilakukan melalui aplikasi satu ini.

Dengan adanya pesan langsung antara guru dan siswa-siswinya, maka komunikasi juga akan berjalan jauh lebih baik dan terjamin kerahasiaannya.

Rekomendasi di atas merupakan contoh aplikasi terbaik yang populer di Indonesia. Meskipun beberapa merupakan aplikasi belajar online berbayar, tapi biayanya bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan les privat.

Oleh sebab itu, tidak ada ruginya jika Anda menggunakan aplikasi berbayar tersebut sebab materi dan fitur yang dimilikinya bisa dikatakan sangat lengkap.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *